Kesimpulan

Posted on

Kesimpulan – Cara membuat Kesimpulan yang baik ialah dengan cara memperhatikan teks yang telah dibuat dengan cermat, menulis dengan secara detail data dan informasi yang penting dari tulisan, dan yang terakhir ialah membuat simpulan dari apa yang telah dicatat pada informasi dan data dari tulisan yang telah dibuat tersebut.

Kali ini quipper.co.id. akan memberikan pembahasan tentang kesimpulan, marilah kita simak pembahasannya sebagai berikut dibawah ini. Baca Juga : Internalisasi Adalah

Pengertian

Kesimpulan
Kesimpulan

Kesimpulan ialah merupakan suatu rangkaian akhir dari bab yang telah disusun dari karya tulis, yang mana penulis akan memberikan kesimpulan dari semua apa yang telah dibahasnya. Sehingga poin – poin yang telah ada bisa lebih tepat sasaran dan berguna.

Sementara itu saran ialah merupakan anjuran dan masukan dari penulis yang diarahkan kepada si pembaca dengan sesuai tema yang dibuatnya, supaya si pembaca yang berniat untuk meneliti tema yang sama bisa lebih efektif dalam membuatnya.

Pengertian Menurut Para Ahli

Adapun definisi kesimpulan menurut para ahli, antara lain yaitu sebagai berikut :

Vocabulary

Kesimpulan ialah merupakan suatu bagian yang terakhir dari sesuatu, akhir dari hasilnya. Ketika anda membuat tulisan untuk suatu makalah anda maka anda harus selalu mengakhirinya dengan meringkas suatu argumen anda dan juga untuk menarik sebuah kesimpulan tentang apa yang telah anda tulis.

USC Libraries

Kesimpulan, yang bertujuan untuk membantu si pembaca supaya si pembaca bisa lebih memahaminya lagi, mengapa penelitian itu penting bagi mereka yang telah selesai membaca tulisan anda.

Kesimpulannya bukan hanya dari ringkasan dan juga dari topik ynag paling utama dan yang telah di bahas dalam pernyataan ulang dengan masalah penelitian anda, akan tetapi juga ada sebuah sintesis dari poin – poin yang utama.

Untuk sebagian besar makalah pada penelitian tingkat perguruan tinggi, satu atau dua paragraf yang telah di kembangkan sanagt cukup untuk kesimpulan, walaupun dalam beberapa kasus, tiga atau lebih dari paragraf mungkin di perlukan.

Ciri – Ciri

Ciri – Ciri atau karakteristik pada kesimpulan yang baik ialah sebagai berikut :

  1. Ini dengan menggunakan kata transisi ringkasan yaitu dengan kata lain, singkatanya, ringkasanya, kesimpulannya, maka dari itu untuk memberikan suatu isyarat kepada si pembaca bahwa ide – ide tersebut akan berakhir.
  2. Ini menyatakan kembali bahwa kalimat tesis ini merupakan suatu pernyataan atau teori yang telah didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karya tulis ilmiah akan tetapi tidak menggunakan kata – kata yang sanagat persis. Baca Juga : Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Ini menyatakan kembali bahwa kalimat topik penelitian dari paragraf yang telah dikembangkan akan tetapi tidak menggunakan kata – kata yang sangat persis.
  4. Jika itu sesuai dengan menyatakan suatu pendapat untuk membuat prediksi, dan untuk memberikan solusi.
  5. Itu biasanya diakhiri dengan pernyataan yang bisa meringkas esai.
Baca Juga :   35+Contoh Perilaku Yang Menentang Hukum

Jenis – Jenis

Adapun untuk beragam macam pada kesimpulan di dalam hasil penelitian antara lain ialah sebagai berikut :

Perbandingan (Comparison)

Jenis dari kesimpulan ini untuk membandingkan dua elemen dan satu sama lain maupun dengan membandingkan satu elemen yang dengan elemennya itu sendiri.

Contohnya seperti, Jelas bahwa kandidat pada tahun ini lebih kuat dari kandidat pada tahun yang lalu, Jelas bahwa kandidat pada tahun ini bisa memahami keinginan publik lebih baik lagi dari yang dia lakukan pada setahun yang lalu.

Indikator umum, kata perbandingan (lebih baik,lebih sehat, dan lebih berguna) supaya bisa membantu anda untuk mengidentifikasi pada kesimpulan sebagai perbandingannya.

Sebab – Akibat (Causation)

Ketika pada satu hal seperti peristiwa, tindakan dan fenomena secara langsung bisa memengaruhi yang lainya, itu ialah hubungan dari sebab akibat.

Contohnya sperti : Tadi malam saya minum obat batuk dan hari ini saya merasa jauh lebih baik lagi pada sebelumnya. Sehingga obat batuk ini benar – benar efektif. (Penyebab : obat batuk, dan efeknya : merasa lebih baik).

Penilaian (Assessments)

Ketika seseorang arguer memberikan atribut dari subyektif tertentu untuk sesuatu, Anda bisa menyebutnya penilaiannya.

Contohnya : Bunganya sanagat indah, Kebijakan ini sangat membantu, dan Hasilnyapun akan menjadi penting. Baca Juga : Geopolitik

Catatan : Fakta – Fakta pada ilmiah bukanlah penilaian “Matahari itu terdiri dari beberapa gas” yaitu fakta Matahari ialah pemandangan yang sanagat menyenangkan, ini ialah merupakan suatu dari penilaian.

Rekomendasi (Recommendation)

Jenis pada kesimpulan ini menegaskan suatu metode atau tindakan yang terbaik atau dalam bentuk negatifnya, untuk merekomendasikan terhadap metode atau tindakan tertentu.

Contohnya : Dalam mengobati penyakit ini, maka dokter harus mendukung pengobatan X.

Baca Juga :   Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Indikator umum “harus” akan memberi suatu sinyal rekomendasi kepada anda, akan tetapi kadang – kadang rekomendasi ini akan tersirat.

Prediksi (Prediction)

suatu prediksi menegaskan si pendapat dan si pendebat tentang sesuatu yang akan terjadi dalam waktu dekat maupun jauh.

Contohnya : Jelas pertandingan tenis ini akan di jadwal ulang pada populasi tunawisma mungkin tidak akan berkurang pada tahun depan.

Untuk mengidentifikasi suatu pertanyaan – pertanyaan dan kesimpulan. Jika si arguer ini percaya bahwa sesuatu itu akan terjadi atau tidak terjadi ada di beberapa titik di masa depan, kemungkinannya sanagat bagus bahwa ini ialah merupakan kesimpulan utama dari argumen.

Keyakinan Sederhana (Simple Beliefs)

Nama itu mungkin sedikit menyesatkan, karena anda bisa saja mengatakan bahwa semua dari kesimpulan ini ialah semacam keyakinan yang sangat sederhana : namun, ada beberapa siswa yang merasa sangat berguna untuk mengkarakterisasi suatu kesimpulan dan apa pun yang bukan salah satunya dari tipe yang di atas sebagai keyakinan yang sangat sederhana.

Ini ialah merupakan kesimpulan yang merupakan suatu klaim yang sangat sederhana yang telah di yakini oleh si arguer itu benar dan itu bukan perbandingan, penilaian, rekomendasi, ataupun prediksi.

Contohnya : Jelas bahwa siswa tersebut menyontek saat ujian, Pencuri itu mungkin masih ada di suatu tempat.

Cara Membuat Kesimpulan

Berikut ini ada beberapa langkah yang perlu di ingat ketika membuat kesimpulan dasar untuk makalah penelitian anda :

  • Nyatakan kembali topiknya
    • Anda harus menyatakan kembali suatu topik tersebut dengan secara singkat dan juga menjelaskan mengapa hal itu penting.
  • Tulis ulang tesis Anda
    • Tesis ialah merupakan suatu pandangan yang sanagat sempit dan terfokuskan pada topik yang akan dihadapinya.
  • Ringkas pada poin – poin utama anda
    • Cara yang baik untuk menyelesaikannya ialah dengan membaca kembali kalimat topik dari setiap paragraf utama atau dari bagian dalam pada isi makalah anda.
  • Tambahkan poin yang terpenting jika belum dijelaskan
    • Apabila makalah anda ini bisa menghasilkan secara induktif dan anda juga belum sepenuhnya untuk menjelaskan seberapa pentingnya dari poin anda, anda harus melakukannya dengan kesimpulan anda.
  • Buat ajakan bertindak jika perlu
    • Perhatikan bahwasannya suatu ajakan itu bertjuan untuk bertindak itu tidak penting untuk kesimpulan.
  • Jawab pertanyaan “so what ?”
    • Ini juga merupakan tempat untuk membantu si pembaca supaya si pembaca bisa memahaminya lagi, mengapa topik makalah anda ini benar – benar penting.
Baca Juga :   Majas Hiperbola

Contoh

Dibawah ini ialah contoh – contoh dari kesimpulan yaitu sebagai sebagai berikut dibawah ini.

Contoh 1

Bab III
Penutup
Kesimpulan :
Dari paparan diatas, penulis dapat menyimpulkan dari makalahnya “Penggunaan bahasa dalam Jurnalistik” yaitu  bahasa dalam jurnalistik ini tidak harus menggunakan satu bahasa saja akan tetapi dapat memadukannya dengan bahasa lain yang penggunaannya sangat tepat. Bahasa Indonesia dapat di padukan dengan bahasa melayu, inggris maupun dari bahasa asing lainnya.

Contoh 2

Bab V
Penutup
Kesimpulan :
Dari hasil pemahaman yang dilakukan ini dapat di tarik kesimpulannya bahwa tujuan dari promos SMA Dharma Jakarta sebagai berikut  ini :
1. Untuk bisa memperkenalkan perpustakaan SMA Dharma Jakarta
2. Untuk bisa menginformasikan pada seluruh layanan dan jasa perpustakaan.
3. Untuk bisa meningkatkan keaktifan pada siswa dalam memanfaatkan perpustakaan.
4. Untuk meningkatkan minat baca pada pengguna perpustakaan.
5. Untuk sasaran promosi pada perpustakaan SMA Dharma Jakarta ialah dengan pengguna. Pengguna tersebut ini dengan meliputi : siswa, guru, karyawan bahkan sampai masyarakat secara umum. Jadi perpustakaan SMA Dharma Jakarta ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang sudah ada.

Contoh 3

Bab IV
Penutup
Kesimpulan :
Berdasarkan dari data yang sudah di sebutkan tadi, penulis dapat menyimpulkan beberapa hal yaitu :
1. Pola pikir seorang itu tergantung dengan pengajarnya atau guru yang dapat berubah layaknya anak harus menguasai life skill atau kompetensi yang sudah ada, ntuk memperbanyak pengalaman belajar pada siswa dan pada pola guru sentris kepada siswa sentris didalam proses belajar mengajarnya.
2. Untuk menciptakan suatu pembelajaran yang sangat efektif dan juga konstektual yang diperlukan dari seorang pengajar atau guru yang profesional juga. Untuk memperoleh guru yang profesional maka harus dengan mudah timbul alat peraga yang baik dan juga efektif.
3. Ada berapa alat yang berperan dalam pembelajaran yang akan membuat suasananya lebih menyenangkan lagi, kreatif, menarik, dinamis dan juga aktif.
4. Anak - Anak di harapkan dapat menentukan dan menerapkan suau informasi untuk belajar yang rasional dan porposional dengan melalui alat peraga yang sangat efektif tersebut.

Inilah yang bisa quipper.co.id sampaikan pada pembahasan kali ini semoga apa yang telah kami bahas ini dapat bermanfaat untuk saudara ku semuanya terimakasih. Baca Juga : Integrasi Nasional