Teknik Bola Tangan

Posted on

Teknik Bola Tangan – Hallo sahabat semua! Pada perjumpaan kali ini quipper.co.id akan menyampaikan pembahasan materi makalah tentang teknik bola tangan. Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Lari Cepat. Yuk langsung kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Teknik Bola Tangan

Teknik Bola Tangan
Teknik Bola Tangan

Bola tangan ialah olahraga yang merupakan bagian dari kelompok besar tim yang saling berlawanan satu sama lain, yang terdiri dari 14 hingga 16.

Pemain dalam satu tim dengan 7 pemain utama, termasuk kiper dan sisanya adalah pemain cadangan yang berguna untuk mengubah pemain utama jika terjadi cedera atau performnya yang kurang baik.

Sistem olahraga ini hampir mirip dengan sepak bola, tetapi ada banyak perbedaan antara kedua olahraga ini, yaitu bola tangan membawa dan mencetak gol dengan tangan, sementara sepak bola menggunakan kaki dan jumlah pemain dan penggemar bahkan lebih sedikit dari sepakbola.

Tujuan dari olahraga bola tangan ini adalah untuk mencetak gol atau skor ke gawang lawan sebanyak – banyaknya agar memenangkan sebuah pertandingan dan mempertahankan gawang sendiri dari lawan agar tidak kebobolan.

Tujuan dari olahraga bola tangan ini adalah untuk mencetak banyak gol atau poin melawan gawang lawan untuk memenangkan pertandingan dan mempertahankan gawang sendiri dari lawan agar tidak kebobolan gol.

Sejarah Bola Tangan

Olahraga bola tangan ini sudah ada sejak zaman Yunani Kuno sekitar abad ke 130 hingga 200 Masehi.

Urania, adalah nama olahraga yang mirip dengan bola tangan dan, tentu saja, aturan dan cara bermainnya adalah sedikit berbeda dari sekarang.

Pada abad ke 11 Masehi, permainan bola tangan yang dikembangkan di Jerman dipopulerkan oleh seorang pria bernama Walther Von Der Vgelweide dengan nama yang berbeda, yaitu fangballspiel atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, permainan tangkap bola terdiri dari 11 pemain.

Baca Juga :   Arti Mimpi Kesurupan

Bola tangan mengalami penyebaran yang sangat cepat di beberapa negara di Eropa dan Amerika, yaitu pada abad ke 14 Masehi.

Olahraga ini dipraktikkan di Denmark dan Prancis. Seperti halnya penduduk asli Amerika yang disebut suku Eskimo telah memainkan ini pada abad ke – 17 Masehi.

Sekitar abad ke – 19 Masehi, bola tangan mulai mengalami beberapa perubahan dalam peraturan dengan 7 pemain dan dikenal sebagai bola tangan lapangan.

Tokoh yang mengembangkan olahraga ini adalah seorang pria dari Jerman bernama Hirschman dan Dr. Karl Schelenz.

Keduanya dikenal sebagai penemu bola tangan lapangan modern. Bola tangan dan kemudian semakin populer dan tersebar di seluruh dunia, banyak kompetisi – kompetisi diadakan.

Hingga akhirnya, IHF (International Handball Federation) dibentuk pada tahun 1946 dan mengadakan kejuaraan bola tangan dunia pada tahun 1954. IHF terdaftar di sekitar 160 negara sebagai anggota.

Teknik Dasar Bola Tangan

1. Teknik Menggiring Bola (dribbling)

Dalam sepakbola, menggiring bola menjadi sangat penting untuk menentukan kemenangan.

Hal yang sama terjadi dengan bola tangan, perlu latihan rutin untuk dapat melakukan teknik ini dengan baik.

Dribbling yang baik membutuhkan tangan yang elastis atau tidak kaku untuk lebih mudah dalam memantulkan bola.

2. Teknik Menembak (shooting)

Teknik ini sangat berpengaruh bagi tim, karena dengan shooting yang kuat dan akurat, mereka akan mampu mencetak gol dan menghasilkan kemenangan.

Shooting biasanya dilakukan oleh pemain yang memiliki lemparanyang kuat dan ditempatkan di posisi depan.

Ada beberapa jenis shooting, yaitu :

  • Tembakan Melompat / Jump Shot, teknik ini dilakukan dengan cara dribbling bola terlebih dahulu dan kemudian melakukan lompatan sebelum menembak ke gawang lawan.
  • Tembakan Berdiri / Standing throw shot, teknik ini dilakukan dengan dribbling bola terlebih dahulu lalu menembak bola sekuat mungkin.
  • The fall shot, teknik ini dilakukan dengan dribbling bola terlebih dahulu, yang kemudian menjatuhkan tubuh ke depan sambil melempar bola di posisi akhir dengan tubuh di posisi terlentang.
  • Tembakan Samping / Side Shot, teknik ini dilakukan dengan dribbling bola terlebih dahulu lalu menembak bola dengan keras, dengan posisi tubuh sedikit menyamping ke kanan, jika anda adalah pengguna yang menggunakan tangan kanan.
  • The Dive Shot, teknik ini dilakukan dengan membelakangi gawang terlebih dahulu dan kemudian melompat sambil menembak ke arah gawang dengan kekuatan.
  • Tembakan Membalik / Reverse Shot, teknik ini dilakukan dengan menmbelakangi arah tembakan dan memegang bola dengan kedua tangan, di mana posisi tangan kiri di bawah bola (jika anda adalah pengguna tangan kanan), membalikkan tubuh sambil menembak bola.
  • Tembakan Melayang / Flying Shot, teknik ini dilakukan dengan menembak sambil melompat menggunakan kaki kiri anda.
Baca Juga :   Kalimat Baku dan Tidak Baku

3. Teknik Mengumpan (passing)

Jika anda tidak pandai menendang atau menggiring bola, itu akan tertutupi jika anda pandai mengumpan bola.

Teknik ini adalah peran yang sangat penting dalam tim, mengapa begitu? Karena seorang pemain dapat mencetak gol karena umpan indah dari teman.

Berikut 2 teknik untuk mengikuti umpan dalam berbagai situasi dan kondisi :

  1. Mengumpan dengan satu tangan, metode ini digunakan untuk mengumpan teman jika jaraknya jauh dari anda.
  2. Mengumpan dengan kedua tangan, metode ini digunakan untuk mengumpan teman jika jaraknya dekat dengan anda.

4. Menagkap Bola (catch)

Dalam olahraga handball, teknik ini sangat diperlukan untuk menerima umpan dan tembakan dari lawan.

Teknik ini tidak terlalu sulit dan juga tidak mudah, perlu banyak latihan untuk menguasainya.

Anda harus tahu cara menangkap bola dengan keras, bola tinggi, bola rendah, dan bola menggelinding.

Naluri anda sangat diperlukan untuk memprediksi kapan bola harus ditangkap.

5. Teknik Menghadang Lawan

Teknik terakhir yang tidak kalah penting adalah teknik menghadang lawan. Jika anda pandai mengatasi lawan, anda bisa yakin bahwa anda memiliki potensi untuk menjadi pemain bertahan.

Saat menghadang lawan, anda membutuhkan tubuh yang besar, fisik yang kuat, dan stamina ekstra.

Manfaat Olahraga Bola Tangan

1. Menambah Kesehatan Fisik

Dalam olahraga handball, anda harus berjalan dan berlari ke menggiring bola untuk menjaga dan mencetak skor kegawang musuh. Kegiatan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Menjadi Lebih Cerdas

Olahraga bola tangan tidak hanya bergantung pada kekuatan fisik, tetapi juga pada otak yang cerdas untuk memikirkan strategi yang tepat untuk memenangkan permainan.

3. Meningkatkan Kerja Sama

Diperlukan komunikasi antara pemain dalam pertandingan bola tangan. Karena dengan komunikasi, anda akan membentuk kerja tim.

Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Awan

4. Memperkuat Mental

Setiap pertandingan, anda mungkin tidak selalu mendapatkan nama kemenangan, anda pasti akan mengalami nama kekalahan.

Dengan kekalahan, itu akan menjadi pengalaman belajar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Menjadi Lebih Disiplin

Jika anda ingin menjadi pemain bola tangan profesional, hal utama yang harus dilakukan adalah berlatih dengan rajin dan juga harus disertai dengan doa. Pelatihan bola tangan akan membuat anda lebih disiplin dalam latihan.

Aturan Dalam Bermain Bola Tangan

1. Ukuran Lapangan

Bola tangan dimainkan di lapangan dengan panjang 40 meter dengan lebar 20 meter.

2. Ukuran Bola Tangan

Untuk putra berusia 16 tahun ke atas, berat bola yang disarankan adalah 425 hingga 475 gram.

Untuk anak perempuan berusia 14 tahun ke atas, berat bola yang disarankan adalah 325 hingga 375 gram.

Untuk anak laki – laki dan perempuan di bawah 16 dan 14, berat bola yang disarankan adalah 290 hingga 330 gram.

3. Durasi Waktu Permainan Bola Tangan

Dalam olahraga bola tangan, pertandingan terdiri dari 2 babak, masing -masing berlangsung 35 menit untuk pria dan 30 menit untuk sang putri.

4. Jumlah Pemain

Ini terdiri dari dua tim lawan di lapangan. Setiap tim terdiri dari 14 hingga 16 pemain, dengan 7 pemain utama dan cadangan sisanya.

5. Jumlah Wasit

Jumlah wasit dalam pertandingan bola tangan resmi terdiri dari 2 wasit yang memiliki tugas yang sama dibantu oleh pencatat waktu dan pencetak gol.

6. Pelanggaran

Sebuah pelanggaran akan terjadi jika :

  • Dribbling bola selama lebih dari tiga langkah.
  • Pegang bola selama lebih dari tiga detik.
  • Lempar bola dan tangkap lagi sebelum ada sentuhan dari lawan atau teman anda.
  • Tampaknya sengaja melempar bola ke arah lawan dengan kekuatan.
  • Masuk ke area penjaga gawang.
  • Melakukan hal – hal yang berbau seperti kekerasan kepada lawan.

Demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu rekan – rekan semua ya! Terimakasih sudah membaca pembahasan materi makalah tentang teknik bola tangan. Maaf jika masih ada kekurangan dalam penulisan ini ya sahabat.

Baca juga :