Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah

Posted on

Bacaan Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah ( Tulisan Arab dan Artinya) – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan kami sampaikan materi tentang Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah (lengkap) Tulisan Arab, Adab, Hadits dan Artinya. Namun pada perjumpaan sebelumnya kami juga telah menyampaikan materi tentang Doa Masuk Kelas dan Keluar Kelas. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Bacaan Doa Masuk Rumah

Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah
Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah

Sesungguhnya tidak sedikit petunjuk doa- doa disaat akan masuk kedalam rumah, tetapi saat ini akan dibahas yang sederhana saja untuk mengawali dan memudahkan kita semua untuk mengingatnya, misalnya berikut ini adalah contoh doa masuk rumah :

Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah
Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah

Contoh Doa diatas ialah doa masuk rumah yang digunakan untuk rumah yang sedang ada penghuninya atau rumah yang disinggahi.

Namun apabila rumah tersebut nampak sepi atau sedang dalam keadaan kosong dan mungkin saja sudah cukup lama tidak berpenghuni, maka contoh doanya seperti ini :

Doa Ketika Masuk Rumah Kosong

Bacalah doa ini disaat akan masuk kedalam sebuah rumah kosong yang telah cukup lama ditinggalkan penghuninya atau pemiliknya, untuk saling memberi salam hormat kepada selain dari manusia yang sedang menempati rumah tersebut.

Doa Ketika Masuk Rumah Kosong
Doa Ketika Masuk Rumah Kosong

Bacaan Doa Keluar Rumah

Tidak cukup sedikit pilihan doa- doa yang dapat dibacakan apabila hendak meninggalkan atau keluar dari rumah, tetapi untuk saat ini yang ingin dijelaskan cukup garis umumnya saja atau yang biasa digunakan sehari- hari ini dia contoh bacaannya :

Doa Keluar Rumah
Doa Keluar Rumah

Adab Masuk Rumah

Menurut islam segala contoh kehidupan sudah dijelaskan oleh kisah Nabi Muhammad saw, yang paling penting adalah adab, sebab adab merupakan tombak dari semua para ilmu, namun beberapa orang berilmu tidak pasti beradab, tetapi orang yang beradab pastilah berilmu, inilah beberapa adab ketika hendak memasuki rumah :

  • Ketika ingin masuk rumah diwajibkan agar mengetuk pintu dengan suara yang pelan- pelan saja serta dilarang menggunakan suara yang begitu keras atau mengetuk secara cepat.
  • Ucapkanlah salam penghormatan untuk penghuni rumah serta sesekali dengan menggunakan tanda, supaya si pemilik rumah segera mengetahui keberadaan kita didepan pintu rumahnya.
  • Kemudian disaat ingin masuk ke rumahnya utamakan gunakan kaki kananmu untuk pertama kali melangkah.
  • Segeralah langsung berdoa yaitu membaca doa masuk rumah.
  • Kemudian setelah masuk rumah janganlah terburu- buru untuk langsung duduk tetapi tunggulah terlebih dahulu sampai si tuan rumah mengijinkan kita duduk.
  • Janganlah memesan atau menawar apapun yang telah disuguhkan oleh tuan rumahnya, namun cukuplah duduk dan menikmati dengan mengucap syukur.
Baca Juga :   Arti Istiqomah

Itulah contoh dari beberapa adab di saat akan memasuki rumah serta ketika hendak datang kerumah seseorang.

Kemudian setelah kita mengetahui penjelasan adab masuk rumah, sekarang kita harus mengerti penjelasan tentang adab keluar rumah.

Adab Keluar Rumah

  • Jangan lupa memberikan salam
  • Jangan lupa berdoa yaitu baca doa keluar rumah
  • Dan ini yang penting, jangan lupa di saat ingin keluar rumah maka gunakanlah kaki kananmu untuk melangkah keluar pertama kali.

Hadist Disunnahkan Membaca Doa Keluar Masuk Rumah

Dalam garis umumnya disunnahkan bagi kita menyebut nama Allah di saat ingin memasuki rumah.

Namun daripada itu disunnahkan pula bagi kita untuk mengucapkan salam disaat memasuki rumah.

Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah yang artinya,

Maka apabila kamu memasuki  salah satu rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS An Nur: 61)

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari pengamalan sunnah ketika keluar rumah:

  • Bagi seorang hamba akan memperoleh segala sesuatu yang cukup dari segala sesuatu urusan duniawi dan akhiratnya.
  • Bagi seorang hamba akan mendapatan sebuah perisai yang menjaganya dari semua kejahatan serta sesuatu hal yang dibencinya, itupun baik berasal dari jin maupun manusia.
  • Bagi seorang hamba akan mendapatkan pintu sinar hidayah yang digunakan untuk melawan sebuah kesesatan. Dan Allah juga memberikan petunjuknya untuk semua urusannya, itupun baik secara agama ataupun duniawi.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengena doa masuk rumah dan keluar rumah, semoga apa yang disampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :