Endometrium

Posted on

EndometriumРHay sahabat semua.! Diperjumpaan kali ini kembali akan Quipper.co.id sampaikan materi tentang Endometriosis beserta pengertian, antomi, fungsi dan gangguannya. Namun diperjumpaan sebelumnya juga quipper.co.id telah menerangkan materi pembahasan tentang  Fungsi Tulang Dada Baiklah untuk melengkapi pembahasan kita kali ini, yuk simak selengkapnya uraiannya di bawah ini.

Pengertian Endometrium

Endometrium
Endometrium

Apa yang diaksud dengan Endometrium ? yakni merupakan sebuah lapisan di mana tempat berlangsungnya implantasi.

Kemudian pada lapisan ini juga kerap mengalami suatu perubahan morfologi dan juga fungsional yang masih mempunyai hubungan yang sangat erat dengan proses pelepasan siklik hormon generatif.

Apabila tidak terkena suatu yang mempengaruhi hormonal periodik, yakni suatu yang gberlangsung sebelum memasuki masa pubertas atau menopause, dan biasanya pada jaringan ini mempunyai morfologi serta sebuah sistem ketebalan yang sangat konstan.

Lemudian apabila sudah mulai menaiki rahim maka selanjutnya akan mulai untuk mempersiapkan diri dalam setiap siklus menstruasi untuk menerima oosit yang dibuahi.

dan biasanya berlngsungnya hal ini dapat melalui proliferasi dan diferensiasi endometrium.

Anmun apabila implantasi tidak berlangsung, maka secara fungsional lapisan (terluar) yangterdapat pada endometrium akan tuangkan, sehinga akhirnya mengakibatkan terjadinya menstruasi.

Fungsi Endometrium

Adapun untuk penjelasan Fungsi endometrium ialah bisa sahabat simak penjelasannya seperti yang ada pada di bawah ini:

  • Berlangsungnya sebuah perubahan pada siklik yang disebabkan oleh kelenjar rahim dan pembuluh darah selama menstruasi, hal tersebut merupakan sebuah bentuk persiapan untuk menghadapi implantasi
  • Biasanya Lokasi ini kerap digunakan untuk menanamkan blastokista.
  • Sebagai sebuah tempat pertumbuhan serta berkembangnya plasenta

Anatomi Endometrium

Endometrium
Endometrium

Dari sebagaian besar Endometrium ini dapat tersusun oleh sebuah jaringan mukosa. Dimana di dalam Endometrum mempunyai dua lapisan:

Baca Juga :   Fungsi Sentromer

Ayang utama yakni stratum basalis, yang letaknya melekat dilapisan jaringan otot polos rahim yang kerap dikenal juga dengan sebutan miometrium.

Adapun kegunaan dari Lapisan ini ialah berperan sebagai sebuah jangkar bagi endometrium agar rahim dan tetap terjaga serta tidak begerak dari posisinya.

Kemudian untuk Lapisan yang kedua yang mempunyai sifat sangat dinamis.

Pada lapisan Ini merupakan sebuah reakasi yang terjadi kepada fluks hormon bulanan serta dapat memandu proses siklus menstruasi.

Maka dengan alasan ini, dikenal juga dengan sebutan strata fungsionalis, atau sebuah lapisan yang snagat fungsional.

Kemudian pada bagian ini juga ialah merupakan salah satu bagian dari endometrium yang digunakan sebagai sebuah wadah atau tempat untuk membuahi telur (atau disebut dengan blastokista) akan akan segera ditanamkan apabila berlangsunya sebuah proses pembuahan.

Kemudian untuk penyusun atas Endometrium ialah epitel prismatik tunggal berlapis dengan ataupu bisa juga tanpa silia hal tersebut (tergantung dengan seberapa panjangnya siklus menstruasi berlangsung) dan kemudian peranan lamina yang basal, kelenjar rahim, dan, jaringan khusus yang kaya sel ikat (stroma) yang berisi pasokan yang kaya pembuluh darah sangat dibutuhkan.

Gangguan Endometrium

Adapun gangguan yang biasanya terjadi atau menyerang endometrum ialah. berikut ini penjelasannya.

Endometriosis

Apa yang dimaksud dengan Endometriosis? yakni merupakan suatu keadaan yang dapat berlangsung pada saat jaringan endometrum yang seharusnya tumbuh di dalam rahim, namun justru ia malah berkembang di luar rahim.

Sehingga dengan adanya keadaan ini mengakibtkian rasa sakit yang sangat hebat, khusus bagi seseorang yang sedang mengalami menstruasi.

Dimana biasanya Endometriosis sangat sering terjadi serta menyerang indung telur, lalu saluran tuba, dan juga jaringan panggul.

Baca Juga :   Fungsi Sentrosom

Dan gejala Endometriosis selanjutnya ialah dapat menampakan sebuah masalah terhadap kesuburan pada wanita.

Maka untuk itu hal ini harus segera di tangani dengan secara intensif mulai dari, perawatan dengan cara mengonsumsi obat yang sesuai dengan yang dianjurkan, lalu bisa juga dengan terapi hormon, bahkan bisa juga melakukan operasi.


Hiperplasia Endometrium:

Biasanya kasus Endometrum hiperplasi kerap terjadi disebabkan oleh adanya suatu penebalan yang secara berlebihan yang berlangsung pada lapisan endometrium.

Dimana pada Kelainan ini sangat dipercaya bisa berlangsung apabila adanya sesuatu yang tidak seimbang pada hormon di dalam tubuh, dengan berbentuk produksi hormon estrogen yang berlebihan.

Maka dengan adanya Kelebihan yang terjadi pada hormon estrogen itu sehingga akhirnya menyebabkan adanya penebalan pada lapisan endometrium.

Namun bukan hanya itu saja , dalam keadaan hormon yang tak sesuai, juga biasanya kerap ditandai oleh sangat sedikitnya yang dihasilkan dari proses produksi hormon progesteron, sehinga akhirnya mengakibatkan proses pembuahan sel telur menjadi terganggu.

Kanker Endometrium

Dimana pada penyakit Kanker ini kerap dikenal juga dengan sebutan kanker rahim.

Hal ini disebabkan , oleh berlangsungnya gejala kanker ini yang terjadi pada rahim yang secar umumnya kerap timbul pada bagian lapisan dinding rahim.

Dari berbagai masalah, dimana pada kanker rahim juga biasanya kerap diawali dengan adanya sebuah kelainan yang terjadi pada otot-otot di dinding rahim. 

Dan biasanya Kanker rahim jenis ini juga kerap disebut sebagai uterine sarcoma.

Gejala ini atau penyakit ini juga Sama seperti kasus lainnya , dimana penyebab tumbuhnya kanker endometrum juga bisa diawali atau diakibatkan dengan adanya ketidaksesuaian terhadap hormon yang ada di dalam tubuh.

Kemudian dengan ditandai juga oleh kadar hormon estrogen yang sangat berlebihan.

Baca Juga :   Fungsi Sitoskeleton

Dan kemudian keadaan lainnya juga misalnya seperti obesitas, terkadang juga bisa mengakibatkan risiko terhadap penyakit ini.

Apa yang diaksud dengan Endometrium ?

yakni merupakan sebuah lapisan di mana tempat berlangsungnya implantasi.

Apa yang dimaksud dengan Endometriosis?

yakni merupakan suatu keadaan yang dapat berlangsung pada saat jaringan endometrium yang seharusnya tumbuh di dalam rahim, namun justru ia malah berkembang di luar rahim.

Sebutkan salah satu fungsi Endometrium?

Yakni Sebagai sebuah tempat pertumbuhan serta berkembangnya plasenta

Apa fungsi stratum basalis pada Endometrium ?

Yakni sebagai sebuah jangkar bagi endometrium agar rahim tetap terjaga serta tidak begerak dari posisinya.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai endometrium kali ini, semoga sajian ini bisa memberi manfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :