Fungsi Tulang Telapak Tangan

Posted on

Fungsi Tulang Telapak Tangan – Hay sobat semua.! Pada perjumpaan kali ini akan kembali quipper.co.id sampaikan materi pembahasan tentang fungsi telapak tangan secara detail, mulai dari pengertian,gambar dan strukturnya. Namun dipertemuan sebelumnya juga telah kita bahas bersama materi tentang Sistem Reproduksi Baiklah untuk melengkapi materi pembahasan kali, yuk kita simak bersama ulasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Tulang Telapak Tangan

Fungsi Tulang Telapak Tangan
Fungsi Tulang Telapak Tangan

Apa itu tulang telapak tangan atau dikenal juga dengan sebutan metakarpus /metakarpal? yakni merupakan sebuah tulang yang berbentuk panjang dan merupakan sebuah penghubung antara tulang jari (phalanges) dengan karpal (carpal).

Dimana letaknya berada pada bagian atas telapak tangan yang terssambung dengan bagian pergelangan tangan dan membentuk suatu buku-buku jari.

Struktur Tulang Telapak Tangan

Fungsi Telapak Tangan
Fungsi Telapak Tangan

Setelah kita memhami mengenai pengertiannya maka selanjutnya quipper.co.id akan menerangkan mengenai strukturnya. Berikut ini penjelasannya:

Bagian Keras / Tulang

Dari salah satu bagian keras ini diantarnya terdapat beberapa jenis tulang yakni tulang carpal atau disebut metacarpal dan phalangs.

Apa itu Carpal? yakni merupakan suatu tulang yang mempunyai bentuk seperti layak bulan dan ukurannya yang pendek dimana tulang tersebut mempunyai jumlah delapan buah, serta terhubung secara langsung dengan bagian ujung tulang yang disebut dengan distal serta radius.

Kemudian untuk tulang phalangs ialah merupakan suatu tulang jari-jari yang mana di dalamnya terdapat sendi peluru.

Bagian Lunak

kemudian berikutnya yakni bagian lunak yang masih merupakan bagian dari telapak tangan dan juga terdapat beragam otot yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

Baca Juga :   Fungsi Mikrofilamen

Kemudian terdapat syaraf di dalamnya yang tersusun atas syaraf nervus medianus dan nervus ulnaris.

Pada telapak tangan juga terdapat arteri telapak tangan yang terdiri atas arteri ulnaris dengan arteri radialis.

Tulang telapak tangan atau dikenal dengan sebutan Metakarpal tersusun dari lima ruas tulang yang satu sama lainnya saling berhubungan atara tulang karpal serta tulang jari tangan atau “phalangs”.

Fungsi Tulang Telapak Tangan

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap bagian yang ada pada makhluk tentunya mempunyai fungsi yang masing-masing,berikut ini terdapat beberap fungsi dari tulang telapak tang, yakni sebagai berikut :

Membentuk Sebuah Alat Gerak
Memberikan Bentuk Telapak Tangan
Penghubung Antara Tulang Jari Dengan Tulang Pergelangan
Membentuk Seperti Buku Buku Jari
Sebagai penahan lengan bagian atas
Sebagai Penghubung antara pergelangan tangan dan jari.
Sebagai sebuah tempat untuk menyatukan antara tulang besar dan kecil bagian tangan.
Berperan dalam pengembangan, dan juga gerakan, serta fungsi tangan yang tepat.
Sebagai tempat untuk melekatnya otot tendon dan syaraf telapak tangan.
Membantu dalam membuat lengkungan melintang antara ibu jari dan ujung jari.

Karakteristik

selanjutnya mengenai karakteristik tulang telapak tangan yang harus sobat semua ketahui . Berikut ini penjelasannya :

  • Terdapat sebuah penyusun yakni sebuah tulang-tulang kecil atau disebut dengan (short bone).
  • Terdapat beberapa yang berada pada bagian ujung otot dengan membentuk memanjang di lengan bawah.
  • Tak dapat melakukan banyak pergerakan seperti halnya sendi lainnya.
  • Dari tulang tujlang tersebut dapat disatukanoleh sebuah jaringan ikat atau atau dikenal juga dengan sebutan ligamen.
  • Untuk dapat bergerak maka hal tersebut dipengaruhi oleh adanya otot.
  • Secara umum kerap dijumpai tulang aksesoris yang menyerupai seperti pecahan tulang yang mana dengan hal tersebut kerap berakibat terjadi kesalahan diagnosa sebab dianggap sebagai patahan atau disebut (fracture) padahal ternyata bukan.
Baca Juga :   Fungsi Sentromer

Otot Pada Tulang Telapak Tangan

Pada telapak tangan terdapat sebuah Otot yang berperan serta bekerja pada bagian sekitar tulang telapak tangan yang dikenal dengan sebutan otot intrinsik.

Dimana pada Otot intrinsik mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu untuk jari-jemari agar dapat melakukan gerakan motorik halus, yakni merupakan sebuah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik dengan memakai otot kecil yang kemudian di koordinasikan ke mata beserta tangan, misalnya seperti dapat menggengam, memegang, mengambil, memetik, dan masih banyak gerakan lainnya.

Cedera Pada Tulang Telapak Tangan

Kemudian pada tulang telapak tangan atau disebut dengan (metacapral) secara umum kerap mengalami cedera, misalnya seperti terjadinya terkilir dan kemudian patah apabila terkena pukulan yang sangat keras dengan secara langsung.

Dalam keadaan ini kerap menimpah atau dialami oleh para petinju. Maka apabila terjadi Cedera pada bagian tulang telapak tangan maka bisa memakan waktu yang lama biasanya untuk memulihkannya secara total bahkan hingga akan dapat mengubah struktur serta ketangkasan tangan yang bersifat secara permanen.

Tips Untuk Melindungi Tulang Telapak Tangan

Selanjutnya quipper.co.id akan memberikkan sedkit tips yang sangat penting bagi sobat sekalian guna menjaga serta melindungi setiap bagian organ yang ada disekeliling sobat. Berikut ini penjelasannya:

  • Upayakan agar menghindari aktivitas berat yang melibatkan telapak seperti halnya mengangkat beban yang terlalu berat
  • Selalu menjaga kebersihan pada telapak tangan maka dengan demikian memperkecil risiko infeksi yang bisa terjadi.
  • Uapayakan agar senantiasa selalu waspada pada saat akan bertindak hal ini bertujuan guna mencegah terjadinya cedera atau trauma pada bagian telapak tanga.
Apa istilah imlmiahnya tulang telapak tangan?

Yakni metacarpal

Sebukan Salah satu fungsi Telapak tangan?

Yakni sebagai penghubung Antara Tulang Jari Dengan Tulang Pergelangan

Sebutkan salah satu tips untuk melindungi tangan dari adanya cendera?

Upayakan agar menghindari aktivitas berat yang melibatkan telapak seperti halnya mengangkat beban yang terlalu berat

Telapak Tangan adalah?

Yakni merupakan sebuah tulang yang berbentuk panjang dan merupakan sebuah penghubung antara tulang jari (phalanges) dengan karpal (carpal).

Apa yang dimaksud dengan Karpal?

Yakni merupakan suatu tulang yang mempunyai bentuk seperti layak bulan dan ukurannya yang pendek dimana tulang tersebut mempunyai jumlah delapan buah, serta terhubung secara langsung dengan bagian ujung tulang yang disebut dengan distal serta radius.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai fungsi telapak tangan, semoga tulisan ini menjadi sajian yang bermanfaat bagi sahabat sekalian.

Daftar Artikel Lainnya :