Fungsi Tilakoid

Posted on

Fungsi Tilakoid – Hay bestie setia quipper.co.id semua kembali lagi bersama admin yang akan menerangkan sebuah materi pelajaran tentang tilakoid.

Apa itu Tilakoid?

Tilakoid adalah kantung datar / pipih yang berdiri secara independen di kloroplas (berlawanan dengan sisterna di mitokondria) di mana reaksi fotosintesis dan fotofosforilasi berlangsung.

Tumpukan tilakoid bersama-sama membentuk butiran (jamak granum). Daerah di sekitar tilakoid disebut stroma kloroplas. Tilakoid dikelilingi oleh membran yang melapisi ruang intratilakoid yang disebut lumen.

Reaksi terang, fotokimia atau sinar matahari dihasilkan di tilakoid yang berfungsi untuk menyerap foton dari sinar matahari.

Membran tilakoid mengandung zat seperti pigmen fotosintesis (klorofil, karotenoid, xantofil) dan berbagai lipid, protein rantai transpor elektron fotosintesis, dan enzim seperti ATP sintetase.

Mereka memungkinkan pembentukan gradien H+ elektrokimia karena elektron ini dipompa dari stroma ke dalam lumen tilakoid oleh energi cahaya.

Unit struktural fotosintesis pada eukariota fotosintesis adalah kloroplas. Di dalam kloroplas adalah membran tilakoid, serangkaian membran internal yang mengandung pigmen fotosintesis: klorofil dan karotenoid. Setiap tilakoid biasanya berupa kantung atau vesikel yang pipih.

Untuk bestie semua yang mungkin ingin mengetahui materi tentang tilakoid ini lebih lengkap, maka yuk simak penjelasan yang sudah admin uraikan di bawh ini.

Pengertian Tilakoid

Fungsi Tilakoid
Fungsi Tilakoid

Apa yang dimaksud dengan Tilakoid ? yakni merupakan sebuah struktur membran yang terkait pada lembaran yang menjadi sebagai sebuah tempat reaksi fotosintesis terang pada kloroplas dan cyanobacteria.

Selain itu Tilakoid juga ialah merupakan suatu lokasi yang di dalamnya terkandung klorofil yang kerap digunakan untuk menyerap cahaya dan juga untuk reaksi biokimia.

Pada awlnya istilah kata tilakoid berasal dari kata Green tylakos, yang bisa diartikan sebuah kantong . Kemudian disusun dengan akhiran -oid, “tilakoid” artinya “seperti kantong.”

Baca Juga :   Sendi atau Persambungan Pada Kerangka

Selain itu Tilakoid juga dapat disebut lamela, walaupun istilah ini bisa dipakai untuk merujuk pada bagian dari tilakoid yang saling terkait pada grana.

Dimana tilakoid, merupakan sebuah struktur kecil, bulat, rata, dan juga mempunyai bentuk seperti bantal yang berada di dalam kloroplas.

Selain itu Tilakoid ialah merupakan bagian dari struktur yang langsung berikatan dengan membran.

Kemudian pada ruang yang berada diantara membran tilakoid dikenal juga dengan sebutan lumen tilakoid.

Sedangkan bagian fungsional dari kloroplas ialah merupakan membran dan juga lumen.

Dengan adanya pigmen hijau yang dapat menangkap cahaya, sedangkan klorofil dijumpai di membran tilakoid, yang ditahan oleh protein membran.

Kemudian pada klorofil tersusun berada di dalam fotosistem 1 dan juga fotosistem 2 pada membran tilakoid.

Kemudian pada energi cahaya yang di dapat dari sinar matahari akan diubah menjadi energi listrik oleh klorofil.

Energi listrik dalam hal ini akan berbentuk seperti elektron yang berenergi tinggi yang dialiri dengan melalui sebuah protein membran dari satu ke lainnya, sehingga dapat memberikan memompa stamina dan membentuk sebuah dengan terpompanya proton dari stroma ke lumen tilakoid.

Pada saat protein tersebut dipompa maka energi tersebut akan dialirkan kembali menuju ke stroma, kemudian ketika energi dilepaskan, maka selanjutnya siap untuk digunakan oleh enzim, dan kemudian pada ATP synthase dengan mensintesis ATP.

Sedangkan NADP + reductase ialah merupakan sebuah enzim yang memanfaatkan elektron yang dikeluarkan dari fotosistem 2 guna produksi NADPH.

Maka pada ATP dan NADPH yang telah dihasilkan bisa dipakai untuk fiksasi karbon dioksida agar dapat menjadi glukosa.

Fungsi Tilakoid

Fungsi Tilakoid
Fungsi Tilakoid
  • Sebagai sebuah tempat untuk menyimpan pigmen fotosintesis
  • Sebagai penghubung antar grana
  • Dapat membantu dalam reaksi cahaya
Baca Juga :   Fungsi Ligamen

Struktur Tilakoid

Pada Fase terang dari fotosintesis berlangsung di tilakoid. Yang mana di sana telah diproduksi suatu molekul ATP dan NADPH2 yang kemudian akan digunakan kembali dalam fase gelap fotosintesis.

Adapuun kegunaan atau fungsi yang paling utamanya ialah untuk menyerap foton yang di dapat dari sinar matahari.

Dimana Membran tilakoid ialah merupakan lipid bilayer yang hampir mirip dengan membran sel organisme fotosintesis prokariotik,misalnya seperti sejumlah bakteri dan juga ganggang.

Dimana pada Membran ini juga mempunyai lipid asam yang sangat penting dalam memelihara sistem foto.

Disamping itu, mereka juga mempunyai beberpa besar galaktolipid dan asam linolenat, yang dapatmendukung dan membantu dalam fluiditas membran.

Pada Struktur yang cukup unik ini masih sangat memerlukan sejumlah besar dari reaksi kompleks guna disintesis, yang nantinya akan melibatkan pengangkutan sejumlah prekursor lipid dengan melewati vesikel endoplasma.

Selai itu struktur Tilakoid juga tersusun atas berbagai protein, hal tersebut baik transmembran maupun integral (yang mempunyai sebuah komunikasi dengan kedua sisi membran, misalnya seperti sistem foto I dan juga II, kemudian sitokrom dan ATP sintase) serta periferal (yang hanya mempunyai selaksa kegiatasn dalam sebagian) membran, baik internal seperti contohnya plastosianin maupun eksternal yang berperan sebagai ferredoksin.

Nah dari sebagian besar semua protein tilakoid yang sudah kita bahas diatas saling berhubungan dengan fotosintesis, namun ada juga sebuah protein transport molekul, dimana pada protein tersebut berperan penting dalam pengeditan dan pemrosesan protein lainnya serta beberapa kelompok protein penting yang bertugas guna memerangi stres oksidatif.

Kemudian Lumen tilakoid ialah merupakan sebuah bagian yang berair dan juga terbungkus oleh membran yang sangan berperan selama fotosintesis.

Baca Juga :   Fungsi Jaringan Palisade

Kemudian dengan adanya Proses fotofosforilasi akan memompa proton dari penghacuran molekul air yang terjadi di dalam lumen membran tilakoid, yang kemudian akan mengasamkan media ini hingga dihasilkan pH rata-rata yang sama dengan 4.

Pada molekul H + (atau proton) yang mana datang di dalam Lumen yang kemudian akan dipakai oleh ATP sintase, dan kemudian akan didukung oleh protein membran penting yang memfosforilasi ADP dalam ATP, yang mana masih merupakan molekul yang dapat mengangkut sebuah energi dari dalam sel, yang nantinya akan dipergunakan untuk berbagai banyak proses penting.

Tilakoid Pada Organisme Lain

Menyinggung engenai Cyanobacteria yakni merupakan sebuah organisme prokariotik yang juga mempunyai tilakoid, walaupun tidak terdapat kloroplas.

Namun dalam kasus ini, dimana letak dari membran tilakoid berada tepat di bawah dinding dan juga membran sel, yang biasanya digunakan sebagai sebuah tempat untuk menangkap cahaya, yang mana respirasi dan fotosintesis berlangsung .

Selain itu tilakoid cyanobacterial juga mempunyai suatu set butir seperti hal nya yang terdapat pada tumbuhan, yang mana membran tilakoid mempunyai plastisitas struktural yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan.

Dalam hl ini Tidak seperti sel bakteri lainnya, dimana cyanobacteria mempunyai suatu organisasi seluler yang lebih besar pada saat pembelahan mereka berlangsung, maka oleh sebab itu perlu untuk mensintesis setiap komponen lipid dan juga semua protein yang berada dari membran eksternal dan plasma,yang berada di samping dinding sel dan tilakoid.

Kemudian organisme ini dapat berhasil sukses secara evolusi, sebab mereka telah menempati hampir dari setiap ceruk air yang ada di planet ini.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai fungsi tilakoid kali ini, semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk bestie semua.