Fungsi Trikoma

Posted on

Fungsi Trikoma – Hay sahabat semua.! Materi pembahasan kali ini tentang fungsi trikoma beserta Pengertian Macam, Struktur, Gambar dan Penjelasannya.

Namun diperjumpaan sebelumnya juga Quipper.co.id telah menerangkan materi tentang Fungsi Lentisel.

Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita ini, maka mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Trikoma

Fungsi Trikoma
Fungsi Trikoma

Apa yang dimkasud dengan Trikoma? yakni merupakan derivet epidermis yang menyusun berbagai struktur yang beragam misalnya rambut, sisik, tonjolan lalu rambut kelenjar dan lain sebagainya.

Dimana pada trikoma ini tersusun dari sel tunggal bahkan banyak sel. Kemudian pada struktru yang hampir mirip dengan trikoma.

Namun ukurannya tidak besar dan juga tersusun atas suatu jaringan epidermis atau yang dibawah epidermis yang disebut juga dengan emergensia namun apabila ia tersusun dari jaringan stele maka bisa disebut dengan spina.

Fungsi Trikoma

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi dari trikoma yang diantaranya ialah :

  • Untuk akar berperan penting dalam proses penyerapan.
  • Dengan adanya epidermis daun dan juga batang berperan dalam mengurangi aterjadinya penguapan dan juga berbagai gangguan secara mekanik.
  • Dengan adanya bunga Lonicera, dimana pada rambut-rambut yang ada pada epidermis yang berdektan dengan petal akan membuang nektar.
  • Kemudian Pada rambut kepala putik, membantu dalam mengeluarkan sebuah perekat yang nantinya akan digunakan untu melekatnya polen.
  • Kemudian Pada biji ialah membantu dalam mengeringkan dan juga memberi kemudahan proses penyebaran oleh angin.
  • Membantu dalam menahan dari pertikular.

Manfaat Trikoma Pada manusia

Di bawah ini terdapat beberapa manfaat trikoma bagi manusia, berikut ini penejlasannya :

Baca Juga :   Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Macam -Macam Trikoma

Dengan berdasarkan baik ada maupun tidaknya peranan fungsi sekret, trikoma bisa dibagi menjadi dua jenis

Trikoma Nonglandular

Trikoma Nonglandular
Trikoma Nonglandular

Trikoma yang tidak menghasilkan sekret

Macam-macam Trikoma Nonglandular

  • Mempunyai rambut yang hanya bersel satu atau bahkan banyak dan juga tidak pipih, Misalnya saja seperti pada Lauraceae dan juga Moraceae.
  • Mempunyai rambut sisik yang memipih dan juga mempunyai banyak sel, misalnya seperti pada daun durian( Duriozibetinus).
  • Rambut Bercabang dan juga mempunyai banyak sel, misalnya saja seperti daun waru (hibiscustiliaceus)

Trikoma Glandular

Trikoma Glandular
Trikoma Glandular

Trikoma yang bisa menghasilkan sekret

Apa yang dimaksud dengan Trikoma Glandular? yakni merupakan sebuah trikoma yang bisa menghasilkan sekret, dan pada trikoma ini bisa mempunyai satu sel bahkan bisa juga banyak.

Adapun contoh tumbuhan yang mempunyai trikoma glandular yang terdapat di daunnya

Macam-Macam Trikoma Glandular

  • Yang pertama ialah Trikoma hidatoda, yang tersusun dari sel tangkai dan juga sejumlah sel kepala yang kemudian akan mengeluarkan suatu larutan. Contohnya seperti keluarga keladi(Araceae)
  • Yang kedua ialah Kelenjar garam, yang mana tersusun atas sebuah sel kelenjar besar dengan tangkai yang pendek, misalnya pada tumbuhan bakau.
  • Yang ketiga ialah kelenjar madu, yakni sebuah kelenjar yang berbentuk sebuah rambut dan mempunyai sel satu bahkan banyak dengan plasma yang sangat kental dan bisa mengeluarkan madu tersebut kepermukaan sel, misalnya pada tanaman pisang.
  • Yang keempat ialah Rambut gatal,yakni merupakan sebuah rambut yang berbentuk sel tunggal dengan pangkal yang juga berbentuk seperti sebuah kantung serta pada bagian ujungnya berbentuk meruncing. Dan untuk isi sel yang dapat mengakibatkan adanya rasa gatal ialah Misalnya Laportea stimulans.
Apa itu Sel Kipas?

Yakni merupakan suatu alat pelengkap pada epidermis dibagian atas daun khusunya untuk keluarga tanaman poacae seperti misalnya bambu(Bambu vulgaris) dan juga Cyperaceae contohnya seperti teki(Cypourus rodontus)

Apa yang dimaksud dengan Kelenjar Madu?

yakni sebuah kelenjar yang berbentuk sebuah rambut dan mempunyai sel satu bahkan banyak dengan plasma yang sangat kental dan bisa mengeluarkan madu tersebut kepermukaan sel, misalnya pada tanaman pisang

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan tentang fungsi trikoma, semoga rangkuman ini bisa menjadi sajian yang tentunya bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga Artikel Lainnya :