Fungsi Tulang Spons

Posted on

Mari kita belajar bersama mengenal lebih jauh tentang fungsi tulang spons di dalam rangkaian sistem organ tubuh manusia bersama admin quipper.co.id.

Apa itu tulang spons?

Tulang spons, atau lebih dikenal sebagai tulang cancellous atau tulang trabecular, merupakan jenis tulang yang sangat berpori yang ditemukan pada hewan. Tulang ini sangat vaskularisasi dan mengandung sumsum tulang merah.

Tulang cancellous lebih lembut dan lebih lemah dari tulang kompak, tetapi juga lebih fleksibel. Hal ini ditandai dengan jaringan matriks seperti kisi yang disebut trabecula (bahasa Latin untuk bundel kecil), yang memberikan penampilan seperti spons.

Sumsum tulang cancellous menyediakan sel-sel osteoprogenitor yang membantu dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang baru.

Oleh karena itu, cangkok tulang yang terdiri dari tulang kanselus kadang-kadang digunakan dalam prosedur transplantasi untuk meningkatkan osteogenesis.

Nah untuk bestie semua yang mungkin mengetahui lebih detail tentang infomasi fungsi tulang spons bagi kehidupan manusia, simak penjelasan selengkap melaui uraian berikut ini.

Pengertian Tulang Spons

Fungsi Tulang Spons
Fungsi Tulang Spons

Apa yang dimaksud dengan tulang spons ? yakni merupakan salah satu jenis tulang yang bersifat keras ( osteon ) atau dikenal juga dengan tulang sejati yang mempunyai matriks berpori atau berongga yang di dalamnya berisi jaringan sumsum tulang yakni suatu sumsum tulang merah yang bekerja untuk melakukan reproduksi sel darah merah dan sumsum tulang kuning yang mempunyai fungsi guna menyimpan lemak.

Oleh sebab ia mempunyai sebuah struktur berpori, maka lebar permukaan pada tulang ini sangat luas dan juga mempunyai suatu massa jenis lebih kecil jika dibandingkan pada tulang kompak.

Baca Juga :   Fungsi Sendi Mati

Selain itu pada tulang spons ini terdiri atas trabeculae atau lempengan yang menyusun suatu anyaman pipih yang mana bentuknya hampir mirip seperti bentuk suatu pecahan genting dan mempunyai suatu kandungan serat kolagen.

Fungsi Tulang Spons

Fungsi Tulang Spons
Fungsi Tulang Spons

Di bawah ini terdapat sejumlah fungsi dari tulamg spons, yang diantaranya ialah seperti berikut ini :

  • Sebuah Tulang yang berfungsi untuk meredam berbagai gerakan sehingga menghasilkan gelombang kejut yang timbul diakibatkan adanya berbagai aktivitas manusia misalnya seperti melompat, berlari, dan juga berjalan.
  • Tulang yang berfungsi untuk melkaukan penyebaran vitamin dan nutrisi ke setiap bagian tulang dan juga pada bagian tubuh lainnya dengan melalui sebuah jaringan dan juga pembuluh darah kaliper yang ada padanya.
  • Berfungsi dalam proses metabolisme kalsium dan juga produksi fungsi sel darah merah yang mana berlangsung pada tulang ini sebab adanya dukungan dari luasnya permukaan kandungan jaringan sumsum tulang merah yang ada di dalamnya.
  • Berfungsi untuk mendukung struktural dan mencukupi kebutuhan pergerakan sendi dan juga anggota badan.

Funsi Utama Tulang Spons

Penyusun bentuk tubuh
Sebagai pelindung atas beberapa organ tubuh yang vital.
Sebagai penopang tubuh.
Sebagai sebuah tempat penyusunan sel darah.
Sebagai wadah penyimpanan mineral khususnya kalsium dan fosfor.
Sebagai wadah untuk menyimpan cadangan lemak di sumsum kuning.
Sebagai sebuah tempat menempelnya otot.

Ciri Ciri Tulang Spons

  • Tidak Memiliki sistem havers
  • Terbentuk atas trabeluceae atau lempengan yang membentuk anyaman pipih
  • Mempunyai suatu kandungan serat kolagen
  • Mempunyai matriks berpori/berongga
  • Di dalmnya berisikan sumsung tulang
  • Tidak dijadikan sebagai penahan dari adanya beban berat

Letak Tulang Spons

Sedangkan untuk letaknya Tulang ini berada pada bagian

  • Tulang dada,
  • Belikat,
  • Rusuk
  • Pergelangan kaki
  • Ruas ruas tulang belakang
Baca Juga :   Fungsi Tulang Dada

Nah untuk dapat menemukan tulang spons tersebut yakni dapat kita jumapai hampir terdapat diseluruh tubuh dan semua bagian tulang, baik pada tulang pendek, lalu sesamoid atau padan tulang melingkar.

Dimana dari adanya suatu pergerakan seperti melangkah dan melakukan suatu lompatan sehingga menyebabkan terjadinya suatu gelombang kejutan yang berlangsung di dalam tubuh, maka secara sigap tulang spon ni akan membantu untuk melakukan penyerapan dari semua dampak –  dampak yang telah ditimbulkan.

Kemudian selanjutnya apabila masuk pada gilirannya dimana ia akan mencegah tulang pecah dan juga ikut terlibat dalam proses pecegahan dari terjadinya kerusakan atas sejumlah rangka yang halus.

Apabila ditinjau kembali dengan jelas terlihat bahwa tulang ini mempunyai begitu banyak fungsi yang dapat dilakukannya, sehingga rasanya sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita masing-masing agar selalu merawatnya yang tentunya dengan mengikuti pola dan gaya hidup yang serba sehat ya.

Sebab apa jadinya jika tanpa adanya bagian tulang spons ini di dalam tubuh kita, sudah pasti aktivitas tubuh kita akan terganggu dan tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai fungsi tulang spons, semoga serangkaian ulasan kali bisa sangat bermanfaat untuk sahabat sekalian.