Fungsi Serat Kolagen

Posted on

Fungsi Serat Kolagen – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan Quipper.co.id sampaikan materi tentang fungsi serat kolagen beserta Pengertian, Struktur, Sifat, Letak dan Karakteristik. Namun diperjumpaan sebelumnya, dimana quipper.co.id juga telah menyampaikan materi tentang Fungsi Jaringan Ikat. Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka yuk kita simak bersama ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Serat Kolagen

Fungsi Serat Kolagen
Fungsi Serat Kolagen

Apa yang dimaksud dengan Kolagen ? yakni meerupakan sebuah protein yang sangat umum dijumpai di dalam tubuh manusia.

Dimana pada kolagen dapat dijumpai di hampir seluruh organ dan bagian dalam tubuh. Kemudian pada umumnya, kolagen ini melilit dan membentuk menjadi jaring serat yang membantu untuk menambahkan stabilitas struktural ke setiap bagian tubuh tertentu.

Dimana dalam hal ini pada umumnya berhubungan dengan integritas kulit, namun merupakan bagian yang sangat penting guna fungsi yang tepat dari berbagai bagian tubuh lainnya.

Fungsi Serat Kolagen

Fungsi Serat Kolagen
Fungsi Serat Kolagen

Dimana pada serat kolagen dan jaringan akan membantu menambah kekuatan struktural di dalam bagian tubuh.

Pada umumnya hal ini sangat banyak terdapat di kulit, sehingga membuat sekitar 80 persen dari berat kulit kering pada orang normal.

Sebab mempunyai kemampuan dalam berinteraksi terhadap dirinya sendiri dan juga terhadap protein lainnya, misalnya seperti elastin, memberikan dukungan terhadap kulit sehingga mempunyai sifat yang elastis.

Kemudian ada sedikit perubahan dalam jenis kolagen pada bagian tubuh lainnya sehingga mengakibatkan bisa meningkatkan kekuatan yang lebih besar, seperti misalnya pada tulang, atau jaringan lebih halus dari serat, misalnya seperti yang terdapat di dalam pembuluh darah.

Nah untuk memperjelas mengenai apa sih fungsi kolagen? maka berikut ini sudah Quiiper.co.id rangkum ulasan mengenai fungsi dan peran kolagen,simak berikut ini.

  • Tulang
    Dalam hal ini dimana kolagen merupakan bagian terpeting bagi tulang. Dimana struktur tulang sendiri tersusun dari berbagai macam bahan yang salah satunya ialah merupakan sebuah gabungan dari kolagen dan juga mineral dan biasa disebut dengan hydroxyapatite. Dimana pada kedua substansi ini saling bekerja untuk menysun struktur, sehingga memperoleh fleksibiltas dan kekuatan dari tulang.
  • Otot
    Dalam hal ini dimana serat kolagen sangat berfungsi guna memperkuat otot dan juga terhadap struktur otot demi kelangsungan otot setiap harinya. Namun selin itu serat kolagen juga tidak hanya dapat dijumpai di otot rangka, akan tetapi ia juga dapat dijumpai di dalam otot polos (yakni letaknya berada pada saluran kemih dan juga organ reproduksi) serta pada otot jantung.
  • Pembuluh Darah
    Kemudian Kolagen mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menyusun dinding pembuluh darah vena, lalu arteri dan juga kapiler. Selain itu kolagen sangat berfungsi agar dapat memperkuat pada pembuluh darah, dan juga melindungi struktur serta kelenturan pada pembuluh darah. Bukan hanya itu saja serat ini juga sangat berfungsi untuk membawa aliran darah masuk ke seluruh tubuh.
  • Kulit
    Kemudian selanjutnya pada bagain kulit dimana kolagen yang paling terbesar sangat berfung untuk penyokong kulit. Berdasarkan pendapat dr.Eric dari University of Pennsylvania, bqahwa dari 80% berat kulit yang mana tersusun sebagiannya dari kolagen. Dimana pada kolagen yang membantu dalam menyediakan struktur ke kulit yang saling bekerjasama dengan protein lain yang disebut dengan elastin, yang sangat berguna agar dapat membuat kulit lebih elastis.
Baca Juga :   Fungsi Sendi Geser

Struktur Serat Kolagen

Pada kekuatan yang dimiliki oleh kolagen yakni terbentuk dari struktur protein yang unik.

Dimana dengan urutan asam amino yang membantu dalam menyusun serat erat yang berkelok-kelok yang bia saling berinteraksi antar satu dengan yang lainnya, dan juga protein lainnya.

Dimana pada Asam amino akan sangat memerlukan beberapa modifikasi yang dilakukan oleh enzim yang terdapat di dalam tubuh, sebelum kemudian mereka akan dipakai didalam kolagen, sama halnya seperti enzim yang sangat bergantung pada vitamin C.

adapun untuk struktur kolagen terdiri dari tiga tingkat berikut ini penjelasannya :

  • 1. Yang pertama yakni pada Kerangka kovalen yang tersusun atas sejumlah rantai-rantai protein individual yang mempunyai bobot molekular diperkirakan berkisar 100.000.

Kemudian pada Residu asam amino yang sangat banyak ditemukan ialah glisin, yang bertanggung jawab hampir sekitar 33% atas residu asam amino yang ada.

Selain itu Prolin juga sangat banyak yakni hampir mencapai (12%) kemudian ada juga asarn amino yang dianggap tidak umum, yakni hidroksiprolin dan hidroksilisin.

  • 2. Terdapat tiga rantai yang saling bergabung agar dapat menyusun tripe! heliks di dalam struktur sekunder.

Dimana pada Tripel heliks ini ialah merupakan sebuah satuan dan menjadi struktural dasar atas kolagen yang dikenal juga dengan sebutan tropokolagen.

Adapun bentuk dari Tropokolagen yakni merupakan sebuah batang yang mempunyai diameter 15 A dengan panjang 3000 A.

Yang terdapat di dalam heliks tropokolagen, kemudain pada ketiga benang tersebut saling terikat dalam hidrogen satu dan yang lainnya dengan di perantarai oleh gugus peptida -NH yakni atas residu glisin dan juga dari gugus peptida -C=O yang terjadi pada rantai lain.

Dalam hal Ini merupakan suatu komponen heliks yang mempunyai bentuk saling berbeda dari o.- heliks.

  • 3. Yang ketiga ialah dari satuan tropokolagen yang dihubungkan dengan kovalen yang kemudian membentuk satu ikatan atau berkas yang dikenal dengan mikrofibril.
Baca Juga :   Fungsi Alkaloid

Dimana pada kolagen ibril fibril bisa tersusun didalam ikatan paralel, yakni dalam proses pembentukan urat, dan juga di dalam sejumlah lembaran misalnya seperti ikatan penyusunan atau pembentukan kulit.

Gangguan Pada Kolagen

Begitu banyak penyakit yang dapat diakibatkan dengan adanya mutasi pada gen kolagen yang berbeda. Secara umum mereka bisa ditandai dengan hilangnya kekuatan yang ada pada setiap bagian tubuh tertentu.

Contohnya saja, suatu mutasi dari salah satu jenis kolagen yang dijumpai di dalam tulang bisa mengakibatkan osteogenesis imperfecta, yakni merupakan suatu keadaan di mana tulang rentan mengalami pecah bahkan jauh lebih sensitip dan sangat mudah dari biasanya.

Bukan hanya itu saja faktor penyebabnya , bisa juga karena tidak terpenuhinya apa yang menjadi kebutuhan yakni kekurangan vitamin C selama proses pembuatan kolagen, dan juga gizi buruk bisa menjadi penyebab dari adanya gangguan yang terjadi pada kolagen .

Adapun Penyakit yang ditimbulkan yakni kudis, yakni merupakan saluh contoh, dari hilangnya kekuatan yang teradapat kulit dan kolagen tulang, yang kemudian menyebabkan hilangnya gigi dan kerusakan integritas kulit.

Apa yang dimaksud dengan Kolagen ?

yakni meerupakan sebuah protein yang sangat umum dijumpai di dalam tubuh manusia.

Jelaskan Fungsi Kolagen pada pembuluh Darah?

Kolagen mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menyusun dinding pembuluh darah vena, lalu arteri dan juga kapiler. Selain itu kolagen sangat berfungsi agar dapat memperkuat pada pembuluh darah, dan juga melindungi struktur serta kelenturan pada pembuluh darah. Bukan hanya itu saja serat ini juga sangat berfungsi untuk membawa aliran darah masuk ke seluruh tubuh.

Jelaskan Fungsi Kolagen Pada Otot?

kolagen sangat berfungsi guna memperkuat otot dan juga terhadap struktur otot demi kelangsungan otot setiap harinya. Namun selin itu serat kolagen juga tidak hanya dapat dijumpai di otot rangka, akan tetapi ia juga dapat dijumpai di dalam otot polos (yakni letaknya berada pada saluran kemih dan juga organ reproduksi) serta pada otot jantung.

Baca Juga :   Fungsi Cnidaria

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai fungsi serat kolagen, semoga apa yang telah disajikan kali ini bisa sangat bermanfaat untuk sahabat sekalian. Mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dalam penulisan. Penulis ucapkan Terima kasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :