Norma Agama

Posted on

Norma Agama – Bagi sobat semua yang belum memahami dengan materi norma, maka akan Quipper.co.id paparkan secara lengkap dimulai dari pengertian, ciri, macam, tujuan dan contohnya hingga tuntas . Untuk itu yuk marilah kita simak bersama ulasannya sebagai berikut.

Pengertian

Norma Agama
Norma Agama

Apa yang dimaksud dengan Norma agama? yakni merupakan suatu aturan atau kaidah, yang berfungsi sebagai penuntun jalan atau sebuah pedoman bagi semua makhluk hidup kususnya manusia yang menjalani kehidupannya.

Kaidah serta pedoman yang terdapat di dalam norma agama, sudah tidak perlu diragukan lagi sebab bersifat pasti.

Sebab semua pemberian tersebut berasal dari Tuhan Yang Maha Esa secara langsung. Dengan kata lain hal tersebut merupakan suatu bentuk kasih sayang Tuhan terhadap semua hambanya.

Ciri Norma Agama

Norma-Agama
Norma-Agama
  • Mempunyai sumber yang jelas sebab berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mempunyai sifat yang universal atau bisa dikatakan abadi.
  • Apabila dijalani akan mendapat pahala dan jika dilanggar akan mendapat ganjaran yang sesuai atas perbuatannya.
  • Mempunyai pandangan yang luas umum berlaku untuk semua manusia.

Fungsi Norma Agama

Setelah kita mengetahui cirinya maka selanjutnya sobat juga harus mengetahui tentang fungsinya,yang mana pada umumnya di dalam kehidupan bermasyarakat bisanya kerap digunakan sebagai suatu pedoman terhadap setiap anggota masyarakat agar senantisa dapat berprilaku baik terhadap sesamanya, untuk lebih jelasnya simak berikut ini :

  • Peranannya didalam bermasyarakat yakni sebagai suatu pedoman dan aturan dalam kehidupan bermasyarakat
  • Menghadirkan ketrentraman serta kesetabilan dalam bermasyarakat
  • Dan dapat dijadikan sebuah landasan dalam menjatuhkan sanksi terhadap masyarakat yang melanggar
  • Membangun serta ikut terlibat dalam keadilan di tengah bermasyarakat
  • Mendorong masyarakat agar mereka dapat mencapai tujuan bersama
Baca Juga :   Biidznillah Artinya

Macam-Macam Norma dalam Masyarakat

Simak di bawah ini terdapat beberapa macam:

1. Norma Agama

Seperti yang sudah disampai di atas bahwa norma agama ialah merupakan suatu pedoman hidup bagi umat manusia yang sumbernya tidak perlu diragukan lagi asalnya yakni dari Tuhan yang Maha Esa. Sebab di dalam Norma ini mempunyai sifat yang dogmatis, atau dengan kata lain tidak boleh dikurangi maupun ditambah.

Contoh Norma Agama

Jangan Mengambil / mencuri
Jangan suka berzina
Jangan pernah membunuh sasama manusia
Jangan melakukan tindak kejahatan serta kasar terhadap orang lain
Melakukan perintah yang tertulis dalam kitab suci
Selalu taat melakukan peribadatan yang sesuai dengan kepercayaan masing-masing

2. Norma Kesusilaan

Apa itu norma kesusilaan? yakni meruapakan suatu pedoman atau ketetapan dalam sebuah aturan hidup yang dianggap sebagai suara sanubari manusia yang berhubungan dengan perilaku atau baik-buruknya suatu perbuatan. Dimana asal dari norma kesusilaan ini yakni didapat dari moral dan hati nurani manusia.

Contoh Norma Kesusilaan

Harus berlaku jujur terhadap orang lain
Melakukan perbuatan baik terhadap sesama
Jangan Suka mencuri barang yang bukan menjadi haknya.
Selalu bisa berlaku adil terhadap semua orang

3. Norma Kesopanan

Selanjutnya Apa yang dimaksud dengan norma kesopanan? yakni merupakan suatu peraturan yang tumbuh dari sebuah hubungan antar manusia dengan anggota masyarakat .

Sumber dari ini yakni terhadap norma itu sendiri yang sifatnya relatif dan berbeda-beda di berbagai lingkungan dan waktu.

Dan bisanya untukl hukuman atau Sanksi yang bisa diberikan terhadap si pelanggar norma kesopanan sifatnya tidak tegas. Namun bentuk umum sanksi norma ini yakni sebuah celaan dari orang lain.

Contoh Norma Kesopanan

Mengucapkan salam atau menyapa terhadap orang lain
Selalu membuang sampah pada tempatnya
Berucap dengan kata yang baik dan juga tidak kasar
Dapat menghargai orang yang lebih tua
Baca Juga :   Contoh Norma Hukum

4. Norma Hukum

Apa yang dimaksud dengan norma hukum? yakni merupakan suatu peraturan yang musti ditaati yang dibuat oleh sebuah lembaga tertentu yang mempunyai tanggung jawab serta wewenang dalam mengatur kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, serta bernegara.Sumber dari aturan ini yakni dari perundang-undangan, yurisprudensi dan doktrin.

Dan pada umumnya hukuman atau sanksi yang didapat bagi yang sudah melakukan pelanggaran dan mendapatkan hukuman yang tegas. Adapun bentuk dari hukuman tersebut seperti kurungan penjara atau, dengan berupa denda.

Contoh Norma Hukum

Berkewajiban untuk membayar pajak
Jangan merampok, mencuri maupun korupsi
Dilarang melakukan tindak kejahatan dan juga pembunuhan
Bagi sang pengendara umum harus melewati jalur khusus
Bagi setiap pengendara diwajibkan untuk selalu memperhatikan dan mengikuti rambu lalu lintas

5. Norma Kebiasaan

Apa yang dimaksud norma kebiasaan? yakni merupakan suatu aturan sosial yang dibentuk dalam keadaan sadar maupun tidak sadar sebab di dalamnya terdapat suatu pedoman dalam berperilaku secara terus menerus yang akhirnya menjadi kebiasaan.

Dan biasanya untuk hukuman atau sanksi yang diberikan terhadap sang pelanggar norma yakni sebuah cimiran atau ejekan, serta dapat diasingka.

Contoh Norma Kebiasaan

Mandi yang teratur
Dengan menggosok gigi setiap hari maka nafas akan lebih segar
Selalu membaca doa sebelum maupun sesudah makan dan tidur
Berilah bingkisan atau hadiah terhadap kedua orang tua atau saudara
Berilah sebuah tip bagi seorang pelayan yang menjamu mu

Tujuan Norma Agama

Dalam membentuk norma agama ini mempunyai tujuan untuk bisa mengajarkan serta membentuk manusia menjadi makhluk yang baik, yang dapat menghindari semua hal maupun prilaku yang buruk.

Sebab di dalam norma agama ini tidak seperti norma lainnya , sebab di dalam norma agama ini mengarah pada Tuhan dan sebuah bakti sebagai seorang hamba.

Baca Juga :   Konjungsi Kausal

Dan bisanya norma ini juga selalu mengutamakan rasa tanggung jawab pada diri sendiri, dan pada Tuhan.

Bagi sesorang yang dapat patuh serta mentaati norma agama dengan baik, dan sesuai dengan agamanya masing-masing maka pada kebanyakannya akan memiliki sebuah perilaku yang juga baik. Dan pada orang tersebut akan lebuh memilih hidup yang tenang.

Norma Agama Adalah?

yakni merupakan suatu aturan atau kaidah, yang berfungsi sebagai penuntun jalan atau sebuah pedoman bagi semua makhluk hidup kususnya manusia

Sebutkan Tujuan

Bertujuan untuk mengajarkan serta membentuk manusia menjadi makhluk yang baik, yang dapat menghindari semua prilaku yang buruk.

Norma Hukum Adalah?

yakni merupakan suatu peraturan yang musti ditaati yang dibuat oleh sebuah lembaga tertentu yang mempunyai tanggung jawab serta wewenang dalam mengatur kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, serta bernegara

Nah demikianalah ulasan singkat mengenai norma agama beserta pengertian, ciri, macam, tujuan dan contoh ini Quipper.co.id buat. Semoga artikel ini dapat menjadi sajian yang berguna untuk sobat sekalian.

Daftar Artikel Terkait :