Norma Kesusilaan

Posted on

Norma Kesusilaan – Dalam istilah kata lain dikenal dengan sebutan mores. dimana norma ini berasal dari hati nurani yang selalu dicontohkan secara berulang-ulang sehingga membentuk suatu kebiasaan. Dengan kata lain lebih sederhanya dapat di katakan bahwa selama menganut norma ini, maka orang tersebut akan bertindak manusiawi. Nah bagi sobat yang ingin tahu penjelasan selanjutnya, maka sobat bisa simak ulasan sebagai berikut ini.

Pengertian Norma Kesusilaan

Norma-Kesusilaan
Norma-Kesusilaan

Apa yang dimaksud Norma kesusilaan? yakni merupakan suatu peraturan sosial yang mengurus tentang bagaimana cara manusia berperilaku secara umum yang bersumber dari hati nurani manusia itu sendiri.

Namun di dalam norma ini tidak ada suatu sanksi yang mengaskan seperti halnya norma hukum.

Akan tetapi bagi mereka para pelanggar norma ini masih akan tetap diberikan sanksi yang sifatnya individual, yakni rasa malu.

Istilah kata norma ini terdiri atas dua kata, yakni:

  • Dimana Norma artinya; suatu aturan atau sebuah pedoman dalam mengatur
  • Sedangkan kesusilaan; ialah merupakan suatu sikap atau peraturan hidup

Sehingga dapa disimpulkan bahwa definisi kesusilaan bisa juga makanai sebagai suatu peraturan sosial dengan bersumber dari hati nurani manusia masing-masing yang membentuk akhlak seseorang.

Oleh sebab norma ini bersumber dari hati nurani, maka norma ini tidak tertulis dan pelaksaaannya dilakukan manusia berdasarkan hati nuraninya.

Kemudian norma ini juga dikenal dengan sebutan norma moral, sehingga terhadap mereka para pelanggar ketetapan standar norma ini disebut sebagai orang yang tidak bermoral atau asusila.

Baca Juga :   Contoh Surat Pengalaman Kerja

Manfaat dan Tujuan Norma Kesusilaan

Dengan berdasarkan definisi norma kesusilaan yang mana ia berperan dalam mengatur tentang bagaimana cara manusia selayaknya berperilaku yang bersumber atas hati nurani mereka sendiri.

Sehingga membuat tujuan norma tersebut ialah supaya masing-masing individu mempunyai suatu nilai-nilai manusia yang luhur dan juga denga bersifat kesusilaan yang baik, sehingga dapat membangun sebuah keharmonisan dalam sebuah hubungan antar sesama bisa terbentuk.

Dalam hal tersebut sehingga dapat bermanfaat bagi antar sesama manusia contohnya dalam menolong seseorang agar dapat membedakan mana yang baik dan buruk.

Namun bukan itu saja, pada norma ini juga bisa dijadikan sebagai petunjuk bagi manusia tentang cara bersikap dan bertingkah laku di dalam bermasyarakat yang baik.

Ciri-Ciri Norma Kesusilaan

Setelah sebelumnya kita membahas tentang tujuannya maka di bawah ini terdapat beberapa yang merupakan ciri-ciri dari norma kesusilaan yang bisa kita ketahui, yakni:

  • Sumber Norma ini terletak dari hati nurani manusia.
  • Bentuk Norma ini bersifat lokal dalam suatu masyarakat tertentu dan tidak abadi.
  • Kemudian bagi mereka yang sudah melanggar batasan-batasan dari ditetapkannya standar norma ini maka akan mendapatkan sanksi yang bersifat individu, yakni dengan dikucilkan dari masyarakat, hingga mereka merasa malu dan tumbuh sebuah penyesalan batin.

Sanksi Norma Kesusilaan

Di dalam diri setiap manusia pasti terdapat ‘bisikan hati’ yang mengarahkannya pada tindakan yang baik sesuai norma yang berlaku.

Akan tetapi banyak diantaranya yang kerap mengabaikan bisikan tersebut, sehingg cendrung banyak yang melanggar.

Pada saat terjadi suatu pelanggaran yang dilakukan oleh kita, maka sanksi tersebut akan berlaku untuk kita. berikut ini terdapat beberap sanksi norma kesusilaan yang berlaku, yakni:

  • Perasaan malu
  • Perasaan menyesal
  • Pengucilan di dalam masyarakat, bahkan dipenjara
Baca Juga :   Norma Hukum

Contoh norma kesusilaan

Contoh norma kesusilaan
Contoh norma kesusilaan

Begitu sangat banyak contoh yang dapat kita jumpai tentang norma dalam kehidupan sehari-hari, misalnya seperti yang pada di bawah ini:

Jujur dalam bertingkah laku dan bersikap

Tidak hanya hanya dalam berucap maupun bersikap saja sehingga mengharuskan kita untuk jujur, Namun juga dalam berprilaku .

Misalnya di dalam kehidupan nyata dimana apabila kita menemukan sebuah barang milik orang lain yang tertinggal di suatu tempat.

Dengan kasus ini dimana apabila seseorang yang mempunyai sikap jujur dalam bersikap dan bertingkah laku pasti akan cendrung berupaya untuk mengembalikan barang itu kepada pemiliknya.

Mengucapkan tolong, terimakasih dan maaf

Pada kalimat ini secara umumnya menggambarkan pada saat kita hendak meminta bantuan terhadap orang lain, maka hal perlu diingat yakni untuk kita terlebih dahulu mengucapkan kata tolong.

Dan begitupun sikap kita pada saat kita menerima sesuatu pemberian orang dari lain, yakni dengan mengucapkan kata terimakasih.

Serta pada saat kita melakukan kesalahan, maka sangat penting bagi kita makhluk sosial untuk bisa meminta maaf.

Maka dengan menerapkan ketiga kata tersebut, membuat kita akan dipandang oleh orang lain dengan baik.

Menghargai dan menghormati orang lain

Selanjutnya dalam penyampaian untuk mengajarkan cara menusia dalam bergaul terhadap sesama manusia lainnya.

Dan kemudian pada umumnya , agar orang yang lebih tua ingin lebih dihormati serta dihargai oleh yang lebih muda.

Dan selain itu juga, pada saat kita berbicara atau menyampaikan pendapat kepada orang lain maka hal yang musti diingat ialah harus menyesuaikan bagaimana seharusnya kita bersikap dan berbicara terhadap orang yang lebih tua serta dengan orang yang sebaya dengan kita . Semua itu sudah diatur dalam norma ini.

Baca Juga :   Mimpi Melihat Orang Menikah

Berpakaian dengan baik sesuai tempat dan situasi

Berpenampilan dan juga mengenakan pakaian yang baik atau dianggap pantas dapat merupakan salah satu bentuk norma dan dapat juga menunjukkan kepribadian orang tersebut.

Kemudia ketika kita hendak menjumpai atau mendatang ke salah satu acara yang resmi, maka sangat penting buat kita untuk memakai pakaian yang sudah selayaknya disesuaikan dengan acara tersebut.

Dalam hal ini merupakan suatu bentuk penghormatan terhadap pemilik acara.

Serta speperti saat dalam kegiatan santai, maka kita bisa memakai pakaian yang kasual.

Dengan berpenampialan yang baik serta berpakaian yang rapih yang sesuai dengan tempat dan situasi, sehingga dapat membuat persepsi orang lain juga menjadi baik terhadap kita dan nampaklah kita seperti oraang yang mempunyai norma kesusilaan yang baik

Apa Itu Norma Kesusilaan?

yakni merupakan suatu peraturan sosial yang mengurus tentang bagaimana cara manusia berperilaku secara umum yang bersumber dari hati nurani manusia itu sendiri.

Sanksi bagi orang yang melanggar norma kesusilaan adalah:

Perasaan malu
Perasaan menyesal
Pengucilan di dalam masyarakat, bahkan dipenjara

Darimanakah norma Kesusilaan ini berasal?

Yakni dari hati nurani manusia

Nah sekianlah yang bisa quipper.co.id sampaikan kali ini tentang norma kesusilaan, yang dilekapi dengan pengertian, sanksi, manfaat, pelanggaran dan contohnya. semoga bermanfaat.

Daftar Artikel Terkait :