Plat DC dari Daerah Mana

Posted on

Plat DC dari Daerah Mana? Berhubung Indonesia ini terkenal dengan negara yang banyak kotanya, jadi kode plat kendaraannya juga sangat banyak.

Salah satunya kode huruf DC yang menjadi pertanyaan anda saat ini. Mungkin anda sekarang tinggal di kota yang tidak memakai kode huruf DC, sehingga anda tidak tahu kode huruf DC ini digunakan oleh plat kendaraan dari daerah mana.

Tapi tenang ya, quipper.co.id akan memberikan anda jawaban yang tepat untuk pertanyaan anda ini. Kebetulan memang kami sudah menyiapkan materinya di bawah ini.

Selain kode huruf untuk awalan plat kendaraan anda, ternyata juga ada kode huruf untuk akhiran plat kendaraan anda. Dan kode belakang pada plat kendaraan itu juga menunjukan identitas sebuah pembagian wilayah.

Seperti apa penjelasannya? Langsung saja ya anda baca artikel lengkapnya di bawah ini. O, ya jangan lupa membacanya sampai akhir ya!

Apa itu Plat Nomor

Plat DC dari Daerah Mana
Plat DC dari Daerah Mana

Sudah tahukah anda bahwa setiap kendaraan itu wajib memiliki plat kendaraan atau nomor polisis. Kenapa? karena hal itu untuk memberi bukti kepada petugas lalu lintas bahwa kendaraan anda itu bisa digunakan sebab sudah mendapatkan izinnya secara resmi.

Pastinya izin mengendarai suatu kendaraan itu akan di terbitkan oleh kepolisian dengan menerbitkan yang namanya STNK. Dari STNK itu anda nanti juga akan mendapatkan plat kendaraan dan siap beroperasi di jalanan.

Tetapi ketahuilah bahwa disetiap wilayah itu pasti memiliki kode plat yang beda – beda, contohnya kode huruf DC yang anda pertanyakan ini.

Baca Juga :   Kode Alam Ember

Plat kendaraan yang akan terpasang disetiap kendaraan itu sengaja disusun oleh kombinasi huruf serta angka. Kenapa? karena untuk informasi identitas kendaraan anda.

Nah, inilah penjelasan makna dari kombinasi huruf serta angka pada plat kendaraan anda :

  1. Kode huruf pertama atau awalan pada plat kendaraan itu digunakan sebagai identitas wilayah asal yang menampung beberapa Kota atau pun Kabupaten.
  2. Kode angka pada plat kendaraan itu digunakan sebagai identitasnya nomor urut kepolisian.
  3. Kode huruf terakhir atau belakang pada plat kendaraan itu digunakan sebagai identitas pembagian wilayah asal yang meliputi Kota serta Kabupaten.

Plat DC dari Daerah Mana

Setelah anda paham dengan apa itu plat nomor, sekarang pasti anda menunggu jawaban untuk pertanyaan anda tadi kan?

Jadi jawaban untuk pertanyaan anda mengenai dari mana plat DC itu ialah dari daerah Sulawesi Barat. Yang mana kode huruf DC ini terdaftar oleh kepolisian kota maupun kabupaten dari wilayah Sulawesi Barat dan sekitarnya.

Namanya juga plat kendaraan, jadi bisa digunakan oleh semua kendaraan yang beroda 4 maupun beroda 2. Lalu bagaimana dengan Kode Huruf Belakang yang dijelaskan sebelumnya?

Anda bisa melihat daftar kode belakangnya di bawah ini :

  • Kabupaten Mamuju juga menggunakan plat DC dengan kode belakang A*, contohnya DC 1212 AN.
  • Kabupaten Majene juga menggunakan plat DC dengan kode belakang B*, contohnya DC 1212 BN.
  • Kabupaten Polewali Mandar juga menggunakan plat DC dengan kode belakang C*, contohnya DC 1212 CN.
  • Kabupaten Mamasa juga menggunakan plat DC dengan kode belakang D*, contohnya DC 1212 DN.
  • Kabupaten Mamuju Utara juga menggunakan plat DC dengan kode belakang E*, contohnya DC 1212 EN.

Kode pada huruf belakang yang di pasang oleh setiap kendaraan itu mempunyai jumlah huruf yang dimulai dari 1 sampai 3 huruf, tetapi secara aturannya akan diubah menjadi huruf tiga digit semua nantinya.

Baca Juga :   Kode Alam Burung Elang

Aturan baru ini digunakan untuk mempermudah membuat identitas suatu kendaraan menjadi semakin lengkap dengan maksud / makna khusus disetiap digitnya,

Penjelasannya contohnya dengan plat DC yang akan memiliki tiga digit huruf belakang yaitu sebagai berikut ini :

  1. Huruf pertama untuk mejelaskan tentang kode asal wilayah Kabupaten seperti Sulawesi Barat, lalu huruf C untuk kode wilayahnya yaitu Polewali Mandar
  2. Huruf kedua untuk kode golongan juga menjelaskan tentang jenis kendaraan, tetapi hal itu masih diberlakukan hanya untuk kendaraan roda 4 saja atau lebih, jadi huruf A sebagai pemberitahu kode jenis kendaraan, contohnya sedan.
  3. Huruf terakhir untuk kode pembeda dan digunakan sebagai pembeda setiap kendaraannya serta disusun dengan memiliki pola tersendiri, contohnya huruf N sebagai pemberitahu kode pembeda.

Contoh plat nomor terbaru untuk Sulawesi Barat DC 1212 CAN.

Cara Cek Informasi Alamat Dan Nama Pemilik Plat DC

Dalam mencari tahu sebuah informasi yang bersifat pribadi sebagai pemilik kendaraan khususnya plat DC ini, entah itu berupa nama atau pun berupa alamat yang bisa dilakukan tanpa online.

Ya berikut ini kami akan memberitahukan cara cek informasi alamat juga nama dari pemilik plat DC dengan cara offline yakni anda bisa melihatnya langsung melalui STNK dari kendaraannya.

Atau bila rumah anda dekat dengan kantor polisi, anda juga bisa datang ke Kantor Polisi dan meminta bantuan kepada para petugasnya jika memang hal itu sangat diperlukan.

Daftar Plat Nomor Kendaraan Wilayah Sulawesi

Dan berikut ini ialah daftar khusus plat nomor yang digunakan oleh wilayah Sulawesi, diantaranya :

  • DC ialah plat kendaraan khusus wilayah Sulawesi Barat.
  • DD ialah plat kendaraan khusus wilayah Sulawesi Selatan.
  • DN ialah plat kendaraan khusus wilayah Sulawesi Tengah.
  • DT ialah plat kendaraan khusus wilayah Sulawesi Tenggara. 
  • DL ialah plat kendaraan khusus wilayah Sitaro, Sangihe dan Talaud.
  • DM ialah plat kendaraan khusus wilayah Gorontalo.
  • DB ialah plat kendaraan khusus wilayah Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow, Manado, Minahasa Tomohon dan Bitung. 
Baca Juga :   Arti Mimpi Naik Tangga

Sekian.