Barakallah Fiik Artinya

Posted on

Halo sobat setia quipper.co.id semua, yuk kita belajar mengenal ungkapan atau kalimat yang baik dalam bahasa arab dan terjemahannya.

Perlu sobat ketahui bersama, bahwa kelimat Barakallah Fiik merupakan sebuah contoh ucapan yang mengandung makna yang baik.

Ungkapan ini selain mengandung makna yang baik, juga merupakan uangkapan yang mengandung doa yang tertuju kepada orang yang menerima kalimat tersebut.

Nah mau tau kapan ucapan baik ini digunakan dan bagaimana cara menjawab jika mendapatkan uangkapan kalimat yang baik ini, berikut akan admin jelaskan kapan dan bagaimana cara menjawab dengan membaca ulasan di bawah ini.

Barakallah Fiik Artinya?

Barakallah-Fiik Artinya
Barakallah-Fiik Artinya

Tahukah kalian apa arti barakallah fik? Lantas bagai mana cara menjawabanya? Rasanya sudah seringkali kita mendengar kalimat yang baik ini “Barakallahu fiik”. yang Artinya “Semoga Allah memberkatimu”. atau “Semoga keberkahan Allah untukmu”.

Hal yang harus sahabat sekalian pahami bahwa kalimat Barakallahu fiik ini ialah merpakan sebuah doa dan juga sebuah ucapan selamat terutama pada setiap kaum Muslim yang memeluk agama Islam.

Dimana makna yang terkandung dalam kalimat tersebut sangatlah baik sebab kita telah mendoakan seseorang agar diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Adapun bentuk dari istilah berkah sendiri bisa tentang diberikannya keselamatan, rezeki, kebahagian serta segala bentuk keberkahan lainnya agar selalu menyertainya.

Baca Juga :   Bahasa Arab Aku Cinta Kamu

Yang mana kata “baaraka” maknanya adalah berkah, sedangkan “Allah” tetaplah Allah. Maka jika pada kedua kata tersebut dipadukan, maka akan menajdi sebuah kalimat yang mempunyai makna “Semoga Allah Memberkahi”.

Contoh Penggunaan Kata Barakallahu Fiik

Biasanya Penggunaan kalimat/kata barakallahu fiik kerap dipakai dalam setiap keadaan misalnya saja seperti yang ada di bawah ini:

  • Untuk mengacapkan rasa selamat terhadap sesorang yang sedang merayakan acara ulang tahun. Kemudian biasanya kerap ditambahkan pada akhir kalimatnya menjadi umbrik sehingga di baca “Barakallahu fii umrik”
  • Untuk mengucpkan rasa syukur atau terima kasih terutama pada salah seorang yang telah berjasa terhadap kita dalam segala bentuk kebaikan atau pemberian yang baik.
  • Untuk Mendoakan seseorang atas apa yang tealah dilakukannya terutama dalam kebaikan.
  • Untuk memanjatkan doa terhadap pasangan yang baru saja melakukan resepsi pernikahan agar Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan pada kehidupan barunya.
  • Untuk mendoakan salah seorang yang sudah sembuh dari penyakitnya atau seorang yang sedang sakit, namun alangkan lebih baik lagi jika kita sambung dengan mengucapkan “Syafakillah” untuk kaum wanita atau “Syafakallah” bagia kaum pria.

Balasan Barakallah Fiik

Apabila sahabta sekalian mendapatkan atau menerima sautu ucapan selamat dengan kalimat seperti“Barakallahu fiik”, maka kita sebagai seorang muslim sudah sepantasanya membalasnya kalimat tersebut, nah berkut ini adalah balasan yang tepat apabila kita menerima ucapan barakallahu fiik :

Nah untuk sahabat sekalian apabila ingin membalas ucapan yang disampaikan yang mana apabila kalimat barakallahu fiik tersebut dari kaum laki laki/pria, maka sahabat bisa membalasnya dengan mengucapkan:

“Wafiika barakallah” yang maknanya: “Semoga Allah memberkatimu Juga (laki-laki)”

Namun jika bla kalimat “Barakallahu fiik” tersebut diucapkan oleh kaum perempuan, maka sahabat bisa membalasnya dengan mengucapkan:

Baca Juga :   Biidznillah Artinya

“Wafiiki barakallah” yang maknanya adalah: “Semoga Allah memberkatimu juga (wanita)”

Catatan:

Pada Tabel Berikut ini merupaka kata tambahan yang diletakan diakhir kalimat yang merupakan kalimat penjelas terhadap siapa kita mengucakannya :

fiika (فيك)” Ditujukan bagi kaum Pria/laki-laki)
fiiki (فيك)“, Ditujukan bagi kaum wanita/perempuan)
fiikum (فيكم)“, Ditujukan bagi semua (banyak orang/).

Maka jika ada salah seorang telah mengucapkan doa “Barakallahu fiikum, maka kita sesama umat muslim harus menjawabnya.

Dimana ucapan dalam pengguaan kalimat ini sudah memang digunakan dan diupcapkan oleh semua para Sahabat Nabi Muhammad Saw, yang mana telah di ambil dari perkataan Ibunda ‘Aisyah ra dalam riwayat Imam An-Nasa’i yang berbunyi:

Barakallah Fiik Artinya?
Barakallah Fiik Artinya?

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan kali ini mengenai Barakallah Fiik Artinya. Baca juga Biidznillah Artinya . Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat sekalian.