10 Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka Di Hp Android

Posted on

Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka – Playstore adalah sebuah aplikasi layanan google yag memiliki peranan penting bagi semua pengguna Android.

Sebab dengan melalui aplikasi layanan penyedia Playstore ini sobat bisa mendapatkan berbagai macam informasi terkait tentang aplikasi resmi yang bisa sobat gunakan dan pasang pada ponsel sobat.

Namun bagaimana cara mengatasinya jika aplikasi ini mengalami masalah yang secara tiba – tiba tidak bisa di buka atau mendownload?

Perlu sahabat semua ketahui bahwa ada berbagai penyebab tentang adanya permasalahan seperti ini, yang biasanya faktor penyebabnya bisa karena cache, offline (offline) atau permasalahan lainnya.

Jadi apabila permasalahan ini mucul pada semua merek ponsel seperti Samsung, Xiaomi, VIVO, OPPO, Lenovo, ASUS, Coolpad, Evercoss dan ponsel lainnya baik itu Android versi lama atau versi terbaru.

Maka sobat semua bisa segera mengatasinya dengan sangat mudah, berikut akan admin sediain bagaimana cara mengatasi munculnya permasalahan seperti ini.

Cara Mengatasi Masalah Playstore Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka

Jadi karena ada berbagai banyak penyebab mengapa playstore tidak dibuka, sehingga admin disini tidak dapat menggeneralisasi masalahnya hanya dengan menggunakan satu cara.

Nah, berikut ini admin akan membagikan kepada sobat semua tentang bagaimana cara mendeteksi dan memperbaiki masalah ini sesuai dengan kondisi yang sobat alami.

1. Uninstall Pembaruan Playstore

Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka

Anda dapat menghapus pembaruan Playstore terlebih dahulu. Faktanya, Playstore adalah aplikasi permanen yang tidak dapat kita hapus dari ponsel.

Oleh karena itu, menghapus pembaruan di sini tidak dimaksudkan untuk menghapus Playstore dari ponsel, tetapi untuk menurunkan Playstore ke versi status default pabrik.

Uninstall update Playstore terbukti sangat efektif dalam memperbaiki berbagai error yang muncul di aplikasi ini. Misalnya, aplikasi yang tidak dapat diunduh, tidak dapat dibuka karena tidak ada masalah koneksi (offline).

Baca Juga :   Dong Bao Apk Penghasil Uang

Cara uninstall update playstore kurang lebih seperti ini :

  1. Masuk ke Menu Settings > Apps >
  2. Lalu temukan aplikasi Playstore disana.
  3. Setelah itu sobat klik Uninstall Pembaruan
  4. Lalu Akan muncul“apakah Anda ingin mengembalikan ke versi pabrik?”. pilih OK.
  5. Proses Selesai. silahkan Playstore dibuka lagi.

2. Restart HP

Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka

Memulai ulang ponsel (restart) seringkali bisa menjadi solusi ampuh untuk memperbaiki berbagai jenis kesalahan Android. Ini juga termasuk masalah Playstore yang sulit dibuka.

Karena me-restart ponsel juga memperbaiki playstore dengan kesalahan berupa crash atau adanya kemacetan akibat error pada aplikasi.

Keadaan erorr yang menyebabkan macet ini biasanya ditandai dengan tidak adanya menu utama, loading terus menerus, dll.

Selain itu, terkadang me-restart ponsel juga dapat menyelesaikan masalah playstore yang tidak dapat diunduh karena terus-menerus memuat.

3. Atur Tanggal & Waktu HP

Tanggal dan waktu yang disetel di ponsel sebenarnya tidak permanen. Pengaturan ini terkadang berubah dalam beberapa situasi dari waktu ke waktu.

Misalnya, jika kartu SIM dikeluarkan dari ponsel, itu berarti pencarian jaringan otomatis hilang. Tanggal dan waktu yang tidak akurat ini dapat membuat sulit untuk membuka Playstore.

Ini umumnya masih terkait dengan masalah koneksi dan pengisian daya yang konstan saat dibuka kembali.

Konfigurasi ini dapat dilakukan melalui:

Pengaturan <> Settingan Ponsel> Tanggal dan waktu.

Selanjutnya, disini harap sobat pastikan kembali bahwa pengaturan “Tanggal & Waktu Otomatis” sudah diatur ke dalam posisi sedang posisi “Aktif”.

Kemudian setelah itu, harap sobat pstiin juga atau jangan lsampai upa untuk memasang SIM card terlebih dahulu ke dalam ponsel.

4. Pastikan RAM Masih Punya Ruang

Masalah selanjutnya yang sering terjadi adalah RAM penuh sering menjadi sumber masalah untuk aplikasi yang mengalami force close.

Playstore yang tidak terbuka bisa berada di negara bagian yang berbeda. Nah, pasukan terdekat ini adalah salah satunya.

RAM penuh memaksa Playstore ditutup. Baik di halaman utama (saat pertama kali dibuka) atau saat kita mencari buku, film, atau aplikasi.

Baca Juga :   Aplikasi MPL Apk Penghasil Uang Terbaru 2022 + Link Download

Jadi disini sobat semua dapat menghapus aplikasi yang tidak perlu atau yang tidak sobat gunakan, terutama aplikasi obrolan atau aplikasi browser.

Selain itu, bila perlu sobat juga bisa memilih untuk menggunakan sebuah aplikasi pembersih RAM seperti misalnya Greenify dan lain sebagainya.

5. Gunakan VPN

Meskipun tidak terbukti, menggunakan VPN terkadang juga dapat menyelesaikan berbagai masalah koneksi di aplikasi, terutama yang memiliki wilayah server di luar Asia.

Jadi buat kamu yang Playstorenya susah dibuka, tidak ada salahnya menggunakan VPN selain menggunakan koneksi biasa.

Anda dapat menggunakan aplikasi VPN gratis seperti TurboVPN.

Namun, hal sebaliknya juga bisa terjadi saat menggunakan VPN. VPN juga dapat menyebabkan kesalahan koneksi pada ponsel.

Jadi jika sebelumnya play store Anda error dan VPN aktif, coba matikan VPN lalu coba buka kembali play store.

6. Reset Host (Root)

Untuk memulai menyelesaikan malah diatas bisa dengan menggunakan sistem root HP, Anda dapat mencoba terlebih dahulu mengatur ulang bawaan standar ponsel.

Ketika playstore dibuka ada alamat tertentu yang kemudian disimpan dalam file host dan ditempatkan di direktori root.

Jadi sobat bisa mencoba sekali untuk menghapus alamat dari file host dan kemudian membuka kembali playstore yang sulit dibuka.

Maka hasilnya akan membuat Playstore akan kembali normal.

caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama Ponsel harus di Root dulu.
  • Apabila belum, maka sobat bisa Instal aplikasi Root Explorer.
  • Buka aplikasinya, lalu aktifkan opsi Mount as R/W (Read/Write).
  • Setelah itu sobat bisa pergi menuju direktori SystemEtc.
  • Temukan file host. lalausobat klik Open in a text editor.
  • Pada file host tersimpan banyak address. Hapus semuanya dan sisakan 1 baris = 127.0.0.1 localhost.
  • kemudain sobat Simpan dan langsung keluar.
  • Kemudia silahkan sobat restart dulu onsel sobat.
  • Selesai

7. Hapus Cache HP

Jika ini tidak memungkinkan, opsi hapus cache HP mungkin menjadi solusi berikutnya.

Padahal, seperti yang banyak dibahas, file cache ini berdampak besar pada berbagai jenis kerusakan ponsel dan aplikasi yang diinstal.

File cache sendiri terbagi menjadi 2 yaitu cache aplikasi dan cache sistem.

Baca Juga :   Match Made In Heaven Sub Indo

Jadi ada juga 2 metode erase yang perlu kamu lakukan, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Klik Pengaturan > Aplikasi > Playstore > Klik Hapus data dan cache.
  • Masuk ke Recovery Mode > Kemudian cari opsi Clear Cache. Peringatan! Hapus cache saja, bukan hapus data. Jika datanya jelas, semua data di ponsel Anda akan hilang.

8. Re-Sync Akun Google

Akun Google adalah suatu keharusan bagi pengguna Android. Karena saat pertama kali kita mulai menggunakan HP, hal pertama yang harus kita lakukan adalah sign in atau daftar akun Google.

Akun Google yang sudah dalam status login ini akan tetap terhubung ke sistem Android.

Oleh karena itu, untuk opsi tertentu, data yang dihasilkan oleh Android disinkronkan dengan akun untuk mengaktifkan berbagai fungsi yang ditawarkannya.

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini maka sebagai salah satu bentuk untuk megatasi adalah dengan sobat bisa re-sync alias re-sync untuk melewati playstore yang susah dibuka normal kembali.

Kemudian sobat juga bisa mencoba cara atau trik sinkronisasi ulang ini dan berfungsi untuk memperbaiki gangguan Playstore.

Itu dapat disinkronkan ulang dengan menghapus dan menghubungkan kembali akun Google dari ponsel.

9. Factory Reset HP

Langkah terakhir adalah mengembalikan ponsel ke pabrik yang juga harus memperbaiki kesalahan Playstore yang telah kembali normal.

Karena reset pabrik membuat sebagian besar dari 8 metode di atas. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang pengaturan terlebih dahulu.

Jadi sebelum melakukan reset, pastikan data dan aplikasi penting yang Anda butuhkan sudah dibackup. Masukkan ke dalam kartu SD dan kemudian keluarkan.

Akhir Kata

Sekian dulu penjelasan tentang cara bagaimana mengatasi Playstore tidak bisa download dan dibuka. seperti yang sudah admin sampaikan diatas.

Sobat Quipper.co.id semua bisa mencari penyebanya terlebih dahulu dengan mencoba masing masing cara yang sudah admin sediakan di atas.

Informasi Terbaru Lainnya :