Interaksi Sosial

Posted on

Materi Interaksi Sosial – Hay sahabat semua.!Pada perjumpaan kali ini kembali akan quiper.co.id sampaikan Materi Interaksi Sosial beserta Pengertian, Ciri, Jenis, Faktor, Syarat, Bentuk dan Contoh. Namun pada perjumpaan sebelumnya dimana quipper.co.id juga telah menyampaikan materi tentang Contoh Majas Paradoks Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka mari simak ulasannya di bawah ini

Pengertian Interaksi Sosial

Materi Interaksi Sosial
Materi Interaksi Sosial

Apa yang dimaksud dengan Interaksi sosial yakni merupakan salah satu bentuk sebuah hubungan yang terjalin di antara dua atau bahkan lebih dari individu manusia.

Dimana dengan adanya tindak perbuataan dari salah satu individu yang nantinya akan dapat mengubah, dan bisa mempengaruhi bahkan bisa memperbaiki terhadap sikap dan kelakuan terhadap individu yang lainnya.

Ciri-Ciri Interaksi Sosial

Di bawah ini terdapat beberapa ciri yang terdapat dari interaksi sosial, berikut ini ulasannya :

  • Terdapat pelaku sosial yang lebih dari satu Proses social interactions hanya bisa terjadi ketika terdapat lebih dari satu orang
  • Saling melakukan komunikasi yang terjadi antar pelaku sosial dengan memakai berbagai simbol
  • Bentuk dari sebuah Komunikasi yang dapat di lakukan antar pelaku interaksi yakni bisa dengan secara lisan, isyarat, maupun gestur tubuh
  • Di antaranya ada suatu dimensi waktu (masa lalu, kemudian masa kini, dan juga masa depan) sehingga bisa mengarahkan sifat aksi yang sedang terjadi. Adapun maknanya yakni bahwa proses interaksi baik sebelumnya , sekarang, maupun dimasa mendatang sudah pernah dan akan selalu terjadi.
  • Dalam melakukan suatu Interaksi yang mana mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapai

Tujuan Interaksi Sosial

Dalam hal ini tak ada bedanya dengan menjalin sebuah hubungan, dimana interaksi sosial juga sama-sama memiliki tujuan tersendiri, hal tersebut baik tujuan dari salah satu individu ataupun pada kelompok yang mempunyai kepentingan.

Baca Juga :   Tinggi Net Bola Voli

Di bawah ini terdapat beberapa tujuan dalam interaksi sosial yang dapat sahabat sekalian pahami:

  • Merajut sebuah hubungan dalam bentuk persahabatan. Pada umumny jenis hubungan ini bisa dibentuk pada setiap lingkungan baik hubungan antar keluarga, lalu masyarakat atau bahkan dalam satu lingkungan kerja.
  • Merajut sebua hubungan usaha. Adapun bentuk dari tujuan dari jalinan hubungan ini ialah supaya dapat tercipta suatu bentuk kerjasama yang baik dan sangat berkualitas. Atau bahkan bisa menentukan dalam mencari sebuah Mitra usaha.
  • Terdapat sebuah gagasan yang harus didiskusikan. Dimana hampir semua individu tentunya mempunyai sebuah ide, dan juga gagasan serta bentuk dari pemikiran yang ingin di sampaikan terhadap orang lain yang sangat mengerti dalam bidangnya.

Faktor Pendorong Interaksi Sosial

Di bawah ini terdapat suatu Interaksi sosial bisa berlangsung karena disebabkan oleh sujumlah faktor yang tertera berikut ini:

Imitasi

Apa yang dimaksud dengan Imitasi atau tindakan meniru ? yakni merupakan suatu upaya yang dilkukan oleh salah seorang individu dalam bentuk menirukan orang lain yang dianggap sebagai salah seorang panutannya.

Biasanya suatu tindakan yang dinggap menirukan seseorang ini cenderung tanpa disadari oleh pelakunya.

Dalam hal ini dapat diambil contoh misalnya dalam suatu keluarga. Dimana pada seorang anak kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan akan lebih cenderung melakukan kebiasaan dalam bentuk ucapan maupun perbuatan orang yang ada disekitarnya.

Kemudian pada imitasi ini, yang mana selain dapat menimbulkan dampak positif, dan juga akan berdampak terhadap hal yang negatif.

Sebab sang pelukan yang melakukan peniruan tersebut akan mencontoh setiap sikap, tindakan, serta ucapan baik dan buruk dari orang yang ada disekitarnya .

Sugesti

Apa yang dimaksud dengan sugesti yakni merupakan suatu proses dalam menanamkan sebuah pengaruh terhadap seseorang sehingga pada seseorang yang telah terpengaruh tersebut akan bersedia untuk mengikuti apa yang akan diperintahkan.

Pengaruh tersebut dapat berupa instruksi, atau sudut pandang yang diberikan oleh pihak yang memiliki kuasa dan wibawa di mata individu yang berhadapan dengannya.

Adapun salah satu contoh atas sugesti yakni adanya kecenderungan seseorang terutama orang Indonesia yang meyakini bahwa setiap barang yang dihasilkan atau diproduksi dari luar negeri dianggap mempunyao kualitas lebih baik daripada barang lokal.

Baca Juga :   Proyeksi Peta

Identifikasi

Apa itu Identifikasi yakni merupakan salah satu dari sebuah keinginan yang timbul dari dalam diri seorang individu agar dapat menjadi setara terhadap individu lainnya yang sudah menarik segala perhatiannya.

Adapun untuk Contoh dari identifikasi yakni misalnya suatu rasa kecintaan dari seorang penggemar yang ditujukan terhadap artis yang menjadi idolanya sehingga orang penggemar tersebut rela untuk mengubah penampilan pada gaya rambut dan juga cara berpakaiannya agar bisa nampak mirip dengan idolanya.

Simpati

Kemudian simpati yang bisa diartikan sebagai sebuah rasa ketertarikan dari seseorang terhadap orang lain yang dinilai mempunyai sejumlah kualitas tertentu.

Kemudian untuk mewujudakn gambaran dari sebuah Rasa simpati ini dapat dengan mengungkapkan tentang apa yang ada dalam perasaannya atau dapat digambarkan dengan tindakan yang mencerminkan suatu dukungan.

Empati

Apa itu Empati ? yakni merupakan suatu tindakan yang mana meletakan diri pada posisi orang lain yang seolah diri kita ini bisa merasakan atau hanya untuk bisa sekadar mengerti apa yang sedang dialami orang lain.

Adapun suatu perbedaan yang ada diantara simpati dan empati yakni berada pada perwujudan dimana pada empati sendri mempunyai gambaran yang lebih nyata dan tingkat emosional yang besar.

Motivasi

Apa itu Motivasi? dalam hal ini bisa didefinisikan sebagai suatu dorongan, atau suatu pengaruh, atau bisa juga suatu rangsangan yang diberikan dari salah seorang individu yang diperuntukan terhadap individu lain agar ia mau melakukan hal tertentu.

Adapun salah satu contoh dari bentuk motivasi ini bisa kita jumapi dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja seuatu tindakan dari orang tua yang menjajikan atau mengiming-imingi anaknya dengan sebuah hadiah terhadap anaknya supaya anaknya lebih giat lagi dalam belajar dan bisa mendapat nilai yang bagus.

Contoh Interaksi Sosial

Contoh Interaksi Sosial
Contoh Interaksi Sosial

Contoh Interaksi Sosial Lingkungan Hidup di Sekolah


Pada semua para siswa yang bermain bersama teman-teman, dengan disertai canda, dan tawa bersama merupakan salah suatu bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif.

Baca Juga :   Arti Mimpi Menjadi Polisi

Kemudian pada saat siswa melakukan berbagai kegiatan disekolah dengan bersama teman-temannya, sambil bermain, dan bergerak dengan bebas, dan mereka juga sudah bergerak secara dinamis dan melakukan sebuah interaksi terhadap teman-temannya yang ada dilingkungan sekolah .

Contoh Interaksi sosial asosiatif

  • Suatu Musyawarah yang dilakukan oleh sekelompok organisasi dari mahasiswa agar dapat menggapai satu suara dalam melaksanakan suatu roda organisasi antar mahasiswa.
  • Pada para Partai politik yang bernaung pada suatu lembaga atau partai yang berbeda melakukan kerjasama agar dapat memenangkan salah satu perwakilan yang menjadi kandidat dalam memenangkan pemilihan presiden.
  • Suatu bangku universitas sebagai sebuah lembaga pendidikan yang dapat menghubungkan antar mahasiswa yang berasal dari setiap daerah yang saling berbeda-beda.
  • Terbentuknya sebuah hubungan dalam perdagangan antara penjual dan juga pembeli yang terdapat di pasar yang sedang melakukan penawaran terhadap harga dari barang yang ingin dimilikinya.

Contoh Interaksi Sosial Disosiatif

  • Adanya persaingan pada saat menempuh ujian untuk bisa masuk kedalam sebuah perguruan tinggi.
  • Adanya suatu kompetisi dalam sebuah turnamen sepak bola antar sekolah.
  • Adanya Kompetisi antar perusahaan perdagangan yang satu dengan lainnya saling menjatuhkan produk yang tewarkannya.
  • Adanya suatu kompetisi antara calon wakil rakyat dalam memperebutkan kursi dewan.

Contoh Interaksi Sosial Individu dengan Individu

  • Salah sorang yang mengarahkannya sahabatnya dalam belajar
  • Salah seorang yang sedang berbelanja ke salah satu pedagang
  • Salah seorang Ibu yang sedang memberikan Asi untuk anaknya
  • Seorang Paman yang memberi sebuah hadiah kepada ponakannya

Contoh Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok

  • Pada salah seorang Guru yang mengajar muridnya di kelas.
  • Sebuah Pidato yang disampaikan oelh camat terhadap warganya di balai desa.
  • Pada Bos dari salah satu perusahaan yang sedang menginstruksikan beberapa karyawannya.
  • Suatu Penyuluhan yang sedang dilakukan oleh para ahli tokoh masyarakat.
  • Seorang Ibu yang sedang membacakan sebuah cerita dongeng semua anak-anaknya.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai contoh interaksi sosial, semoga apa yang telah Quipper.co.id sajikan kali ini bisa sangat bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga :