Peta Persebaran Flora di Indonesia

Posted on

Peta Persebaran Flora Di Indonesia – Hay Sahabat semua yang selalu penulis rindukan, pada perjumpaan kali ini kembali akan Quipper.co.id sampaikan materi tentang Peta Persebaran Flora di Indonesia – Gambar, Wilayah dan Penjelasannya.

Namun pada perjumpaan sebelumnya dimana quipper.co.id juga telah menerangakan materi tentang Komponen Biotik. Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahsan kita kali ini, maka mari kita simak bersaama ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Flora

Peta Persebaran Flora di Indonesia
Peta Persebaran Flora di Indonesia

Apa itu flora ? yakni merupakan semua jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup pada suatu daerah dengan zaman tertentu.

Kemudian dengan Keanekaragaman flora sendiri di Indonesia tergolong cukup tinggi jumlah populasinya di dunia, bahkan jauh melebihi tingkat populasi dari flora yang terdapat di daerah Amerika dan juga Afrika.

Tabel Tumbuhan Dan Wilayahnya

Gambar Peta Persebaran Flora di Indonesia
Gambar Peta Persebaran Flora di Indonesia
NoDaerahJenis Tumbuhan
1SumatraMeranti, Pinus, Merkusi, Beringin, Damar, Raflesia, Bungan Bangkai dan Anggrek
2JawaRasamala,Cemara, Akasia, Pinus, Bambu, Jati, Kayu, Kina, Asam
3NusatenggaraAkasia, Cendana, Kayu putih,Kemiri, Tal, Gebang
4BaliPala, Kayu, Cempaka, dan Cemara
5KalimantanKayu kamper, Rotan, Bambu dan Samin
6SulawesiPinus, Rotan, Jati, anggrek Putih dan Damar.
7MalukuKayu putih, Sagu dan Anggrek
8PapuaBakau, Sagu, Beech, Berbagai Anggrek

Persebaran Flora di Indonesia Menurut Wallace dan Webber

Persebaran Flora di Indonesia Menurut Wallace dan Webber
Persebaran Flora di Indonesia Menurut Wallace dan Webber

Dengan berdasarkan hasil dari peninjauan ini, dimana persebaran flora di Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga wilayah, yakni flora simak ulasannya sebagai berikut ini.

Flora di Daerah Paparan Sahul

Apa yang dimaksud dengan Flora Paparan Sahul yakni merupakan jenia flora di daerah Irian Jaya, yang juga jterbagi atas tiga macam, yakni:

  • Pohon sagu, pohon nipah, dan mangrove.
  • Hutan hujan tropik.
  • Jenis Pemetia Pinnata (motea).

Flora di Daerah Peralihan

Kemudian yang kedua berada Di Sulawesi terdapat 4.222 jenis flora yang masih berhubungan dengan wilayah lainnya yang relatif kering yakni di Filipina, Maluku, Nusa Tenggara, dan pulau Jawa.

Baca Juga :   Tanah Organosol

Selanjutnya pada Flora yang ada di daerah peralihan dan juga habitat ada di pantai, dengan mempunyai dataran yang rendah dan ultra basis mirip dengan flora Irian dan juga jenis tumbuhan yang diperoleh dari gunung dan hampir mirip dengan yang terdapat didaerah Kalimantan.

Namun selain itu Flora Sulawesi yang mana merupakan hasil dari kombinasi antara jenis flora di Indonesia bagian barat dan juga bagian timur.

Kemudian untuk jenis flora di Sulawesi sendiri hampir banyak yang mempunyai kesamaan pada wilayah kering yang ada di pulau Jawa, lalu Maluku, dan juga Nusa Tenggara, kemudian untuk flora yang hidup di dataran rendah yang berada di Sulawesi yang mana banyak kemiripan dengan flora yang hidup dataran rendah di daerah Papua.

Flora di Daerah Paparan Sunda

Kemudian selanjutnya yakni Flora paparan Sunda yang mana merupakan suatu flora yang ada di wilayah Sumatra yang dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni:

  • Yang Pertama Flora endemik, misalnya saja seperti bunga Rafflesia Arnoldi.
  • Yang kedua Flora yang terdapat pada pantai timur yang mana terdiri atas mangrove dan juga rawa gambut.
  • Yang ketiga Flora yang terdapat di pantai sebelah barat yang mana terdiri atas berbagai jenis vegetasi yang diantaranya ialah misalnya seperti meranti-merantian, lalu rawa gambut, kemudian hutan rawa air tawar, dan kemuning, serta selanjutnya rotan.

Persebaran Flora Berdasarkan Lingkungan Geografi

Hutan Hujan Tropis

Hutan Hujan Tropis
Hutan Hujan Tropis

Jenis Hutan ini ialah merupakan salah satu hutan yang sangat lebat atau dikenal dengan sebutan hutan heterogen.

Dimana jenis hutan ini akan banyak dijumpai di daerah Sumatera, lalu Papua dan juga Kalimantan dan mempunyai ciri-ciri.

  • Pada pepohnan yang terdapat di dalamnya berukuran sangat tinggi, besar dan juga rapat.
  • Kemudian berdaun lebar dan juga pada daunnya menghijau dengan sepanjang tahun.
  • Suasana yang di dalam hutan begitu gelap.
  • Banyaknnya jenis tumbuhan menjalar misalnya seperti anggrek dan rotan.

Hutan Musim

Hutan Musim
Hutan Musim

Kemudian selanjutnya jenis hutan ini sering dikenal dengan sebutan hutan homogen, daman hal tersebut disebabkan hutan ini hanya tersusun dari hanya satu jenis tumbuhan saja.

Baca Juga :   Teknik Dasar Judo

Pada umumnya, pada jenis hutan ini dapat dijumpai misalnya seperti di daerah Jawa Timur, lalu Jawa Tengan dan jua di daerah Nusa Tenggara Barat adapun ciri-cirinya ialah sebagai berikut.

  • Jenis pepohonannya berukuran sedang tidak terlampau tinggi dan masing-masing saling berjarak.
  • Trsusun atas satu jenis pohon saja, contohnya saja seperti pohon jati semua atau sejenis sengon.
  • Kemudian terjadi menghijau hanya pada saat musim hujan saja, sebab apabila pada musim kemarau akan mulai mengering kembali.
  • Di dalam hutnnya terdapat banyak semak-semak.

Stepa

Stepa
Stepa

Apa itu Stepa, yakni merupakan padang rumput yang mempunyai lahan yang sangat luas.

Kemudian stepa pada umumnya berada disebuah daerah yang sangat miminnya curah hujan dan kerap terjadi kemarau yang berkepanjangan.

Selain itu di Indonesia sendiri sudah sangat banyak turun yakni pada bagian barat misalnya seperti Sumatra dan Jawa Barat, sehingga pada saat angin musim yang mengantarkan hujan yang di dapat dari arah Asia sudah terlebih dahulu habis ketika sudah sampai di daerah ini.

Dimana pada curah hujan yang diperoleh hanya sekedar cukup untuk memenuhi kebutuhan berbagai berkembangannya segala jenis tumbuh-tumbuhan rumput sebab jenis tumbuhan ini tidak terlalu banyak memerlukan jumlah air yang besar.

Adapun suatu daerah yang terdapat stepa diantaranya ialah seperti misalnya daerah Nusa Tenggara Timur dan juga daerah Timor Timur.

Sabana

Sabana
Sabana

Kemudian Sabana dimana memiliki ciri-ciri dengan hamparan padang rumput yang sangat luas dan juga diselingi oleh berbagai semak-semak yang tumbuh disekitarnya.

Dimana pada umumnya, pada sabana sendiri biasanya sering terdapat pada suatu daerah yang mempunyai iklim yang kering atau kemarau yang berkepanjangan dan sangat panas.

Nah kemudian di Indonesia sendiri, biasanya daerah yang seperti ini terdapat di daerah Madura, lalu Nusa Tenggara dan juga Dataran Tinggi Gayo (Aceh).

Hutan Bakau atau Mangrove

Hutan Bakau atau Mangrove
Hutan Bakau atau Mangrove

Kemudian selanjutnya ialah Hutan mangrove atau dikenal juga dengan hutan pasang, dimana pada hutan ini mempunyai khas tersendiri bagi daerah pantai tropik, adapun ciri pada tumbuhan ini yakni memiliki akar napas yang letaknya berada tergantung di bagian batangnya, dan juga mempunyai benih tumbuhan yang bisa mengambang di air laut dalam jangka waktu beberapa bulan saja, sehingga besar kemungkinannya masih bisa tumbuh meskipun terdampar di daratan.

Baca Juga :   Saran Dalam Makalah

Pada jenis hutan seperti ini biasanya sangat banyak dijumpai di pantai bagian timur Pulau Sumatra dan juga pada daerah pantai Kalimantan Tengah, kemudian Papua, dan bahkan terdapat juga hampir di sebagian besar daerah pantai di seluruh dunia.

Padang Lumut

Padang Lumut
Padang Lumut

Kemudian selanjutnya yang mana pada umumnya dapat terjadi sebab dipengaruhi oleh cuaca yang mempunyai suhu yang sangat dingin dan biasanya dapat dijumpai ada di daerah pegunungan. dan juga dapat ditemukan didaerah Puncak Jaya Wijaya.

Selain itu pada hutan lumut dimana hutan tersebut terdiri atas berbagai pepohonan yang disekelilingnya penuhi dan tumbuhi dengan lumut, contohnya saja di daerah pegunungan yang tinggi didaerah Papua, kemudian daerah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan juga daerah Jawa.

Flora Adalah ?

yakni merupakan semua jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup pada suatu daerah dengan zaman tertentu. Kemudian dengan Keanekaragaman flora sendiri di Indonesia tergolong cukup tinggi jumlah populasinya di dunia, bahkan jauh melebihi tingkat populasi dari flora yang terdapat di daerah Amerika dan juga Afrika.

Daearh Yang Terdapat Stepa Di indonesia Adalah?

Seperti daerah Nusa Tenggara Timur dan juga daerah Timor Timur.

Jelaskan Ciri-ciri Hutan Bakau atau Mangrove?

ciri pada tumbuhan ini yakni memiliki akar napas yang letaknya berada tergantung di bagian batangnya, dan juga mempunyai benih tumbuhan yang bisa mengambang di air laut dalam jangka waktu beberapa bulan saja, sehingga besar kemungkinannya masih bisa tumbuh meskipun terdampar di daratan.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai peta persebaran flora di indonesia, semoga sajian apa yang sudah Quipper.co.id sajikan kali ini bisa memberikan manfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga :