Posisi Pemain Basket

Posted on

Posisi Pemain Basket – Hallo sahabat semua! Pada perjumpaan kali ini quipper.co.id akan menyampaikan pembahasan materi makalah tentang posisi pemain basket. Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Lari Cepat. Yuk langsung kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Posisi Pemain Basket

Posisi Pemain Basket
Posisi Pemain Basket

Permainan bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan, karena dalam permainan ini ada lima orang pemain.

Permainan bola basket memiliki tugas dan peran yang ditentukan oleh pelatih dan dapat mempertahankan kerja tim, yang merupakan faktor penentu bagi efektivitas serangan terhadap tim lawan.

Dalam permainan olahraga ini tampaknya sangat cepat dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya, sehingga tidak hanya di Indonesia bahwa permainan ini juga sangat digemari di luar negeri, yang paling banyak dimainkan bola basket ini.

Dengan demikian, olahraga ini selalu dilakukan di lapangan terbuka dan biasanya juga di ruang olahraga tertutup yang memiliki lapangan khusus sehingga permainan ini dapat dimainkan dengan cara yang lebih kompetitif.

Dalam permainan bola basket setiap pemain harus mengetahui peran atau posisi mereka di lapangan.

Karena jika anda tidak dapat mengetahuinya, maka dapat dipastikan bahwa pemain pasti tidak akan dapat bermain dengan baik, bahkan merusak permainan tim.

Karena itu, setiap pemain bola basket profesional harus mengetahui posisinya dalam bola basket.

Sekilas Posisi Pemain Basket :

  • Guard.
  • Point guard.
  • Shooting guard.
  • Forward.
  • Center.

Posisi Pemain Bola Basket

Dalam bermain bola basket itu mempunyai 5 posisi yang sangat berperan penting di dalam masing – masing fungsinya.

Keberadaan posisi pemain itu memiliki tujuan sebagai penyeimbang permainan tim, serta untuk mengatur serangan (offense) dan taktik pertahanan (defense).

Dalam kompetisi bola basket seperti IBL atau NBA, pemain umumnya memiliki profil dan pengetahuan khusus, bahkan sejak usia muda.

Di Amerika Serikat, bahkan sekolah bola basket pertama memetakan pemain sesuai dengan bakat dan keinginan para pemain itu sendiri.

Biasanya untuk mengisi posisi, pemain harus menguasai keterampilan tertentu.

Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Sapi

Hal ini dilakukan agar ketika bertanding, pembagian bola (ball movement) menjadi rapih, terkoordinasi dan sesuai dengan strategi yang diinginkan oleh pelatih.

Dalam olahraga yang terus berevolusi, posisi pemain tidak perlu tergantung pada ukuran atau tinggi badan.

Karena ada banyak aspek lain yang dapat dipertimbangkan, seperti kecepatan, lompatan vertikal, kemampuan membaca permainan, rebounding, shooting dan prediksi ruang terbuka.

Dalam bola basket, setiap tim bermain dengan lima pemain utama. Kelima memainkan posisi dan peran yang berbeda.

Secara sederhana, posisi seorang pemain bola basket dibagi menjadi 5, yaitu :

1. Point Guard

Point Guard adalah posisi yang dianggap enteng, karena posisi itu tergolong sangat penting dalam tim bola basket.

Oleh karena itu, posisi ini adalah pemain yang paling diandalkan oleh pelatih dalam permainan di mulai.

Posisi point guard terkadang memiliki aspek keterampilan dan pengetahuan tentang bola basket, yang akan menjadi seorang point guard untuk selalu didukung dan menunjukkan keterampilan pemain.

kinerja tim dalam point guard yang keterampilannya biasa – biasa saja akan sulit ketika seseorang tidak memiliki keterampilan yang baik atau lebih dari rekan satu timnya.

Pemain bola basket yang seorang point guard harus memiliki teknik dan strategi untuk mengalahkan lawan dan menempatkan bola sebanyak mungkin di ring lawan.

2. Shooting Guard

Shooting Guard adalah posisi yang dianggap lebih penting karena posisi ini tergolong sangat penting dalam permainan, sehingga tim pemain sangat diandalkan oleh pelatih.

Shooting harus memiliki kemampuan untuk melempar di atas rata-rata dan dapat bergerak cepat dari berbagai sisi lapangan, sehingga posisi ini dapat digunakan untuk mendapatkan banyak angka bagi tim dan untuk terus menyerang ke arah lawan.

3. Small Forward

Small Forward adalah posisi yang memainkan peran penting hingga dianggap tergolong sebagai posisi pertahanan, sehingga posisi tersebut dapat diandalkan oleh pelatih, karena posisi itu dapat menggerakkan kearah mana di lapangan.

Oleh karena itu, tugas utamanya adalah mencetak nomor dan membuat serangan dengan cepat, sehingga ia dapat menerobos pertahanan lawan dan melakukan lay – up atau dung jago dalam mencetak angka.

4. Center

Pemain center adalah posisi tengah dalam permainan bola basket dan posisi ini biasanya ditugaskan kepada pemain secara terpisah untuk melakukan serangan dan untuk melatih keterampilan fisik yang kuat dan berguna terhadap lawan.

Seseorang yang bertindak dalam posisi ini akan memiliki tanggung jawab untuk bermain dalam bentuk key hole dan rebound, sehingga center harus mampu mengemudi dengan baik dan menggagalkan dalam mencetak serangan dari lawan yang gagal mencetak poin.

Baca Juga :   Contoh Majas Paradoks

Selain itu, seorang center juga harus bisa membaca gerak – gerik lawan dan dapat mencegah lawan melempar bola ke atas ring sehingga pemain bola basket dapat melakukannya secara profesional atau berlatih dengan cara yang disiplin.

5. Power Forward

Power Forward adalah posisi untuk merebound bola dengan cara rebound dan dapat menangkap bola yang akan dipantul dalam hasil tembakan yang terlewat atau yang dilemparkan oleh serangan dengan tangan musuh.

Secara umum, posisi Powerd Forward ini dapat dipertahankan oleh seseorang yang memiliki lompatan keterampilan tinggi dalam posturnya, untuk mencegah dan mencetak gol melawan serangan dan yang secara fisik dapat bersaing untuk lawannya.

Pemain Basket Berdasarkan Posisi Bermain

Secara umum, pemain basket dapat dibedakan menjadi dua posisi besar yakni :

Backcourt

Backcourt adalah posisi pemain yang sering bermain di luar lingkar 3 point line.

Ketika tim berada dalam posisi menyerang, backcourt akan berada di barisan belakang untuk melindungi tiga pemain depan.

Itulah sebabnya posisi ini disebut guard atau penjaga. Pada fase defense, backourt juga mempertahankan posisi di area luar dan menjadi pelindung pertama tim terhadap serangan lawan.

Frontcourt

Frontcourt adalah pemain yang bertanggung jawab di dekat area ring atau barisan depan lawan.

Frontcourt diisi dengan 3 pemain, 2 forward dan 1 center. Pada fase defense, frontcourt berganti ke tembok terakhir untuk melindungi paint area.

Istilah Posisi Pemain Basket

General Floor

General Floor adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut para guard, terutama untuk point guard yang melakukan tugas mendistribusikan bola dan taktik serangan.

General floor juga bisa dilampirkan ke combo guard yang memiliki peran dalam menangani handling bola menggantikan point guard.

Wing

Wing adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pada pemain bola basket yang bermain di parimeter area.

Biasanya, pemain dalam posisi ini dihuni oleh dua jenis pemain, yaitu Small Forward dan Shooting Guard.

Winger juga sering beroperasi di area corner dan masuk kedalam elbow area. Wing diperlukan untuk tim yang ingin menjadi lebih kreatif dalam membangun serangan dan bermain Iso Ball.

Swingman

Swingman adalah istilah yang digunakan untuk pemain yang dapat beroperasi di dua posisi secara bersamaan, yaitu Small Forward dan Shooting Guard.

Baca Juga :   Masa Bercocok Tanam

Kedua posisi memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda oleh karena itu, ketika ada pemain yang bisa melakukan swtitching di posisi itu, dia bisa disebut sebagai Swingman.

Pivot

Pivot ialah istilah untuk membuat peran Center dalam permainan bola basket. Pivot yang berarti sentral, yang bermakna untuk menjadi pusat pergerakan bola.

Pivot juga biasa disebut sebagai dengan titik pacu, karena setiap tim membutuhkan pemain untuk menjalankan strategi big ball.

Combo Guard

Combo Guard adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pemain Shooting Guard yang memiliki kemampuan handling dan dribbling, seperti Point Guard dan sebaliknya.

Dalam arti yang lebih luas, Combo Guard adalah pemain yang memainkan dua peran sekaligus dalam pertandingan.

Peran ini diperlukan ketika tim tidak memiliki banyak pilihan untuk backcourt dengan kualitas yang diharapkan.

Combo Forward

Combo Guard adalah pemain yang mampu memainkan peran Small Forward dan Power Forward secara bersamaan. Atau pemain yang mampu melakukan switching dengan kebutuhan tim.

Combo Forward biasanya diisi dengan pemain dengan kelincahan yang baik, tetapi memiliki tubuh yang besar. Contoh NBA untuk pemain ini termasuk Kawhi Leonard dan Giannis.

Point Forward

Point Forward adalah pemain dari depan atau frontcourt yang memiliki kemampuan playmaking sebagai point guard.

Selain menjadi finisher yang andal, pemain ini juga harus bisa lulus dengan akurasi yang baik dan memiliki court vision diatas rata – rata di atas lapangan. Contoh terbaik untuk point forward NBA adalah Lebron James.

Bigman

Bigman atau yang biasa disebut Forward – center dan Stretch Four adalah pemain yang mampu melakukan dua posisi sekaligus, Power Forward dan Center.

Kedua posisi ini memiliki peran yang sangat mirip sehingga mereka dapat dicover oleh satu pemain untuk pemain lainnya.

Selain mampu melakukan rebound dan rim protector, Bigman juga perlu meningkatkan keterampilannya dalam mencetak angka dari jarak dekat atau close range shoot.

Demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu rekan – rekan semua ya! Terimakasih sudah membaca pembahasan materi makalah tentang posisi pemain basket. Maaf jika masih ada kekurangan dalam penulisan ini ya sahabat.

Baca juga :