Senam Lantai

Posted on

Senam Lantai – Hallo sahabat semua! Pada perjumpaan kali ini quipper.co.id akan menyampaikan pembahasan materi makalah tentang senam lantai.

Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Lari Cepat. Yuk langsung kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Senam Lantai

Senam Lantai
Senam Lantai

Secara umum, dalam pertandingan resmi, senam lantai dilakukan di atas lantai dengan ukuran 12 × 12.

Organisasi senam Indonesia yang disebut Persatuan Senam Indonesia atau disingkat Persani.

Organisasi ini dibentuk pada 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia).

Atas inisiatif tokoh – tokoh olahraga dari seluruh Indonesia yang menangani dan memiliki keahlian dalam olahraga senam.

Sejarah Senam Lantai

Senam mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1912, ketika periode kolonial Belanda sedang berlangsung.

Masuk ke senam dikaitkan dengan pembentukan pendidikan jasmani sebagai salah satu mata pelajaran wajib di sekolah.

Karena senam adalah bagian dari tes kesehatan, senam juga diajarkan secara otomatis di sekolah.

Senam yang pertama kali diperkenalkan pada saat itu adalah senam versi Jerman.

Senam ini menekankan kemungkinan beberapa gerakan yang kaya akan alat pendidikan.

Kemudian, pada tahun 1916, sistem digantikan oleh sistem Swedia, yang menekankan manfaat gerakan.

Sistem ini dibuat dan dibawa oleh petugas kesehatan dari Angkatan Laut Kerajaan Belanda bernama Dr. H. F. Minkema.

Dengan itu, gym Minkema di Indonesia mulai menyebar ke beberapa daerah.

Ketika pada tahun1918, Minkema membuka kursus senam Swedia yang berlokasi di kota Malang.

Yang ditunjukan pada prajurit tentara dan guru. Namun, diyakini bahwa awal penyebaran senam berasal dari Bandung.

Karena, sekolah yang berhubungan dengan senam pertama kali didirikan di kota Bandung pada tahun 1922, pada pembukaan MGSS (Militaire Gymnastiek end Sporschool).

Mereka yang lulus sekolah akan menjadi instruktur olahraga Swedia di beberapa sekolah. Melihat pesatnya pertumbuhan senam yang baik.

Kemudian MGSS mulai membuka cabang di beberapa kota lain :

  • Bogor.
  • Malang.
  • Surakarta.
  • Medan.
  • Probolinggo.

Masuknya negara Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 adalah akhir dari senam ini.

Karena Jepang melarang semua bentuk senam di sekolah dan juga di masyarakat dan juga menggantinya dengan “Taiso”.

Taiso adalah semacam senam pagi berbentuk kalestenik dan harus dilakukan di sekolah sebelum pelajaran dimulai.

Taiso ini disertai dengan musik radio yang disiarkan secara bersamaan. Sebelum membuat gerakkan taiso, siswa diharuskan untuk memberi penghormatan kepada Kaisar Jepang.

Mengikuti aba – aba yang dikumandangkan, yang mengatakan “Sei Kei Rei”, dan secara otomatis semua siswa harus membungkuk dalam – dalam.

Dan menghadap ke utara (Tokyo) karena lokasi Kaisar Tenno Heika berada. Setelah melakukan senam, siswa juga diharuskan melakukan penghormatan kepada kaisar Jepang.

Waktu kepopuleran “Taiso” tidak bertahan lama. Karena banyak orang Indonesia menentang keberadaan Taiso.

Dengan begitu banyak penolakan, akhirnya senam yang diajarkan di beberapa sekolah kembali ke senam yang digunakan pada masa penjajahan Belanda.

Dengan semakin populernya senam, sebuah organisasi didirikan dengan tujuan guna membina atlet berbakat.

Organisasi ini dibentuk pada 14 Juli 1963 dan diberi nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia).

Atas inisiatif dari beberapa tokoh olahragawan se – Indonesia yang juga menangani serta memiliki keahlian dalam cabang olahraga senam.

Dengan organisasi ini, diketuai oleh R. Suhadi. Jadi, baru pada tahun 1964 Indonesia pertama kali ikut dalam kompetisi senam lantai internasional di GANEFO I (Games of the New Emerging Forces).

Dan pada saat itu, Indonesia adalah tuan rumah. Negara – negara yang berpartisipasi dalam cabang senam termasuk Cina, Rusia, Korea, Mesir, dan Indonesia.

Cabang senam lain yang juga dipertandingkan adalah senam artistik. Inilah sejarah awal perkembangan senam di Indonesia sejauh ini.

Dan sejak acara Ganefo itu, senam artistik juga mulai dikenal luas di nusantara.

Maka, pada tahun 1969, senam dimainkan untuk pertama kalinya di PON VII, di Surabaya.

Gerakan Dasar Senam Lantai

Senam lantai juga memiliki gerakan dasar sebagai menu wajib dan harus dilakukan setiap hari sebagai latihan.

Baca Juga :   Tes Kebugaran Jasmani

Gerakan dasar bertujuan untuk melatih kelenturan tubuh, keseimbangan dan kekuatan tubuh.

Ketiga hal ini adalah modal utama dalam pengembangan keterampilan tubuh.

Berikut ini beberapa gerakan dasar dalam latihan senam lantai :

Peregangan

Peregangan ialah aktivitas meregangkan seluruh bagian tubuh dari kepala hingga ujung kaki.

Contoh paling mudah dari gerakan peregangan adalah memutar kepala ke kanan dan ke kiri, memutar bahu kiri kanan ke depan dan ke belakang, memutar dada ke kanan dan ke kiri, dan memutar tulang pinggul ke kanan dan ke kiri.

Selain gerakan lain, seperti memutar sendi tulang paha ke depan dan belakang, memutar pergelangan kaki kanan dan kiri dan banyak gerakan tubuh lain yang digunakan untuk meregangkan tubuh.

Gerakan peregangan ini dilakukan pertama kali sebagai penghantar untuk kelenturan tubuh.

Pelenturan

Gerakan pelenturan ini dibuat untuk melenturkan gerakan tubuh, untuk menunjukkan penampilan gerakan estetis tubuh, yang menekankan kelengkungan tubuh.

Misalnya, menyelesaikan penampilan dengan salto. Selain itu, tingkat kelenturan tubuh juga membantu melakukan gerakan ekstrem tanpa khawatir cedera pada tubuh anda.

Tubuh lentur juga merupakan ukuran dari keindahan gerakan dan menunjukkan keleluasaan dari dimensi gerakan.

Ada beberapa titik pada tubuh yang harus dilatih kelenturannya, seperti melakukan split samping, split depan, mencium lantai, kayang ke belakang, samping, kiri dan kanan, dan sebagainya.

Latihan kelenturan ini sangat penting dilakukan oleh atlet senam, sehingga penampilan gerakan di area kompetisi terlihat lebih anggun dan indah.

Latihan Keseimbangan

Memiliki keseimbangan yang baik merupakan hal yang penting bagi seorang atlet.

Tanpa kemampuan untuk menyeimbangkan tubuh dengan baik, maka mustahil bisa melakukan gerakan ekstrim dalam penampilan senam lantai.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk keseimbangan tubuh, seperti berdiri dengan satu kaki baik dengan kanan maupun dengan kaki kiri

Pada latihan ini, salah satu kaki menjadi titik tumpu dan kaki yang satunya diangkat ke posisi lurus ke depan atau ke belakang, ke samping kiri atau ke samping kanan.

Setelah berhasil melakukan pada posisi tumpu dengan satu kaki, latihan berikut dilanjutkan dengan posisi salah satu kaki yang menjadi tumpuan sementara dan kaki satunya diluruskan ke arah depan dan secara perlahan kaki yang jadi tumpuan ditekuk dan ambil posisi jongkok dan tanpa mengubah posisi badan yang tegap lurus lalu diangkat keposisi semula.

Anda dapat mengulangi beberapa kali hingga tingkat keseimbangan anda mulai meningkat menjadi lebih baik.

Latihan Kekuatan

Tiga bentuk latihan yang dijelaskan di atas sebenarnya adalah bentuk latihan untuk latihan kekuatan, terutama di bagian latihan kelenturan dan keseimbangan, karena ketika melakukan dua gerakan ini, tubuh membutuhkan energi yang sangat melelahkan.

Salah satu cara melatih kekuatan tubuh bisa dilakukan dengan mudah, misalnya berlari, bersepeda, berenang, back sit – up, push – up dan sebagainya.

Latihan kekuatan ini juga bisa dilakukan dengan gerakan terus menerus dan berulang. Misalnya, melakukan salto yang sering dilakukan.

Gerakan Senam Lantai

Setelah anda dapat melakukan beberapa latihan senam dasar di lantai, sekarang saatnya untuk mengenal dan melatih beberapa gerakan.

Selanjutnya, kami akan menjelaskan jenis latihan yang harus anda ketahui yaitu :

Headstand

Ada dua jenis gerakan headstand, yaitu pergerakan headstand, yaitu hanya menggunakan kepala sebagai tumpuan dan gerakan headstand sederhana menggunakan kepala dan telapak tangan.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut yang menjelaskan cara melakukan gerakan kepala sederhana :

  • Pada awalnya, posisi tubuh seperti membuat gerakan push up, yaitu kedua tangan diletakkan di depan dada.
  • Kemudian, tarik kedua kaki ke depan sampai bokong terangkat dengan kedua tangan tetap pada posisi semula.
  • Ketika melakukan langkah kedua ini, secara otomatis posisikan tubuh anda sehingga kepala anda diturunkan seperti orang bersujud dalam doa.
  • Tempel di depan lantai sehingga posisinya seperti sudut segitiga sama kaki.
  • Setelah itu, angkat kedua kaki keatas sebisa mungkin, untuk mendapatkan keseimbangan sempurna dan tidak terlalu banyak menghabiskan energi.

Handstand

Gerakan handstand akan mudah dilakukan jika seseorang memiliki tiga persyaratan utama yakni mempunyai kekuatan otot perut, kekuatan otot lengan dan juga keseimbangan.

Gerak handstand dilakukan dengan berbagai macam gaya awalan, yaitu awalan berdiri, berjalan, berlari atau bahkan dengan gerakan awalan yang lebih ekstrim yang secara langsung membuat gerakan roll, baik roller depan maupun belakang.

Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Kuku

Misalnya, berikut ini adalah cara untuk membuat awalan handstand dengan awalan sederhana, yaitu awalan berdiri :

  • Pertama, posisikan tubuh dalam posisi siap.
  • Tekuk tubuh anda hingga telapak tangan menyentuh lantai.
  • Jarak dari telapak tangan ke kaki tidak boleh terlalu dekat, tetapi juga tidak terlalu jauh.
  • Kemudian, tarik kedua kaki ke atas hingga tegak lurus ke atas. Tahan selama beberapa detik, misalnya, 10 detik, 15 detik dan seterusnya, sesuai dengan tingkat keahlian anda.
  • Untuk seorang pemula, jelas bahwa membuat langkah cepat ini akan sulit karena tidak biasa digunakan. Karena itu, anda dapat meminta seorang teman untuk membantu mencegah kaki anda jatuh.

Gerakan Lompatan Harimau

Gerakan ketiga ini bisa dikenal dengan gerakan harimau. Apakah anda sudah tahu cara harimau lompat? Terlihat fantastis dan menakutkan, bukan?

Nah, kali ini, lompatan harimau juga digunakan di salah satu nama gerakan di lantai senam.

Langkah pertama yang membuatnya lebih mudah bagi anda untuk membuat lompatan itu juga adalah bahwa anda harus mahir di bagian roll depan.

Lompatan harimau itu sendiri adalah gerakan melompat yang dimulai dengan gerakan berlari dan kemudian melompat ke depan seperti harimau yang hendak diserang, tetapi diakhiri dengan pendaratan menggunakan gerakan roll depan.

Untuk lebih mudah berlatih simak penjelasan berikut secara lebih rinci :

  • Ambil posisi tubuh berdiri dan bersiaplah untuk berlari.
  • Setelah mulai berlari, tentukan waktu yang tepat untuk melompat sesuai dengan lokasi yang direncanakan sebelumnya.
  • Buat lompatan setinggi dan sejauh yang anda bisa.
  • Mendaratlah dengan posisi kedua telapak tangan sebagai tumpuan pertama dan kemudian segera, biarkan leher anda jatuh ke belakang saat punggung anda berada dalam keadaan roll depan.
  • Setelah melakukan roll depan, selesaikan lompatan harimau ini dengan sikap berdiri langsung.

Gerakan Salto

Gerakan keempat dan biasanya dilakukan di lantai senam adalah dengan melakukan gerakan salto.

Salto ini dibagi menjadi dua jenis, salto depan dan belakang, dengan atau tanpa bantuan kedua tangan.

Meskipun dasar untuk gerakan salto ada dua jenis, yaitu, dalam gerakan salto depan, seorang atlet harus menguasai gerakan lompatan harimau, sementara, untuk melakukan salto belakang, atlet harus menguasai gerakan kayang.

Jika anda dapat menguasai kedua kondisi ini sendiri, perlu keberanian untuk melakukan kedua jenis lompatan ini.

Untuk melakukan gerakan salto depan, anda bisa mulai dengan berlari dan melompat seperti harimau.

Setelah telapak tangan menempel ke lantai, kaki dan otot perut mulai membungkuk ke depan.

Jika gerakan ini dilakukan terus menerus tanpa dipotong, anda tidak perlu lagi menggunakan tangan sebagai tumpuan, tetapi segera gunakan tumpuan kaki.

Sementara itu, untuk melakukan salto belakang, mulailah dengan menolak tubuh mundur menggunakan gerakan kayang.

Untuk pemula, sebagian besar dari mereka menggunakan tangan pertama sebagai penopang salto belakang, tetapi untuk atlet yang cenderung melakukan salto belakang secara langsung tanpa menggunakan tangan sebagai tumpuan.

Unsur – Unsur Gerakan Senam Lantai

Senam lantai memiliki 6 elemen utama yang harus diperhatikan agar penampilan di area kompetisi terlihat menarik dan mengejutkan perhatian publik.

Keenam elemen tersebut adalah sebagai berikut :

Unsur Keindahan

Yang pertama ialah unsur keindahan gerakan. Unsur keindahan gerakan ini dapat dilakukan dengan membuat variasi dalam disiplin gerakan dengan kolaborasi yang baik.

Unsur keindahan dari gerakan ini dapat diambil dari tarian dan disiplin akrobat, seperti gerakan kecil yang mengandung unsur – unsur tarian atau gerak tubuh dalam tarian balet.

Unsur Kekuatan

Kekuatan adalah unsur penting dalam tarian senam. Karena olahraga ini membutuhkan banyak energi.

Bahkan jika anda masih dalam tahap pelatihan dasar dan tidak terbiasa melakukannya, gerakan senam di lantai akan tampak sangat melelahkan.

Unsur Keberanian

Seorang atlet senam lantai harus memiliki banyak keberanian untuk dapat melakukan gerakan ekstrem di area kompetisi.

Seorang atlet harus mampu melumpuhkan rasa takutnya untuk memberikan pertunjukan terbaiknya, yang kadang – kadang tampak sangat sulit dan ekstrem, sambil memperhatikan keseimbangan tubuh.

Unsur Kelenturan

Dengan tubuh lentur anda akan sangat lebih mudah untuk melakukan berbagai macam gerakan.

Memiliki tubuh lentur juga akan menambah nilai estetika pada latihan gerakan lantai.

Unsur Keluwesan

Keluwesan menunjukkan disiplin latihan yang dilakukan oleh atlet. Ketika atlet terbiasa melakukan gerakan tertentu, itu tidak akan canggung dan membingungkan untuk melakukannya lagi.

Unsur Keseimbangan

Jelas, yang tidak kalah penting adalah menanamkan unsur keseimbangan. Tanpa keseimbangan yang baik, atlet akan kesulitan memberikan penampilan terbaiknya.

Baca Juga :   Teknik Dasar Wall Climbing

Bahkan hal yang sangat fatal, karena keseimbangannya tidak bagus, atlet akan jatuh di arena ketika melakukan gerakan yang sangat sulit.

Tentu saja, ini sebagian besar dihindari dalam pertunjukan olahraga senam lantai.

Bentuk – Bentuk Latihan Senam Lantai

  • Lima putaran salto depan yang diakhiri dengan gerakan headstand kemudian gerakan heandstand dilanjut dengan gerakan roll belakang dan diperbesar lagi dengan gerakan salto belakang.
  • Berdiri, jatuh, roll depan, headstand, handstand, kayang, berbaring dan diakhiri dengan gerakan salto belakang.
  • Lompatan harimau dilanjutkan roll depan, diikuti oleh lompatan harimau itu lagi, diikuti oleh lompatan harimau itu lagi. Lakukan latihan ini beberapa kali hingga anda mahir.
  • Lompatan harimau diikuti oleh roll depan diikuti oleh handstand tertutup dengan roll depan.
  • Ada banyak lagi latihan dasar yang bisa anda kerjakan sendiri.

Alat Senam Lantai

Olahraga ini adalah olahraga yang tidak menggunakan media, kecuali lantai dan kasur.

Fungsi kasur di sini bukan sebagai media, tetapi hanya perlindungan terhadap kemungkinan buruk yang terjadi.

Misalnya, atlet yang tidak dapat melakukan gerakan tertentu dan jatuh dengan matras mencegah cedera.

Peraturan Senam Lantai

Peraturan olahraga senam lantai ini sangat sederhana, yaitu, atlet harus melakukan gerakan senam di area kompetisi yang disediakan sesuai batas.

Jika hanya ada beberapa bagian tubuh atlet yang terlarang, seperti kaki, juri akan segera mengibarkan bendera dan nilai atlet akan otomatis berkurang.

Nilai juga akan berkurang jika atlet gagal melakukan gerakan tertentu dan meninggalkan koreografi gerakannya.

Selain itu, penampilan seorang atlet yang keseimbangannya tidak baik, misalnya, setelah melakukan gerakan tertentu dan menyebabkan atlet tersebut tidak memiliki keseimbangan, juga dapat mengurangi nilai yang diberikan oleh juri.

Dari semua aspek penilaian yang diberikan oleh juri, atlet dengan skor tertinggi akan dinobatkan juara.

Manfaat Senam Lantai

Manfaat berolahraga di lantai berkaitan dengan kesehatan. Ini memang benar, tetapi pada dasarnya kesehatan akan tercapai secara otomatis bagi seseorang yang rajin berolahraga dan memiliki pola makan yang baik.

Latihan di lantai membuat atlet lebih percaya diri dan dengan mempunyai keberanian yang besar.

Ini karena, untuk memberikan performa terbaik, atlet senam lantai harus berani melakukan gerakan ekstrem yang berbahaya baginya.

Tidak jarang seorang atlet gagal melakukan gerakan dan cedera ekstrem dan bahkan kematian jika kecelakaan fatal terjadi.

Ini berarti bahwa, sebagai atlet senam lantai, anda harus memiliki keberanian dan kepercayaan diri yang tinggi.

Seorang atlet yang baik juga tidak akan puas dengan pencapaian tertentu. Justru dengan sebuah pencapaian, rasa ingin tahu akan mampu membuat gerakan yang jauh lebih ekstrem lagi dan memberikan kinerja yang jauh lebih baik.

Tujuan Senam Lantai

Memenangkan gelar dan mempunyai tubuh yang indah dan elastis dapat menjadi salah satu tujuan olahraga senam lantai ini.

Tetapi ada tujuan lain yang lebih berharga dari pada hanya mempunyai tubuh yang bagus dan menjadi juara.

Yaitu, kepercayaan diri dan kebanggaan ketika seorang atlet mampu melakukan gerakan yang melebihi batas tubuhnya, mengalahkan rasa takut dan mampu membuat gerakan yang sulit dipercaya yang bisa dilakukan oleh tubuh.

Secara umum, atlet senam lantai akan terus melakukan latihan untuk memperluas jangkauan gerak tubuhnya sehingga tidak ada yang bisa bergerak seperti dia.

Ini adalah informasi tentang senam di lantai yang lengkap dan terperinci. Beberapa informasi di atas dapat digunakan sebagai referensi untuk latihan senam lantai dasar, saat ini salah satu cabang senam artistik yang semakin banyak dicari oleh banyak orang.

Tentunya, dengan persiapan keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi untuk memahami lebih cepat dan mampu mempraktikkan berbagai gerakan senam ini.

Tidak hanya sebagai tujuan kejuaraan untuk menjadi atlet profesional, tetapi dengan rajin berlatih senam lantai juga akan membuat tubuh anda sehat dan terasa lentur dan ringan.

Dengan tubuh yang terlihat lebih ringan, bagus dan cantik, itu juga akan membuat anda terlihat lebih percaya diri dalam semua aktivitas.

Demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu rekan – rekan semua ya! Terimakasih sudah membaca pembahasan materi makalah tentang senam lantai. Maaf jika masih ada kekurangan dalam penulisan ini ya sahabat.

Baca juga :