Sistem Reproduksi

Posted on

Sistem Reproduksi – Pembahasan pada perjumpaan kita kali ini quipper.co.id akan menerang materi tentang sistem reproduksi secara lengkap dimulai dari pengertian, pria, wanita, organ, kelainan dan fungsinya. Nah untuk lebih lengkap mari, simak uraiannya sebagai berikut.

Pengertian

Sistem Reproduksi
Sistem Reproduksi

Apa yng dimaksud dengan Reproduksi? yakni merupakan sebuah alat yang kerap digunakan dalam Proses Reproduksi Manusia yang mempunyai tujuan guna mempertahankan kelangsungan terhadap spesiesnya.

Dalam tersebut baik itu wanita maupun pria tentunya mempunyai sistem Reproduksi, sehingga dengan alat reproduksi itulah yang nantinya akan dipakai guna menghasilkan keturunan.

Umumnya pada manusia apabila tidak mempunyai Alat Reproduksi, tentunya itu hal yang sangat mustahil sebab dengan adanya alat tersebut mereka dapat menghasilkan keturunan.

Kemudian pada Alat Reproduksi itu sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni Alat Reproduksi Dalam dan Alat Reproduksi Luar. Nah pembahasan selanjutnya simak berikut ini:

Sistem Reproduksi Pada Pria

Sistem Reproduksi Pada Pria
Sistem Reproduksi Pada Pria

Pada pria tentunya mempunyai Sistem reproduksi yang berbeda dengan sistem yang dimiliki oleh wanita.

Dimana pada pria mempunyai Sistem yang dapat digongkan sederhana jika dibandingkan dengan alat reproduksi wanita, dimana ia mempunyai struktur organ yang sebagiannya berada diluar.

Pada alat reproduksi pada wanita dan pria dapat dibedakan menjadi dua yakni alat reproduksi eksternal dan internal, tapi kebanyakan alat reproduksi pria lebih banyak berada di luar.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan bagian alat kelamin pada pria :

1. Penis

Dengan berdasarkan tatanan bahasanya dimana istilah penis berasal dari kata Phallus yang maknanya ekor.

Kemudian pada penis ini merupakan suatu alat reproduksi yang mempunyai sebuah jaringan erektil yang cukup besar.

Dimana pada penyusunan Jaringan itu terdiri atas tiga jaringan, yang masing-masing jaringannya mengandung pembuluh darah yang berjumlah cukup besar dan juga beranastomosa.

Kemudian pada penis di dalamnya terdapat beberapa bagian yang lainnya yakni sebagai berikut :

  • Yang pertama korpus kavernosa – yakni merupakan suatu kumpulan jaringan erektil dorsal yang terdiri dari dua kumpulan dan terdapat jembatan dengan jenis jaringan yang sama.
  • Yang kedua Korpus spongiosum – Yakni merupakan suatu jaringan vertal mempunyai ukuran yang sangat kecil jika bandingkan jaringan yang lain. Pada Jaringan ini berada mengelilingi urerta dan mempunyai fungsi untuk melindungi uretra.
  • Kemudia yang ketiga Gland penis – Yakni merupakan suatu bagian penis yang letaknya berada pada ujung penis.

Kemudian selanjutnya pada kavernosa, dimana bagian ini merupakan badan kavernosa yang disekelilingnya terdapat jaringan yang padat, yakni sebuah jaringan penghubung atau disebut dengan tunika albuginea. 

Fungsi Penis 

  • Yakni berfungsi sebagai sarana dalam saluran pembuangan air seni di buang , ia membentu layaknya sebuah pipa, dimana berperan dalam tempat pembuangan kotoran yang berada di dalam. Sehingga dengan melalui penis ini,maka kotoran atau air seni akan disalurkan menuju keluar dan kemudian dibuang.
  • Berfungsi sebagai alat senggama guna menghasilkan keturunan.
Baca Juga :   Respirasi Anaerob

2. Skrotum

Apa yang dimaksud dengan Skrotum? yakni merupakan sebuah alat yang kerap dijadikan sebagai suatu pembungjus testis.

Pada skrotum ini terletak diantara penis dan juga anus, yakni berada di depan perineum.

Pada Skrotum berjumlah dua sepasang, yakni skrotum kanan dan juga kiri Yang mana pada bagian ini krotum dilindungi oleh jarignan ikat dan juga otot dartos.

Adapun fungsi dari yakni kerap digunakan sebagai alat gerak bagi skrotum hingga skrotum dapat tersebut dapat dengan mudah mengendur maupun mengerut.

Kemudian dibagian skrotum ini juga mempunyai suatu serat yang diperoleh dari hasil penerusan otot luring dari dinding perut atau biasa disebut dengan otot kremaster

Fungsi dari skrotum

  • Menempatkan testis dalam lingkungan yang mempunyai suhu dingin berkisar 1-80C bahkan lebih dingin jika dibandingkan dengan suhu pada tubuh
  • Mengatur suhu pada testis agar tetap terjaga
  • Menyiapkan sebuah ruang agar testis bisa bergerak dengan nyaman.

3. Testis

Apa yang dimaksud dengan Testis? yakni merupakan sebuah organ reproduksi pria yang bertempat di dalam,kemudian pada testis ini juga mempunyai bentuk oval dan juga terletak di bagian skrotum,

Fungsi testis

  • Kerap difungsikan sebagai sebuah alat agar dapat menghasilkan spermatozoa atau sel kelamin jantan
  • dipergunakan agar bisa memperoleh hormone seks testrosteron
  • Untuk melindungi suhu pada spermatogenesis tetap berlangsung.

4. Epididimis

Apa yang dimaksud dengan epididimis? yakni merupakan suatu bagian organ yang terdapat pada alat reproduksi dan mempunyai bentuk seperti pipa dan berfungsi sebagai saluran yang berkelok kelok, dimana saluran pada epdidimin ini berada pada skrotum dan juga berada diluar testis. Dan bentuknya menyerupai sebuah huruf C.

Fungsi epididimis 

  • Kerap dipergunakan untuk dijadikan alat penyimpanan
  • berfungsi sebagai sebuah alat untuk pengangkutan
  • Dapat digunakan sebagai tempat berlangsungnya pengolahan pematangan sperma

5. Vas deferens

Apa yang dimaksud dengan vas deferens? yakni merupakan sebuah alat saluran organ reproduksi, yang mempunyai bentuk seperti layaknya tabung.

Fungsi vas deferens 

  • Kerap dijadikan sebagai alat saluran jalannya sperma ke veskula
  • Berfungsi guna menampung sperma
  • Dan juga digunakan sebagai proses pematangan sperma

6. kelenjar kelamin

Apa itu kelenjar kelamin? yakni merupakan sebuah organ yang terdapat pada kelamin pria.

Kemudian dalam Kelenjar kelamin ini mempunyai tiga bagian yakni sebagai berikut:

  • Yang pertama vesikula seminalis yakni merupakan sebuah bagian organ yang mempunyai fungsi dalam mensekresikan cairan yang terdapat di dalam tubuh dan bersifat basa.
  • Yang kedua kelenjar prostat? yakni merupakan sebuah bagian organ reproduksi pria yang berada dibawah kandung kemih. Kemudian kelejar tersebut mempunyai kegunaan dalam mensekresikan cairan yang berada dalam kelenjar ini.
  • Yang ketiga kelenjar bulboutetra yakni merupakan sebuah kelenjar yang berjumlah sepasang, serta berfungsi idalam menghasilkan lender pada saluran ejakulasi dan bersifat basa.
  • Kemudia yang keempat saluran ejakulasi
    dimana pada saluran ini berfungsi untuk saling menyatukan uretra terhadapvesikula

Sistem Reproduksi Pada Wanita

Sistem Reproduksi Pada Wanita
Sistem Reproduksi Pada Wanita

Pada sistem reproduksi wanita lebih kompleks jika dibandingkan dengan reproduksi pada pria sebab mempunyai fungsi kerja yang lebih beragam.

Dimana pada sel sperma yang telah dihasilkan dari pria akan dibuwahi oleh sistem reproduksi wanita hingga dapat menghasilkan janin yang ada dikandungannya.

Baca Juga :   Fungsi Dinding Sel

Untuk lebih jelas , berikut bagian-bagi alat reprodusi wanita :

1. Vagina

Pada vagina dengan berukuran panjang berkisar 8 hingga sampai 10 sentimeter dan keberadaannya terletak diantara rectum dan kandung kemih.

Mengenai Vagina ialah merupakan suatu membranasea yang mempunyai fungsi sebagai penghubung antara Rahim ke bagian luar.

Apabila pada vagina yang sehat bersifat asam, yang disebabkan oleh adanya degradasi glikogen dan menjadi asam laktat yang dihasilakn oleh bakteri bacillus.

Kemudian pada vagina ini juga mempunyai suatu selaput lendir yang terdapat dibagian terluar dan juga pada lapisan tengah vagina. Yang mana pada bagian tersebut tersusun dari otot-otot dan lapisan lain yang juga mempunyai banyak serat.

Fungsi vagina :

  • Berfungsi sebagai sebuah saluran untuk lahirnya bayi
  • Sebagai sebuah tempat untuk melakukan hubungan seksual agar dapat menghasilkan keturunan
  • Berfungsi agar dapat menyalurkan darah dan juga lendir pada Rahim.

2. Uterus atau Rahim

Apa itu Uterus? yakni merupakan sebuah wadah atau tempat untuk keberadaan Rahim, Dimana pada uterus mempunyai bobot berkisar 30 gram. Kemudian dalam penyusunan uterus ini juga terdiri atas lapisan otot otot yang kokoh dan juga kuat, yang berfungsi sebagai sebuah tempat tumbuh dan berkembangnya janin. Kemudian otot yang terdapat pada uterus bersifat elastis sehigga iadapat menompang janin pada saat proses kehamilan. Dan selain itu juga pada bagian uterus tersebut mempunyai suatu sel epitel yang keberadaannya terletak dibagian dinding Rahim dan berfungsi sebagai membatas uterus.

Berikut ini terdapat bagian uterus :

  • korupus uteri
  • fundus uteri
  • servik uteri

3. Tuba Falopi

Apa yang dimaksud dengan tuba fallopi? yakni merupakan suatu sistem saluran telur tuba fallopi dan berfungsi guna mengantarkan sel telur kedalam Rahim. Pada tuba fallopi ini juga mempunyai bentuk seperti cabangan di jari, yang biasa disebut dengan fimbriare. Dimana pada fimbriare ini sangat bermanfaat agar dapat menjangkau ke dalam rongga panggul dan juga untuk mengambil telur.

Fungsi tuba falopi :

  • Dijadikan sebagai sebuah wadah untuk pertumbuhan dan pembuahan janin, pada saat sebelum janin itu masuk kedalam Rahim
  • Digunakan untuk sebuah alat guna memperoleh ovum
  • Dipakai sebagai alat tempat fertilisasi
  • Digunaja sebagai sebuah saluran dari ovum dan juga sperma sehingga dapat memperoleh pembuahan yang berbentuk janin.

Berikut ini Bagian oviduk :

  • infundibulum
  • pars ampularis
  • pars ismika
  • pars inertitialis

Kelainan tuba falopi 

  • yang pertama yakni kehamilan ektopik? yakni suatu kehamilan yang terjadi pada wanita namun tidak berlangsung di dalam Rahim, dan malah akan terjadi di luar Rahim. Pada kehamilan ini dapat dikatakan sangat berbahaya, seperti halnya pada saat janin tidak berkembang di tempatnya yang justru nantinya pada janin tersebut akan terancam keselamatannya.
  • Kemudian Penyakit radang panggul, penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi yang dialami pada organ reproduksi wanita.
  • Kemudian kelainan Endometrosis? Yakni merupakan suatu penyakit yang terjadi diakibatkan adanya sebuah kesalahan pada pertumbuhannya , dimana seharusnya ia tumbuh di Rahim namun justru malah tumbuh pada tuba valopi sehingga membuat tuba fallopi harus merasakan tekanan kembali dan mengakibatkan rusaknya jaringan tuba fallopi.
Baca Juga :   Fungsi Saponin

4. Ovarium atau Indung Telur

Apa yang dimaksud dengan Ovarium ? yakni merupakan suatu indung telur yang berperang sangat penting bagi tubuh, dimana pada overium dapat menghasilkan telur guna untuk memupuk dan juga berguna untuk menghasilkan hormone agar dapat berreproduksi dalm progeseron dan juga estrogen.

Kemudian pada hormon tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh ovarium guna mengatur siklus pada menstruasi.

5. Mons veneris

Apa yang dimaksud dengan mons veneris atau mons pubis? yakni merupakan lapisan lemak yang berfungsi guna menutupi tulang pada kemaluan.

Fungsi mons veneris

  • Kerap digunakan sebagai pelindung alat kemaluan
  • Guna menjaga tulang dan jaringan yang terdapat di bawah kemaluan
  • Menjaga dan melindungi kemaluan pada saat sedang bersenggama
  • Digunkan sebagai sarana dalam melayani dan mengamankan organ dari segala bahaya.
  • Meberi rangsangan dan juga meningkatkan daya seksualitas.
  • dapat digunakan untuk Menghasilkan bau agar merangsang seksual

Kelainan Pada Sistem Reproduksi

Berikut ini terdapat beberapa kelainan atau penyakit yang kerap terjadi pada sistem reproduksi pria mau pun wanita:

1.Kanker Leher Rahim

Pada penyakit ini merupakan suatu kanker yang kerap menyerang pada bagian leher rahim perempuan dengan melalui beberapa fase yakni seperti kanker (dysplasia ringan) dan juga dysplasia berat sehingga pada kanker yang belum menyebar dapat menjadi kanker menyebar.

2.Kanker Ovarium

Pada penyakit kanker ini biasanya kerap menyerang indung telur bagian kiri atau pun kanan atau bisa juga menyerang keduanya.

Dan kebanyakan yang diserang oleh penyakit ini ialah kaum wanita yang sudah mengalami menopause atau yang sudah menginjak usia 50 tahun ke atas.

3.Endometrosis

Adalah penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi wanita yang disebabkan oleh jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim.

4.Hamil Anggur (Mola Hidalidosa)

Kemudian pada kelainan Hamil anggur ini yakni merupakan suatu kehamilan yang didalamnya tidak berisi janin nemun melaikan berisikan suatu gelembung yang disebut dengan mola dan darah yang membeku.

Seingga pada hamil ini dapat mengakibatkan merasakan sakit yang sangat luar biasa hingga bahkan sampai kematian yang disebabkan oleh pendarahan dan tembusnya dinding rahim oleh proses mola dan juga infeksi.

5.Kanker Prostat

Selanjutnya pada kelainan atau penyakit Kanker ini kerap menyerang kelenjar prostat yang terdapat pada organ reproduksi pria. Sehingga adanya kanker ini mengakibatkan sel yang terdapat di dalam kelenjar prostat tumbuh dan berkembang bnamun secara tidak normal hingga bahkan sudah tidak bisa dikendalikan lagi, dan biasanya menyerang kaum pria yang sudah mencapai usia 60 tahun ke atas.

Apa yang dimaksud dengan Reproduksi?

Yakni merupakan sebuah alat yang kerap digunakan dalam Proses Reproduksi Manusia yang mempunyai tujuan guna mempertahankan kelangsungan terhadap spesiesnya.

Dalam Sistem Reproduksi wanita fungsi vagina Adalah?

Yakni berfungsi sebagai penghubung antara Rahim ke bagian luar.

Apa Fungsi mons veneris dalam sistem reproduksi pada wanita?

yakni merupakan lapisan lemak yang berfungsi guna menutupi tulang pada kemaluan.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan, semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sobat quipper.co.id semua.

Daftar Artikel Lainnya :