Contoh Norma Agama

Posted on

Contoh Norma agama – Nah bagi sobat yang masih belum memahami materi ini, maka dipertemuan kali ini akan Quipper.co.id jabarkan hingga tuntas materi tentang contoh norma agama beserta pengertian, sumber dan sanksinya. Untuk itu yuk langsung aja simak sebagai berikut.

Pengertian

Contoh-Norma-Agama
Contoh-Norma-Agama

Apa yang diaksud Norma Agama? yakni merupakan sebuah peraturan atau kaidah, yang kerap difungsikan sebagai suatu petunjuk dan juga pedoman serta sebagai lampu penerang bagi kelangsungan hidup anggota manusia.

Sanksi norma agama

Di dalam norma terbentuk sebuah sanksi terhadap pelanggar akan tetapi lebih cenderung secara luas di dunia.

Hal ini disebabkan oleh suatu otoritas tertinggi bagi sang pemberi sanksi yakni berada di tangan Tuhan Yang Maha Esa.

Dan pada umumnya untuk semua orang-orang suci mempunyai sebuah otoritas yang digunakan sebagai pengingat atau sering dipakai untuk memnyampaikan suatu kebenaran saja, namun bukan untuk menghukum..

Maka dengan demikian, pada peringatan yang diberikan oleh pemimpin agama kini dapat menjadi sanksi yang sering diberikan.

Walaupun sanksi tersebut longgar, Namun terhadap si pelanggar norma ini akan tetap saja terkena sanksi sosial yang diberikan, terutama dalam masyarakat yang religius.

Sumber Norma Agama

Dengan berdasarkan definisinya Norma agama ialah merupakan salah satu jenis norma yang bisa memperkuat dengan norma lainnya.

Sebab pada hakikatnya norma Agama ini ketentuannya berasal dari Tuhan, sehingga dengan demikian adanya norma ini dapat memperkuat dan juga bisa memberikan pengaruh terhadap tingkahlaku seseorang .

Untuk semua orang yang mempunyai agama atau sebagai umat yang beragama, di mana penciptanya atau Tuhan ialah merupakan sesuatu yang terlebih musti diutamakan dengan melebihi apapun juga.

Sebab di dalam norma agama ada suatu yang diwajibkan atas perintah dan harus dikerjakan oleh seluruh makhluk, dan juga terdapat sebuah larangan yang tidak boleh dilakukan.

Baca Juga :   Pantun Cinta

Serta ada juga sebuah rujukan yang dianjurkan yang dikenal dengan sebutan sunnah agar dapat dikerjakan oleh manusia yang artinya aturan tersebut wajib untuk dilakukan.

Sebab pada norma agama menuntut ketaatan yang mutlak pada setiap penganut agama, dan juga mewajibkan bagi setiap pemeluk agamanya untuk bisa menaati semua perintah Tuhan.

Contoh Norma Agama

1. Rajin atau Taat Beribadah

Terhadap seseorang umat beragama yang mempunyai suatu jiwa spiritual yang tinggi, rajin serta taat dalam melakukan merupakan sebuah hal yang sangat penting.

Pasalnya hal ini disebabkan, oleh beribadah ialah merupakan suatu pendekatan atau sebagai sebuah bentuk untuk komunikasi antara mata hati dan mata batin kita kepada Tuhan yang Maha Esa, dan biasanya berlangsungnya tidak boleh diganggu oleh orang lain.

Sebab bagi umat beragama beribadah juga merupakan suatu kebutuhan dan suatu tanda pengabdian seorang hamba terhadap sang penciptanya , dan sudah hal tersebut menjadi salah satu kewajiban selama kita di dunia untuk menempuh dunia yang baru kelak.

Dan disesuaikan dengan Sesuai dengan keyakinannya masing-masing , Bentuk dari kewajiban tersebut . Misalnya:

  • Bagi yang beragama Islam tempat beribadahnya di Masjid
  • Bagi pemeluk agama Kristen dan Katolik beribadah di Gereja
  • Serta bagi pemeluk agama Buddha tempat beribadahnya di Wihara
  • Kemudian untuk pemeluk agama Hindu tempat beribadahnya di Pura

Tentunya hal ini aka lebih indah apabila dari masing-masing pemeluk agama dapat hidup saling berdampingan dengan semua perbedaan yang ada, tentunya ini akan lebih baik lagi. Sebab perbedaan bukanlah suatu perpecahan, melainkan sebuah kekuatan yang harus disatukan.

2. Tidak Boleh Mencuri

Bagi masing-masing para pemeluk agama, dimana biasanya didalam agam apapun pasti selalu diajarkan untuk tidak mencuri.


Sebab mencuri ialah merupakan suatu perilaku yang tidak baik dan tentunya diharamkan sebab tidak diperbolehkan sebab dapat terlihat dengan jelas, sikap mencuri seperti ini ia;lah sebuah sikap yang tercela.

Baca Juga :   Biidznillah Artinya

Sebab istilah kata mencuri ialah merupakan suatu ungkapan mengambikl sesuatu yang bukan merupakan miliknya sehingga dapan merugikan orang lain .

Jadi, disimpulkan jika mengambil hak milik orang lain tanpa meminta izin tentu tidak boleh!

3. Tidak Membunuh Sesama

Di dalam ungkapan ini juga merupakan Hal yang masih berkaitan erat dengan norma agama.


Dimana terhadap semua orang yang telah dilahirkan di dunia ini pasti mempunyai haknya masing-masing dan mempunyai sutu tujuan agar dapat bebas hidup di dunia dengan aman dan damai.


Maka jika ada seseorang yang hendak mengganggu orang lain bahkan hingga menyakitinya dengan cara yang tidak senonoh, maka hukuman yang menghantui nantinya ialah merupakan suatu balasan yang setimpal di akhirat kelak, dan ini tidak bisa ditawar lagi, bahkan balasan ini lebih keji dari yang sebelumnya telah dia lakukan!

4. Menjalankan Segala Perintah-Nya

Dalam ungkapan ini merupaka suatu seruan atau perintah yang baik dan sudah sepatutnya untuk segera dilaksanakan agar kita bisa menjadi orang-orang yang lebih berkualitas, baik itu di dunia maupun di akhirat.
Dan perintah yang baik lainnya ialah misalnya seperti pada berikut ini:

  • Saling bergotong-royong
  • Selalu Berlaku baik terhadap
  • Dan selalu berlaku jujur
  • Serta harus dapat berlaku adil
  • Harus bisa membantu sesama yang sedang kesulitan
  • Saling Berbagi
  • Serta harus saling menghargai
  • dan masih banyak lagi perintah yang lainnya.

Sudah sepatutnya kita menonjolkan sikap terpuji . Sihingga dengan demikian hidup kita akan terasa sangat indah dan damai.

5. Menjauhi Segala Larangan-Nya

Dalam kalimat ini merupakan suatu peritah agar kita dapat menjahui dan meninggalkan segala yang menjadi larangannya, agar tidak menumpuk menjadi beban dalam hidup kita.

Sebab dengan terus melakukan perbuatan yang tidak terpuji, akan membuat hidup kita selalu merasa takut serta tidak pernah merasa dalam fase yang nyaman serta semuanya hanya akan membebani diri sendiri dan malah apabila kita sampai kelewatan, bisa membuat kita menjadi jatuh sakit karena selalu emosi.

Baca Juga :   Nomina

6. Tidak Menggunakan Narkoba

Dalam ungkapan ini juga merupakan suatu tindakan yang tidak terpuji dimana kita sama saja menyiksa diri sendiri sebab narkoba ialah merupakan barang terlarang yang dapat membuat pemakaianya tidak sadarkan diri atau mabuk sihingga kini pemakaiannya sangat tidak diperbolehkan khusunya di Indonesia ini dan juga sangat diharamkan oleh agama.

Sebab narkoba bukan jenis obat yang sembarangan, yang bisanya kadar konsumsinya kerap digunakan sebagi obat penenang yang apabila dikonsumsi secara berlebihan akan dapat menimbulkan efek kehilangan kesadaran serta bagi pemakai akan kecanduan yang sangat luar biasa.

7. Tidak Mengonsumsi Minuman Keras

Di dalam ungkapan ini juga merupakan salah satu larangan dalam agama sebab minuman keras ini juga sama halnya seperti narkoba, dapat menghilangkan kesadaran dan juga dapat mengakibatkan kecanduan bagi si penderita.


Di negara kita sendir khususnya indonesia Minuman keras atau yang mengandung alkohol sangat dicekal dan dilarang keras baik secara hukum dunia maupun hukum akhirat ini sudah sangat jelas diharamkan di agama, yang mana minuman keras menyebabkan seseorang menjadi mabuk dan hilang akal.

Sehingga jika manusia kehilangan akalnya maka kondisi ini dapat merusak dan merugikan orang lain, sebab ia tidak lagi mengnal siap dirinya maupun orang disekitarnya dan secara tiba-tiba bisa membuat kekacauan yang berbahaya dan menakutkan. Tentunya ini adalah ulah manusia yang sangat mudah dirasuki oleh setan.

Tempat peribadatan agama hindu adalah?

Yakni Pura

Apa itu Norma Agama?

yakni merupakan sebuah peraturan atau kaidah, yang kerap difungsikan sebagai suatu petunjuk dan juga pedoman serta sebagai lampu penerang bagi kelangsungan hidup anggota manusia.

Sebutkan salah satu contoh Norma Agama?

Rajin serta taat dalam beribadah

Sekian materi pembahasan yang dapat quipper.co.id sampaikan kali ini mengenai materi contoh norma agama, beserta pengertian, sumber dan sanksinya, semoga bisa bermanfaat.

Daftar Artikel Terkait :