Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin Artinya?

Posted on

Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin Artinya? – Bagi sebagian orang yang sering hadir ke sebuah acara atau selamatan, dan mungkin juga sering mendengar lantunan do’a yang biasa nya mengandung kalimat “Allahum ma InnaNas Aluka Sala matan Fiddin“.

Kalimat seperti itu tidak cuma di baca kan pada di saat acara atau selamatan saja, namun imam sehabis sholat wajib pun juga atau sering membaca lantunan kalimat tersebut.

Walau pun sering di baca serta di dengar, namun nyata nya masih banyak sekali orang yang belum tahu mengenai arti dari kalimat “Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin“, begitu pun juga dalam makna nya.

Terutama lagi bagi beberapa orang awam mau pun orang yang masih memiliki ke kurang pemahaman nya mengenai bahasa Arab.

Tapi Tahu kah Anda, lantunan kalimat itu ialah potongan dari do’a yang arti nya mendapat kan kenikmatan di dunia dan akhirat.

Karena letaknya berada di bagian do’a, kebanyak kan orang begitu hafal atas potongan lafadz dari do’a tersebut. Nah, di sini Quipper.co.id akan membahas tentang arti Allahum ma In na Nas Aluka Sala matan Fiddin beserta arab/arabic.

Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin Artinya?

Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin Artinya?
Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin Artinya?

Allahum ma In na Nas Aluka Sala matan Fid din ialah potongan do’a tentang selamat atau pun do’a memohon kenikmatan di dunia serta di akhirat sebagai berikut :

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ

Latin: “Allaahum ma in naa nas ’aluka sala’a matan fid diin.”

Baca Juga :   Arti Syukron

Lafadz tersebut mempunyai makna yang bahwa nya hanya pada Allah Swt. Lah kita memohon atas keselamatan, niscaya pun Allah akan mengabul kan nya.

Dengan seperti itu, Allahum ma In na Nas Aluka Sala matan Fid din ialah penggalan bentuk do’a yang di panjat kan pada Allah.SWT untuk memohon kesejahteraan di hidup. Oleh karena itu, doa ini juga sering disebut Doa Kesejahteraan.

Doa Keselamatan Dunia dan AKhirat

Kalimat atau lafadz Allaahumma innaa nas’ aluka sala’a matan fid diin ialah potongan bentuk do’a selamat atas dunia dan juga akhirat mau pun do’a dalam meminta kenikmatan di dunia di akhirat.

Ada pun do’a yang secara lengkap nya ialah sebagai berikut ini :

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَ عَافِيَةً فِى ا لْجَسَدِ وَ زِ يَا دَ ةً فِى الْعِلْمِ وَ بَرَ كَةً فِى الرِّ زْ قِ وَ تَوْ بَةَ قَبْلَ ا لْمَوْ تِ وَرَ حْمَةً عِنْدَ الْمَوْ تِ وَ مَغْفِرَ ةًبَعْدَ الْمَوْ تِ ،اَ للّٰهُمَّ هَوِّ نْ عَلَيْنَ فِيْ سَكَرَ اتِ الْمَوْ تِ، وَنَجَا ةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

Latin: “Allahum ma in na nas aluka sala matan fid diin, wa ‘afi yatan fil jasad, waziya datan fil ‘il mi, wa baro katan fir rizqi, wa tau batan qob lal maut, waroh matan ‘indal maut, wa magh firo tan ba’dal maut, Allahum ma haw win ‘ala ina fii saka rotil maut, wa najaatan minannari, wal ‘afwa ‘indal hisab”

Artinya: Ya Allah, sesungguh nya kami pun memohon pada kau akan sebuah keselamatan Agama serta sehat badan, dan juga tambah nya ilmu yang berbentuk pengetahuan, serta keberkahan dalam rizki dan diampuni sebelum mati, dan mendapatkan rahmat waktu mati dan mendapat pengampunan sesudah mati. Ya Allah, mudah kan lah untuk kami waktu (dalam sekarat) atau menghadapi mati, serta selamat kan lah kami dari bentuk siksa neraka, juga pengampunan di waktu hisab.

Makna Doa Keselamatan

Do’a ini pada intinya merupakan do’a memohon atas keselamatan di dunia, sama dengan keselamatan yang agar supaya di badan sehat, memohon agar ada nya ilmu pengetahuan yang di tambah, agar rezeki itu selalu di berkahi, serta mendapat kan rahmat saat masih hidup.

Baca Juga :   Bahasa Arab Peralatan Rumah

Selain itu, do’a ini pun juga menjadi do’a dalam memohon keselamatan pada akhirat, seperti nya agar supaya di mudah kan menghadapi suatu kematian, di selamat kan dari bentuk api neraka, dan mendapatkan kemudahan di hari perhitungan.

Oleh karena itu, do’a memohon keselamatan di dunia serta di akhirat ini pun di anjur kan untuk di baca sehabis sholat, mau pun juga di waktu – waktu mustajab.

Tafsir Doa Keselamatan

Berikut beberapa uraian atau tafsir dari beberapa kalimat yang menjadi poin penting, yaitu sebagai berikut :

Sala matan fid din yakni Keselamatan di dalam Agama. Arti nya kita pasti nya mempunyai agama, tapi bisa jadi kita tidak pernah merasa selamat di dalam agama kita, seperti akhlak dan moral kita rusak. 

Afiyat fi jasadi ( Sehat Jasad / Jasmani) artinya memohon agar jasmani atau jasad kita sehat, sehingga kita bisa melakukan aktifitas dan ibadah sehari-hari.

Ziyadatan fi ilmi  yakni Tambah nya Ilmu. Arti nya memohon agar dapat di beri kan ilmu yang banyak serta bermanfaat, baik itu ilmu dunia maupun akhirat. 

Baro katan fir rizqi yakni Rejeki yang mmiliki barokah. Arti nya memohon untuk di beri kan nya sebuah rezeki yang barokah, dan rezeki yang barokah itu ialah halal dan juga baik.

Tau batan Qab lal Maut yakni Taubat di kala Sebelum Mati. Arti nya memohon agar bisa bertaubat sebelum mati, karena tidak lah semua orang itu bisa atau pun sempat bertaubat sebelum mati. 

Warah matan ‘In dal Maut yakni Mendapat kan Rahmat saat Meninggal. Arti nya bisa meninggal secara keadaan yang berbentuk baik atau pun khusnul khatimah.

Baca Juga :   Alhamdulillah 'Ala Kulli Haal

Haw win ‘Ala ina Fisa kara til Maut yakni Kemudahan di dalam sakaratul maut. Arti nya kita memohon agar nanti saat mengalami sakaratul maut menjelang, kita pun di beri kan sebuah kemudahan di saat menghadapi nya. 

Wannajaata Minnannar (Dijauhkan dari api neraka), arti nya kita sengaja memohon supaya kita di hindar kan dari segala api neraka yang panas nya itu tidak dapat di perkira kan.

Wal Af wa ‘In dah Hi sab yakni Pengampunan di waktu hisab. Arti nya kita pun memohon untuk bisa memperoleh pengampunan saat waktu hisab, setidak nya juga mengurangi atas beban dosa kita, supaya masuk ke dalam Jannah (Surga-Nya) Allah Subhanahu wata’ala.

Demikianlah materi Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin Artinya? ini Quipper.co.id buat, semoga bermanfaat ya! Terima Kasih.

Baca Juga artikel terkait lainnya :