Kaifa Haluk Artinya

Posted on

Arti Kaifa Haluk?Lantas Bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut?Apa Arti Kifa haluk dalam bahasa arabnya?. Nah untuk menjawab apa yang menajdi pertanyaan tersebut yuk langsung kita simak aja berikut ini jawaban, percakapan dan penjelasannya.

Arti Kaifa Haluk?

Arti Kaifa Haluk?
Arti Kaifa Haluk?

Membahas mengenai materi pelajaran bahasa Arab yang biasannya dapat diperoleh dibangku sekolah yang berbasis agama Islam, misalnya seperti Tingkat (MI) Madrasah Ibtidaiyah, kemudian tingkat (MTS) Madrasah Tsanawiyah dan untuk tingkat SMAnya yakni (MA) Madrasal Aliyah, biasanya akan diajarkan berbagai jenis percakapan dengan menggunakan bahasa Arab.

Di awali dari kalimat ucapan ahlan wa sahlan yang mempunyai makna selamat datang, sampai dengan percakapan kaifa haluk?

Tak jarang biasanya kalimat kaifa haluk sudah cukup populer dan banyak digunakan oleh semua para guru-guru yang mengajar tentang pelajaran agama, Terutama dalam pelajaran bahasa Arab yang biasa digunakan untuk menyapa semua para muridnya.

Lantas apa sih arti dari kalimat ucapan kaifa haluk yang rasanya sangat umum kita dengar dan banyak diucapkan oleh sebagian kalangan muda mudi, dan apa saja sih kata dhomirnya atau kata gantinya? Nah di bawah ini terdapat ulasan lebih lengkapnya, yakni sebagai berikut.

Baca juga : Arti Tafadhol

Kaifa Haluk Artinya?

Kaifa Haluk Artinya?
Kaifa Haluk Artinya?

Arti Kaifa Haluk atau dalam penulisan bahasa Arabnya (كيف حالك) yang mempunyai makna”apa kabar? atau lebih idzharnya bagaimana kabarmu? (penggunaan bagi satu orang).

Kemudian penggunaan kata tersebut jika diucapkan kepada seorang wanita, maka ditambahkan dhomir atau kata ganti yakni “Kaifa Haluki” atau tulisan arabnya (كَيْفَ حَالُكِ) yang mempunyai makna”bagaimana kabarmu? (untuk perempuan)“.

Baca Juga :   Fii Hifzillah Artinya

Lantas bagaimana jika ucapan kaifa haluk ditujukan untuk kaum pria/ laki-laki, maka dalam hal ini akan diubah menjadi kata”Kaifa Haluka” atau bahasa arabnya (كَيْفَ حَالُكَ) yang mempunyai arti “bagaimana kabarmu? ( untuk laki-laki)“.

Kemudian penggunaan kalimat Kaifa Haluk yang ditujukan bagi orang banyak maka akan diubah menjadi “Kaifa Halukum” atau dalam bahasa arabnya (كَيْفَ حَالُكُمْ) yang mempunyai makna “bagaimana kabar kalian?“.

Dalam penggunaan kata kaifa haluk juga mempunyai dhomir (kata ganti) lainnya yang merujuk secara tidak langsung terhadap seseorang atau (dia), yakni Kaifa Haluhu atau arabnya (كَيْفَ حَالُهُ) yang mempunyai arti “Bagaimana kabarnya? (balaki-laki)” dan kemudian kata Kaifa Haluha(كَيْفَ حَالُهَا) yang mempunyai arti “Bagaimana kabarnya? (bagi perempuan)“.

Balasan Kaifa Haluk

Maka oleh sebab kata ucapan kaifa haluk ini merupakan sebuah pertanyaan? jadi bagi yang mendapatkan sebuah ucapan seperti ini maka, perlu menjawab atau membalasan atas pertanyaa tersebut?

Lantas apa sih jawaban atau balasan dari kaifa haluk? Kalian bisa menjawabnya dengan Bikhoirin, walhamdulillah atau arabnya (بخير والحمد لله) yang maknanya cukup baik, alhamdulillah.

Selain itu kalian juga dapat membalas pertanyaan tersebut dengan “Ana Bikhoirin atau (اَنَا بِخَيْرٍ)” yang maknanya saya baik-baik saja.

Kemudian apabila yang ditanyakan menggunakan kata Kaifa Halukum, maka kalian bisa membalasnya dengan “Nahnu Bikhoirin (نَحْنُ بِخَيْرٍ) yang maknanya kami baik.

Sedangkan apabila kalimat pertanyaan kaifa haluhu (bagi laki-laki), maka membalasnya dengan”Huwa Bikhoirin (هُوَ بِخَيْرٍ), dan apabila pertanyaannya kaifa haluaha (untuk perempuan), maka membalasnya “Hiya Bikhoirin (هِيَ بِخَيْرٍ)“.

Tabel Contoh Kalimat Kaifa Haluk dan Dhomirnya (Kata Ganti)

Nah bagi kalian yang masih bingung dengan nada atas setiap pertanyaan di atas, maka di bawah ini sedikit contoh agar bisa mempertegas mengani ulasan kalimat dalam bahasa arab mengenai kaifa haluk dengan diserti maknanya, simak berikut ini.

Baca Juga :   Arti Jazakumullah Khairan Katsiran
PertanyaanArtinyaKata GantiJawaban
كَيْفَ حَالُكَ؟ Apa kabar?” “Bagaimana kabarmu? كَيْفَ حَالُكَ، يَا اَحْمَدُ؟ اَنَا
بِخَيْرٍ Bagaimana kabarmu, wahai Ahmad? Saya baik”كَيْفَ حَالُكِ، يَا عَائِشَةُ
اَنَا بِخَيْرٍ Bagaimana kabarmu, wahai Fatimah? كَيْفَ حَالُكُمْ، يَا
تَلَامِيْذُ؟ نَحْنُ بِخَيْرٍ Bagaimana kabar kalian, semua murid? Kami baik”
كَيْفَ حَالُهُ؟ هُوَ بِخَيْرٍ Bagaimana kabarnya (untuk laki-laki)? Dia baik
كَيْفَ حَالُهَا؟ هِيَ بِخَيْرٍ Bagaimana kabarnya (untuk perempuan)? Dia baik”

Catatan:

Dlam hal ini harus kalian pahami mengenai sakal atau Harokat pada kalimat “Kaifa haluk” akan mempunyai nada yang berbeda-beda dan harus sesuai dengan subjek yang pertanyakan.

KataSubyekUntuk
“haluka” “anta” kamu laki-laki seorang
“haluki” “anti” kamu perempuan seorang
“haluhu” “huwa” dia laki-laki seorang
“haluha” “hiya” dia perempuan seorang
“halukum” “antum” kalian laki-laki jamak

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai Arti Kaifa Haluki. Baca juga Arti Fii Amanillah. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian.