Letak Nomor Ijazah

Posted on

Letak Nomor Ijazah – Hay Sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini akan kembali quipper.co.id sampaikan materi mengenai Letak Nomor Ijazah Secara Lengkap selain itu kalian juga dapat mengetahui tentang bagian bagian pada ijazah, cara mengecek nomor seri atau nomor ijazah, Tahun terbit dan berbagai Kode ijazah baik dalam dan luar negeri. Nah penasaran bukan.!! Baiklah kalian bisa simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Ijazah

Letak Nomor Ijazah
Letak Nomor Ijazah

Apa yang dimaksud dengan Ijazah ? yakni merupakan sebuah dokumen yang bersifat resmi yang telah dikeluarkan sebagai sebuah pengakuan dari suatu prestasi dalam masa belajar dan/atau merupakan bukti dari sebuah penyelesaian yang dikeluarkan dari suatu jenjang pendidikan setelah sesorang yang tersebut telah dianggap lulus dari satuan pendidikan.

Yang dimaksud dari satuan pendidikan dasar ialah misalnya seperti SD (Sekolah Dasar), SLDB (Sekolah Dasar Luar Biasa), MI (Madrasah Ibtidaiyah).

Kemudian Yang dimaksud dengan satuan pendidikan menengah ialah seperti SMP (Artinya ” Sekolah Menengah Pertama), SMPLB (Artinya ” Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa) kemudian MTS (Artinya” Madrasah Tsanawiyah).

Nah Sedangkan untuk satuan pendidikan yang biasa disebut dengan Menengah Atas ialah? seperti SMA (Artinya “Sekolah Menengah Atas), SMALB (Artinya ” Sekolah Menengah Atas Luar Bíasa), Lalu SMK (Artinya” Sekolah Menengah Kejuruan), SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama), PKBM (Yang artinya” Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat?, dan Sanggar Kegíatan Belajar SKB.

Kemudian Ijazah juga mempunyai sebuah format yang sangat resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat dan atau Pemerintah Daerah yang biasa dikenal dengan sebutan blangko ijazah.

Maka dengan keterangan format resmi yang mana disusun dengan berdasarkan ketetapan dari pemerintah yang terkait, sehingga antara satu daerah dengan daerah yang lainnya diantaranya mempunyai kemiripan atau kesamaan.

Tujuan dan Manfaat Ijazah

  • Guna memastikan apakah ijazah yang diperoleh telah sesuai dengan ketetapan yang berlaku.
  • Untuk melanjutkan pendidikan dari jenjang bawah menuju kejenajng berikutnya
  • Dapat dijadikan sebagai sebuah persayaratan untuk melamar suatu bidang pekerjaan baik sebagai cpns, pns atau sebagai karyawan swasta.

Jenis-jenis Ijazah Untuk SD-SMP-SMA dan SMK

  • Ijazah sekolah yang masih memakai Kurikulum 2006
  • Ijazah yang masi menggunakan kurikulum 2013
  • Ijazah yang ditujukan kepada SPK (Satuan pendidikan kerjasama)

Nah dalam hal ini dimana terdapat sebuah perbedaan dari tiap-tiap ijazah, bisanya perbedaan tersebut berada pada Daftar Nilai yang letaknya berada pada bagian halaman dari belakang tersebut dan juga pada kode blangko yang mana letaknya berada pada halaman muka blangko tersebut.

Baca Juga :   Kalimat Inversi

Contoh Untuk Kode Blangko

  • DN-01 Ma/13 0000001 : Kurikulum 2013
  • DN-01 Ma/06 0000001 : Kurikulum 2006

Contoh berikutnya

  • DN-01 Ma/SPK 0000001 : SPK

Pada Lembaran Ijazah/Belangko harus diisi dengan menggunakan tulisan tanganyang mana setiap huruf harus tertulis dengan benar, jelas, rapi dan bersih agar mudah dibaca.

Kemudian syarat dari penulisan harus menggunakan bolpoint dengan tinta yang berwarna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah untuk dihapus.

Selain itu dalam keadaan tertentu bisa juga diisi dengan menggunakan sebuah sistem komputer (dicetak)

Nah apabila anda mempunyai ijazah, jagalah dan pastikan pada ijazah anda tersebut tidak terdapat sebuah coretan, atau sebuah penebalan pada bagian hurufnya seperti tulisan yang ditimpa, atau dihapus dengan menggunakn (tipe-ex).

Letak Tahun Terbit Nomor Ijazah Bagian Ijazah SD SMP SMA Contoh Ijazah

Letak Nomor Ijazah
Letak Nomor Ijazah

Bagian isi yang harus tertera pada setiap lembaran ijazah, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Keterangan : Yang bertanda tangan, Selaku Kepala Sekolah (SD-SDLB-SMP-SMPLB-SMA-SMALB-MK dan juga SPK)

Keterangan : nama sekolah yang terkait yang mengeluarkan Ijazah harus disesuaikan dengan nomenklatur

2. Keterangan : Nomor Pokok Sekolah Nasional

Harus disesuaikan dengan sekolah yang mengeluarkan Ijazah tersebut.

3. Keterangan Wilayah : Kabupaten / Kota

Harus dengan disertai nama kabupaten/kota

4. Keterangan : Provinsi

Harus disertakan nama provinsi

5. Keterangan : Nama

Harus dicantumkan nama siswa yang menerima Ijazah dan penggunaan hurufnya harus memakai huruf (KAPITAL).

Dalam hal ini pada Nama yang tercantum di ijazah harus disesuaikan dengan sujumlah data diri siswa pribadi Seperti :

Akte Kelahiran atau sebuah Dokumen yang menerangkan tempat Kelahiran yang sah dengan disesuaikan atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau sebuah Ijazah yang sebel;umnya didapat dari satuan jenjang pendidikan yang ada dibawahnya

6. Tempat dan tanggal lahir

Dalam hal ini harus dicantumkan Tanggal lahir dan Juga tempat dari siswa yang memiliki Ijazah

Dalam hal ini juga harus sesuai dengan yang ada/tertera pada Akte Kelahiran/Sebuah Dokumen Kelahiran yang resmi dan disesuaikan dengan peraturan berdasarkan undang-undang yang berlaku atau keterangan dari Ijazah yang didapat sebelumnya dari satuan jenjang pendidikan yang ada dibawahnya

Contoh: Semarang, 12 September 1998

7. Keterangan : Nama orang tua / wali

Cantumkan nama orang tua/wali dari siswa yang memiliki Ijazah

8. Keterangan : Nomor Induk Siswa

Cantumkan nomor induk dari siswa yang memiliki Ijazah yang diperoleh atas sekolah yang terkait seperti halnya yang tertulis pada buku induk

9. Keterangan : Nomor Induk Siswa Nasional

Dalam hal ini harus diisi dengan nomor induk siswa nasional sebagai pemilik Ijazah.

Dalam mencantumkan Nomor induk siswa nasional yang mana tersusun dari 10 angka , dimana pada tiga angka dari barisan pertama mengenai keterangan tahun lahir dari pemilik Ijazah dan pada tujuh angka berikutnya atau yang terakhir mengenai nomor dari sanga pemilik Ijazah yang tertulis secara acak oleh sebuah sistem yang ada di Kemendikbud

Baca Juga :   Fungsi Trikoma

10. Keterangan : Nomor Peserta Ujian Sekolah

Pada bagian ini harus mencantumkan nomor dari tiap peserta yang sudah mengikuti Ujian Nasional yang tersusun dari 14 angka yang sudah disesuaikan dengan nomor yang merupakan identitas peserta yang sebelumnya telah mengikuti Ujian Nasional, dan juga sesuai dengan yang tercantum di dalam lembaran Sertifikat dari Hasil Ujian Nasional (SHUN).

Dimana dari 1 angka di dalamnya berisikan sebuah informasi mengenai tahapan pendidikan, lalu pada yang ke 2 selanjutnya berisikan tentang sebuah informasi mengenai tahun, kemudian pada 2 (dua) yang berikutnya berisikanmnegenai sebuah informasi atas kode provinsi,

2 (dua) digit berisi informasi kode Kabupaten/Kota, 3 (tiga) digit berisi informasi kode sekolah,

Kemudian 3 (tiga) angka diantaranya berisikan mengenai sebuah informasi dari kode urut peserta, dan 1 (satu) angka berisikan tentang informasi validasi.

Nah dalam hal ini Khusus Untuk Ijazah SD dan SDLB, pada angka dari nomor para peserta yang mengikuti ujian harus diisi dengan nomor dari peserta yang mengikuti ujian sekolah.

Contoh:

SD 1-16-04-04-175-002-7
SMP 2-16-01-04-294-193-6
SMA 3-16-02-21-428-215-2
SMK 4-16-02-21-428-215-2

11 Keterangan : Penyelenggara diadakannya Ujian Sekolah

Letak Tahun Terbit Nomor Ijazah

12. Keterangan : Tanggal, Tempat, Tahun Diterbitkannya ijazah

Keterangan pada nama Kabupaten/Kota yang merupakan sebagai tempat ijazah tersebut diterbitkan, Kemudian dengan disertai tanggal cukup menggunakan (2 digit)

Kemudian cantumakn juga bulan yang metode penulisannya harus dengan memakai huruf (dalam hal ini tidak boleh disingkat) dan harus disesuaikan dengan tanggal pada saat diumumkannya kelulusan dari satuan pendidikan.

Contoh: Bangka Belitung, 06 Juni 2018

13. Keterangan : Nama dari Kepala Sekolah dan juga No. NIP

Nah dalam hal ini khususnya untuk Kepala Sekolah yang menyandang sebagai pegawai negeri sipil maka harus dengan berisikan Nomor Induk kepegawaian (NIP), kemudian bagi Kepala Sekolah yang bukan menyandang sebagai pegawai negeri sipil harus berisikan dengan cukup hanay simbol satu buah strip (-).

Kemudian stempel dari satuan pendidikan sangat diperlukan harus dari keterangan stempel sekolah yang berkaitan yang mengeluarkan Ijazah tersebut deng disesuaikan nomenklatur.

14. Lampirkan : Pas foto

Melampirkan Pasfoto dari peserta didik yang update dengan berukuran 3 cm x 4 cm da untuk warna hitam putih atau bisa juga dengan yang berwarna, dengan disertakan cap dari tiga jari sebelah tengah dari tangan kiri dari pemilik Ijazah serta dengan dibubuhi stempel yang sebagian menyentuh pasfoto

15. Keterangan : Letak Nomor Ijazah

Dalam hal ini menggunakan sebuah sistem yang merupakan sebuah kode dari pemilik Ijazah yang meliputi kode tempat dikeluarkannya Ijazah tersebut (seperti misalnya dalam negeri – DN , sedangkan luar negeri –LN dan juga kode provinsi), lalu kode jenjang pendidikan, kemudian kode jenis satuan pendidikan, serta keterangan dari setiap nomor seri yang merupakan milik dari yang berhak atas Ijazah tersebut.

Baca Juga :   Norma Hukum

Kemudian pada keterangan dari sistem pengkodean Ijazah Pendidikan Kesetaraan (seperti misalnya Program Paket A, Paket B, dan juga Paket C) berikut ini penjelasannya:

1) kode Penerbitan Dalam Negeri (DN) Dari Tiap provinsi

  • DN-01 = DKI Jakarta
  • DN-02 = Jawa Barat
  • DN-03 = Jawa Tengah
  • DN-04 = DI Yogyakarta
  • DN-05 = Jawa Timur
  • DN-06 = Aceh
  • DN-07 = Sumatera Utara
  • DN-08 = Sumatera Barat
  • DN-09 = Riau
  • DN-10 = Jambi
  • DN-11 = Sumatera Selatan
  • DN-12 = Lampung
  • DN-13 = Kalimantan Barat
  • DN-14 = Kalimantan Tengah
  • DN-15 = Kalimantan Selatan
  • DN-16 = Kalimantan Timur
  • DN-17 = Sulawesi Utara
  • DN-18 = Sulawesi Tengah
  • DN-19 = Sulawesi Selatan
  • DN-20 = SulawesiTenggara
  • DN-21 = Maluku
  • DN-22 = Bali
  • DN-23 = Nusa Tenggara Barat
  • DN-24 = Nusa Tenggara Timur
  • DN-25 = Papua
  • DN-26 = Bengkulu
  • DN-27 = Maluku Utara
  • DN-28 = Bangka Belitung
  • DN-29 = Gorontalo
  • DN-30 = Banten
  • DN-31 = Kepulauan Riau
  • DN-32 = Sulawesi Barat
  • DN-33 = Papua Barat
  • DN-34 = Kalimantan Utara

2) Kode Penerbitan Luar Negeri (LN) dan Pendidikan yang Setaranya

  • LN-01 = Program Paket Singapura
  • LN-02 = Program Paket Malaysia (Kuala Lumpur, Kinabalu, Kuching)
  • LN-03 = Program Paket Hongkong (Hongkong, Makau)
  • LN-04 = Program Paket Arab Saudi (Riyadh)
  • LN-05 = Program Paket Taiwan
  • 3) Kode jenjang pendidikan meliputi:
  • D = Pendidikan Dasar (Paket A dan Paket B)
  • M = Pendidikan Menengah (Paket C dan Paket C Kejuruan)
  • 4) Kode Satuan Pendidikan Non formal, meliputi:
  • PA = Pendidikan Kesetaraan Paket A
  • PB = Pendidikan Kesetaraan Paket B
  • PC = Pendidikan Kesetaraan Paket C dan Paket C Kejuruan.

Pada Nomor seri dari pemilik Ijazah tersusun dari tujuh angka diawali dari 0000001 hingga 9999999 untuk masing-masing provinsi.

Apa yang dimaksud dengan Ijazah ?

yakni merupakan sebuah dokumen yang bersifat resmi yang telah dikeluarkan sebagai sebuah pengakuan dari suatu prestasi dalam masa belajar dan/atau merupakan bukti dari sebuah penyelesaian yang dikeluarkan dari suatu jenjang pendidikan setelah sesorang yang tersebut telah dianggap lulus dari satuan pendidikan.

Dimanakah Letak Nomor Ijazah Smp?

Untuk Nomor Ijazahnya terletak di sebalah kanan bagian atas ijazah. dan format untuk menulis sebuah formulir, harus dengan format yang lengkap.
Contoh DN-05 Dl 00149**
DN-05 merupakan sebuah kode dikeluarkan ijazah tersebut.
DN = Kode Dalam Negeri
DN-05 = Kode untuk Provinsi Jawa Timur
DI Merupakan kode dari jenis satuan pendidikan
DI = Kode SMP
Kemudian pada digit angka 00149** merupakan sebuah nomor seri dari pemilik ijazah yang mana tersusun atas tujuh digit angka,

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai letak nomor ijazah, semoga ulasa ini dapat membantu.

Baca Juga :