Energi Potensial

Posted on

Energi Potensial – Hay sahabat semua.!Pada perjumpaan kali ini kembali akan kami sampaikan materi tentang Energi Potensial – Pengertian, Rumus, Jenis, dan Contoh Soal. Namun pada perjumpaan sebelumnya kami juga telah menyampaikan amteri tentang Energi Kinetik Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini maka, yuk kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Energi Potensial

Energi Potensial
Energi Potensial

Apa yang dimaksud dengan energi potensial ? yakni merupakan suatu energi yang terdapat pada suatu benda yang diam, dan dapat berpotensi menghasilkan suatu energi disebabkan oleh posisi benda tersebut.

Selain itu definisi energi potensiial juga bisa diartikan sebagai sebuah energi yang dimiliki terhadap sebuah benda dalam kondisi diam.

Kemudian Energi potensIial bisa juga disebut dengan energi diam, apabila pada sebuah benda dalam kondisi diam dan memupunyai posisi tertentu yang dinilai dapat berpotensi menghasilkan suatu energi apabila benda tersebut bergerak, maka terjadilah suatu perubahan energi yang berasal dari energi potensiIal berubah menjadi energi kinetik.

Contoh Energi potensial di Kehidupan Sehari-Hari

Di bawah ini terdapat sejumlah contoh dari energi potensIial yang terjadi pada suatu benda yang ada di dalam kehidupan sehari-hari, yakni berikut ini ulasannya :

  • Pada suatu Oven dalam kondisi yang belum di aliri listrik. Yang mana Oven tersebut memupunyai energi potensial sehingga nantinya akan menghasilkan panas apabila sudah teraliri oleh listrik.
  • Kemudian pada sebuah Setrika yang masih belum di aliri listrik. Yang mana pada setrika tersebut mempunyai energi potensial sehingga akan menghasilkan energi panas apabila sudah dialiri oleh listrik.
  • Kemudian pada sebuah Tabung gas yang sudah berisi, yang mana apabila di hubungkan ke kompor gas dan selanjutnya di aktifkan maka energi potensialnya akan mengalami suatu perubahan dan akan menjadi energi panas.
  • Kemudian pada Karet pegas yang apabila belum di tarik, sebab apabila ditarik maka ia akan menjadi energi elastis.
  • Pada sebuah Busur panah dan anak panah mempunyai energi potensial pegas apabila digunakan.
  • Kemudian pada sebuah Bola lampu yang masih belum di aliri listrik, apabila sudah di aliri listik maka akan pada bohlam tersebut akan menghasilkan enegi cahaya.
  • pada Televisi yang yang apabila belum di aliri listrik.
  • Kemudian pada sebuah Batu baterai yang masih belum di pakai.
Energi Potensial
Energi Potensial

Rumus Energi Potensial

Di bawah ini terdapat rumus energi potensIial yang dapat kalian gunakan, yakni sebagai berikut :

Baca Juga :   Manfaat Tembaga Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ep = m . g . h

Penjelasan:

  • Ep = energi potensiial [Joule]
  • m = massa [kg].
  • g = percepatan gravitasi [m/s2].
  • h = ketinggian terhadap titik acuan [m].

Contoh Soal Energi Potensial

Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal latihan energi potensiial, dengan disertai pembahasannya yang bisa kalian jadikan sebagai acuan dalam mengerjakan berbagai persoalan yang ada, simak ulasannya sebagai berikut ini:

a. Soal Pertama
Pada sebuah batu memiliki massa 10 kg yang terdapat di atas tebing dengan ketinggian sekitar 15 meter. Lantas Berapakah energi potensial yang dimiliki terhadap batu tersebut apabila percepatan pada gaya gravitasi buminya = 10 m/s2  ?
Pembahasan:
Jika Diketahui m = 10 kg , h = 15 m , dan g = 10 m/s2
Maka yang Ditanyakan Ep= ?
Jawaban:
Ep = m . g . h
Ep = 10 . 15 . 10
Ep = 1500 Joule
Maka energi potensiial yang dimiliki pada batu itu ialah 1500 Joule.
b. Soal Kedua
Jika telah diketahui pada sebuah batu memiliki energi potensiial kemudian batu tersebut berada diketinggian 10 meter sebesar 2000 joule, apabila telah diketahui percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, lantas berapa massa pada batu tersebut ?
Pembahasan:
Jika sudah diketahui Ep = 2000 Joule, h = 10 meter, dan g=10 m/s2.
Maka yang Ditanyakan m = ?
Jawaban:
Ep = m . g . h
2000 = m . 10 . 10
2000 = m . 100
m = 2000/50
m = 20 Kg
Maka massa pada batu itu ialah sekitar 20 Kg.
c. Soal Ketiga
Jikan pada sebuah batu mempunyai massa sekitar 12 kg kemudian diketahui mempunyai energi potensal 2000 joule yang terdapat pada ketinggian tertentu, apabila percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, maka berapa ketinggian pada benda tersebut dari permukaan bumi?
Pembahasan:
Jika telah diketahui Ep = 2000 Joule, m = 12 Kg, dan g = 10 m/s2
Maka yang ditanyakan h =?
Jawaban:
Ep = m . g . h
2000 = 12 . 10 . h
2000 = 120 . h
h = 2000/120
h = 16.6 meter
Maka ketinggian pada batu itu dari permukaan bumi ialah sekitar 16.6 meter

Kesimpulan Pembahasan

Dengan berdasarkan uraian di atas maka bisa kita simpulkan bahwa definisi energi potensial ialah merupakan sebuah energi yang terdapat pada suatu benda yang diam, dan dianggap dapat berpotensi menghasilkan sebuah energi oleh sebab posisi dari pada benda tersebut. Maka gaya gravitasi bumi bisa mempengaruhi energi potensial pada suatu benda.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai materi energi potensial, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga :