Kapilaritas

Posted on

Kapilaritas – Hay sahabat sekalian.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi tentang Kapilaritas – Pengertian, Rumus, Faktor, Manfaat dan Contoh Peristiwa. Namun diperjumpaan sebelumnya qupper.co.id juga telah menyampaikan materi tentang Dimensi Momentum. Nah untuk melengkapi isi dari materi makalah kapilaritas kali ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kapilaritas

Kapilaritas
Kapilaritas

Apa yang dimaksud dengan kapilaritas atau disebut dengan Gaya kapiler ? yakni merupakan suatu fase meresapnya zat cair dengan melalui celah yang sempit atau sebuah pipa rambut.

Dimana pada gejala ini diakibatkan oleh adanya suatu gaya adhesi atau kohesi yang terjadi diantara zat cair dengan dinding celah tersebut.

Pengertian kapilaritas ialah merupakan suatu gejala naik dan turunnya permukaan zat cair yang terjadi di dalam pipa yang sempit atau pipa disebut dengan kapiler.

Contoh adanya suatu gaya kapiler atau disebut dengan kapilaritas ialah seperti yang terjadi pada kompor minyak tanah. Dimana apabila kalian perhatikan sumbu kompor akan menyerap minyak sehingga minyak tersebut akan naik sehingga akhirnya kompor pun dapat nyalakan.

Kapilaritas
Kapilaritas

Contoh selanjutnya ialah proses naiknya air yang terjadi di dalam tanah yang dialirkan dari akar hingga menuju ke bagian daun sehingga dengan proses tersebut terjadilah sebuah peristiwa fotosintesis.

Kemudian pada sebuah pipa kapiler kaca jika dicelupkan ke dalam tabun yang yang didalamnya berisi air maka akan kita jumpai dimana air tersebut dapat naik ke dalam pembuluh kaca pipa kapiler.

Begitupun sebaliknya jika pada pembuluh pipa kapiler tersebut dicelupkan ke dalam tabung yang di dalamnya berisi air raksa maka kita juga akan menjumpai, bahwa air raksa yang terdapat di dalam pembuluh kaca pipa kapiler tersebut permukaannya akan mengalami menjadi lebih rendah daripada permukaan raksa yang ada di dalam tabung.

Baca Juga :   Gelombang Stasioner

Maka kapilaritasnya akan sangat bergantung pada kohesi dan juga adhesi. Seperti gambaran proses yang telah quipper.co.id sajikan di bawah ini :

Kapilaritas
Kapilaritas

Adanya Gejala kapilaritas dari zat cair akan disampaikan secara jelas seperti keterangan sebagai berikut ini :

Air

Apabila sebuah pipa kapiler diisi dengan air maka pada permukaannya akan menjadi naik, sebab terdapat sebuah gaya tarik menarik yang terjadi diantara sejumlah partikel dinding pipa dengan partikel air yang lebih besar dibandingkan dengan gaya tarik menarik diantara partikel air tersebut. Dengan istilah lain adhesinya akan menjadi lebih kuat daripada kohesi.

Raksa

Jika pada sebuah pipa kapiler diisi dengan raksa maka pada permukaannya akan menjadi menurun, sebab terjadi sebuah gaya tarik menarik antara sejumlah partikel raksa yang lebih kuat daripada gaya tarik menarik yang ada diantara partikel dinding dengan partikel raksa.

Dengan istilah lain kohesi akan menjadi semakin lebih kuat daripada adhesi.

Namun besar atau kecilnya kapilaritas dapat ditentukan oleh lebar atau sempitnya pipa dan adanya adhesi serta kohesi.

Selanjutnya hal ini dapat kita ilustrasikan jika kalian pernah melihat bagaimana bekas bercak atau noda, yang disebabkan oleh air pada sebuah kertas koran?

Dimana apabila kalian perhatikan pada bekas tetesan air tersebut membentuk suatu bulatan namun setelah air tersebut jatuh dan hinggap di permukaan koran maka bercak tersebut akan melebar dan akan membentuk lonjong. Kenapa demikian?

Sebab arah serat yang ada pada koran akan membentuk pipa kapiler sehingga air yang jatuh dipermukaan koran tersebut akan langsung terserap oleh pipa kapiler tersebut.

Jika kalian perhatikan kembali dengan seksama yang ternyata pada bagian koran yang ada tulisannya akan sedikit menghambat jalannya atau perambatan air, sebab daya serapnya sudah dipakai untuk menyerap tinta tersebut.

Rumus Kapilaritas

Keterangan :

  • h = Merupakan Kenaikan dan penurunan pada permukaan fluida yang ada di dalam pipa kapiler (m)
  • γ = Merupakan Tegangan permukaan zat cair (N/m)
  • θ = Merupakan Sudut kontak (derajat)
  • ρ = Merupakan Massa jenis zat cair (kg/m3)
  • g = Merupakan Percepatan gravitasi (m/s2)
  • r = Merupakan Jari-jari pipa kapiler (m)

Manfaat dan Kerugian Kapaliritas

1. Pada Manusia

Dimana Hemoglobin akan menerima suatu oksigen yang diperoleh dari paru paru & kemudian akan keluarkan kembali ketika sel darah merah (eritrosit) mulai melalui pembuluh kapiler.

2. Pada Hewan Ikan

Dimana pada suatu Filamen yang ada di dalam pembuluh darah insang yang mengandung pembuluh kapiler untuk membantu dalam memudahkan suatu tahapan dalam pertukaran oksigen dan karbondioksida.

3. Pada Tumbuhan

Dimana Kapiler merupakan sebuah unsur dari rambut akar dan batang tumbuhan yang berlangsung sehingga air dan zat hara dari dalam tanah akan menadi naik dan langsung menuju kebagian batang, kemudian ke dahan, dan ranting tumbuhan.

Kerugian Kapilaritas

  • Akan membuat dinding rumah mengalami keretakanyang disebabkan oleh pori pori dinding yang menyerap air dalam tanah
  • Membuat Lumut yang melekat/menempel pada bagian dinding
  • Membuat Cat pada yang melapisi dinding rumah akan menjadi rusak yang disebabkan oleh adanya air yang diserap oleh dinding

Contoh Kapilaritas Di Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diera sekarang ini mulai terus meningkat perkembangan teknologi yang berdasarkan dengan gaya adhesi atau kohesi.

Dimana sejumlah tekstil kain tiruan akan dapat menghasilkan kain yang kohesif pada debu. Maka membuat pakaian tersebut tidak akan mudah kotor.

Namun disamping itu banyak juga dijumpai bahan adhesif yang multofungsi, seperti misalnya lem alteco dan sejenisnya yang bisa digunakan untuk segal keperluan.

Kemudian luka bekas operasi di zaman sekarang pun tidak lagi harus dijahit, sebab cukup dengan cara dilem dengan lem yang bersifat khusus yang bersifat adhesif dengan jaringan kulit dan juga otot.

Baca Juga :   Manfaat Tembaga Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Di bawah ini terdapat beberapa contoh gejala kapilaritas yang berkaitan dengan peristiwa alam yakni:

  • Berlangsungnya sebuah peristiwa naiknya air dari ujung akar ke daun yang berlangsung pada tumbuhan, sehingga dengan peristiwa tersebut terjadilah sebuah proses fotosintesis.
  • Berlnagsungnya sebuah peristiwa naiknya minyak tanah yang terjadi pada sumbu kompor sehingga membuat kompor dapat menyala.
  • Berlangsungnya sebuah peristiwa naiknya minyak tanah yang terjadi pada sumber lampu tempel sehingga membuat lampu dapat menyala.
  • Berlangsungnya sebuah peristiwa basahnya dinding tembok rumah di pada dalam ketika hujan. Yang diakibatkan tembok bagian luar terkena percikan air hujan sehingga mengalami penyerapan dan membasahi seluruh bagian tembok yang di dalam.
  • Berlangsungnya sebuah peristiwa dimana pada Air yang menggenang dapat diserap dengan menggunakan kain pel atau bahan spons dan kertas isap.
Apa Yang Dimkasud Dengan Kapilaritas?

Pengertian kapilaritas ialah merupakan suatu gejala naik dan turunnya permukaan zat cair yang terjadi di dalam pipa yang sempit atau pipa disebut dengan kapiler.

Sebutkan Contoh Terjadinya Peristiwa Kapilaritas Dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Contoh adanya suatu gaya kapiler atau disebut dengan kapilaritas ialah seperti yang terjadi pada kompor minyak tanah. Dimana apabila kalian perhatikan sumbu kompor akan menyerap minyak sehingga minyak tersebut akan naik sehingga akhirnya kompor pun dapat dinyalakan.

Apa Manfaatnya Kapilaritas PadaTumbuhan?

Dimana Kapiler merupakan sebuah unsur dari rambut akar dan batang tumbuhan yang berlangsung sehingga air dan zat hara dari dalam tanah akan menadi naik dan langsung menuju kebagian batang, kemudian ke dahan, dan ranting tumbuhan.
Artinya Dengan Proses kapilaritas dimana air akan naik melalui akar hingga, menuju ke bagian daun..Maka dengan adanya peristiwa ini tumbuhan bisa mengalami fotosintesis.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan kali ini mengenai kapilaritas, semoga serangkaian ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian.