Fibonacci

Posted on

Fibonacci – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan pembahasan materi makalah tentang fibonacci. Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Kalimat Baku dan Tidak Baku. Nah untuk melengkapi apa yang menjadi pembahasan kita kali ini maka, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Fibonacci

Fibonacci
Fibonacci

Rasio fibonacci pertama kali ditemukan oleh salah satu ahli matematika pada abad pertengahan yang berasal dari kota PisaItalia yang mempunyai nama Leonardo Fibonacci.

Leonard pertama kali memperkenalkan deret angka 0,1,2,3,5,8,13,21,34,55,89, … dan lainnya, yang ada dalam rasio nya terdapat proporsi bentuk-bentuk pada alam.

Selanjutnya, dari deret di temukan rasio yang sering ditemui pada setiap bentuk benda yang ada di dalam alam ini, yaitu rasio 1 : 1 . 6 1 8 atau 0 . 6 1 8 : 1 yang sangat dikenal dengan sebutan Golden Ratio.

Cara Penggunaan Fibonacci Di Trading

Berdasarkan rasio yang telah di sebutkan pada materi di atas, banyak trader yang kemudian mulai mencoba pakai rasio fibonaccii ini sebagai alat ukur untuk bisa mendapatkan area-area yang mudah untuk bisa di jadikan acuan untuk mendapatkan posisi yang “ Berpotensi Menghasilkan Banyak Keuntungan ”.

Kamu tidak usah perlu menjadi orang matematika agar bisa pandai menghitung rasio fibonaccii dalam disetiap transaksi trading yang akan kamu lakukan karena dalam platform trading FOREXIMF sudah menyiapkan tools yang akan mempermudahkan kamu dalam mengaplikasikan rasio fibonaccii dengan instan, tanpa menggunakan rumus!

Nama tool nya ialah Fibonaccii Retracement. Menggunakan tool ini, kamu dengan mudah nya akan bisa menentukan kisaran area yang potensial sebagai support dan resistance.

Baca Juga :   Lari Gawang

Fibonacci retracement dapat di gunakan dengan sangat baik pada dalam keadaan pasar saat dalam keadaan yang trending, baik itu saat downtrend  ataupun uptrend.

Baca Juga :   Arti Mimpi Dikasih Cincin

Maka, area referensi dapat digunakan untuk mencari sinyal sell yang sebenarnya ialah area resistance.

Dengan begitu, area referensi dalam mencari sinyal buy sebenarnya ialah area support.

Penggunaan cara nya mirip dengan bounce trading. Kamu harus menunggu pullback hingga memasuki ke area referensi dan mencari apakah ada konfirmasi sinyal buy atau sell di dalamnya.

Namun karena kamu belum mengetahui sinyal buy ataupun sell, untuk sementara kamu harus menggunakan fibonacci retracement terlebih dahulu.

Ketika sudah ada pergerakan harga tertahan di area referensi tersebut, maka kamu harus bisa mencoba untuk melakukan sell atau buy.

Strategi Sell Menggunakan Fibonacci

Strategi itu ialah merupakan kebalikan dari strategi buy. Kalau strategi buy dapat di lakukan pada saat uptrend, maka strategi sell ini dapat di laksanakan pada saat downtrend.

Di bawah ini adalah contoh grafik pergerakan EUR atau USD.

Fibonacci
Fibonacci
Fibonacci
Fibonacci

Pada saat kamu menunggu yang terjadi pullback ke area referensi sell yang ada di dalam kisaran antara 1.37461(38.2%) hingga 1.38995(61.8%).Kemudian ditengah ada di dalam level 50 .0 % berada pada level 1. 38228.

Ketiga level di atas merupakan level resistance, dan area referensi kamu sebenarnya adalah area resistance.

Fibonacci
Fibonacci

Kemudian, sekarang pullback telah berhasil terjadi dan kamu akan dapat mengetahui apabila harga telah masuk ke dalam area referensi.

Dapat dilihat apabila harga tidak mampu menembus ke dalam level 1.3 8 9 9 5 (61.8%), bahkan ketika malah turun dan tembus ke bawah 1.38228 (50.0%).

Inilah petanda bahwa sinyal kamu boleh melakukan sell dengan target di level 1.34980(0.0%).

Jangan lupa, antisipasi nya pada dalam di exit point (1) atau (2), seandainya ternyata perkiraan kamu salah.

Baca Juga :   Arti Mimpi Melihat Padi Di Sawah

Sekarang, bisa kita lihat apa yang akan terjadi selanjutnya!

Fibonacci
Fibonacci

Dalam menggunakan fibonacci retracement, kebanyakan trader akan melakukan kesalahan pada saat dalam memakai swing low dan swing high.

Maka, harus diperlukan pengamatan yang lebih jeli dan latihan yang cukup untuk mengasah ketajaman kamu dalam mempelajari swing high dan swing low.

Nah demikianlah pembahasan materi makalah kali ini tentang fibonacci. semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman semua.

Baca Juga :