Olahraga Dayung

Posted on

Olahraga Dayung – Hallo sahabat semua! Pada perjumpaan kali ini quipper.co.id akan menyampaikan pembahasan materi makalah tentang olahraga dayung. Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Teknik Bola Tangan. Yuk langsung kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Olahraga Dayung

Olahraga Dayung
Olahraga Dayung

Mendayung merupakan olahraga yang menggunakan dayung dan perahu yang berjalan tepat di atas sungai, danau atau laut, sehingga dayung juga memiliki beberapa jenis kayuhan untuk olahraga ini.

Konsep mendayung juga seperti bergerak maju atau mundur untuk mengubah perahu ke kanan dan kiri, itu pasti akan menghabiskan banyak energi untuk mencapai tujuan garis akhir.

Jadi, dayung adalah salah satu tes ketahanan tubuh yang diselesaikan pada kecepatan hingga 10 m atau dapat juga berupa hitungan menit yang mencakup jarak 1000 m untuk mencapai garis finish.

Sejarah Olahraga Dayung

Walaupun jenis perahu sampan ini sudah populer sejak dahulu kala, karena pada zaman dahulu banyak orang menggunakannya, tetapi sebagai jenis olahraga, dayung masih tergolong baru.

Pada tahun 1880 – an, dalam buka bertajuk Canoe dan pembuatan perahu untuk Para Amatir oleh W.P Stephens, sampan didefinisikan sebagai perahu panjang, tetapi dengan proporsi yang sempit.

Di kedua ujung kapal, ujungnya runcing dan dayung di telapak tangan digunakan untuk memindahkannya dengan awak perahu, semua peserta menghadap ke depan.

Karena pengembangan kano yang telah dibilang sangat pesat, kejuaraan kano sudah mulai diadakan di beberapa negara, tetapi ini adalah olahraga dayung tradisional.

Baca Juga :   Arti Mimpi Bantal

Ini adalah awal dari penciptaan olahraga dayung, yang kemudian menjadi lebih luas dan diminati oleh banyak orang.

Bahkan sekarang, ada balap dayung di hampir semua perairan, menunjukkan bahwa olahraga air adalah yang paling populer.

Teknik Olahraga Dayung

Dalam olahraga tim air ini, yang digunakan adalah perahu, jelas bahwa jenis dan modelnya telah ditentukan dan atlet dayung sendiri perlu memiliki keterampilan teknis yang baik dikombinasikan dengan kapasitas fisik yang baik untuk berprestasi dalam olahraga ini.

Berikut ini beberapa poin penting terkait teknik dayung sebagai olahraga ialah :

1. Dayung Maju

Pemula perlu tahu bahwa dalam olahraga ini, ada teknik yang disebut dayung maju, di mana gerakan kayuhan dari depan yang bisa kita tarik mundur ke belakang.

Saat melakukan ini, pastikan untuk mendayung beralur lurus pada bagian pinggir lambung perahu.

Jelas, ketika melakukan ini, ada komando khusus yang dapat diikuti, yang tujuan utamanya adalah untuk membuat laju perahu bisa kearah depan.

2. Dayung Mundur

Selain dayung maju, ada juga teknik dayung mundur, di mana kayuhan digerakkan, yaitu dari belakang, lalu ditarik ke depan.

Pastikan bahwa ketika melakukan teknik mendayung ini, dayung juga berjalan lurus dalam bagian pinggir lambung perahu.

Pergerakan dalam teknik ini juga ditentukan oleh komando, sehingga kecepatan kapal benar – benar dapat pergi ke belakang dengan sempurna.

3. Dayung Geser Kanan

Dalam teknik mendayung ini, gerakan kayuhan akan dibagi menjadi 2 tim. Di tim pertama, para pendayung harus duduk di sebelah kiri dan kayuhan dibuat dari luar, mengarah ke bagian dalam lambung kapal, yang harus berada di arah 90 derajat.

Sementara itu, tim kedua dari setiap pendayung ada di sisi kanan dan kayuhan dilakukan dari dalam ke luar ke arah 90 derajat. Tujuan dari teknik ini jelas, agar perahu bisa berbelok ke kanan.

4. Dayung Geser Kiri

Untuk teknik ini, gerakan kayuhan sama dengan teknik dayung geser kanan, di mana pendayung dibagi menjadi 2 tim yang duduk di kanan dan kiri.

Pada pendayung yang duduk di sebelah kanan, ia mendayung dari luar ke arah 90 derajat, sedangkan pendayung di sisi kiri mendayung dari dalam keluar ke arah 90 derajat.

Baca Juga :   Arti Mimpi Menjadi Guru

Tujuan dari teknik gerakan ini adalah agar perahu berputar atau bergeser ke kiri.

5. Dayung Kanan Mundur

Ada juga teknik di mana kayuhan dapat disesuaikan ke kanan dan belakang, dan sekali lagi dalam teknik ini, ada 2 tim.

Tim pertama berada di sisi kanan, tempat kayuhan dayung dilakukan dengan mundur, sementara tim kedua ada di sisi kiri, sambil mendayung ke depan.

6. Dayung Kiri Mundur

Jangan lewatkan dayung kiri di belakang anda juga perlu dikenal dan dilatih oleh pendayung pemula.

Ada 2 tim lagi di sebuah kapal, di mana tim pertama di sebelah kiri, yang bertugas mendayung mundur, tim kedua ada di sisi kanan dan tugas mengayuh ke depan.

7. Berhenti

Tentu saja, perahu tidak akan terus mendayung dan akan ada waktu bagi perahu atau dayung untuk berhenti.

Penting bahwa pendayung pemula memperhatikan hal ini agar mampu membuat gerakan di kapal yang kompak.

Ketika perahu melaju dengan cepat, komando stop akan diberikan dan pendayung dapat berhenti mengayuh.

Ketika sebuah tim dayung memegang dayung pada posisi berhenti, pendayung perlu memegangnya dan kemudian meletakkannya langsung di atas paha, yang dimiringkan ke belakang ke arah 45 derajat.

Tujuan dari gerakan ini adalah untuk menghindari kemungkinan kecelakaan di kapal, yaitu ketika sirip dayung yang berada di luar memukul benda – benda keras.

Dengan begitu, penanganan di atas kapal dapat dicegah untuk mencapai pendayung lain yang duduk di sebelah pemegang dayung.

Manfaat Olahraga Dayung

  • Menjaga kesehatan tubuh.
  • Menurunkan berat badan.
  • Membantu membakar lemak jahat di tubuh.
  • Meringankan penyakit stres.
  • Membantu mendidik otak.

Peraturan Olahraga Dayung Pada Olimpiade

Setelah memeriksa teknik mana yang harus diketahui oleh pendayung pemula, sehingga teknik dasar dapat diketahui dan dipahami dengan benar, jelas bahwa aturan olahraga juga penting untuk diperhatikan.

Kali ini, diskusi akan membahas aturan dayung, terutama di Olimpiade ialah :

  • Perahu dayung berjarak 2000 meter.
  • Ada 2 cara mendayung, yaitu menggunakan 1 dayung yang dilakukan dengan kedua tangan (sweep) dan juga menggunakan 2 dayung (scull).
  • Di semua kapal, ada bola karet yang digunakan untuk mendayung dengan diameter 4 cm, yang bertujuan untuk meminimalkan kerusakan jika terjadi tabrakan.
  • Perahu quadruple scull memiliki panjang 13,4 m dan berat 52 kg.
  • Perahu double scull memiliki panjang 10,4 m dan berat 27 kg.
  • Perahu single scull memiliki panjang 8,2 m dan berat 14 kg.
  • 2,92 m adalah panjang dayung di setiap kategori scull, sementara 3,78 m adalah panjang dayung untuk setiap kategori sweep.
  • Pemenangnya adalah tim perahu yang mencapai / melintasi garis finish paling cepat.
Baca Juga :   Arti Tafadhol

Dalam mendayung, setiap tim harus memiliki kapten dan awak perahu untuk melakukan apa yang diperintahkan kapten.

Oleh karena itu, dalam olahraga ini juga memprioritaskan kerja sama, kekompakkan dan kesepakatan yang baik yang disepakati bersama oleh tim.

Berikut ini adalah perintah singkat yang biasanya disampaikandengan jelas oleh kapten :

  • Kuat
    • Awak kapal bisa mendayung lebih keras.
  • Maju
    • Awak kapal bisa mendayung maju untuk maju.
  • Belok kiri
    • Awak kapal di sebelah kiri harus mendayung balik.
  • Sementara awak kapal di sebelah kanan harus mendayung ke depan.
  • Belok kanan
    • Awak kapal di sebelah kanan harus mundur, sedangkan awak kapal di sebelah kiri harus mendayung ke depan.
  • Mendayung balik
    • Semua kru di kapal harus mendayung balik bersama.
  • Tarik kiri
    • Awak di sisi kiri dayung, sedangkan di sisi kanan dayung menyamping.
  • Tarik ke kanan
    • Awak di sisi kanan dayung, sementara yang di dayung sisi kiri menyamping.

Mendayung membutuhkan kekuatan fisik yang baik bagi peserta untuk menciptakan gaya atau gerakan yang sempurna selama mendayung.

Karena kurangnya fasilitas, seperti perahu itu sendiri dan dayung, Maka dari itu di indonesia ini tidak ada banyak peminatnya.

Demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu rekan – rekan semua ya! Terimakasih sudah membaca pembahasan materi makalah tentang olahraga dayung. Maaf jika masih ada kekurangan dalam penulisan ini ya sahabat.

Baca juga :