Ma Fi Qalbi Ghairullah

Posted on

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah – Ma Fi Qalbi Ghairullah (Dalam bahasa arab مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله) Artinya Apa? Lantas dalam situasi seperti Apa kata ini bisa diucapakan. Nah sangat tepat jika sobat semua datang di artikel ini sebab disini sudah quipper.co.id paparkan secara lengkap Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah – Tulisan Arab, Makna dan Artinya. Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi tentang Alhamdulillah ‘Ala Kulli Haal. Nah untuk melengkapi isi dari tema pembahasan kali ini, maka simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Ma Fi Qalbi Ghairullah Artinya

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah
Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

Mungkin memang uangkapan kalimat ma fi qalbi ghairullah ini tidak begitu populer seperti beberapa ucapan yang tertuilis dalam teks Arab kebanyakan, misalnya saja seperti kalimat atau ucapan barakallah fii umrik.

Akan tetapi, tidak berarti ungkapan ini tidak mempunyai arti atau makna. Coba kalian perhatikan pada kata/kalimat terakhir dimana terdapat “ghairullah”, yang mana makna yang terkandung dalam ungkapan tersebut ialah berupa suatu pengharapan kepada Allah.

Namun kita harus mengartikan semua kalimat/kata yang telah membentuk ungkapan itu supaya kita dapat memperoleh makna yang lengkap.

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah
Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

Kalimat Ma fi qalbi ghairullah ialah merupakan sebuah ucapan yang tertulis dalam teks Arab yang artinya ialah

Maa fii qalbii ghaiirullah

مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله

Artinya”Tiada didalam hatiku selain Allah”.

Dimana ungkapan ini merupakan salah satu bentuk dari suatu pengakuan diri seseorang akan kematapan hatinya untuk senantiasa mengingat Allah.

Baca Juga :   Arti Istiqomah

Dimana Ia menyadari bahwa sesungguhnya tujuan dari pada hidupnya di dunia ini ialah menjadi hamba yang senantiasa cinta kepada Allah Swt.

Maka dengan mengucapkan kalimat ma-fi-qalbi ghairullah, akan membuat seseorang hamba membuang jauh berbagai hal selain Allah di dalam hatinya.

Dimana segala sesuatu yang ada di dunia ini seperti harta, tahta, dan wanita ialah merupakan tiga hal yang selalu membuat manusia silau olehnya.

Kemudian dari ketiga hal inilah yang selalu menjadi penghias hati dari kebanyakan manusia saat ini.

Maka membaca dan mengamalkan lafaz ma fi qalbi ghairullah, akan membuat hati akan dibentengi atas semua yang dapat mengalihkannya dari mengingat kepada Allah.

Pengertian Ma Fi Qalbi Ghairullah

Sudah sangat jelas bahwa ucapan ma fi qalbi ghairullah ini tertulis dalam bahasa Arab.

Yang mana ucapan kalimat ini tersusun dari 5 kosakata, yang diantaranya ialah, Kata

  • Kata ma (مَا)”, “
  • Kata fii (فِي)”, “
  • Kata qalbi (قَلْبِي)”
  • Kata ghairu (غَيْرُ)”
  • Lafadz Allah (الله)”.

Kemudian apabila semua kalimat tersebut disatukan, maka akan membentuk sebuah arti”tidak ada di dalam hatiku kecuali Allah”.

Maka dengan kita membaca arti dari ucapan ma fi qalbi ghairullah dalam bahasa Indonesia, maka hal tersebut akan membantu kita dapat menangkap makna yang terkandung dari ucapan itu.

Dimana ternyata, kalimat ungkapan ini adalah suatu penegasan sekaligus merupakan pengecualian mengenai sejumlah hal selain Allah yang ada di dalam hati.

Makna Ma Fi Qalbi Ghairullah

Bagi seorang muslim, kalimat ucapan ma fi qalbi ghairullah ini mengandung makna suatu penegasan iman kepada Allah Swt.

Dimana seorang muslim yang mengaku beriman kepada Allah Swt , seorang tersebut bersedia bisa mengutamakan Allah di dalam kehidupannya sehari-hari.

Baca Juga :   Yaumul Milad Artinya

Kemudian seseorang tersebut harus tetap istiqomah terhadap pengakuannya dan juga dapat melaksanakannya baik secara lisan maupun perbuatan.

Kerena, suatu ungkapan iman tidak akan lengkap jika tidak dibarengi dengan perbuatan yang nyata. Dimana Allah Swt akan memberikan suatu ganjaran pahala terhadap hambanya sesuai dengan amal perbuatan yang kita lakukan.

Kandungan Ma Fi Qalbi Ghairullah

Ungkapan kalimat ma fi qalbi ghairullah ini yang mana di dalamnya terkandung sebuah makna yang sangat luar biasa terutama bagi seorang muslim yang mengucapkan dan juga mengamalkannya.

Di bawah ini terdapat beberapa makna yang terkandung dari ungkapan ma fi qalbi ghairullah , yakni sebagai berikut:

  • Membuat seorang muslim selalu senantiasa bisa mengingat Allah Swt
  • Meningkatkan keimanan seorang muslim kepada Allah Swt
  • Dapat menjadi sebuah benteng diri berbagai hal selain Allah Swt
  • Dapat membuat hatinya tidak gampang tergoda dengan perbuatan maksiat

Penggunaan Ma Fi Qalbi Ghairullah

Di bawah ini terdapat sejumlah contoh akan situasi untuk dapat menggunakan ungkapan ma fi qalbi ghairullah:

  • Pada saat ada salah seorang teman kalian akan ingin mengajak untuk melkukan perbuatan maksiat, supaya tidak gampang terbawa dengan ajakan itu maka kalian dapat segera mengucapkan cukup dalam hati ungkapan ma fi qalbi ghairullah 
  • Pada saat memiliki suatu kesempatan untuk dapat melakukan perbuatan korupsi, yang mana keadaan disekitar kalian sangat mendukung sebab tidak ada yang melihat, maka kalian dapat dengan segera tepiskan perasaan itu dan sambil mengucapkan kata ma fi qalbi ghairullah.
  • Ketika kalian dihadapkan dengan seorang wanita yang sangat menggoda, maka supaya hati kalian tidak lebih condong terhadap wanita tersebut, segera kalian ucapkan ma fi qalbi ghairullah.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan materi pembahasan tentang Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah, semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :