Teknik Olahraga Skipping

Posted on

Teknik Olahraga Skipping – Hallo sahabat semua! Pada perjumpaan kali ini quipper.co.id akan menyampaikan pembahasan materi makalah tentang teknik olahraga skipping.

Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Teknik Lari Maraton. Yuk langsung kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Olahraga Skipping

Teknik Olahraga Skipping
Teknik Olahraga Skipping

Pengertian skipping merupakan olahraga yang dilakukan dengan melompat dan itu dilakukan berulang kali dengan tali sebagai medianya.

Skipping juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekuatan tubuh, karena olahraga ini sangat mudah dilakukan di tempat – tempat yang terbuka.

Ada beberapa cara dan trik untuk lompat tali. Namun, gerakan paling mendasar dari lompat tali adalah lompat tali menggunakan dua kaki sekaligus atau menggunakan satu kaki secara bergantian.

Meskipun olahraga ini sedikit ekonomis dan banyak yang menyepelekan manfaatnya tetapi latihan ini sangat baik untuk waktu luang.

Jadi, skipping atau yang biasa dikenal dengan lompat tali, aktivitas ini akan mendapatkan vitamin D terbaik karena penyerapan kalsium.

Sejarah Skipping Atau Lompat Tali

Skipping atau lompat tali atau juga yang biasa disebut dengan main karet dulunya populer di kalangan anak – anak dari tahun 70 – an hingga 80 – an.

Permainan lompat tali ini adalah favorit ketika bermain di sekolah dan setelah sore hari setelah mandi.

Permainan lompat tali dimainkan bersama oleh 3 hingga 10 anak. Kapan dan di mana permainan dimulai, sulit untuk mengetahui dengan pasti.

Namun, dari nama permainan itu sendiri, dapat diasumsikan bahwa permainan ini muncul di era kolonial.

Bahkan, di bagian lain Indonesia banyak dari permainan ini juga ditemukan, tetapi dengan nama yang berbeda, misalnya dengan nama Yeye, Tali Merdeka (Riau), Lompatan, dll.

Teknik Olahraga Skipping

Setelah mengetahui beberapa penjelasan singkat di atas, olahraga skipping ini juga memiliki beberapa teknik yang tepat untuk menerapkannya.

Teknik skipping atau lompat tali berikut ialah :

  • Periksa bahwa panjang tali sesuai dengan ketinggian badan, untuk memudahkan pengetahuan dan rentang dengan mudah.
  • Gerakkan pergelangan tangan anda, putar ke arah belakang dan untuk memutar tali, ini bisa dilakukan secara maksimal.
  • Pastikan kedua telapak tangan memegang gagang dengan sempurna. 
  • Angkat kedua kaki anda secara bersamaan jika anda ingin melompat.
  • Mulai gerakan dengan benar dan posisikan kedua lengan di atas kepala anda dan lakukan dalam waktu kurang dari 45 menit.
  • Pastikan anda tidak melompat terlalu tinggi dari tanah.
  • Saat melakukan lompat pandangan selalu lurus ke depan dan fokus.
  • Setelah melompat, jangan lupa minum air mineral untuk menetralisir gerakan.
Baca Juga :   Konjungsi Kronologis

Baca Juga :  Teknik Dasar Lempar Lembing

Manfaat Skipping

Skipping merupakan latihan yang dapat digunakan untuk pemanasan sebelum melakukan latihan berat lainnya.

Skipping dilakukan terutama karena olahraga itu mudah dan dapat dilakukan di mana saja.

Tetapi pada kenyataannya, skipping memiliki cara khusus untuk melakukannya.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan olahraga skipping, termasuk :

Mengencangkan Otot

Jika anda melompat secara teratur, otot anda akan menjadi lebih kencang. Ini adalah hasil dari lompatan yang anda lakukan.

Otot – otot yang terasa paling kencang adalah otot – otot kaki dan otot – otot tubuh bagian bawah.

Selain otot – otot kaki, otot – otot lengan dan bahu juga akan lebih kencang, ini karena tangan menjadi poros dan selalu bergerak memutar tali skipping.

Menurunkan Berat Badan

Jika anda melompat kurang lebih sekitar satu jam, kalori tubuh anda akan terbakar sekitar 1000 kalori.

Lemak dalam tubuh terbakar dan keluar bersama keringat. Jika anda menjalankan program penurunan berat badan, maka skipping merupakan olahraga yang disarankan.

Tetapi selalu ingat untuk melakukan latihan ini secara teratur. Jika anda melakukan latihan ini secara teratur, cadangan lemak yang ditemukan dalam jaringan lemak akan diambil dan berat badan akan ideal.

Membentuk Tubuh

Selain menurunkan berat badan, melompat juga bisa membentuk tubuh anda.

Tubuh anda akan berotot di bagian – bagian tertentu karena gerakan yang dilakukan ketika melompat.

Selain itu, otot – otot kaki menjadi lebih kencang dan tetap ramping. Yang paling terlihat adalah betis yang memberi bentuk indah pada kaki anda.

Selain itu, lengan anda akan bebas dari lemak longgar, karena mereka terus bergerak untuk memutar tali skipping.

Menambah Tinggi Badan

Masa pertumbuhan adalah waktu terbaik untuk berlatih olahraga lompat ini.

Karena selama pertumbuhan itu adalah masa yang menentukan tinggi seseorang. Jika anda melakukan ini secara teratur, tinggi badan anda akan ideal.

Meningkatkan Fertilitas

Jika kondisi menstruasi anda tidak teratur, ini akan menjadi masalah. Latihan skipping sebenarnya dapat meningkatkan fungsi reprosuksi kembali, termasuk untuk meningkatkan fertilitas anda.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang membuat tulang keropos. Ternyata melompat dapat bermanfaat bagi tulang anda, yaitu menjaga kepadatan tulang.

Dengan olahraga lompat yang teratur, risiko anda terkena osteoporosis juga berkurang.

Baca Juga :   Teknik Bola Tangan

Tetapi jika anda sudah menderita osteoporosis, jangan berolahraga seperti ini, karena ini hanya akan membuat ostepoporosis yang anda derita menjadi lebih buruk.

Meningkatkan Kinerja Otak

Skipping merupakan kombinasi dari irama dan gerakan lompat. Waktu melomat harus sama dengan saat ketika tali menyentuh tanah.

Ini membutuhkan lebih banyak konsentrasi dan fokus. Karena itu, jika anda rutin melompat, rangsangan otak juga terlatih dan dapat bekerja lebih cepat.

Lompatan dilakukan dengan koordinasi tubuh yang baik, kemampuan refleksif dan keseimbangan tubuh yang baik, dan semua hal yang disebutkan di atas bertujuan untuk melatih otak.

Mengoptimalkan Energi

Skipping juga memiliki manfaat lain, seperti mengoptimalkan energi yang ada dalam tubuh.

Latihan skipping yang rutin dapat membuat tubuh anda terbiasa menggunakan energi yang tersimpan.

Seiring bertambahnya usia, tubuh anda tetap dalam kondisi yang sesuai dan masih bisa aktif seperti di masa muda anda.

Kesehatan Jantung

Skipping adalah salah satu latihan yang dapat membuat jantung anda sehat.

Organ kardiovaskular seperti jantung, arteri, dan vena yang membantu sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh akan menjadi sehat.

Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Ternyata skipping juga bisa menghilangkan racun dalam tubuh anda. Karena ketika anda melakukan latihan ini, pori – pori anda terbuka dan berkeringat, sehingga racun dari tubuh dapat dikeluarkan secara maksimal.

Proses mengeluarkan racun dan toksin dari tubuh disebut proses detoksifikasi.

Proses ini dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh polutan, racun atau bahkan zat berbahaya yang diperoleh dari makanan.

Meningkatkan Kelenturan

Skipping juga dapat meningkatkan stamina dan kelenturan tubuh anda. Jika stamina anda meningkat, tubuh anda tidak akan mudah lelah.

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Jika anda melompat secara teratur, keseimbangan tubuh anda akan meningkat. Apalagi jika anda melompat dengan kaki yang berbeda.

Baca Juga : Teknik Dasar Judo

Cara Skipping yang Benar

Sementara itu, untuk mendapatkan cara skipping yang tepat untuk manfaat yang maksimal, termasuk :

  • Latihan skipping harus dilakukan hanya sebentar
    • Karena jika terlalu lama, anda akan merasa lelah.
    • Cobalah untuk melompat dalam waktu sekitar 5 hingga 15 menit setiap sesi.
    • Setelah 15 menit melompat, anda bisa beristirahat dan melakukan sesi latihan lain.
    • Jumlah sesi yang anda lakukan dapat ditentukan sendiri.
  • Sebelum melakukan latihan lompat ini, anda harus melakukan :
    • pemanasan dan gerakan peregangan terlebih dahulu, agar otot anda tidak cedera.
  • Untuk gerakan melompat itu sendiri bisa berbeda – beda.
    • Hal yang sama berlaku untuk kedua kaki dan bervariasi dengan mengangkat satu kaki.
    • Variasi dalam gerakan ini berfungsi untuk meningkatkan koordinasi antara anggota dan menjaga keseimbangan.
  • Jika anda jarang atau belum pernah melakukan latihan lompat ini :
    • Anda bisa mulai dengan latihan lompat ringan terlebih dahulu.
    • Setelah tubuh anda mulai terbiasa, perlahan – lahan tingkatkan latihan anda.
    • Jangan langsung memaksakan diri untuk melakukan banyak lompatan, karena tubuh anda akan terkejut nanti.
  • Penggunaan tali skipping juga dapat memengaruhi lompatan anda.
    • Jika anda menggunakan tali lompat pendek (tetapi juga tidak terlalu pendek sehingga anda tidak bisa lompat), siklus lompat akan lebih cepat.
    • Ini akan membuat lompatan anda lebih sering.
  • Jika anda menggunakan tali yang berat :
    • Anda bisa melatih otot bahu dan tangan anda menjadi lebih kuat.
    • Tetapi jika anda masih pemula, gunakan tali yang ringan dulu, jika anda terbiasa menggunakan tali yang berat.
    • Ingat, selalu berolahraga perlahan.
  • Saat melompat :
    • Cobalah untuk tetap fokus ke depan dan jangan melihat – lihat sekeliling anda untuk bisa berkonsentrasi.
  • Anda tidak harus melompat tinggi ketika :
    • Tali lompat menyentuh tanah.
    • Anda hanya perlu melompat 2 atau 3 cm dari lantai.
    • Yang penting adalah tali dapat melewati lantai dan tidak menyangkut di kaki anda.
  • Dalam latihan lompat ini :
    • Cobalah berjinjit saat mendarat.
    • Usahakan agar tumit anda tidak menyentuh lantai sehingga anda tidak mudah lelah.
  • Hati – hati melakukan gerakan skipping.
    • Jika anda melakukan ini dengan sembarangan dan melompat berlebihan, keseleo bisa terjadi karena kesalahan pada kaki anda ketika menumpu.
    • Karena itu, selalu fokus pada konsentrasi dan fokus untuk menghindari cedera.
  • Jika terlalu lama melakukan olahraga skipping ini maka :
    • Anda dapat terkena kram otot pada bagian betis dan tulang kering.
    • Apalagi jika kehilangan fokus dan posisi kaki mendarat dengan salah dan kurang baik.
  • Jika anda melakukan ini untuk waktu yang lama :
    • Anda mungkin mengalami kram otot di betis dan tulang kering anda.
    • Terutama jika anda kehilangan fokus dan posisi kaki anda salah dan tidak baik.
  • Skipping sebenarnya bisa untuk mengatasi penyakit asma.
    • Tetapi jika terlalu melakukan dengan berlebihan maka malah membuat Anda sesak nafas.
    • Lakukan olahraga ini semampu Anda.
  • Skipping sebenarnya bisa digunakan :
    • Untuk mengobati penyakit asma.
    • Tetapi jika anda melakukan terlalu banyak, anda akan sesak nafas.
    • Lakukan latihan ini sebanyak yang anda bisa.

Demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu rekan – rekan semua ya!

Terimakasih sudah membaca pembahasan materi makalah tentang teknik olahraga skipping.