Formasi Sepak Bola

Posted on

Formasi Sepak Bola – Hallo sahabat semua! Pada perjumpaan kali ini quipper.co.id akan menyampaikan pembahasan materi makalah tentang formasi sepak bola.

Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Olahraga Dayung. Yuk langsung kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Formasi Sepak Bola

Formasi Sepak Bola
Formasi Sepak Bola

Formasi dalam permainan sepak bola ialah cara menempatkan ruang, serta pembagian tugas masing – masing pemain dengan posisi yang ia tempati.

Ini berlaku selama serangan dan dalam pertahanan terhadap serangan musuh. Dengan sistem ini, setiap pemain tahu pekerjaan dan posisinya, jangkauan gerakannya, memahami apa yang harus dilakukan ketika menyerang, ke mana harus bergerak dan siapa yang harus dilindungi saat berada di kondisi pertahanan.

Membangun kerja sama yang baik membutuhkan pemahaman antara satu pemain dan lainnya.

Pemahaman dan kerja sama ini harus disesuaikan dengan tugas dan fungsi masing – masing pemain di lapangan.

Pengaturan tugas dan peran untuk setiap pemain biasanya terkandung dalam sistem permainan.

Karena itu, baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih, anda harus memahami sistem utama yang digunakan dalam pertandingan sepak bola.

Dengan latihan, pola serangan dan pertahanan akan dikoordinasikan dan kerja sama antar pemain akan lebih diterarahkan.

Setiap formasi memiliki ciri – ciri sendiri dan memerlukan tingkat kualitas atau keterampilan yang berbeda.

Bahkan dalam posisi tertentu, mereka membutuhkan kualitas pemain yang berbeda. Sebagai contoh, pemain lapangan atau disebut juga gelandang dalam formasi 4 – 2 – 4 haruslah seorang pemain dengan kemampuan yang lebih lengkap dari pada pemain tengah dalam formasi 4 – 3 – 3.

Usahakan sebuah tim sebelum menggunakan atau menerapkan sistem tertentu, ia harus terlebih dahulu menilai para pemain mereka.

Kualitas pemain harus disesuaikan dengan formasi yang akan digunakan. Beberapa contoh formasi permainan sepak bola yang sering digunakan adalah formasi 4 – 2 – 4, 4 – 3 – 3, 1 – 3 – 3 – 3 dan 4 – 4 – 2.

Baca juga : Tugas Wasit Sepak Bola

Jenis – Jenis Formasi Sepak Bola

Dalam istilah susunan antara pemain yang disebut formasi, formasi dapat dikategorikan menjadi jenis – jenis dalam permainan sepak bola.

Di antara jenis formasi sepak bola adalah sebagai berikut :

Formasi Sepak Bola 4 5 1 Dan Penjelasannya

Jenis formasi 4 – 5 – 1 dalam formasi ini, diketahui bahwa para pemain menggunakannya sebagai salah satu bertahan, sehingga pelatih memperkuatnya saat ada pertandingan, oleh karena itu pemain lebih aman dan bisa mengetahui tim teman dan tim lawan dalam pertandingan.

Baca Juga :   Arti Mimpi Bisa Terbang

Berlakunya formasi ini adalah menyerang dengan tujuan mencapai banyak gol dan akan mampu memenangkan permainan, di antara posisi formasi ini ada 4 bek kemudian 5 gelandang dan penyerang 1 pemain di depan fungsinya mencetak skor.

Formasi Sepak Bola 4 4 1 1 Dan Penjelasannya

Jenis formasi 4 – 4 – 1 – 1 dalam formasi ini juga diketahui bahwa pemain menggunakannya sebagai bentuk formasi dalam pertahanan yang kuat, sehingga itu berlaku saat ada pertandingan.

Jenis formasi 4 – 4 – 1 – 1 dalam sepakbola terdiri dari 4 bek, 4 gelandang dan 2 penyerang inti, karena ini juga lebih menekankan pada pertahanan lawan yang menyerang.

Biasanya, formasi ini memiliki kreativitas yang cukup, karena lebih mungkin antara pemain tengah untuk menerima bola dari gelandang ke penyerang yang dipimpin oleh para pemain inti.

Formasi Sepak Bola 4 2 4 Dan Penjelasannya

Dengan demikian susunan 4 – 2 – 4 dalam formasi ini juga diketahui bahwa para pemain menggunakannya dalam pertahanan yang kuat dan lebih ditekankan lagi dalam melakukan serangan, sehingga mudah untuk bertarung melawan lawan.

Jenis formasi permainan dalam sepak bola 4 – 2 – 4 juga bisa menjadi formasi yang terdiri dari 4 pemain bek, 2 gelandang dan 4 penyerang.

Dengan konsep ini peluang untuk mencetak gol melawan lawan bahkan lebih besar, sehingga semua pemain memiliki tugas masing – masing yang dibentuk oleh pelatih.

Formasi Sepak Bola 4 4 2 Dan Penjelasannya

Jenis formasi 4 – 4 – 2 dalam formasi ini juga diutamakan bahwa pemain menggunakannya sebagai formasi pertahanan yang lebih kuat dan dengan melakukan itu akan ada serangan sehingga mereka dapat dengan mudah melawan lawan.

Jenis formasi 4 – 4 – 2 ini adalah formasi yang sering digunakan antara 4 tengah dan 4 belakang sehingga dua pemain penyerang umumnya digunakan oleh tim sepak bola di seluruh dunia.

Formasi Sepak Bola 3 5 2 Dan Penjelasannya

Jenia formasi 3 – 5 – 2 dalam formasi ini lebih baik bagi pemain untuk menggunakan ini sebagai pertahanan yang lebih kuat untuk melakukan serangan yang cukup dengan dua pemain inti.

Dibandingkan dengan formasi 4 – 4 – 2, serangan diperlukan untuk terus menerima antara pemain dominan menggunakan mode pertahanan.

Formasi ini sering digunakan sebagai formasi yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Formasi Sepak Bola 3 6 1 Dan Penjelasannya

Jenis formasi 3 – 6 – 1 dalam hal ini prioritas pemain sepak bola adalah pertahanan yang lebih kuat, agar cukup menyerang dengan dua pemain inti.

Formasi 4 – 5 – 2 ini juga memprioritaskan pertahanan, di mana dalam formasi ini ada 5 pemain beek dan 3 pemain berada, sementara 2 pemain adalah penyerang.

Formasi Sepak Bola 4 3 3 Dan Penjelasannya

Jenis formasi 4 – 3 – 3 dalam formasi ini, prioritas pemain sepak bola diperlukan untuk mempertahankan pertahanan yang kuat, agar cukup menyerang dengan hanya tiga pemain inti.

Dengan demikian, formasi 4 – 3 – 2 – 1 agak mirip dengan formasi sebelumnya dan susunan pemain memiliki 4 pemain bek dan 3 pemain bertahan 2 menyerang.

Formasi ini sangat jarang dalam penggunaannya, tetapi juga sangat baik ketika diterapkan dalam pertandingan sepak bola, karena dianggap solid sehingga lawan tidak mudah menembusnya.

Formasi Sepak Bola 4 3 1 2 Dan Penjelasannya

Jenis formasi 4 – 3 – 1 – 2 dalam formasi ini setiap pemain diprioritaskan untuk mempertahankan pertahanan yang kuat, untuk menyerang yang cukup dengan hanya empat pemain inti.

Baca Juga :   Mimpi Melihat Orang Menikah

Oleh karena itu, formasi 4 – 3 – 1 – 2 ini memiliki serangkaian pemain, yang terdiri dari 4 pemain bek dan 3 pemain bertahan 1 penyerang berikutnya 1 lagi pemain multifungsi.

Formasi Sepak Bola 5 3 2 Dan Penjelasannya

Untuk formasi yang memprioritaskan pertahanan lain, ada juga 5 – 3 – 2 dan meskipun kita tahu bahwa nomor 5 digunakan di sini, formasi sebenarnya menggunakan 3 bek yang sejajar di belakang.

Adapun pemain gelandang bersiap – siap di sebelah kanan dan kiri untuk bertahan. Posisi ini umumnya akan diisi oleh wing bek.

Sementara itu, peran satu pemain gelandang adalah bertahan dan dua gelandang juga menyerang dengan posisi di tengah.

Gelandang bertahan di posisi 1 sejajar dengan 2 gelandang yang bertugas bertahan di kiri dan kanan. Untuk 2 penyerang, selalu di depan untuk memasuki pertahanan lawan.

Formasi Sepak Bola 5 4 1 Dan Penjelasannya

Dalam formasi ini, yang paling bisa diandalkan adalah defense dan harus selalu siap melakukan serangan balik.

Ada 2 wing bek yang bisa maju ketika melakukan serangan balik dengan 2 pemain tengah yang tugas utamanya adalah menyediakan target man.

Dengan formasi ini, serangan balik akan sangat diantisipasi. Dalam formasi ini, target yang dipilih tidak biasa, karena ia membutuhkan kelincahan, kecepatan dan kerja keras untuk dapat mengambil umpan sambil berduel dengan para bek tim lawan.

Jika anda ingat pertandingan Piala Dunia 2010, Yunani vs Argentina, formasi ini diterapkan oleh tim Yunani.

Dalam formasi ini, target man juga perlu bergerak cepat sehingga setiap peluang yang muncul dapat digunakan dengan cara terbaik untuk mencetak gol.

Juga dengan formasi ini pemain biasanya perlu menendang tendangan spekulasi sehingga kiper tidak bisa menahannya, tetapi mereka juga tidak perlu terlalu sering agar tidak bosan dan mudah ditebak.

Formasi Sepak Bola 3 4 3 Dan Penjelasannya

Ada formasi lain yang sangat populer dan juga favorit karena sering digunakan oleh pelatih, yaitu 3 – 4 – 3, di mana ada 3 pemain bek murni, 4 pemain sebagai gelandang dan 3 pemain digunakan sebagai penyerang.

Gelandang paling kanan dan kiri (2 pemain) biasanya punya tugas merangkap sebagai bek sayap.

Gelandang kanan dan kiri (2 pemain) biasanya memiliki tugas merangkap sebagai bek sayap.

Bek sayap atau wing bek adalah posisi di mana dua pemain gelandang maju dan peran secara otomatis menjadi yang bertahan dan maju, jika perlu, sesuai dengan kondisi.

Ada pula 2 gelandang yang posisinya ada di tengah dan playmaker adalah peran utama yang dijalankan oleh pemain gelandang tersebut.

Formasi Sepak Bola 4 3 2 1 Dan Penjelasannya

Formasi 4 – 3 – 2 – 1 agak mirip dengan formasi yang kami ulas sebelumnya, yaitu 4 – 3 – 1 – 2.

Formasi ini juga banyak digunakan oleh para pelatih, di mana fokus susunan pemain adalah keberadaan 4 pemain bek, 3 pemain gelandang tengah, 2 pemain menjadi penyerang sayap rata – rata, sementara yang lain adalah penyerang utama.

Formasi ini cukup langka, tetapi juga sangat baik ketika diterapkan pada pertandingan sepak bola.

Dalam formasi ini, pertahanan adalah salah satu yang terbaik karena dianggap solid, sehingga tim lawan tidak melakukan penembusan dengan mudah karena ada 4 pemain di belakang dan 3 gelandang bertahan di tengah.

Baca Juga :   Konjungsi Kronologis

Serangan itu juga dianggap kuat, karena ada 2 pemain yang akan membantu penyerang yang posisinya di depan memasuki area lawan dan mencetak gol.

Formasi Sepak Bola 4 2 2 2 Dan Penjelasannya

Formasi lain yang juga terbaik dan mirip dengan formasi 4 – 2 – 4. Formasi ini juga dapat dianggap variasi 4 – 2 – 4, di mana fokus susunan pemain dalam formasi 4 – 2 – 2 – 2 meliputi 4 pemain bek, 2 pemain gelandang dengan fungsi pertahanan, 2 pemain menjadi gelandang menyerang dan 2 lainnya menjadi penyerang utama.

Gelandang serang harus bisa bermain dengan baik di tengah dan di samping, menjaga keseimbangan di mana perannya juga sebagai playmaker.

Baca juga : Tinggi Gawang Sepak Bola

Strategi Formasi Sepak Bola

Strategi Pertahanan

Dalam strategi ini, pengaplikasian dapat dilakukan kelompok maupun perseorangan di mana tujuannya adalah untuk menahan serangan dari tim lawan supaya tak kebobolan.

Pemain belakang atau bek adalah yang bertugas untuk bertahan dan disebut juga dengan barisan pertahanan.

Cara untuk bertahan cukup beragam, tapi pada penerapannya harus terpola dengan baik dan terkoordinir.

Strategi Penyerangan

Dalam hal taktik penyerangan, pelatih tentunya sudah menyusun gerakan pada setiap pemainnya sesuai dengan posisi masing-masing.

Dengan penentuan gerakan untuk masing – masing posisi pemain, maka para pemain tak seharusnya mencoba keluar dari posisi yang sudah menjadi tugasnya.

Strategi Kelompok

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa pada permainan sepak bola, khususnya pada sebuah pertandingan akan ada strategi kelompok maupun perorangan.

Untuk strategi kelompok, ini adalah sebuah taktik yang membutuhkan 2 pemain atau justru lebih untuk bekerja sama.

Strategi Perorangan

Satu lagi strategi yang juga kerap diterapkan adalah strategi perorangan, yakni jenis strategi yang bisa diartikan bahwa taktik dilakukan hanya oleh seorang pemain di dalam suatu tim.

Pemain yang terpilih atau ditentukan oleh pelatih tentu harus siap dalam menjalankan peran yang diberikan kepadanya agar tim mampu bertahan atau menang.

Strategi Kolektif

Ada pula jenis strategi lain yang juga cukup esensial dalam membuat sebuah tim mampu bertahan maupun menang secara sportif, yakni strategi atau taktik kolektif.

Arti dari jenis strategi ini adalah strategi yang perlu dilakukan oleh sebuah tim dengan mengandalkan kerja sama antara satu pemain dengan pemain lainnya supaya dapat meraih kemenangan bersama – sama dalam sebuah pertandingan.

Fungsi Formasi Sepak Bola

Adapun formasi dalam sepak bola memiliki fungsi – fungsi sebagai berikut :

  • Agar setiap pemain mengetahui tugas dan posisinya, serta daerah ruang gerak masing – masing.
  • Agar setiap pemain memahami apa yang harus dilakukan pada saat menyerang, kemana harus bergerak, dan siapa yang harus dijaga pada saat berada dalam kondisi bertahan.
  • Agar pola penyerangan dan pertahanan akan terkoordinasi dan kerja sama antar pemain akan lebih terarah.

Demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu rekan – rekan semua ya!

Terimakasih sudah membaca pembahasan materi makalah tentang formasi sepak bola.