Fungsi ATP

Posted on

Fungsi ATP – Hay shabat quipper.co.id semuanya! Diperjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi tentang fungsi atp secara lengkap beserta pengertian dan pembahasannya.

Namun dipertemuan sebelumnya dimana quipper.co.id telah menyampaikan materi tentang Fungsi Stroma.

Baiklah untuk melengkapi apa yang menjadi materi pembahasan kita kali ini, maka, yuk langsung aja kita simak bersama ulasannya sebagai berikut ini.

Fungsi ATP
Fungsi ATP

Pengertian Fungsi ATP

Adenosin trifosfat, juga telah dikenal sebagai ATP dalam molekul yang membawa energi dalam sel.

Ini ialah mata uang energi utama sel, dan itu adalah produk paling akhir dengan berjalannya proses fotofosforilasi (menambahkan gugus fosfat ke molekul yang hanya menggunakan energi dari cahaya), fermentasi, dan respirasi sel.

Semua makhluk hidup tentunya memerlukan ATP. Selain dapat digunakan sebagai sumber energi, itu juga dapat digunakan dalam jalur transduksi sinyal untuk komunikasi sel dan dimasukkan ke dalam asam deoksiribonukleat (DNA) selama sintesis DNA itu sendiri.

Adenosin Trifosfat dengan rumus empiris :

C10H16N5O13P3
Rumus Empiris

ATP dapat merupakan Suatu senyawa organik yang didalamnya terdiri dari adenosin (cincin adenin dan gula ribosa) dan tiga gugus fosfat, dari sana ATP mendapat namanya.

ATP adalah nukleotida yang mengandung sejumlah besar energi kimia yang tersimpan dalam ikatan fosfat berenergi tinggi.

ATP melepaskan energi – energi yang dipecahkan (dihidrolisis) agar dapat menjadi sebuah ADP (atau Adenosin difosfat ).

Energi yang dipergunakan dalam berbagai aktifitas atau prosesnya suatu metabolisme. Dan oleh sebab inilah ATP dianggap sebagai mata uang energi universal untuk metabolisme.

ATP dihasilkan melalui respirasi seluler dalam mitokondria dan fotosintesis pada kloroplas.

Fungsi ATP adalah sebagai suatu alat perjalanan energi intraseluler ke berbagai macam proses metabolisme yang antara lainnya yaitu meliputi reaksi biosintesis, motilitas, serta pembelahan sel.

Baca Juga :   Rumus Asam Sitrat

ATP juga dapat dipergunakan untuk pendamping substrat pada kinase yang melakukan proses fosforilasi protein serta lipid, dan juga bisa digunakan dengan adenilat siklase sebagai pembantu dalam produksi AMP siklik.

Struktur Fungsi ATP

Ini adalah diagram struktural ATP. Ini terdiri dari adenosin molekul (yang itu sendiri terdiri dari adenin dan gula ribosa) dan tiga gugus fosfat.

Ini larut dalam air dan memiliki kandungan energi yang tinggi karena memiliki dua ikatan phosphoanhydride yang menghubungkan tiga gugu fosfat.

Fungsi ATP

Fungsi ATP Sebagai Sumber Energi

ATP adalah pembawa energi utama yang digunakan untuk semua aktivitas seluler.

Ketika ATP dihidrolisis dan diubah menjadi adenosine diphosphate (ADP), energi dilepaskan.

Penghapusan satu gugus fosfat melepaskan 7,3 kilokalori per mol, atau 30,6 kilojoule per mol, dalam kondisi standar.

Energi ini menggerakkan semua reaksi yang terjadi di dalam sel. ADP juga dapat diubah kembali menjadi ATP sehingga energi tersedia untuk reaksi seluler lainnya.

ATP diproduksi melalui beberapa metode berbeda. Fotofosforilasi adalah metode khusus untuk tumbuhan dan cyanobacteria.

Ini adalah penciptaan ATP dari ADP menggunakan energi dari sinar matahari, dan terjadi selama fotosintesis.

ATP juga terbentuk dari proses respirasi seluler di mitokondria sel. Ini bisa melalui respirasi aerobik, yang membutuhkan oksigen, atau respirasi anaerobik, yang tidak.

Respirasi aerobik menghasilkan ATP (bersama dengan karbon dioksida dan air) dari glukosa dan oksigen.

Respirasi anaerobik menggunakan bahan kimia selain oksigen, dan proses ini terutama digunakan oleh archaea dan bakteri yang hidup di lingkungan anaerobik.

Fermentasi adalah cara lain untuk menghasilkan ATP yang tidak memerlukan oksigen, berbeda dengan respirasi anaerobik karena tidak menggunakan rantai transpor elektron.

Ragi dan bakteri adalah contoh organisme yang menggunakan fermentasi untuk menghasilkan ATP.

Baca Juga :   Pengertian Klorofil

Fungsi ATP Untuk Transduksi Sinyal

ATP adalah molekul sinyal yang digunakan untuk komunikasi sel. Kinase, yang merupakan enzim yang memfiksasi molekul, menggunakan ATP sebagai sumber gugus fosfat.

Kinase penting untuk transduksi sinyal, yaitu bagaimana sinyal fisik atau kimia ditransmisikan dari reseptor di luar sel ke bagian dalam sel.

Setelah sinyal berada di dalam sel, sel dapat merespons dengan tepat. Sel dapat diberikan sinyal untuk tumbuh, bermetabolisme, berdiferensiasi menjadi tipe tertentu, atau bahkan mati.

Baca Juga : Fungsi Tilakoid

Fungsi ATP Dalam Sintesis DNA

Nukleobase adenin adalah bagian dari adenosine, sebuah molekul yang terbentuk dari ATP dan langsung dimasukkan ke RNA.

Nukleobasa lainnya dalam RNA, sitosin, guanin, dan urasil, juga terbentuk dari CTP, GTP, dan UTP.

Adenin juga ditemukan dalam DNA, dan penggabungannya sangat mirip, kecuali ATP diubah menjadi bentuk deoksiadenosin triphosphate (dATP) sebelum menjadi bagian untai DNA.

Molekul lain terkait dengan ATP dan memiliki nama yang mirip, seperti adenosine diphosphate (ADP), adenosine monophosphate (AMP), dan cyclic AMP (cAMP).

Untuk menghindari kebingungan, penting untuk mengetahui beberapa perbedaan antara molekul-molekul ini.

Fungsi ATP Dalam Sintesis DNA

Macam – Macam Molekul

ADP

Adenosine diphosphate (ADP), yang kadang-kadang juga dikenal sebagai adenosine pirofosfat (APP), terutama dalam kimia, telah disebutkan dalam artikel ini. Ini berbeda dari ATP karena memiliki dua gugus fosfat.

ATP menjadi ADP dengan hilangnya gugus fosfat, dan reaksi ini melepaskan energi. ADP sendiri terbentuk dari AMP.

Perputaran antara ADP dan ATP selama respirasi seluler memberikan sel energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas seluler.

AMP

Adenosine monofosfat (AMP), juga disebut 5′-adenylic acid, hanya memiliki satu gugus fosfat. Molekul ini ditemukan dalam RNA dan mengandung adenin, yang merupakan bagian dari kode genetik.

Baca Juga :   Fungsi Saponin

Ini dapat diproduksi bersama dengan ATP dari dua molekul ADP, atau dengan hidrolisis ATP. Ini juga terbentuk ketika RNA dipecah.

Ini dapat diubah menjadi asam urat, yang merupakan komponen urin, dan dikeluarkan melalui kandung kemih.

Baca Juga : Fungsi Miofilamen

CAMP

Cyclic adenosine monophosphate (CAMP) yang hal tersebut berasal dari ATP yang merupakan pembawa pesan lain yang hal ini digunakan untuk transduksi sinyal dan dapat mengaktifkan protein kinase tertentu.

Ini dapat dipecah menjadi AMP. Jalur CAMP dapat berperan dalam kanker tertentu saja seperti karsinoma.

Pada bakteri, ia memiliki peran dalam metabolisme. Ketika sel bakteri tidak menghasilkan cukup energi (dari glukosa yang tidak mencukupi, misalnya), tingkat CAMP tinggi terjadi, dan ini mengubah gen yang menggunakan sumber energi selain glukosa.

Sebutkan siklus atp?

Siklus ATP sebagai berikut :
1. Hidrolisis
ATP–>ADP+Pi+12.000kalori
ADP–>AMP+Pi+12.000kalori
2. Proses terbentuknya kembali
AMP+Pi+12.000kalori–>ADP
ADP+Pi+12.000kalori–>ATP
3. Proses kelangsungan dengan cara :
mendaur ulang–>Siklus ATP–>sistem energi

Bagaimanakan proses pembentukan atp?

Apabila terdapat dua atom hidrogen yang dibebaskan serta di pindahkan kedalam dua molekul (NADH) sebagai pembantu yang bisa dipergunakan jangka panjang.
Nah, separuh energi dari ikatan kimia glukosa yang terputus itu dapat secara langsung dipergunakan sebagai proses perubahan pembentukan ADP untuk menjadi ATP.

Tahukah kamu yang dimaksud hidrolisis atp?

Hidrolis atp ialah sebuah reaksi yang digunakan sebagai pembantu dalam proses pelepasan energi pada ikatan phosphat yang terdapat di dalam molekulnya, nah pada saat itulah ATP sedang mengalami suatu hidrolisis.

Cukup sekian dulu yang dapat quipper.co.id sampaikan tentang materi makalah fungsi atp, semoga saja ulasan kali ini bisa sangat bermanfaat untuk para sobat – sobat sekalian.