Fungsi Ligamen

Posted on

Fungsi Ligamen – Hay sahabat semua.! Setelah sebelumnya Quipper.co.id telah membahas materi tentang Fungsi Sendi Putar Maka dipertemuan kali ini akan kembali Quipper.co.id sampaikan materi tentang fungsi Ligamen Beserta Struktur, Gambar, Jenis, Mekanisme dan Contohnya Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, yuk kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Ligamen

Fungsi Ligamen
Fungsi Ligamen

Apa yang dimaksud dengan Ligamen? yakni merupakan sebuah jaringan yang mempunyai bentuk seperti pita yang disusun oleh sejumlah serabut yang sangat berperan dalam menyatukan antara tulang yang satu dengan tulang yang lain pada sendi.

Kemudian pada Ligament menyerupai seperti pita jaringan elastis yang mengaitkan pada luar ujung tulang yang saling menyusun persendian, dan juga sangat membantu dalam mengontrol rentang gerak, serta memberikan kestabilan diantaranya sehingga tulang bisa bergerak dengan baik.

Namun pada tanpa ligament, maka antara tulang yang satu dengan tulang yang lain tidak akan akan bisa berhubungan maka kemudian tidak akan mampu melakukan sebuah gerakan ketika otot saling berkontraksi.

Namun apabila masih bisa melakukan pergerakan, maka tentunya pada gerakan yang ditimbulkan tidak akan bisa dengan sempurna.

Struktur Ligamen

Gambar Ligamen
Gambar Ligamen

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa Ligamen ialah merupakan sutu jaringan ikat yang mempunyai komponen biomekanik yang cukup unik.

Selain itu Ligamen juga mempunyai bentuk seperti sebuah pita padat yang dikenal dengan jaringan ikat kolagen.

Kemudian pada Struktur dari ligamen sendiri yang mana tersusun atas protein yang berbentuk seperti kolagen, dan pada protein kolagen itu mempunyai bentuk sangat panjang, dan fleksibel serta berbentuk seperti layaknya sebuah benang atau serat.

Pada umumnya serat kolagen tersebut dapat dijumpai di tubuh manusia maupun mamalia lainnya dan mempunyai jumlah yang sangat banyak.

Sehingga dengan Adanya jaringan kolagen tersebut menjadikan kulit menjadi sangat elastis dan menyusun dari sebagian besar pada jaringan ikat.

Kemudian pada Sifat elastis yang dimiliki pada serat kolagen itu hingga bisa membuat kulit menjadi teregang ketika tubuh sedang melakukan suatu gerakan misalnya seperti sedang melipat pada bagian siku dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Pengertian Periosteum

Selain itu pada serat kolagen kerap diatur berdasarkan pola persimpangan, yang mendukung dan juga mencegah sendi tubuh melakukan pergerakan yang melebihi batas kemampuannya.

Fungsi Ligamen

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi dari ligamen, berikut ini penjelasannya :

Menentukan Rentang Gerakan

Hampir setiap ligamen yang terdapat di dalam setiap sendi tubuh manusia yang mana mempunyai peran yang sangat penting agar dapat menentukan sampai dimana jarak yang dapat dilakukan terhadap sendi tersebut.

Maka dengan demikian, hal ini akan dapat mencegah terjadinya dislokasi sendi.

Namun selain itu Ligament juga bisa sangat membantu untuk dapat mencegah adanya hiperekstensiyang dapat terjadi pada tulang ataupun sendi.

Jadi sederhananya , pada ligament ini sangat berfungsi guna memberikan kestabilan bagi sendi dan juga mengarahkannya selama melakuan suatu gerakan.

Perlindungan Tulang dan Sendi

Kemudian fungsi selanjutnya ialah Ligament bisa membantu dalam melindungi tulang dan jug sendi dari terjadinya patah, hal ini disebabkan apabila sendi megalami ketegangan maka suatu waktu pada ligament dapat mengalami perubahan bentuk jika berada di bawah beban konstan.

Proprioseptif

Kemudian Fungsi ligament yang lain selanjutnya ialah guna menjaga dalam mempertahankan terhadap postur pada seseorang dengan metode sistem proprioseptif.

Misalnya saja pada ketika sendi lutut sedang dibengkokkan, maka akan dapat dengan segera merangsang saraf proprioseptif agar dapat membuat terjadinya kontraksi otot dalam waktu yang bersamaan, sehingga secara sigap membuat seseorang segera menyadari akan posisi lutut dan kakinya.

Jenis dan Fungsi Khusus Ligamen

Di bawah ini terdapat klasifikasi jenis dari ligamen yakni berikut penjelasannya :

Ligament Articular

Apa yang dimaksaud dengan Ligament articular? yakni merupakan suatu jaringan ikat yang mengaitkan antar tulang untuk membentuk sendi.

Selain itu pada Ligament ini mempunyai tekstur yang sangat kuat dan juga berserat sangat padat.

Adapun Fungsi dari ligament ini ialah guna menyatukan jaringan dan juga mebuatnya menajdi lebih lentur atau bahkan ia juga dapat memperpanjang jaringan tubuh. Adapun Contoh pada ligament articular ini ialah:

  • Yang letaknya berada pada bagian kepala dan leher yakni mencakup ligament krikotiroid, periodontal, dan suspensorium okluar
  • Yang kedua terletak pada bagian pergelangan tangam yang mana tersusun dari ligament dorsal radiokarpal, lalu kolateral, kemudian palmar radiokalpar.
  • Yang ketiga ialah terletak pada bagian dada yang mencakup ligament suspensorium
  • Yang kemempat ialah terletak pada bagian lutut yang mencakup seperti ligament patella, lalu cruciatum anterior, kemudian kaudal, dan juga ligament kolateral lateralis, serta selanjutnya ligament kolateral
Baca Juga :   Klasifikasi Platyhelminthes

Ligament Remnant Fetal

Apa yang dimaksud dengan Ligament remnant fetal ? yakni merupakan suatu ligament yang sudah ada sejak lahir yang hingga proses pertumbuhan berlangsung namun ligamen tersebut masih tetap bisa berkembang hingga membentuk jaringan berupa ligament. Adapun Contoh ligament remnant fetal, ialah seperti di bawah ini :

  • Yang pertama Ligament venosum
  • Yang kedua Ligament arteriosum
  • Yang ketiga Tali arteri umbilikalis
  • Yang keempat Ligamentum lingkaran hati

Ligament Peritoneal

Apa yang dimaksud dengan Ligament peritoneal ? yakni merupakn salah satu ligament yang tersusun yang letaknya di dalam dan berada sekitar lapisan membrane pada rongga perut.

Dimana pada Ligament peritoneal seperti mengelilingi beberapa pembuluh darah yang ada pada rongga perut, terutama pada pembuluh darah portal yang mengarah ke hati, serta sangat berperan pada bagian yang dianggap sangat penting dari sistem alat reproduksi wanita. Adapun Contoh ligament ini ialah :

  • Yang pertama Ligament hepatoduodenal
  • Yang kedua Ligament uterus

Ligament Aksesorium

Apa yang dimaksud dengan Ligamen aksesorium ? yakni merupakan salah satu ligament dengan struktur yang dapat memberikan kekuatan terhadap ligament lainnya atau (pembantu).

Adapun Contohnya dari ligament yang berada di tulang belakang yang bisa membantu dalam menstabilkan tulang rawan

Mekanisme Kerja Ligamen

Secara umum, dari setiap ligamen mempunyai prinsip kerja yang masih sangat berkaitan dengan tendon.

Sebab dalam hal ini dimana Ligament dan tendon ialah merupakan sebuah jaringan yang bersifat pasif yang tidak mempunyai kekuatan dalam melaksakan suatu kontraksi guna bisa memperoleh sebuah gerakan.

Selain itu pada tendon pberperan penting dalam membantu berlangsungnya suatu gerkana yang dikukan oleh sendi dengan cara mentransmisikan suatu tekanan yang diterima oleh otot ke tulang.

Baca Juga :   Fungsi Sitoskeleton

Kemudian jika bibandingkan dengan otot,pada tendon ini juga mempunyai serat yang sangat kaku, mempunyai dayatarik yang cukup besar, bahkan bisa menahan besarnya tegangan.

Maka untuk itu, Pada salah satu bagian ruang yang pergerakannya terbatas, dengan adanya kerjasama terhadap otot ke tulang yang hanya bisa dilaksanakan oleh tendon.

Sebab tendon mempunyai kemampuan untuk bisa menahan beban yang sangat cukup besar dengan deformasi yang kecil.

Sehingga dengan adanya Sifat ini memberiken kemampuan terhadap tendon agar dapat mentransformasikan suatu gaya ke bagian tulang tanpa harus menghabiskan energi agar dapat meregangkan tendon.

Sedangkan pada Ligament sendiri sangat berperan agar dapat meneruskan suatu gaya yang telah ditransmisikan dari otot antara tulang yang satu dengan tulang yang lain, maka pada ketika berlangsung suatu pergerakan, dengan adanya stabilitas sendi dapat dipertahankan.

Apa yang dimaksud dengan Ligament peritoneal ?

yakni merupakn salah satu ligament yang tersusun yang letaknya di dalam dan berada sekitar lapisan membrane pada rongga perut.

Apa yang dimaksud dengan Ligament remnant fetal ?

yakni merupakan suatu ligament yang sudah ada sejak lahir yang hingga proses pertumbuhan berlangsung namun ligamen tersebut masih tetap bisa berkembang hingga membentuk jaringan berupa ligament.

Apa yang dimaksaud dengan Ligament articular?

yakni merupakan suatu jaringan ikat yang mengaitkan antar tulang untuk membentuk sendi. Selain itu pada Ligament ini mempunyai tekstur yang sangat kuat dan juga berserat sangat padat. Adapun Fungsi dari ligament ini ialah guna menyatukan jaringan dan juga mebuatnya menajdi lebih lentur atau bahkan ia juga dapat memperpanjang jaringan tubuh.

Jelaskan Contoh Dari Ligament Remnant Fetal ?

– Ligament venosum
– Ligament arteriosum
– Tali arteri umbilikalis
– Ligamentum lingkaran hati

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan dalam pembahasan kali ini mengenai fungsi ligamen, semoga rserangkaian pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :