Fungsi Sendi Pelana

Posted on

Fungsi Sendi Pelana – Hay sahabat sekalian.! pada perjumpaan kali ini akan kembali Quipper.co.id sampaikan materi tentang fungsi sendi pelana secara detail beserta Pengertian, Gambar, Struktur, Letak dan Contoh. Namun diperjumpaan sebelumnya dimana Quipper.co.id juga telah menerangkan materi tentang Fungsi Sendi Engsel Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka yuk kita simak bersama ulasan selengkapnya seperti yang sudah Quipper.co.id rangkum di bawah ini.

Pengertian Sendi Pelana

Fungsi-Sendi-Pelana
Fungsi-Sendi-Pelana

Apa yang dimaksud dengan Sendi pelana atau sering dikenal dengan sebutan sendi interselular.

Kemudian mengapa disebut dengan sendi interselular hal ini disebabkan karena pada bagian permukaan depannya lebih tepatnya pada setiap bagian ujungnya mempunyai bentuk seperti suatu sadel dan juga dengan adanya pertemuan antara pelana yang mempunyai bentuk seperti X.

Selain itu juga pada sendi pelana ini mempunyai sebuah permukaan yang cekung dan juga cembung dan masing-masingnya saling melengkung antara satu dengan yang lainnya.

Struktur Sendi Pelana

Fungsi Sendi Pelana
Fungsi Sendi Pelana

Sama seperti sendi yang lainnya yang mana semuanya memiliki suatu komponen yang merupakan suatu penyusun sendi atau merupakan struktur yang membentuk dari masing – masing persendian.

Nah di bawah ini terdapat beberapa struktur yang merupakan penyusun dari sendi pelana yakni seperti yang ada di bawah ini :

  • Yang pertama ialah Ligamen, yakni merupakan salah satu pengikat pada bagian luar dari tulang persendian.
  • Yang kedua ialah Kapsul sendi, yakni merupakan salah satu pelapis sel.
  • Yang ketiga ialah Cairan sinovula, yakni suatu cairan yang berperan sebagai pelumas yang letaknya berada pada bagian ujung tulang pada kapsul.
Baca Juga :   Fungsi Sendi Geser

Fungsi Sendi Pelana

Nah pada sendi pelana ini mempunyai fungsi sebagai sebuah sendi yang saling menghubungkan antara dua tulang atau bahkan lebih dan juga dapat melakukan gerakan rotasi akan tetapi tidak mampu bergerak ke segala arah yakni hanya dua arah saja .

Misalnya saja seperti ruas pada telapak tangan. Dimana pada bagian ruas telapak tangan tersebut, ada sebuah sendi yang membantu dalam sistem pergerakan sendi tersebut, maka dengan adanya dukungan tersebut sehingga akhirnya mempermudah kita untuk dapat melakukan segala aktivitas apapun.

Macam-Macam Sendi Dan Gambarnya

Gambar Macam Macam Sendi
Gambar Macam Macam Sendi

Di bawah ini terdapat beberapa macam sendi yang sudah Quipper.co.id rangkum untuk sahabat semua, beserta dengan contoh dan penjelasannya, berikut ulasannya.

Sendi Putar atau Pivot

Apa itu sendi Putar ? yakni merupakan salah satu persendian yang mempunyai karakteristik dan berfungsi agar dapat memungkinkan dari satu tulang bisa melakukan suatu putaran, untuk tulang yang lainnya.

Contoh Sendi Putar

Adapun salah satu contoh dari sendi putar ini ialah seperti misalnya persendian di antara tulang hasta, dan juga tulang pengumpil pada lengan.

Sendi Geser atau Plane

Kemudian salah satu sendi yang lainnya ialah sendi geser atau plane yakni merupakan salah satu persendian yang memungkinkan adanya suatu pergerakan terhadap tulang yang sama-sama datar.

Contoh Sendi Geser

Adapun contoh dari sendi geser ini ialah seperti misalnya sendi interkarpal, yang mana pada sendi tersebut dapat menghubungkan berbagai tulang-tulang yang terdapat di pergelangan tangan.

Sendi Pelana atau Saddle

Kemudian salah satu persendian yang lainnya ialah sendi pelana, yang mana pada jenis sendi ini bisa melakukan pergerakan dengan secara dua arah.

Contoh Sendi Pelana

Adapun untuk contoh dari persendian pelana ini ialah misalnya seperti sebuah sendi yang saling menghubungkan antara tulang pergelangan tangan, dengan pangkal dari tulang ibu jari.

Baca Juga :   Fungsi Stroma

Sendi Engsel atau Hinge

Kemudian salah satu jenis sendi yang lainnya ialah sendi engsel atau hinge yakni merupakan sebuah persendian yang berfungsi agar dapat memungkinan tulang bergerak seperti layaknya gerakan dari sebuah pintu, dan sendi hanya begerak pada satu arah.

Contoh Sendi Engsel

Adapun contoh dari persendian ini ialah misalnya seperti Sendi pada lutut, yang mana saling menghubungkan antara tiga tulang: yakni tulang paha, tulang kering dan tulang lutut.

Sendi Peluru atau Ball and Socket

Kemudian salah satu jenis persendian berikutnya ialah sendi peluru yakni merupakan sebuah sendi yang dapat memungkinkan terjadi suatu gerakan dengan ke setiap arah.

Adapun bentuk dari sendi peluru ialah, merupakan sebuah tulang yang mempunyai bentuk menyerupai seperti sebuah lingkaran (ball) kemudian ‘duduk’ dan melekat , pada bagian rongga tulang yang lain (socket).

Namunsendi peeluru di dalam tubuh manusia mempunyai dua jenis sendi peluru. yakni, yang pertama seperti sebuah sendi yang terdapat pada panggul, dan juga merupakan penghubung antara tulang panggul dengan tulang paha.

Kemudian yang selanjutnya ialah yang kedua, yakni persendian pada bahu, yang mana merupakan sendi yang menghubungkan antara tulang belikat dengan lengan atas.

Kelainan Sendi Pelana

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa persendian sangatlah penting , maka seiring berfungsinya persendian tersebut, pasti suatu saat akan mengalmi sebuah kelainan yang akan mengganggu fungsi dari sendi itu sendiri.

Di bawah ini terdapat bebarapa gejala yang kerap terjadi pada setiap persendian, berikut penjelasannya :

  • Arthritis.
  • Arthralgia.
  • Suatu gangguan yang diakibatkan oleh virus atau bakteri tertentu.
  • Sindroma sjogren.
Sebutkan Contoh Sendi Geser?

Adapun contoh dari sendi geser ini ialah seperti misalnya sendi interkarpal, yang mana pada sendi tersebut dapat menghubungkan berbagai tulang-tulang yang terdapat di pergelangan tangan.

Sandi Pelana Disebut juga dengan Sendi Interseluler’ Jelaskan Mengapa?

mengapa disebut dengan sendi interselular hal ini disebabkan karena pada bagian permukaan depannya lebih tepatnya pada setiap bagian ujungnya mempunyai bentuk seperti suatu sadel dan juga dengan adanya pertemuan antara pelana yang mempunyai bentuk seperti X.

Fungsi Cairan Sinovula pada Sendi Pelana Adalah?

yakni suatu cairan yang berperan sebagai pelumas yang letaknya berada pada bagian ujung tulang pada kapsul. Cairan ini berfungsi untuk memberikan kenyamana pada saat sedang mekaukan suatu gerakan, sebab pada cairan berperan sebagai pelicin atau pelumas pada persendian, sehingga tidak terjadi adanya suatu gesekan pada tulang.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai fungsi sendi pelana, semoga serangkaian dari materi pembahasan yang sudah Quipper.co.id rangkum kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan sahabat sekalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :