Rahim

Posted on

Rahim – Hay shabat semua.! Diperjumpaan kali ini akan kembali quipper.co.id sampaikan materi pembahasan tentang rahim dengan disertai pengertian, fungsi, struktur bagian dan gangguannya. Namun diperjumpaan sebelumnya juga Quipper.co.id telah menyampaikan materi tentang Endometrium Untuk melengkapi pembahasan kita kali ini, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Rahim

Fungsi Rahim
Fungsi Rahim

Apa yang dimaksud dengan Rahim? yakni merupakan salah satu bagaian atau organ dari alat reproduksi betina yang paling utama dari kebanyakan jenis mamalia, termasuk manusia.

Dimana pada bagian ujungnya merupakan servik, yang bisa terbuka ke dalam vagina,lalu pada bagian ujung yang satunya lagi sangat luas, yang mana merupakan badan atas rahim, kemudian dihubunngkan terhadap kedua sisi dengan tabung Fallopian.

Kemudian Rahim juga mempunyai berbagai bentuk serta bermacam ukuran pada setiap organisme yang berbeda.

Khususnya yang terdapat pada manusia yakni mempunyai bentuk seperti buah pir dan seukuran telur ayam.

Namun terdapat beberapa diantaranya suatu dari organisme misalnya seperti yang dimiliki kucing dan babi, dan juga untuk jenis karnivora lainnya yang mempunyai rahim bipartite.

Dimana letak Rahim tersebut berada pada bagian pelvis dan dorsal (dan terkadang agak kranial) ke kandung kemih dan ventral ke rektum. Dan terdapat penahan Rahim agar ia tetap berada ditempatnya oleh ligamen.

Kemudian penyusunan Rahim hampir dari sebagian tersusun atas otot. Dan untuk lapisan yang merupakan permanen atas jaringan yang letaknya berada di bagian paling dalam dikenal juga dengan endometrium.

Fungsi Rahim

  • Kerap digunakan untuk sebuah tempat berlangsungnya pertumbuhan dari hasil pembuah sel ovum oleh sel sperma. Kemudian dari hasil fertilisasi tersebut akan mengalami pertumbuhan menjadi janin, hingga pada ukurannya akan terus membesar sampai pada waktunya melahirkan.
  • Rahimkera digunakan sebagai tempat mencerna peredaran darah menuju ke organ seksual pada saat melakukan hubungan intim.
  • Rahimpun memberikan kemudahan pada saat proses persalinan berlangsung dengan mengandalkan kontraksi otot atas penyusunnya.
  • Kemudian pada setiap Komponen yang menysunnyapun juga sangat berperan dalam organ lain misalnya saja seperti kandung kemih, lalu usus, dan juga tulang pelvis agar dapat melakukan sebagaimana peranannya masing-masing dengan secara normal.
Baca Juga :   Fungsi Tulang Pendek

Struktur Rahim

Fundus Uteri

Apa yang diamksud dengan Fundus uteri ? yakni merupakan salah satu bagian dari rahim yang bentuknya menyerupai seperti kubah.

Pada bagian ini Tuba Falloppi masuk ke uterus Pada masa kehamilan, tinggi dari fundus uteri dapat membantu untuk memperikaran usia kehamilan seseorang.

Yang terletak berada dibagian tuba falloppi kemudian nantinya akan masuk ke rahim pada saat masuk masa kehamilan yang besar sehingga nantinya fundus uteri bisa memperikaran masa usia kehamilan seseorang.

Korpus Uteri

Apa yang dimaksud dengan Korpus uteri? yakni merupakan suatu bagian badan rahim yang pertama dan juga berukuran sangat besar.

Serviks Uteri

Apa yang dimaksud dengan Serviks uteri Yakni merupakan salah satu bagian yang bentuknya menonjol didalam vagina yang terdapat pada dinding depan uterus.

Serviks uteri terdiri dari dua bagian, yaitu seperti berikut :

  • Pars vaginalis atau yang biasa juga disebut porsio serviks
  • Pars Supravaginalis, yaitu bagian serviks uteri yang terletak di atas vagina

Bagian – Bagian Rahim

Endometrium

Apa yang dimaksud dengan endometrium ? yakni Merupakan sebuah lapisan yang membentuk sebuah selaput lendir yang tersusun atas jaringan epitel, kelenjar dan juga banyak pembuluh darah diantaranya.

Myometrium

Apa yang dimaksud dengan Myometrium? yakni merupakan sebuah lapisan otot yang mana penyusunnya ialah merupakan sekelompok otot polos.

Dan pada Bagian dalamnya dari lapisan ini dimana sebagaiannya tersusun atas otot yang mempunyai bentuk sirkuler (melingkar).

Perimetrium

Apa yang dimaksud dengan Perimetrium ? yakni merupakan salah satu lapisan yang letaknya berada dibagian luar rahiim , dimana pada lapisan ini juga kerap dikenal dengan sebutan serosa.

Gangguan Pada Mulut Rahim

Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang dapat menyerang mulut rahiim:

Baca Juga :   Fungsi Saponin

Servisitis

Apa yang dimaksud dengan Servisitis? yakni merupakan suatu gejala atau penyakit adanya peradangan yang berlangsung pada bagian mulut rahiim atau (serviks).

Dimana apabila dalam keadaan ini, maka pada jaringan serviks akan mengalami beberapa kondisi, misalnya saja seperti terjadi memar yang masih memerah, pembengkakan , dan juga berlendir.

Yang biasanya gejala Servisitis dapat diakibatkan dengan adanya penyakit yang menular melalui seksual, sihingga terjadi sebuah reaksi alergi pada bagian pembersih kewanitaan dan kondom, dan yang lebih dominan yakni perkembangan sebuah bakteri di dalam vagina yang disebabkan adanya hubungan seksual secara bebas dan tak sehat.

Polip serviks

Apa yang dimaksud dengan Polip serviks ? yakni merupakan suatu gejala penyakit yang berupa tumor jinak yang yang biasanya tumbuh dan berkembang di dalam bagian mulut rahiim.

Kanker serviks

Apa yang dimaksud dengan Kanker serviks? yakni merupakan suatu perkembangan sel yang tidak teraratur dan bersifat ganas yang terjadi pada bagian mulut rahim.

Dimana apabila masih dalam tingkat stadium awal, maka penyakit kanker serviks ini tidak akan menampakan sedikitpun gejala yang ditimbulkan.

Akan tetapi apabila telah mencapai pada tingkat stadium lanjut, maka pada penyakit kanker serviks tersebut akan menampakan berbagai macam gejala, misalnya seperti terjadinya suatu pendarahan abnormal yang terjadi pada vagina, akibatnya menimbulkan rasa nyeri pada saat melkaukan hubungan seksual, sehingga akhirnya begitu mengeluarkan cairan maka akan mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap dari dalam vagina serta rasa nyeri pada bagian panggul.

Apa yang dimaksud dengan Rahim?

Yakni merupakan salah satu bagaian atau organ dari alat reproduksi betina yang paling utama dari kebanyakan jenis mamalia, termasuk manusia.

Apa itu Endometrium ?

Yakni Merupakan sebuah lapisan yang membentuk sebuah selaput lendir yang tersusun atas jaringan epitel, kelenjar dan juga banyak pembuluh darah diantaranya.

Apa yang dimaksud dengan Myometrium?

yakni merupakan sebuah lapisan otot yang mana penyusunnya ialah merupakan sekelompok otot polos.

Apa yang dimaksud dengan Perimetrium ?

yakni merupakan salah satu lapisan yang letaknya berada dibagian luar rahim , dimana pada lapisan ini juga kerap dikenal dengan sebutan serosa.

Apa yang dimaksud dengan Fundus uteri ?

yakni merupakan salah satu bagian dari rahim yang bentuknya menyerupai seperti kubah.

Apa yang dimaksud dengan Korpus uteri?

yakni merupakan suatu bagian badan rahim yang pertama dan juga berukuran sangat besar.

Apa yang dimaksud dengan Serviks uteri?

Yakni merupakan salah satu bagian yang bentuknya menonjol didalam vagina yang terdapat pada dinding depan uterus.

Apa itu Gejala Servisitis?

yakni merupakan suatu gejala atau penyakit adanya peradangan yang berlangsung pada bagian mulut rahim atau (serviks).

Apa yang dimaksud dengan gejala Polip serviks ?

yakni merupakan suatu gejala penyakit yang berupa tumor jinak yang yang biasanya tumbuh dan berkembang di dalam bagian mulut rahim.

Kanker serviks Adalah?

yakni merupakan suatu perkembangan sel yang tidak teraratur dan bersifat ganas yang terjadi pada bagian mulut rahim.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai rahim kali ini, semoga serangkaian dari sajian ini dapat menginspirasi serta menambah ilmu pengetahuan serta wawasan sahabat sekalian.

Baca Juga Daftar Artikel Lainnya :