Fungsi Sendi Geser

Posted on

Fungsi Sendi Geser – Hay sahabat semua.!Diperjumpaan kali ini kembali akan Quipper.co.id sampaikan materi tentang Pengertian Sendi Geser, Gambar Lengkap dengan Penjelasannya Namun dipertemuan sebelumnya Quipper.co.id juga telah menerangkan materi tentang Fungsi Sendi Putar Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka yuk, simak ulasan selengkap seperti yang ada di bawah ini.

Pengertian Sendi Geser

Fungsi Sendi Geser
Fungsi Sendi Geser

Apa itu persendian atau disebut dengan artikulasi ialah hubungan antar berbagai tulang yang mempunyai fungsi sebagai suatu alat sistem gerak pada manusia.

Dimana pada persendian ini mempunyai peran yang sangat penting dalam proses gerak yang akan dilakukan oleh manusia.

Dimana pada proses gerakan yang berlangsung diantara sebuah tulang yang satu dengan yang lainnya dan pada bagian persedian ini juga diikat dengan sebuah jaringan yang dikenal juga dengan sebutan ligamen.

Kemudian ketika sistem gerak ini berlangsung yang mana untuk mempermudah proses pergerakannya agar dari masing-masing tulang ketika bergerak tidak mengalami suatu gesekan maka ini merupakan tugas dari pelumas atau dikenal dengan minyak sendi yang disebut dengan cairan sinovial.

Kemudian apabila pada pelumas sendi atau disebut cairan sinovial tersebut mengalami kehabisan, maka hal tersebut akan meyebabkan apabila kita melakukan suatu gerakan kemudian pada persendian mengalami rasa sakit yang luar biasa oleh sebab tidak adanya pelicin yang melapisi sistem pergerakan tersebut.

Fungsi Sendi Geser

Fungsi Sendi Geser
Fungsi Sendi Geser

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi dari persendian geser yang sudah quipper.co.id rangkum untuk sahabat semua.

Nah untuk mengetahui lebih jauh lagi, maka bisa sahabat Quipper.co.id semua simak ulasan selengkapnya seperti yang ada di bawah ini.

Baca Juga :   Fungsi Sentrosom

Secara umum fungsi dari sendi yang terdapat dalam tubuh manusia yakni merupakan salah satu komponen yang bersifat fleksibel dan juga suatu gerakan yang terjadinya hanya pada tempatnya.

Namun disamping itu juga sendi ini sangat berfungsi untuk dijadikan sebagai suatu poros pada anggota gerak.

Kemudian pada setiap jenis sendi yang terdpaat di dalam tubuh yang hanya sedikit bisa melakuakn pergerakan. Akan tetapi masih sangat bergitu berfungsi dalam menstabilkan tubuh.

Hal yang harus sobat pahami bahwa di dalam tubuh manusian terdpat sejumlah sendi sekitar 360 sendi.

Yang mana masing-masing persendian tersebut mempunyai peran dan fungsinya tersendiri.

  • Menghubungkan Antar Tulang

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Sendi geser merupakan salah satu persendian yang berperan sebagai penghubung antar tulang yang sehingga dapat memperoleh suatu gerak dan juga berfungsi agar dapat menggeser yang disesuaikan dengan fungsinya.

Sedangkan untuk contoh sendi geser ialah hubungan antar tulang belakang.

Dengan kata lain, sendi geser ialah merupakan salah satu bentuk yang berlangsung dari sebuah hubungan terhadap dua bagian tulang yang membantu dalam proses berlngsungnya gerakan walau hanya sedikit.

  • Mengatur Pergeseran Antar Tulang

Dalam hal ini dimana pada sendi ini sendiri sangat berfungsi agar dapat membuat tulang dapat melakukan pergeser yang sudah disesuaikan dengan yang dibutuhkan bagi tubuh.

Maka apabila tanpa adanya sendi geser ini, sangat beremungkinan tubuh tidak akan dapat melakukan pergerakan.

Namun disamping itu sendi geser ini akan dapat melakukan pekerjaan dengan secara optimal jika terdapat sebuah cairan yang akan berperan sebagai pelicin atau pelumas agar dapat mempermudah peroses terjadinya pergerakan.

Sebutkan Contoh Sendi Geser adalah?

Misalnya sendi pada tulang pergelangan tangan. Pada pergelangan tangan terdapat lebih kurang 20 sendi geser

Jelaskan Berpakah Jumlah Sendi Yang Terdapat di Dalam Tubuh Manusia?

Adapun jumlah persendian yang ada di dalam tubuh manusia yakni terdapat sekitar 360 sendi.

Sebutkan Fungsi Cairan sinovial Bagi Persendian?

Yakni membantu dalam proses Berlangsungnya pergerakan yang dilakukan oleh manusia, yang mana pada cairan ini berperan dalam melumasi bagian yang akan mulai melakukan pergerakan agar menjadi licin sehingga tidak akan menyebabkan adanya gesekan yang dapat ditimbulakan antara tulang yang satu dengan tulang lainnya.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai materi tentang fungsi sendi Geser, semoga serangkaian dari apa yang sudah Quipper.co.id rangkum kali ini bisa menjadi sajian yang bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan sahabat semua.

Artikel Lainnya :