Fungsi Sendi Engsel

Posted on

Fungsi Sendi Engsel – Hay sahabat semua.! Diperjumpaan kali ini kembali akan Quipper.co.id sampaikan materi tentang pengertian sendi engsel, dengan lengkap beserta Gambar, struktur dan penjelasannya.

Namun pada perjumpaan sebelumnya dimana Quipper.co.id juga telah menerangkan materi tentang Fungsi Tulang Jari Kaki

Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka, yuk kita simak bersama ulasan selengkapnya seperti yang terdapat di bawah ini.

Pengertian Sendi Engsel

Fungsi Sendi Engsel
Fungsi Sendi Engsel

Apa yang dimaksud dengan sendi engsel? yakni erupakan salah satu sendi yang menghubungkan antara tulang demi tulang yang berguna agar dapat melakukan sebuah gerakan, contohnya saja seperti suatu gerakan mundur dan maju .

Adapaun contoh dari persendian ialah misalnya sendi siku, atau kemudian persendian lutut selanjutnya persendian yang terdapat pada ruas yang ada pada jari tangan.

Struktur Sendi Engsel

Gambar Struktur Sendi Engsel
Gambar Struktur Sendi Engsel

Dari setiap persendian pasti terdapat struktur penyusunnya misalnya seperti sendi engsel yang mana disusun dengan berbagai faktor atau komponen yang masing-masing persendian tersebut pasti mempunyai fungsi yang masih saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Nah berikut ini terdapat beberapa komponen yang dimaksud yakni :

  • Yang pertama ialah Kapsul sendi yang ana tersusun atas satu selaput penutup yang dikenal dengan fibrosa padat.
  • Yang kedua ialah suatu Lapisan yang dihasilkan dari sebuah jaringan penghubung dan mempunyai banyak pembuluh.
  • Yang ketiga ialah Sinovium, yang bentuknya menyerupai seperti kantung dan merupakan pelapis dari keseluruhan sendi dan termasuk pembungkus setiap tendon yang masuk melalui sendi.
  • Yang keempat ialah suatu Lapisan bursa yang terdapat setiap persendian yang ada dan juga yang membentuk sinovium
Baca Juga :   Fungsi Fospolipid

Fungsi Sendi Engsel

Fungsi Sendi Engsel
Fungsi Sendi Engsel

Mengenai sendi engsel ialah merupakan persendian yang mempunyai fungsi agar dapat memungkinkan berlangsungnya suatu gerakan yang mana hanya dapat bekerja pada satu arah saja.

Dimana secara umum, pada persendian engsel ini hanya dapat bergerak seperti ditekuk dan juga diluruskan saja.

Namun hal yang haru sobat pahami, bahwa mengenai sendi engsel ini ialah mempunyai peranan yang justru kebalikan dari pada persendian pelana.

Jenis-jenis Sendi Berdasarkan Arah Gerakannya

Pada sendi engsel ini iaalah merupakan salah satu dari berbagai jenis sendi yang ada dimana fungsinya dengan berdasarkan pada arah dari setiap gerakan yang dilakukan di bawah ini terdapat beberapa macan jensi persendian , yang fungsinya mempunyai keterkaitan antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya dan juga sesuai dengan arah dari gerakannya.

  • Yang Pertama ialah sendi Engsel¬†yang mana pada bagian permuakaannya berbentuk bundar dan merupakan salah satu jenis persendian yang menghubungkan antara tulang masih berkaitan contohnya seperti sendi siku.
  • Yang kedua ialah sendi Peluru yakni merupakan salah satu jenis dari persendian yang menghubungkan antara tulang satu dengan tulang yang terkait yang berfungsi agar dapat melakukan gerakan kesegala arah. Contohnya saja seperti sendi yang menghubungkan antara tulang gelang panggul dengan tulang paha dan kemudian diantara salah satu sendi yang menghubungkan antara pangkal lengan atas dengan gelang bahu.
  • Yang ketiga ialah sendi Putar : yang mana pada bagian ujung nampak berbentuk bulat dan nampak masuk di dalam roangga cawan tulang lainnya, yang mengizinkan gerakan kesegal jurusan. Contohnya seperti bola yang ada di dalam lubang yang mempunyai bentuk seperti cawan= misalnya seperti sendi panggul dan juga sendi bahu.
Baca Juga :   Fungsi Sendi Peluru

Kelainan Sendi Engsel

Di bawah ini terdapat beberapa gangguan atau kelainan yang kerap terjadi pada bagian sendi engsel, berikut ini penjelasannya.

  • Yang pertama dapat dipicu dengan kuman yang menyerang bagian persendian sehingga menyebabkan adanya suatu infeksi konore dan silifis yang kemudian mengakibatkan pada bagian persendian tersebut menjadi kaku atau bahkan bisa menjadi layu .
  • Yang kedua ialah Artritis, yakni suatu gejala yang meneyerang persendian sehingga terjadi suatu peradangan yang diiringi dengan adanya pembekakan lalu kaku atau bahkan kesulitan ketika akan melakukan pergerakan.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai fungsi sendi engsel, semoga serangkaian dari apa yang sudah dipaparkan kali ini bisa menjadi suatu sajian bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan sahabat sekalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :