Kromatid Adalah

Posted on

Kromatid Adalah ? Hay sahabat sekalian diperjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi tentang Kromatid Adalah : Fungsi, Gambar, Struktur Lengkap Beserta Penjelasan. Namun diperjumpaan sebelumnya quipper.co.id juga telah menerangkan materi tentang Fungsi Badan Golgi Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita maka yuk kita simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Kromatid

Kromatid Adalah
Kromatid Adalah

kromatid adalah salah satu atas dua lengan yang diperoleh dari hasil replikasi kromosom. Dimana keberadaannya masih menempel antara satu dengan yang lainnya dibagian sentromer.

Kemudian kromatid juga mempunyai istilah lain dalam penyebutannya yakni kromonema.

Pada dasarnya kromonema ialah meruapakan sebuah filamen yang sangat tipis yang namapak pada saat proses tahapan profase namun terkadang pada tahapan interfase.

Mekanisme Kromatid

hampir dari sebagian inti pada setiap sel, dimana terhadap DNA untuk organisme yang dijumpai menjadi kromosom.

Namun hal tersebut sangat tergantung dari jenis organisme, sebab apabila jumlah kromosom pada jenis yang berbeda maka akan berbeda struktur dari kromosom.

Dimana pada setiap kromosom tersusn atas dua untai DNA identik yang dikenal dengan sebutan kromatid.

Seiring dengan berjalannya waktu, dimana kromosom mengalami perkembangan dan bahkan menjadi sangat panjang, dengan helai tipis DNA yang biasa dikenal dengan sebutan kromatin.

Kemudian apabila sel tidak membagi, untuk saling mereplikasi DNA-nya sehingga setiap kromosom tersusun atas dua kromatid kakak yang letaknya saling berdampingan antara satu dengan yang lainnya.

Namun sementara itu mereka terlihat seperti sedang berjalan sejajar antara satu dengan yang lainnya, namun terdapat bagian yang mana dari setiap kromatid bergabung dengan yang lain, yang dikenal dengan sebutan sentromer.

Baca Juga :   Pengertian Periosteum

Selain itu dimana kromatid sangat berperan penting pada saat proses pembelahan sel, baik itu dalam tahapan mitosis dan meiosis. 

Mitosis ialah merupakan suatu duplikasi DNA dan inti guna memperoleh sebuah hasil dua inti, dan nantinya akan menghasilkan dua sel anak yang identik dengan secara genetik yang diperoleh dari sel orang tua tunggal.

Dimana dengan Mitosis ini natinya akan digunakan guna proses pertumbuhan dan juga perbaikan serta dalam penggantian sel.

Sedangkan Meiosis hanya berlangsung dalam sel-sel reproduksi guna menghasilkan sejumlah sel-sel kelamin atau gamet yang mempunyao setengah dari beberapa DNA yang digunakan sebagai sel induk.

Kromatid Adalah
Kromatid Adalah

Skema Tahapan Kromatid

Di bawah ini terdapat dua tahapan yang berlangsung dengan memasuki siklus mitosis dan mieosis, berikut ini penjelasannya.

Kromatid dalam Mitosis

Pada saat replikasi sel dibutuhkan, untuk dapat memasuki siklus sel.

Dimana sebelum fase mitosis siklus, dimana nantinya sel akan mengalami periode pertumbuhan dan ia akan meniru DNA dan organelnya.

Prophase

Pada fase yang pertama mitosis atau bisa disebut juga dengan prophase, dimana pada serat kromatin yang direplikasi akan membentuk kromosom. Kemudian dari kromosom yang direplikasi tersusun atas dua kromatid (kromatid adik) yang saling terhubung dibagian daerah sentromer.

Dimana Centromen kromosom mempunyai fungsi dan kerap digunakan sebagai sebuah tempat melekatnya serat spindle selama pembelahan sel berlangsung.

Metafase

Kemudian dalam fase metafase, dimana dalam tahapan ini kromatin akan menjadi kromatid kental sehingga akan tersendat di sepanjang daerah pertengahan pelat sel atau metafase.

Anafase

Kemudian dalam tahapan anafase, yang mana kromatid saudari akan saling dipisahkan dan akan ditarik menuju ke bagian setiap ujung-ujung sel yang saling berlawanan dengan serat spindle.

Telofase

Kemudian dalam fase telofase, yang mana dari masing-masing kromatid saling terpisah dan disebut juga sebagai kromosom anak perempuan.

Baca Juga :   Fungsi Sendi Geser

Kemudian dari setiap kromosom putri tersebut yang mana terbungkus dalam nukleusnya sendiri.

Maka setelah proses pembagian sitoplasma yang disebut juga sebagai sitokinesis, maka akan ada dua sel putri yagng saling berbeda diproduksi. Kedua sel tersebut identik dan mengandung jumlah kromosom yang sama.

Kromatid Adalah
Kromatid Adalah

Kromatid di Meiosis

Apa itu Meiosis ? yakni merupakan sebuah proses pembelahan sel menjadi dua bagian yang yang terjadi pada sel seks.

Dimana adanya proses ini hampir menyerupai dengan mitosis yang tersusun atas fase prophase, lalu metaphase, anaphase dan juga telophase.

Akan tetapi, pada meiosis sel kerapkali mengalami tahap ini dua kali. Dimana dalam meiosis, kromatid saudari tidak saling terpisah hingga sampai memasuki pada fase anafase II.

Maka kemudain setelah sitokinesis, yang mana empat sel putri diproduksi yang dilakukan dengan setengah jumlah kromosom sebagai sel asli.

Kromatid dan Nondisjunction

Dalam fase ini merupakan hal yang sangat penting yang mana kromosom dipisahkan harus sesuai dan benar selama pembelahan sel.

Sebab apabila terjadi setiap kegagalan kromosom homolog atau kromatid agar dapat melakukan pemisahan sebuah hasil dengan benar maka nantinya akan menghasilkan apa yang disebut dengan nondisjunction.

Dimana pada Nondisjunction ini selama tahapan mitosis atau meiosis II berlangsung yakni pada saat kromatid saudari telah gagal melakukan pemisahan dengan benar selama anafase atau anafase II.

Maka dari Setengah pada sel perempuan yang dihasilkan akan mempunyai dan bahkan menimbulkan kelebihan kromosom, disisi lain separuh dari yang lainnya tidak mempunyai kromosom.

Selain itu pada Nondisjunction juga dapat berlangsung pada meiosis I dimana pada saat kromosom homolog telah gagal berpisah.

Maka Konsekuensi ialah akan mempunyai terlalu banyak atau yang sebagaiannya lagi justru akan mengalami kekurangan kromosom, maka dalam hal ini akan berakibat serius atau bahkan fatal.

Baca Juga :   Fungsi Tulang Telapak Tangan

Perbedaan Antara Kromoson dan Kromatid

Perbedaan Antara Kromosom dan kromatid

Ringkasan

  • Pada sebuah kromosom merupakan suatu bentuk tunggal DNA dan protein yang hidup dalam sel. Sedangkan pada kromatid ialah merupakan saudara dan replika yang cocok atau identik dari kromosom yang disusun pada saat sel sedang dalam fase mitosis atau meiosis.
  • Kemudian pada sebuah kromosom akan membawa informasi reproduksi yang akan dihantarkan untuk sebuah sel tunggal. Sedangkan kromatid juga berperan sama yakni akan membawa informasi yang sama, akan tetapi belum membentuk sel sendiri.
  • Kromosom dapat dijumpai pada lokasi yang berbeda dari sel namun tergantung pada organisme. Sedangkan pada eukariota mereka berada diinti dan dalam prokariota mereka ada di dalam sel bakteri endosimbiotik.
  • Kemudian Kromosom menyusun organisme dan memberi mereka karakteristik , sehingga kromatid akan memungkinkan sel-sel ini untuk mereplikasi.
Kromatid Adalah

Kromatid ialah merupakan salah satu bagian yang diperoleh dari kromosom yang berbentuk berupa lengan yang antara satu dengan yang lainnya saling berkitan/ tertaut dan mengikat kedua kromatid atau yang biasa dikenal dengan sebutan sentromer

Apa yang Dimaksud Dengan Kromosom?

Yakni merupakan sebuah unit genetik yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup dimana kromosom ini tersusun atas dua molekul inti yakni seperti DNA dan Protein

Apa Yang Dimamaksud Dengan Kromonema?

Yakni merupakan suatu benang DNA yang berpilin dan berada terendam di dalam metrik, dalam jangkauan tertentu sehingga membentuk suatu untaian yang disebut dengan kromomer.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai kromatid, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga :