Pengertian Organisasi

Posted on

Pengertian Organisasi – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan pembahasan materi makalah pengertian organisasi. Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi tentang Contoh Kop Surat. Nah untuk melengkapi apa yang menjadi pembahasan kita kali ini maka, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi
Pengertian Organisasi

Memahami organisasi ialah wadah atau tempat pertemuan bagi sekelompok orang untuk bekerja bersama secara rasional dan sistematis, terkontrol dan berorientasi agar dapat mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya yang tersedia.

Secara umum, organisasi dapat menggunakan sumber daya tertentu supaya dapat mencapai tujuannya.

Seperti; uang, permesinan, metode atau cara, lingkungan, sumber daya manusia dan sumber daya lainnya, dilakukan secara sistematis, rasional, dan terkendali.

Yang dimaksud dengan organisasi di dunia perbisnisan ialah sekelompok orang atau dengan kelompok yang berkolaborasi bersama adar dapat mencapai tujuan bisnis.

Sebagai organisasi nirlaba, dalam dunia bisnis istilah ini juga memiliki struktur yang jelas Memahami struktur organisasi dan memiliki budaya kerja.

Oleh karena itu, organisasi yang berbeda juga akan memiliki struktur dan tujuan yang berbeda.

Tujuan Organisasi

Mengacu pada pemahaman organisasi, tujuan organisasi tidak hanya fokus pada pencapaian visi dan misi perusahaan, tetapi juga meningkatkan pendapatan yang melebihi biaya produksi.

Inilah yang membedakan organisasi nirlaba.Secara umum, beberapa tujuan organisasi adalah sebagai berikut:

  • Sebagai forum agar dapat mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.
  • Tingkatkan kapasitas, kemandirian dan sumber daya yang dimiliki.
  • Sebagai forum bagi individu yang ingin memegang posisi, penghargaan dan pembagian kerja.
  • Sebagai forum untuk mencari keuntungan bersama. organisasi memainkan peran dalam pengelolaan lingkungan bersama.
  • Organisasi dapat membantu orang membangun hubungan dan memanfaatkan waktu luang mereka dengan baik.
Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Sapi

Sebagai forum untuk pemberdayaan dan pengawasan. Tujuan organisasi umumnya dibagi menjadi tiga, termasuk:

1. Tujuan Organisasi Jangka Pendek

Ini adalah tujuan organisasi yang harus dicapai dengan cepat dan berkala, biasanya dalam enam bulan hingga satu tahun.

Tujuan organisasi jangka pendek ini akan menjadi tolok ukur agar dapat mencapai tujuan jangka menengah dan panjang.

Periode sasaran singkat dapat disesuaikan dengan adanya periode keuangan dalam suatu organisasi, biasanya dalam waktu enam bulan atau per tahun. Umumnya disebut tujuan operasional.

Contoh: Peningkatan omset sebesar 30% dalam waktu enam bulan.

2. Tujuan Organisasi Jangka Menengah

Ini adalah tujuan organisasi yang harus dicapai dalam jangka menengah atau lebih dari tujuan jangka pendek.

Batas waktu untuk mencapai jangka menengah adalah satu tahun hingga tiga tahun.

Tujuannya organisasi dalam jangka menengah ialah serangkaian pencapaian tujuannya organisasi dalam jangka pendek. Tujuan taktis yang biasa disebut.

Contoh: Peningkatan pangsa pasar 20% dalam satu tahun.

3. Tujuan Organisasi Jangka Panjang

Ini adalah tujuan atau hasil akhir yang ingin dicapai oleh suatu organisasi yang dapat dicapai setelah pemenuhan misi organisasi.

Periode 3 sampai 5 tahun. Tujuannya dalam jangka panjang ini dapat dicapai bila mereka berhasil dalam mencapai adanya tujuan jangka menengah mereka. Biasanya disebut sebagai tujuan strategis.

Ciri Organisasi

Ini adalah tujuan atau hasil akhir yang ingin dicapai oleh suatu organisasi yang dapat dicapai setelah pemenuhan misi organisasi.

Periode 3 sampai 5 tahun. Setujuan jangka panjang ini dapat dicapai jika mereka berhasil dalam mencapai target sasaran jangka menengah mereka. Biasanya disebut sebagai tujuan strategis.

1. Terdiri Dari Sekelompok Orang

Sebuah organisasi pasti memiliki anggota yang terdiri dari dua orang atau lebi

2. Memiliki Tujuan

Alasan beberapa orang bekerja sama untuk membentuk organisasi ialah karena mereka memiliki tujuan bersama yang ingin mereka capai.

Dengan adanya tujuan itu, anggota organisasi akan bekerja bahu membahu, berusaha untuk mencapainya.

Baca Juga :   Manfaat Timah Dalam Kehidupan Sehari Hari

3. Saling Bekerjasama

Untuk mencapai tujuan organisasi, anggota harus bekerja sama satu sama lain.

Tanpa kolaborasi antara anggota organisasi, tujuan tidak dapat dicapai secara efektif dan efisien.

4. Adanya Peraturan

Setiap organisasi juga harus mempunyai peraturan nya sendiri.

Peraturan ini bertujuan supaya dapat mengatur dan membatasi sumber daya yang tersedia bagi mereka untuk bekerja bersama dalam proses mencapai tujuan dan menciptakan manajemen yang baik dalam organisasi.

5. Pembagian Tugas dan Tanggungjawab

Tentu saja, peraturan harus disertai adanya pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas untuk setiap anggota organisasi.

Dalam pembagian tugas juga dapat di laksanakan dalam membentuk dengan adanya beberapa divisi yang bertanggung jawab atas berbagai kegiatan atau tugas dan tanggung jawab.

Unsur Organisasi

Jika sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik, karena itu harus terdapat dengan beberapa unsur penting di dalamnya. Berikut ialah unsur-unsur organisasi secara umum:

1. Personil

Personil ini ialah elemen atau unsur yang paling penting di dalam organisasi di mana setiap staf memiliki level atau tingkatan dan memiliki fungsinya sendiri.

2. Kerjasama

Organisasi hanya bisa mencapai tujuan bersama apabila para anggotanya melakukan tugas atau kegiatan dan tanggungjawab secara bersama-sama.

3. Tujuan Bersama

Ini ialah tujuan yang ingin dicapai oleh suatu organisasi, baik dari segi prosedur, program, standar, dan dalam hasil akhir dari pekerjaan organisasi.

4. Peralatan

Mencapai tujuan fasilitas dan infrastruktur yang diperlukan dalam bentuk organisasi, seperti; kantor / gedung, bangunan, material, uang, sumber daya manusia dan lainnya.

5. Lingkungan

Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh dalam suatu organisasi. Contohnya, budaya sosial, politik, anggaran, regulasi dan kondisi ekonomi.

6. Sumber Daya Alam

Selain lingkungan, sumber daya alam juga merupakan unsur penting yang harus terpenuhi agar organisasi berjalan dengan baik.

Beberapa contohnya ialah; air, keadaan iklim, kondisi tanah, cuaca, flora dan fauna.

Bentuk Organisasi

Supaya dapat lebih memahami pengertian organisasi, kita juga dapat memeriksa bentuk organisasi yang ada di masyarakat. Dan beberapa bentuk dalam organisasi tersebut ialah:

1. Organisasi Politik

Ini merupakan organisasi yang bergerak di bidang politik dengan tujuan yang berhubungan dengan politik sebuah daerah atau negara. Salah satu contohnya ialah partai politik di Indonesia.

Baca Juga :   Saran Dalam Makalah

2. Organisasi Sosial

Organisasi sosial ialah organisasi yang berfokus dalam kemanusiaan seperti kesehatan, bencana alam, ekonomi sosial dan lainnya. Contoh organisasi sosial ialah tim SAR.

3. Organisasi Olah Raga

Organisasi ini adalah perserikatan cabang olah raga, baik secara umum maupun spesifik di bidang olah raga tertentu. Salah satu contohnya ialah PSSI.

4. Organisasi Agama

Ini adalah organisasi yang berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan agama.

Dalam tugas pertama ialah untuk menyebarkan kebaikan, harmoni dan keseimbangan norma sosial dalam masyarakat negara.

Contoh organisasi keagamaan adalah NU (Nahdlatul Ulama).

5. Organisasi Pemuda

Organisasi ini adalah asosiasi atau perkumpulan para pemuda untuk menciptakan gerakan regional atau negara.

Contohnya ialah gerakan yang dilakukan oleh Budi Utomo dalam perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia.

6. Organisasi Mahasiswa

Mirip dengan organisasi pemuda, namun sifatnya lebih ilmiah. Salah satu contohnya adalah BEM.

Manfaat Organisasi

Ada beberapa manfaat organisasi yang bisa dirasakan oleh para anggotanya, diantaranya adalah

  • Memudahkan tercapainya tujuan bersama
  • Melatih mental seseorang agar lebih baik
  • Memudahkan pemecahan masalah
  • Melatih kepemimpinan seseorang
  • Pergaulan menjadi lebih luas
  • Menambah wawasan para anggota organisasi
  • Membentuk karakter seseorang
  • Ajang pembelajaran bagi para anggota

Struktur Organisasi

Organisasi formal di masyarakat biasanya terdiri dari presiden atau pemimpin, keuangan, sekretaris dan anggota.

Bila organisasi dapat untung besar, maka akan adanya majelis dalam setiap organisasi, misalnya, wakil presiden, wakil bendahara dan sebagainya.

Selain itu, struktur organisasi masing-masing perusahaan harus berbeda satu sama lain.

Oleh karena itu, secara umum, struktur organisasi perusahaan terdiri dari beberapa adanya tugas, sesuai dengan fungsi manajemen; sebagai manajer, komisaris, direktur, penyelia, konsultan, anggota dan lainnya.

Nah itulah pembahasan yang bisa kami sampaikan kali ini tentang pengertian organisasi, semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman semua.

Baca Juga :