Bhineka Tunggal Ika

Posted on

Fungsi Bhineka Tunggal Ika – Hay sobat semua.! Jumpa lagi sama Quipper.co.id. Yang mana pada pertemuan kali ini akan kita simak bersama pembahasan tentang Bhineka Tungga Ika Yang dilengkapi dengan pengertian, Tujuan, sejarah, gambar dan prinsip. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Bhineka Tunggal Ika

Bhineka-Tunggal-Ika
Bhineka-Tunggal-Ika

Pada mulanya istilah Kata Bhinneka Tunggal Ika diambil dari bahasa Jawa Kuno yang apabila saling dipisahkan maka akan mempunyai arti Bhinneka = beragam atau beraneka, sedangkan Kata Tunggal yang berarti = satu, dan Ika = itu.

Maka jika diartikan lebih dalam yakni mempunyai arti “ bahwa beraneka ragam tetapi masih satu jua”.

Semoboyan ini didapat dari refrensi kitab Sutasoma yang dikarang oleh Empu Tantular, yang man ia hidup dimasa kejayaan majapahit di abad ke 14M.

Dalam hal ini menampakan suatu persatuan dan kesatuan yang berlangsung diwilayah Indonesia, dengan didasari keberagaman antar penduduk Indonesia yang terdiri dari beraneka-macam suku, ras, agama, bahasa daerah, dan kepercayaan, Sehingga tak jua membuat Indonesia menjadi terpecah-belah.

Dengan melalui semboyan ini, sehingga membuat Indonesia dapat dipersatukan dan atas semua keberagaman itu telah menjadi satu bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Gambar Bhineka Tunggal Ika

Gambar Bhineka Tunggal Ika
Gambar Bhineka Tunggal Ika

Sejarah Bhineka Tunggal Ika

Pada mulanya konsep Bhineka Tunggal Ika diperkenalkan untuk pertama kalinya pada masa pemerintahan Majapahit yakni di era kepemimpinan Wisnuwardhana.

Dalam pembentukan dan perumusan semboyan Bhineka ini dikerjakan oleh Mpu Tantular di dapat dalam kitab Sutasoma.

Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Durian

Kemudian perumusan semboyan ini pada dasarnya merupakan sebuah pernyataan dalam upaya untuk mengatasi keanekaragaman kepercayaan dan keagamaan.

Dilakukannya hal ini sebab terkait dalam upaya untuk membina Negara pada masa kerajaan Majapahit kala itu.

Sehingga dengan adanya Semboyan Bhineka Tunggal Ika dapat dapat mengobarkan kembali suatu semangat seperti masa kemerdekaan.

Dengan berdasarkan kitab Sutosoma, maka Bhineka lebih didefinisikan terhadap suatu perbedaan dalam hal kepercayaan dan keaneragaman agama yang ada di kalangan masyarakat pada masa itu.

Akan tetapi , selain difungsikan sebagai suatu semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Tujuan dibentuknya konsep Bhineka Tunggal bukan disebabkan adanya suatu perbedaan agama dan kepercayaan saja , namun dapat diartikan lebih luas.

Tujuan Bhineka tunggal Ika

Agar dapat membangun serta membentuk rakyat dan seluruh lapisan komponen agar bisa mematuhi prinsip prinsip sebagai berikut :

Prilaku Inklusif
Mengakomudasi Sifat Prulalistik
Tidak Mencari Kemenangan Sendiri
Musyawarah Untuk Mufakat
Dilandasi Rasa Kasih Sayang dan Rela Berkorban
Mempersatukan Bangsa Indonesia
Mempertahankan Kesatuan Bangsa
Mencapai Cita-cita Negara Indonesia

Fungsi Bhinneka Tunggal Ika

Tumbunya Keberagaman di Indonesia menjadi sebuah kenyataan yang tidak bisa untuk dihindari.

akan tetapi, bangsa Indonesia harus bisa membuktikan terhadap dunia bahwa dengan adanya keberagaman tersebut, membuat bangsa Indonesia masih bisa tetap bersatu dan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Dengan dibentuknya Bhinneka ini bisa digunakan sebagai sebuah semboyan dan juga dijadikan sebagai dasar Negara Indonesia.

Dan pada semboyan ini digunakan sebagai sebuah penghubung dalam menuju pembangunan negara yang berdaulat serta dapat menunjukkan kebesarannya di mata dunia.

Prinsip Bhinneka Tunggal Ika

Common Denominator

Pada umumnya dinegara Indonesia terdapat 5 agama yang ada di dalamnya, namun dalam hal tersebut tidak juga membuat agama tersebut untuk saling memcah belah satu sama lainnya.

Baca Juga :   Arti Mimpi Naik Tangga

Maka sesuai dengan prinsip pertama dari Bhinneka Tunggal Ika, maka dengan beragamnya perbedaan di dalam keyakinan dan kepercayaan agama tersebut.

Sehingga sangat penting dapat mencari common denominatornya, atau dengan kata lain, mencari sebuah persamaan dalam perbedaan tersebut.

Maka dengan demikian akan dapat membantu terhadap semua rakyat yang hidup di Indonesia serta dapat hidup di dalam keanekaragaman.

Tidak Bersifat Sektarian dan Enklusif

Di dalam prinsipp ini makna yang terkandung di dalam yakni semua rakyat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak dibenarkan apabila mengakui atau menganggap bahwa dirinya atau kelompoknyalah yang paling benar, paling hebat, atau paling diakui di antara yang lainnya.

Tidak Bersifat Formalistis

Dalam prinsip ini dimana Bhinneka Tunggal Ika tidak tidak hanya menapakan sebuah sikap dalam berprilaku kaku.

Hal ini disebabkan, Bhinneka Tunggal Ika mempunyai sifat yang universal dan menyeluruh.

Bersifat Konvergen

Selanjutnya dalam prinsip ini juga menyatakan bahwa Bhinneka Tunggal Ika mempunyai sifat konvergen dan tidak divergen.

Dari berbagai macam keanekaragaman yang ada jika terjadi sebuah masalah, maka tidak musti harus diperluas, namun agar dapat mencari solusi atau jalan keluar agar dapat membuat semua kepentingan bisa saling bersatu.

Sebutkan salah satu Prinsip Bhineka Tunggal Ika?

Tidak Bersifat formalistis

Fungsi Semboyan Bhineka Tunggal Ika adalah?

Untuk menerangkan kesatuan dan persatuan bangsa dan juga negara indonesia.

Apa arti Bhineka Tunggal Ika?

Secara universal maknanya ialah “Berbeda namun tetap satu jua.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai Bhineka Tunggal Ika, semoga bermanfaat.

Daftar Artikel Lainnya :