Perpindahan Panas (Kalor)

Posted on

Perpindahan Panas (Kalor) – Hay sahabat sekalian.! Pada perjumpaan kali ini akan kembali kami sampaikan materi tentang Perpindahan Panas (Kalor).

Apa Itu Perpindahan Panas atau Kalor?

Kalor adalah perpindahan energi karena perbedaan suhu antara dua tempat yang berbeda. Perpindahan panas meliputi proses masukan dan keluaran panas.

Kalor atau kalor adalah energi yang berpindah dari suhu tinggi ke suhu rendah. Kalor memiliki satuan internasional (SI) atau disebut joule.

Panas sangat melekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, ketika sendok stainless steel dimasukkan ke dalam air panas, sendok itu juga panas.

Di sisi lain, ada benda di sekitar kita, ada yang bisa menghantarkan panas dan ada yang tidak. Bahan yang dapat menghantarkan panas disebut konduktor.

Contoh konduktor adalah tembaga, besi, air, timah, dan aluminium. Ada tiga jenis perpindahan panas yaitu konduksi, konveksi dan radiasi.

Namun pada perjumpaan sebelumnya dimana kami juga telah menyampaikan materi tentang Energi Potensial. Nah untuk melengkapi isi dari pembahasan kita kali ini, maka simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Perpindahan

Perpindahan Panas (Kalor)
Perpindahan Panas (Kalor)

Apa yang dimaksud dengan Perpindahan ? yakni merupakan sebuah perubahan kedudukan yang terjadi pada suatu benda setelah mengalami pergerakan dalam kurun waktu tertentu. Selain itu perpindahan juga bisa dianggap sebagai besaran vektor sehingga selain mempunyai besaran juga mempunyai arah.

Pengertian Perpindahan Panas

Apa yang dimaksud dengan Perpindahan Panas yakni merupakan bagian dari salah satu bentuk kedisiplinan ilmu teknik termal yang juga mengulas mengenai pelajaran tentang cara menghasilkan panas, lalu bagaiman menggunakan panas, kemudian bagaiman mengubah panas, dan juga bagaimana menggantikan/menukarkan panas di antara sistem fisik.

Baca Juga :   Hukum Gauss

Selain itu Konduksi termal juga merupakan suatu proses pertukaran mikroskopis secara langsung dari energi kinetik partikel dengan melewati batas antara dua sistem.

Perpindahan Panas (Kalor)
Perpindahan Panas (Kalor)

Kemudian perpindahan kalor(Panas) bisa dibedakan menjadi konduksi, konveksi, dan juga radiasi. Dimana seperti yang kita ketahui Panas atau kalor ialah merupakan suatu energi yang dapat mengalami perpindahan dari suhu yang tinggi ke suhu yang lebih rendah.

Selain itu Benda yang tidak dapat menghantarkan suatu panas ialah dkenal dengan sebutan Isolator.

Macam Macam Perpindahan Panas (Kalor)

Mengenai Perpindahan Panas (Kalor) juga mempunyai berbagai macam jenis, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Konduksi

Konduksi
Konduksi

Apa yang dimaksud dengan Konduksi Yakni merupakan suatu proses perpindahan panas dengan melalui suatu zat padat yang tidak ikut serta mengalami perpindahan. Maknanya, dalam perpindahan panas(kalor) yang berlangsung pada suatu zat dimana tidak bersamaan dengan adanya perpindahan terhadap partikel – partikelnya.

Contoh Terjadinya Konduksi :

  • Dalam hal ini misalnya seperti pada sebuah benda yang terbentuk dari logam yang mana benda tersebut akan terasa hangat bahkan menjadi panas apabila pada bagian ujung dari benda tersebut dipanaskan, seperti halnya pada saat kita sedang memegang kembang api ketika sedang terbakar.
  • Kemudian pada Knalpot motor dimana ia akan menjadi panas ketika mesin dihidupkan dengan batas waktu tertentu.
  • Kemudian pada tutup panci bisa menjadi panas ketika digunakan saat sebagai penutup ketika sedabg merebus air.
  • Kemudian pada Mentega yang apabila dipanaskan di wajan akan ia akan meleleh disebabkan panas.

2. Konveksi

Konveksi
Konveksi

Apa yang dimaksud dengan Konveksi ?yakni suatu proses perpindahan panas yang berlangsung dengan melalui aliran yang mana pada zat perantaranya ikut berpindah. Kemudian apabila partikelnya mengalami perpindahan maka akan menyebabkan kalor tersebut merambat, sehingga terjadilah konveksi. Dimana proses Konveksi ini dapat berlangsung pada zat cair dan juga gas (udara/angin).

Baca Juga :   Kapilaritas - Pengertian, Rumus, Faktor, Manfaat, Contoh Peristiwa

Contoh Terjadinya Konveksi :

  • Seperti misalnya pada suatu gerakan naik dan turun air pada saat sedang dipanaskan.
  • Kemudian pada suatu Gerakan naik dan turunnya kedelai, kacang hijau dan lain sebagainya apabila sedang dipanaskan.
  • Kemudian berlangsungnya angin darat dan angin laut.
  • Kemudian gerakan dari balon udara.
  • Kemudian Asap yang dikeluarkan dari cerobong pabrik yang membumbung tinggi.

3. Radiasi

Radiasi
Radiasi

Apa yang dimaksud dengan Radiasi yakni merupakan suatu perpindahan panas yang terjadi tanpa adanya zat perantaranya. Selai itu Radiasi juga kerapkali bisa disertai dengan adanya cahaya.

Contoh Terjadinya Radiasi :

  • Pada saat Panas matahari hingga mencapai permukaan bumi meskipun hanya dengan melalui ruang hampa.
  • Kemudian pada saat berada didekat maka tubuh akan terasa hangat.
  • Kemudian proses penetasan telur unggas dengan panas yang dihasilkan dari lampu yang menyala.
  • Kemudian Pakaian yang dijemur dibawah terik sinar matahari yang akan menjadi kering

Rumus Perpindahan Panas (Kalor)

Berikut terdapat penjelasan mengenai Rumus-rumus dari Perpindahan Panas yang diantaranya ialah sebagai berikut : Rumus Konduksi

  • Konduksi :

Laju Kalor = Q/t=kA(T2 – T1)/x

  • Konveksi :

Laju Kalor =Q/t =hA(T2 – T1)

  • Radiasi :

Laju Kalor =Q/t=σeAT4

Contoh Soal Perpindahan Panas atau Kalor

Di bawah ini terdapat contoh soal latihan mengenai materi perpindahan panas (kalor), simak berikut ini :

Contoh Soal Perpindahan Panas

Pada suatu benda hitam dengan memiliki luas pada permukaannya berkisar 1 m2 dengan suhu mencapai 27 ºC. Nah apabila suhu yang ada disekelilingnya mencapai 77 ºC, maka tentukan dan hitunglah :

a. Pada panas yang diserap dengan persatuan waktu dan persatuan luas
b. Kemudian Energi total yang dikeluarkan dalam waktu 1 jam.

Penyelesaian :

Pada Benda hitam, jadi e = 1
T1 = 300 K
T2 = 350 K
σ = 5,67.10-8 watt m-2K-4

Baca Juga :   Energi Kinetik

Jawaban :

a. Pada panas/Kalor yang sudah diserap dalam per satuan waktu= e σ ( T24 – T14) = 1. 5,67.10-8 (3504 – 3004) = 391,72 watt/m2

b. R =Q/A.t=391,72.1.3600=1.410.120 Joule

Nah itulah yang bisa kami sampaikan materi tentang perpindahan panas, semoga ulasan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk sahabat semua.