Resultan Gaya

Posted on

Resultan Gaya – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan pembahasan materi makalah tentang resultan gaya. Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi tentang Impuls. Nah untuk melengkapi apa yang menjadi pembahasan kita kali ini maka, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Resultan Gaya

Resultan Gaya
Resultan Gaya

Resultan gaya ialah merupakan suatu besaran vektor. Yang dapat diperoleh dari semua gaya yang di berikan pada sebuah benda dan dapat diubah oleh sebuah gaya yang di kenal dengan sebutan resultan gaya.

Gaya yang bekerja dengan memakai metode searah memiliki sifat yang sama, maka gaya tersebut akan saling menguatkan satu sama lain.

Sementara kekuatan yang berjalan satu arah yang berlawanan akan saling melemahkan. Bahkan, memiliki kekuatan untuk mendorong dua orang ke arah yang sama lebih besar dari satu orang.

Jadi dorongan kedua orang dapat di ganti dengan gaya resultn gaya. Ketika arah impuls kedua orang itu sama, dorongan akan lebih besar.

Namun apabila arah pada dorongan tersebut salah, maka salah satu dari dua orang saat mendorong akan terlihat lebih kecil.

Jika kamu tidak mampu mendorong objek yang ingin di pindahkan, maka kamu dapat memohon sebuah bantuan dari orang lain untuk mendorong nya dengan arah yang sama.

Karena itu, objek akan terasa lebih ringan dan lebih mudah saat bergerak.

Apabila kamu dan teman kamu mendorong nya dari arah yang berbeda, sehingga benda tersebut dapat menjadi lebih berat, serta bisa saja tidak mampu berpindah tempat.

Baca Juga :   Gelombang Stasioner

Saat objek akan di dorong dari arah yang sama, maka gaya yang di berikan akan meningkat kan gaya yang telah di berikan.

Begitu pun sebaliknya, jika arah dorongan saling berlawanan, kekuatan yang diberikan oleh teman kamu akan mengurangi kekuatan gaya yang kamu berikan.

Ketika benda tersebut dapat di dorong dari arah yang sama, maka gaya yang di berikan teman kamu akan memperbesar gaya yang sudah kamu berikan.

Namun sebalik nya, apabila arah dorongan kalian berlawanan, maka gaya yang di berikan teman kamu akan mengurangi gaya yang telah kamu berikan.

Resultan Gaya
Resultaan Gaya

Rumus Resultan Gaya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas resultan gaya adalah suatu besaran vector yang memiliki besaran dan arah.

Arah dari resultaan gaya merupakan sebuah gaya yang mempunyai nilai yang lebih besar dari pada gaya yang lain nya.

Rumus resultn gaya dapat ditulis sebagai berikut:

R =F1 + F2 + F3 + ……. + Fn

Keterangan :

  • R = Resultaan gaya (N)
  • F = Gaya (N)
  • n = Banyak gaya yang bekerja pada sistem

Karena gaya yang telah di hasilkan memiliki arah untuk memfasilitasi operasi tanda (+) dan di indikasikan sebagai arah gaya dalam kerja.

Contoh : Dalam sistem F1 dapat diarahkan ke kanan dan F2 ke kiri. Dari masalah tersebut, kita dapat mengsimpulkan bahwa F1 positif ( + ) dan F2 negatif ( – ).

Selanjutnya gaya juga mempunyai berbagai jenis, sudah tahu macam – macam jenis nya apa? Mari kita simak bersama.

Resultaan gaya juga memiliki ada beberapa macam jenis, nah dibawah ini beberapa jenis gaya yang perlu kamu ketahui :

Macam – Macam Resultan Gaya

Mari kita gambar kan kekuatan yang dapat dihasilkan satu per satu.

Pada suatu sistem banyak kekuatan yang dapat bekerja, kekuatan yang bekerja tidak selalu satu arah yang sama, arah yang berlawanan, saling tegak lurus atau membentuk sudut.

Baca Juga :   Energi Kinetik

Mari kita simak macam – macam resultan gaya pada gambar di bawah ini :

1. Resultan Gaya Searah

Resultan Gaya

Persamaan pada gambar diatas dapat ditulis sebagai berikut :

R = F1 + F2

2. Resultan Gaya Berlawanan Arah

Persamaan pada gambar diatas dapat ditulis sebagai berikut :

R = F1 – F2

Persamaan Resultan Gaya

Resultan Gaya
Resultaan Gaya

Resultan gaya merupakan suatu arah dari sebuah gaya yang mempunyai nilai lebih besar dari gaya nilai yang lain.

Resulet gaya dapat dituliskan sebagai berikut :

R = F1+ F2+ F3 + ….. + Fn

Keterangan :
R = Resultann gaya

F = Gaya yang dijumlahkan

n = Banyaknya gaya

Agar dapat mempermudah kamu dalam mengerjakan perhitungan, berikan tanda positif pada gaya yang mengarah ke kanan dan juga ke arah atas, serta tanda negatif pada gaya yang telah mengarah ke kiri dan juga ke bawah.

Contoh : Pada saat kamu mendorong lemari dengan arah yang berlawanan, gaya yang kamu berikan adalah F1 = 22 N dengan mengarah ke kiri. Sedangkan, gaya yang teman kamu berikan merupakan F2 =20 N dapat mengarah ke kanan.

Resultan gaya itu dapat ditulis sebagai berikut :

R = F1 + F2

= ( -22 N) + 20 N

= ( -2 N)

Dapat diperoleh sebuah resltan gaya ( -2 N). Memiliki arti, besar resuultan gaya adalah 2 N dan memiliki arah yang sama dengan arah F1, yaitu ke arah kiri.

Posisi benda berada pada keadaan yang seimbang atau benda tidak akan bergerak (diam), pada resultn gaya ( R ) yang bekerja pada suatu benda sama dengan nilai nol.

Contoh Soal Resultan Gaya

1. Adat dua buah gaya yang masing – masing memiliki Fa=100 N dan Fb 30 N, melakukan pekerjaan dalam suatu benda yang arah nya ke kanan.

Hitunglah resultaan gaya yang dapat dihasilkan :

Baca Juga :   Getaran Harmonis

Penyelesaian :

Di ketahui :

Fa = 100N

Fb = 30N

Arah gaya ke kanan

Jawab :

R = Fa + Fb

R = 100 + 30

R = 130N

Jadi resultan gaya yang dihasilkan adalah 130N ke arah kanan.

Nah demikian materi yang dapat quipper.co.id sampaikan semoga dapat membantu teman – teman semua dalam memahami materi makalah tentang resultan gaya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga :