Rumus Asam Sitrat

Posted on

Rumus Asam Sitrat – Hay sahabat semua.!Pada Perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi tentang Rumus Asam Sitrat : Pengertian, Msds, Manfaat, Kelarutan dan Bahaya. Namun pada perjumpaan sebelumnya yang mana quipper.ci.id juga telah menyampaikan materi tentang Sifat Unsur Halogen. Nah untuk melengkapi isi dari tema pembahasan kita ini, mari kita simak aja ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Asam Sitrat

Rumus Asam Sitrat
Rumus Asam Sitrat

Apa yang dimaksud dengan Asam sitrat ? yakni merupakan suatu jenis asam organik yang sangat lemah dan bisa dijumpai terdapat pada duan dan juga pada buah-buahan pada tumbuhan yang digolongkan kedalam genus Citrus atau jenis jeruk – jerukan.

Selain itu Asam sitrat bertindak sebagai sebuah jenis bahan pengawet yang sangat alami dan baik, yang mana selain ia dapat memberikan suatu cita rasa masam yang terkandung didalam minuman ringan dan juga makanan.

Kemudian di dalam ilmu yang mendalami tentang biokimia, diana pada jenis senyawa ini biasa dikenal sebagai suatu senyawa yang berada di dalam siklus asam sitrat yang berlangsung di dalam mitokondria, yakni merupakan hal yang sangat penting yang dibutuhkan dalam metabolisme makhluk hidup.

Selain itu Asam sitrat juga bisa dimanfaatkan sebagai lausion pembersih yang dianggap sangat ramah lingkungan dan dapat berperan sebagai antioksidan.

Kemudian dari beberapa jenis sayuran dan juga buah-buahan, yang mana asam sitrat bisa dijumpai dalam kondisi dengan konsentrasi yang sangat tinggi yang bahkan hingga mencapai 8% bobot kering, seperti misalnya pada tumbuhan atau buah jeruk limau (jeruk nipis dan juga jeruk purut) serta jeruk lemon.

Baca Juga :   Sifat Unsur Halogen

Rumus Kimia Untuk Asam Sitrat

Rumus Asam Sitrat
Rumus Asam Sitrat
C6H8O7AtauCH2(COOH)•COH(COOH)•CH2(COOH

Kegunaan Asam Sitrat Dalam Kehidupan Sehari Hari

Berikut adalah berbagai penggunaan asam sitrat:

1. Aditif Makanan
2. Proses Pengalengan
3. Dapur
4. Pengasam Anggur
5. Perawatan Kulit
6. Perawatan Rambut
7. Agen Pembersih
8. Industri Kimiawi
9. Industri Farmasi
10. Industri Makanan

Sifat Fisika dan Kimia Asam Sitrat

Mengulas mengenai sifat-sifat fisis dari asam sitrat yang telah quipper.co.id rangkum pada tabel di bawah. Dimana tingkat keasaman asam sitrat diperoleh dari tiga gugus karboksil COOH yang memiliki kemampuan bisa mengelurkan proton dalam sebuah larutan.

Apabila hal ini berlangsung , maka ion yang akan dihasilkan ialah merupakan sebuah ion sitrat.

Kemudian sitrat juga merupakan jenis bahan yang sangat baik yang dapat dimanfaatkan dalam larutan penyangga agar dapat mengatur pH larutan.

Dimana pada Ion sitrat bisa melakukan suatu reaksi terhadap banyak ion logam yang membentuk garam sitrat.

Kemudian selain itu, dimana sitrat juga berkemampuan dalam melakukan pengikatan ion-ion logam dengan pengkelatan, sehingga dapat dipakai atau dimanfaatkan sebagai salah satu jenis bahan pengawet dan dapat menghilangkan tingkat kesadaran air (bisa kalian lihat penjelasan tentang kegunaan di bawah).

Apabila di dlaam temperatur kamar, dimana asam sitrat akan memiliki bentuk seperti serbuk yang mengkristal dengan memiliki warna putih bak mutiarayang bersinar.

Kemudian pada serbuk kristal tersebut bisa berbentuk seperti anhydrous (bebas air), atau biasa juag dengan meyerupai bentuk monohidrat yang di dalamnya terkandung satu molekul air dari semua molekul asam sitrat.

Kemudian mengenai Bentuk anhydrous asam sitrat yang berupa seperti kristal apabila berada di dalam air panas, nah untuk bentuk monohidrat sendiri diperoelh dari kristalisasi asam sitrat pada saat berada di dalam air dingin.

Baca Juga :   Kristalisasi

Selain itu Bentuk monohidrat juga bisa diubah kedalam bentuk anhydrous dengan cara melakukan sebauh pemanasan di atas 74 °C. Kemudian secara kimia, asam sitrat memiliki sifat seperti asam karboksilat lainnya.

Apabila ia berada atau dipanaskan di atas suhu hingga mencapai 175 °C, kemudian pada asam sitrat tersebut akan terurai dengan mengeluarkan karbon dioksida dan juga cairan air.

Sifat-sifat

Umum
Nama : Asam sitrat

Rumus kimiaC6H8O7, atau: CH2(COOH)•COH(COOH)•CH2(COOH)
Bobot rumus192,13 u
Nama lainnyaAsam 2-hidroksi-1,2,3-propanatrikarboksilat
Sifat perubahan fase
Titik lebur426 K (153 °C)
Temperatur penguraian termal448 K (175 °C)
Sifat asam-basa
pKa13,15
pKa24,77
pKa36,40
Sifat-Sifat kepadatan
ΔfH-1543.8mol/kJ
S252.1J atau(mol·K)
Cp226.5Jatau(mol·K)
massa Jenis/densitas1.665 ×103 kg/m3
Keramahan
Efek-akutMengakibatkan terjdadinya iritasi pada mata dan kulit
Efek-kronikTidak ada.
Sumber Berita
Sifat
MSDSHazardous Chemical Database
Dalam penggunaan Satuan SI dapat dipakai apabila dimungkinkan. Namun terkecuali dinyatakan lain, maka dapat digunakan keadaan yang standar.

Manfaat Asam Sitrat

  • Yang pertama sebagai pengawet makanan, Dimana asam sitrat dapat dimanfaatkan menjadi salah satu jenis pengawet makanan dan juga minuman yang tentunya dalam penggunaanya sangat aman jika dikonsumsi oleh manusia.
  • Yang kedua sebagai penambah rasa, Dalan hal ini yang mana biasanya didalam suatu produksi makanan, nah asam sitrat juga kerap dimanfaat di dalamnya untuk dijadikan sebagai penambah cita rasa, seperti misalnya dalam pembuatan permen . Kemudian asam sitrat juga dapat digunakan untuk mengkatalisasi hidrolisa sukrosa yang diubah ke dalam bentuk gula selama penyimpanan
  • Yang ketiga membantu proses pengalengan, Dimana pada jenis senyawa ini dapat dimanfaatkan dalam membantu dilakukannya sebuah proses pengalengan makanan dan minuman , misalnya saja seperti jenis buah-buahan yang yang berada dalam wadah kalengan dan tentunya mempunyai tingkat keasaman yang rendah.
  • Yang keempat untuk menggumpalkan susu, Seperti misalnya dalam pembuatan keju
  • Yang kelima sebagai bahan kosmetik, Dalam hal ini ialah yang mana asam sitrat berfungsi untuk mengatur keseimbangan (ph) asam
  • Yang keenam ialah sebagai bahan perawatan rambut, Dimana asam sitrat dapat berfungsi sebagai pembunuh bakteri yang terdapat di kulit kepala
Sebutkan Nama lain dari Asam Sitrat?

Yakni Asam 2-hidroksi-1,2,3-propanatrikarboksilat

Jelaskan Apa Manfaat Dari asam Sitrat?

– pengawet makanan
-penambah rasa
-membantu proses pengalengan
-menggumpalkan susu
-bahan kosmetik
-bahan perawatan rambut

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai rumus asam sitrat, semoga serangkaian pembahasan kali ini bisa membantu dan bermanfaat.

Baca Juga :