Teknik Dasar Sepak Takraw

Posted on

Teknik Dasar Sepak Takraw – Hallo sahabat semua! Pada perjumpaan kali ini quipper.co.id akan menyampaikan pembahasan materi makalah tentang teknik dasar sepak takraw.

Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Formasi Sepak Bola. Yuk langsung kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Sepak Takraw

Teknik Dasar Sepak Takraw
Teknik Dasar Sepak Takraw

Pada tahun 1965 takraw secara resmi distandarisasi di Malaysia dengan kata sepak diambil dari bahasa Melayu, kata takraw diambil dari Thailand, yang berarti bola yang terbuat dari anyaman rotan.

Sepak berarti gerakan menendang sesuatu dengan kaki anda, mengayunkan kaki anda di depan atau ke sisi.

Sedangkan Takraw berarti bola atau barang bundar yang terbuat dari anyaman rotan.

Karena itu, sepaktakraw adalah olahraga yang telah dimodifikasi untuk menjadikannya permainan yang kompetitif.

Sementara itu, menurut para ahli lainnya, sepaktakraw merupakan menyepak bola dengan sisi kaki, bagian dalam kaki atau bagian luar kaki yang terdiri dari tiga orang pemain.

Di Indonesia, organisasi pertama yang menaungi sepak takraw adalah Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia (PERSERASI), yang didirikan pada tahun 1971, tetapi pada tahun 1986 menjadi (PERSETASI) Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia.

PERSETASI menjadi anggota International Sepak Takraw Federation (ISTAF) dan Asian Sepak Takraw Federation (ASTAF).

Sejarah Sepak takraw

Sepak takraw yang berasal dari 2 kata “SEPAK” (Malaysia) yang berarti tendangan dan “TAKRAW” (Thailand), yang berarti Bola anyaman, pemilihan nama untuk permainan ini adalah kesepakatan dua negara pelopor, Malaysia dan Thailand.

Sepak Takraw dimainkan sekali selama kesultanan Malaysia abad ke – 15, yang pada saat itu dikenal sebagai sepak raga.

Olahraga ini adalah olahraga kaki menggunakan bola yang dibuat dari Rotan dan pada saat itu perak dan tun besar sedang bermain sepak takraw, dan tidak sengaja bola yang di tendang tentang tutup kepala Raja Muhamad sehingga membuatnya terjatuh dan membuat Raja Muhammad murka lantas Raja Muhammad langsung membunuh tun besar.

Peristiwa itu menciptakan saudara – saudara tun besar murka dan ingin membalasnya, semua saudara tun besar itu ingin membunuh Raja Muhammad, tetapi tun perak itu berhasil menangkap mereka dan menulis bahwa ia tidak akan mengambil Raja Muhammad sebagai ahli waris. kesultanan.

Setelah kejadian itu, Sultan Mansyus Syach mengundang putranya untuk meninggalkan Malaka dan membawanya sebagai Penguasa di Pahang.

Ketika di Bangkok, ada sebuah monumen yang menunjukkan dewa Hanuman bermain Sepak Takraw dan pasukan keranya.

Sejak saat tersebut Olahraga Sepak Takraw mulai berkembang dan mulai dimainkan oleh masyarakat Melayu, dan permainan ini mulai berkembang dan mulai diberlakukan perturan – peraturan permainan.

Baca Juga :   Contoh Surat Pengunduran Diri

Pada tahun 1866 Asosiasi Olahraga Malaysia mulai menyempurnakan peraturan – peraturan pertandingan olahraga Sepak Takraw.

Sejak itu, Sepak Takraw mulai berkembang dan mulai dimainkan oleh komunitas Malaysia dan game ini mulai berkembang dan aturan main mulai berlaku.

Pada 1866, Asosiasi Olahraga Malaysia mulai menyempurnakan aturan kompetisi olahraga Sepak Takraw.

Sejak itu, perkembangan Sepak Takraw telah merasakan perkembangan tercepat dan telah menyebar ke banyak negara di Asia Tenggara.

Sepak Takraw mulai berkembang di Indonesia pada tahun 1970, masuknya olahraga Takraw di Indonesia diprakarsai oleh kehadiran trafik Muhibah di Malaysia dan Singapura yang memperkenalkan permainan Takraw, di Indonesia sudah akrab dengan olahraga ini, tetapi belum menjadi olahraga, tetapi hanya permainan mata pelajaran tradisional.

Ini merupakan pertumbuhan Sepak Takraw yang relatif lebih cepat, terutama di wilayah Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Kemudian pada tahun 1971, persiapan dimulai untuk induk dari Organisasi Sah Sepak Takraw yang memiliki nama PERSERASI yang terdiri dari 4 anggota, yaitu Pemerintah Daerah Sumatera Utara, Pemerintah Daerah Sumatera Barat, Pemerintah Riau dan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan.

Bahwa, pada tahun 1980 Kejuaraan Sepak Bola Takraw diadakan dengan peserta dari 14 tim.

Baca Juga :  Teknik Lari Maraton

Teknik Dasar Sepak Takraw

Dalam permainan sepak takraw memiliki teknik – teknik sebagai berikut :

Sepak Sila

Sepak sila merupakan menendang bola menggunakan kaki bagian dalam untuk menerima dan menimang bola, mengumpan dan menyelamatkan serangan lawannya.

Sepak Kuda (Sepak Kura)

Sepak kuda atau sepak kura merupakan menendang menggunakan kaki. Digunakan upaya menyelamatkan bola oleh serangan lawan, melempar bola dalam upaya untuk menyelamatkan bola dan menangkap bola rendah.

Sepak Cungkil

Sepak cungkil merupakan menendang bola menggunakan kaki (jari kaki). Digunakan untuk menangkap bola yang jauh dan rendah yang memantulkan blok secara liar.

Menapak

Menapak merupakan menendang bola menggunakan telapak kaki anda. Digunakan untuk smash, menahan atau membloking smash lawan dan menyelamatkan bola di dekat jaring (net).

Sepak Simpuh Atau Sepak Badek

Sepak badek merupakan menendang bola dengan menggunakan kaki luar dan samping luar.

Digunakan upaya menyelamatkan bola lawan dan mengkontrol bola dalam upaya penyelamatan

Main Kepala (heading)

Main kepala (heading) ialah mempertunjukkan bola dengan kepalanya. Digunakan untuk menerima bola pertama dari lawan, menyelamatkan bola dari serangan lawan.

Mendada

Mendada ialah mempertunjukkan bola dengan dadanya, digunakan untuk mengontrol bola yang akan dimainkan selanjutnya.

Memaha

Memaha ialah mempertunjukkan bola dengan pahanya dalam upaya untuk mengkontrol bola, digunakan upaya untuk menahan, menerima dan menyelamatkan bola dari serangan lawan.

Membahu

Membahu adalah dengan melemparkan bola menggunakan bahu anda dalam upaya untuk mempertahankan dari serangan tiba – tiba oleh lawan anda, di mana pertahanan berada dalam keadaan mendesak dan dalam posisi yang tidak menguntungkan.

Cara Bermain Sepak Takraw

Permainan sepak takraw dimainkan pada lapangan melingkar, setiap tim terdiri dari 5 pemain, tim bermain bola dengan mengopernya kepada rekan satu timnya berhadapan dengan nomor urut, dengan operan sesuai dengan tingkat kesulitan, nilai kesulitan tinggi level 3, dan tingkat kesulitannya rendah, nilainya 1.

Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Serigala

Baca Juga :  Teknik Dasar Futsal

Peraturan Teknik Dasar Sepak Takraw

Ukuran Lapangan Sepak takraw

Ukuran Lapangan Sepak Takraw
  • Lapangan memiliki panjang 13,42 meter.
  • Lapangan memiliki lebar 6,10 meter.
  • Garis batas merupakan garis (lines) yang memiliki lebar + 5 cm.
  • Lingkaran tengah di tengah lapangan, ada lingkaran yang merupakan tempat untuk memulai tendangan (servis), dengan diameter lingkaran 61 cm.
  • Garis seperempat lingkaran di tengah penjuru kedua lapangan, ada garis seperempat lingkaran di mana bola jatuh ke pemain yang menendang permulaan (service) dengan jari – jari 90 cm.
  • Tiang merupakan dua tiang yang digunakan sebagai tempat mengikat jaring, didirikan di luar garis sisi kiri dan kanan, dengan jarak 30,5 cm dari garis samping.
  • Tiang ini setinggi 1,55 meter untuk pria dan 1,45 meter untuk wanita.
  • Jaring (net) merupakan jaring yang terbuat dari benang kasar, tali atau nilon dengan lubang berukuran 4 hingga 5 cm. Lebar 72 cm dan panjang tidak melebihi 6,71 m. Di tepi atas, bawah dan samping, pita selebar 5 cm diperkuat dengan tali yang terpasang pada kedua ring. Tinggi bersih 1,55 m dari tanah / lantai.

Ukuran Tiang Net

  • Untuk putra memiliki tinggi net 1,55 m di tepi dan setidaknya 1,52 m di tengah.
  • Untuk putri memiliki tinggi net 1,45 m di tepi dan setidaknya 1,42 di tengah.
  • Posisi tiang 30 cm di luar garis pinggir.

Jaring Atau Net

  • Jaring terbuat dari benang atau tali atau nilon yang kuat, di mana setiap lubang memiliki lebar 6 – 8 cm.
  • Lebar jaring 70 cm dengan panjang 6,10 m.

Ukuran Bola Sepak Takraw

Bola sepak takraw itu sendiri dibuat dari olahan plastik yang awalnya terbuat dari rotan yang memiliki ukuran sebagai berikut :

  • Ukuran lingkaran 42 hingga 44 cm bagi pemain putra sedangkn 43 hingga 45 cm untuk putri.
  • Beratnya merupakan 170 hingga 180 gr untuk putra dan 150 hingga 160 untuk putri.

Pemain – Pemain

  • Permainan ini dimainkan oleh 2 tim, masing – masing tim terdiri dari 3 pemain dan masing – masing tim dilengkapi oleh 1 pemain cadangan.
  • Satu dari tiga pemain di posisi belakang disebut back atau tekong sebagai pemain awal untuk memulai permainan.
  • Dua orang di depan yang di sebelah kiri tekong disebut apit kiri dan mereka yang di sebelah kanan Tekong disebut apit kanan.

Kesalahan – Kesalahan

  • Kesalahan Pihak Penyepak Bola
    • Jika pelambung masih memainkan bola, dia melempar bola kepada temannya, memantulkan, melempar dan menangkapnya lagi setelah wasit memanggil posisi nomor.
    • Saat mengangkat kaki, injak garis, sentuh atau lintasi garis bawah jaring saat mengeksekusi lambung bola.
    • Tekong melompat selama service, kaki tumpuan tidak dalam lingkaran atau menginjak lingkaran service.
    • Tekong tidak menendang bola yang mengarah ke arahnya.
    • Bola menyentuh salah satu pemainnya sendiri sebelum melewati jaring.
    • Bola jatuh keluar batas.
    • Bola tidak melewati jaring.
  • Kesalahan Pihak Penerima Service
    • Mencoba mengalihkan perhatian lawan, seperti isyarat tangan, gertak, suara keras atau buat keributan.
  • Kesalahan kedua Pihak
    • Ada pemain yang menangkap bola di lapangan lawan.
    • Menginjak dan melewati garis tengah.
    • Ada pemain yang melewati lapannga lawan, tepat di atas atau di bawah jaring, kecuali ketika “The Follow Trugh Ball”.
    • Lempar bola lebih dari tiga kali.
    • Bola menyentuh tangan.
    • Pegang atau jepit bola di antara lengan dan tubuh anda atau di antara kedua kaki anda dengan bola.
    • Bola membentur loteng atau peretas lainnya.
Baca Juga :   Biidznillah Artinya

Sistem Perhitungan Angka

  • Jika penerima service membuat kesalahan, ia akan secara otomatis mendapatkan nomor dan pada saat yang sama, mulai menendang lagi.
  • Angka yang menang untuk setiap set adalah maksimum 21 poin, kecuali untuk 20 hingga 20 posisi, pemenang akan ditentukan pada saat selisih dua poin ke 25 poin terakhir, ketika wasit utama dari 20 hingga 20 membutuhkan batas 25 poin.
  • Istirahat masing – masing 2 menit di akhir set pertama atau kedua, termasuk tiebreak.
  • Jika setiap tim memenangkan satu set, pemain akan melanjutkan dengan “Tie Break” dengan 15 poin, kecuali di posisi 14 – 14, pemenang akan ditentukan dengan selisih dua poin di akhir angka 17.
  • Sistem perhitungan angka menggunakan Relly Points.

Pergantian Pemain

  • Setiap tim hanya dapat membuat 1 (satu) perubahan pemain dalam suatu pertandingan.
  • Pergantian pemain diizinkan kapan saja bola mati melalui pelatih atau tim menejer yang disetujui oleh official atau petugas pertandingan.
  • Setiap tim dapat menominasikan maksimal dua orang cadangan, tetapi hanya dapat melakukan penggantian pada waktu berikutnya.
  • Pemain yang menerima kartu merah dapat diganti, selama tidak ada pergantian pemain sebelumnya.

Posisi Pemain Pada Saat Service

  • Sebelum pertandingan dimulai, kedua tim harus berada di lapangannya masing – masing dalam posisi siap bermain.
  • Saat bermain sepak mula, salah satu kaki tekong ada di lingkaran service.
  • Kedua apit dalam melakukan service harus berada di seperempat lingkaran.
  • Lawan atau tim penerima service bebas bergerak di lapangannya masing – masing.

Official (Petugas Pertandingan)

Satu pertandingan harus dipimpin technikal yaitu sebagai berikut :

  • 2 orang yaitu Technical Delegotate.
  • 6 orang juri ialah dewan hakim.
  • 1 orang yaitu Official Refree.
  • 2 orang wasit ialah wasit utama dan wasit dua.
  • 6 orang penjaga garis samping dan belakang.

Pinalty (Hukuman)

Pemain yang melanggar peraturan ini maka akan dikenakan sangsi atau mendapat hukuman dari wasit apabila :

  • Menunjukkan sikap tidak sopan kepada pemain atau publik juga kepada wasit tentang keputusan yang dibuat.
  • Hubungi wasit yang memiliki tugas dengan menggunakan kertas terkait keputusan yang dibuat.
  • Tinggalkan lapangan permainan tanpa seizin wasit yang memimpin pertandingan.
  • Berikan bola ke pihak lain menggunakan kaki anda atau lempar dengan keras.
  • Bersikap kasar selama pertandingan.

Kartu Untuk Pelanggaran Pemain

  • Kartu kuning sebagai tanda peringatan untuk pemain yang melanggar aturan di atas.
  • Kartu merah jika seorang pemain menerima kartu kuning dalam pertandingan yang sama. Sikap kasar dan tidak sopan.
Apa saja manfaat sepak takraw?

Untuk melatih keseimbangan dan melatih kekuatan kaki.

Demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu rekan – rekan semua ya!

Terimakasih sudah membaca pembahasan materi makalah tentang teknik dasar sepak takraw .