Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Posted on

Fungsi Batang Pada Tumbuhan – Hay sahabat semua.! kali ini akan quipper.co.id sampaikan materi Fungsi Batang Pada Tumbuhan – Struktur, Gambar,Jenis, Sifat dan Bagian. Namun diperjumpaan sebelumnya juga quipper.co.id telah menerangkan materi tentang Fungsi Akar Pada Tumbuhan Nah untuk melengkapi apa yang menjadi topik pembahasan kita kali ini, maka mari simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Batang Tumbuhan

Fungsi Batang Pada Tumbuhan
Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Apa itu batang atau biasa dalam bahasa latinnya dikenal dengan sebutan caulis ? yakni merupakan salah satu organ dasar yang dimiliki oleh tumbuhan yang berpembuluh.

Dimana batang menjadi sumbu dari tumbuhan, yakni artinya sebagai sebuah tempat di mana semua organ lain bisa bertumpu dan tumbuh.

Namun Akar dan daun yang terdapat pada tumbuhan hanya sebagai suatu hasil dari perkembangan lanjutan atas kinerja dari batang agar bisa menjalankan fungsi denga sebagai mana mestinya.

Selain itu Batang juga merupakan salah satu bagian yang paling utama diliki oleh tumbuhan yang tumbuh di atas permukaan tanah dan juag memberi dukungan terhadap setiap bagian yang lainnya yang terdapat pada tumbuhan misalnya seperti daun, bunga dan juga buah.

Maka oleh sebab itulah batang memiliki struktur yang sangat kompleks jika dibandingkan dengan akar.

Kemudian pada batang juga memiliki suatu ruas dan antar ruas, yang mana pada ruas batang tersebut nantinya akan mulai bermunculan berbagai tunas, daun dan juga bunga.

SelaiN itu yang mana pada batang juga ada berbagai cabang yang sangat berfungsi guna meletakan daun pada posisi yang bisa memungkinkan daun mendapat atau menerima cahaya matahari guna melakukan proses fotosintesis .

Maka bagi tumbuhan yang berpembuluh jika tanpa adanya batang tumbuhan tersebut tidak akan dapat melangsungkan hidupnya, dimana hal tersebut disebabkan karena titik dari proses pertumbuhannya berasal dari batang.

Kemudian beberapa bentuk dari penampang yang melintang di batang, pada dasarnya bisa di kategorikan atas 3 yakni : berbentul bulat, pipih, dan juga persegi.

Adapun untuk Contoh tumbuhan yang mempunyai batang yang bulat diantaranya ialah seperti misalnya kelapa dan bambu.

Baca Juga :   Fungsi Trikoma

Selanjutnya untuk contoh bentuk batang pipih yakni misalnya seperti tumbuhan kaktus.

Kemudian untuk contoh tumbuhan yang emmpunyai batang yang berbentuk persegi empat yakni misalnya seperti tumbuhan markisa dan juga iler.

Namun terdapat juga yang mempunyai bentuk persegi tiga yakni seperti tumbuhan rumput teki.

Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Di bawah ini terdapat beberap fungsi batang pada tumbuhan , simak ulasannya berikut ini:

  • Dapat digunakan sebaga sebuah pendukung terhadap beberapa bagian yang lainnya yang terdapat pada tumbuhan misalnya seperti daun, bunga dan juga buah.
  • Berperan sebagai penyokong dari setiap bagian tumbuhan sehingga bisa tetap berdiri tegak.
  • Dapat digunakan sebagai sebuah tempat menempelnya daun, bunga dan juga buah.
  • Sebagai sebuah jalur dalam penerimaan air dan zat makanan yang di dapat dari hasil fotosintesis.
  • Guna memberi bantuan dalam proses pernapasan, sebab oksigen dapat masuk ke lentisel.
  • Dapat digunakan sebagai sebuah tempat dalam menyimpan makanan cadangan, seperti misalnya tumbuhan sagu.
  • Dapat berfungsi sebagai sebuah sistem perkembangbiakan dengan secara vegetatif dengan cara melakukan percangkokan.

Sifat Batang Tumbuhan

Adapun untuk sifat yang dimilki oleh batang tumbuhan yakni seperti berikut ini:

  • Secara proses berlangsungnya pertumbuhan batang tak terbatas.
  • Batang sangat bersifat fototropi yakni proses perkembangan dan pertumbuhannya menuju ke atas.
  • Untuk jenis batang pada tumbuhan monokotil memilik beberpa ruas-yang sangat nampak jelas.
  • Untuk jenis tumbuhan dikotil yang mana beberapa ruas pada batangnya tidak nampak jelas (samar).
  • Untuk batang dari tumbuhan yang mempunyai biji terbuka (Gymnospermae) hanya tersusun atas tumbuhan yang berkayu.
  • Untuk jenis tumbuhan yang berbiji tertutup (Angiospermae) yang mana tersusun atas tumbuhan yang batngnya selalu basah, seperti misalnya batang mendong, lalu batang rumput dan juga batang berkayu.

Jenis jenis Batang Tumbuhan

Sebutkan jenis jenis batang pada tumbuhan? Macam macam batang tumbuhan dan contohnya adalah sebagai berikut:

  • Yang pertama ialah Batang basah atau herbaceous yakni merupakan suatu batang dari tumbuhan yang sangat lemah dan selalu berair. Misalnyasaja seperti tanaman dengan batang herbaceous yakni tumbuhan krokot dan juga bayam.
  • Yang kedua ialah Batang rumput atau calmus yakni suatu batang dari tumbuhan yang tidak keras dan nampak memiliki ruas. diaman pada bagian dalam dari batang calmus ini secara umum berongga. Adapun contoh tumbuhan calmus ini yakni misalnya seperti tumbuhan padi.
  • Yang ketiga ialah Batang mendong atau calamus yakni merupakan sebuah batang dari tumbuhan yang menyerupai seperti layaknya rumput, akan tetapi pada bagian ruasnya lebih panjang. Contoh seperti pada tumbuhan mendong dan juga wingi.
  • Yang keempat ialah Batang berkayu atau lignosus yakni merupakan sebuah dari jenis batang tumbuhan yang berkayu keras dan sangat kuat. Bisa dengan membentuk suatu pohon ataupun seperti semak. Nah untuk Contoh yang batangnya berkayu ialah seperti misalnya jati (berbentuk pohon), kemudian sidoguri (berbentuk semak).
Baca Juga :   Fungsi Miofibril

Struktur Batang Pada Tumbuhan

Struktur Batang Pada Tumbuhan
Struktur Batang Pada Tumbuhan

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai Struktur batang pada tumbuhan yang secara umumnya terdiri atas sejumlah jaringan yang diantaranya ialah seperti berikut ini :

  • Yang pertama ialah Epidermis : yakni merupaakan suatu jenis jaringan yang terdapat pada tumbuhan yang sangat berfungsi sebagai lapisan pelindung dari adanya bahaya kekeringan. Selain itu Epidermis juga merupakan sebuah batang yang mana terdiri atas selapis sel yang susunannya sangat rapat bahkan tanpa adanya ruang yang tersisah diantara sel dan juga bertikula. Kemudian berbagai sel penyusun jaringan epidermis bisa salalu dalam keadaan aktif membelah guna menyeimbangkan pertumbuhan batang. Kemudian pada jenis Batang dari tumbuhan dikotil yang mana memiliki lapisan epidermis yakni dengan berbentuk sebuah kulit kayu yang mana terbentuk dari hasil jaringan gabus. Selain itu Jaringan gabus juga tidak dapat dengan mudah untuk ditembus oleh gas dan air. Maka Oleh sebeb itulah jaringan gabus memiliki beberapa celah yang berbentuk lentisel guna menjaga perubahan gas.
  • Yang kedua ialah Konteks : yakni merupakan sebuah struktur batang yang tersusun atas jaringan parenkin yang berkloroplas. Dimana pada sejumlah Sel-selnya memiliki dinding yang sangat tipis dan juga tersusun secara tak beraturan dengan ruang antar sel yang cukup luas
  • Yang ketiga ialah Endodermis : yakni merupakan sebuah lapisan konteks yang letaknya didalam yang saling berbatasan dengan silinder pusat, kemudian memiliki beberapa sel yang mana susunan dan juga bentuknya sangat khas. Kemudian pada lapisan selnya menjadi sebuah batas antara konteks dan juga silinder pusat dengan silinder pusat yang terdapat pada akar yang disebut endodermis.
  • Yang keempat ialah Silinder pusat : yakni merupakan salah stau bagian yang paling dalam dari batang dan juga tersusun dari sejumlah jaringan,yang diantaranya ialah seperti berkas pengangkut, empulur, dan juga perikambium. Dimana pada Perikambium (perisikel) merupakan salah satu lapisan sel yang paling tepi dari silinder pusat. Kemudian di sebelahnya lagi terdapat jaringan parenkim dan sejumlah berkas pembuluh pengangkut. Dimana pada Berkas atas pembuluh pengangkut tersebut terbentuk dari xilem dan floem yang menjadi sebagai proses kelanjutan atas xilem dan floem yang terdapat pada akar. Kemudia letak dari Empilur sendiri berada di bagian tengah atau inti batang yang mana tersusun dari jaringan parenkim.
Sebutkan Fungsi Batang Adalah?

– Dapat digunakan sebaga sebuah pendukung terhadap beberapa bagian yang lainnya yang terdapat pada tumbuhan misalnya seperti daun, bunga dan juga buah.
– Berperan sebagai penyokong dari setiap bagian tumbuhan sehingga bisa tetap berdiri tegak.
– Dapat digunakan sebagai sebuah tempat menempelnya daun, bunga dan juga buah.
– Sebagai sebuah jalur dalam penerimaan air dan zat makanan yang di dapat dari hasil fotosintesis.

Jaringan Epidermis Adalah?

yakni merupakan suatu jenis jaringan yang terdapat pada tumbuhan yang sangat berfungsi sebagai lapisan pelindung dari adanya bahaya kekeringan

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan kali ini mengenai fungsi batang pada tumbuhan, semoga sajian yang sudah quipper.co.id rangkum kali ini bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga :