Fungsi Sentrosom

Posted on

Fungsi Sentrosom – Hay sahabat semua.! Diperjupaan kali iniakan kembali Quipperco.id sampaikan materi tentang fungsi sentrosom dengan disertai Pengertian, Struktur, Gambar dan Pembelahan Sel. Namun diperjumpaan sebelumnya juga yang Quipper.co.id telah menerangkan secara lengkap pembahasan tentang Fungsi Sitoplasma Baiklah untuk melengkapi apa yang menjadi pembahsan kita kali ini dapat sahabat perhatikan ulasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Sentrosom

Fungsi Sentrosom
Fungsi Sentrosom

Apa yang dimaksud dengan sentrosom? yakni merupakan sebuah sel yang mempunyai fungsi paling aktif pada saat berlangsungnya proses pembelahan sel, yang letaknya berada didekat sitoplasma.

Kemudian pada sentrosom ini tersusun atas dua sentrio(organel sel yang mempunyai peranan dalam peranan dalam proses pembelahan sel yang mampu mengatur serta mengontrol arah gerak yang terjadi pada kromosom) yang berorientasi dengan secara tegak lurus antara satu dengan yang lainnya.

Seperti yang kita ketahui dimana pada sentrosom ini hanya terdapat pada hewan sebab pada tumbuhan fungsi sentrosom dapat dilakukan dengan organel sel yang lain.

Istilah pada sentrosom ini pertama kali dikemukakan yakni oleh Edouard Van Beneden yang ia merupakan salah seorang ilmuan yang berasal dari belgia sekitar pada tahun 1883.

Kemudian secara umum sentrosom ini letaknya berada pada sitoplasma hampir berdekatan dengan bagian inti. Kemudian adapun tujuan dari serat gelondong yakni mempunyai 3 tujuan, berikut ini penejlasannya:

Melampirkan sejumlah kinektor dari angka 2 yang tumbuh dari angka dengan yang tumbuh dari sentrosom saling berlawanan yang mengikat kinektor lain dari angka dua tersebut.

Terus tumbuh dari dua sentrosom hingga sampai mereka memperpanjang antara satu dengan yang lainnya pada wilayah tumpang tindih.

Baca Juga :   Fungsi Saponin

Namun dari beberapa lainnya membantu dalam mengikat lengan kromosom.

Kemudian sentrosom mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu serta melindungi jumlah kromosom selama proses pembelahan sel berlangsung.

Namun selain itu juga selama proses pembelahan sel berlangsung bersamaan dengan itu maka terjadi juga replikasi DNA yang disertai dengan pemisahan sentrosom menjadi dua bagian yang mana dari masing-masing sentrosom tersebut mempunyai satu sentriol diantaranya.

Kemudian pada bagian tersebut letaknya berada atau melekat dengan secara saling berlawanan dari intinya.

Sehingga dari keduanya tersebut membentuk suatu spindel yang secara langsung menghubungkan antara satu dengan yang lainnya dengan cara pembantukan serat gelondong.

Sehingga oleh sebab pada setiap selnya mempunyai kromosom, maka kromosom yang terdapat di dalam sel yang juga terbelah juga ikut memisakan diri menjadi dua kromatid.

Kemudian dari salah satu kromatid tersebut akan salaing berhubungan dengan bagian dari kutub utara, sedangkan pada yang satunya lagi akan berhubungan dengan bagian kutub selatan inti. Dan selain itu juga, pada sentrosom mempunyai fugsi sebagai barikut ini

Fungsi Sentrosom

  • Pada sentrosom merupakan suatu pusat reproduksi bagi mikrotubulus dan juga strutur filamen yang tipis di dalam sel. Dimana mikrotubulus sendiri ialah merupakan bagian dari organel yang terdapat di dalam sitoplasma dengan membentuk sebuah silinder yang panjang dan juga berongga dengan panjang yang sangat beragam.
  • Sentrosom mempunyai peranan yang sangat penting untuk proses inisiasi sitokinesis atau pemisahan sel induk menjadi dua, dalam hal ini apabila tidak adanya peran sentrosom maka sitokenesis tidak akan dapat memulai proses mitosis.
  • Sentrosom juga akan membantu dalam mengatur lilia primer yangada pada sel epitel di bagian ginjal, kemudian pada lapiasan perut, penciuman, serta pada sel batang yang terdapat pada mata.
Baca Juga :   Fungsi Tulang Spons

Sentrosom dan Pembelahan Sel

Kemudian pada sentrosom ini juga peranannya sangat dipengaruhi oleh sentriol(yakni struktur yangmempunyai bentuk layaknya seperti tabung yang letaknya beradap dibagian dalam sel eukariota).

Kemudian untuk sentriol juga mempunyai peran yang sangat penting pada saat berlangsungnya proses pembelahan sel yang biasanyakerap terjadi pada hewan.

Dan selain itu juga dangan adanya sentriol sehingga dapat memebntuk sentrosom dan silia yang mana mereka dapat mempengaruhi gerakan yang terjadi pada tubuh maupun fungsi sensoriknya. Adapun fungsi dari sentriol tersebut ialah sebagai berikut ini.

Sebagai pengatur sentrosom

Pada saatmulai berlangsungnya proses pembelahan sel, maka dengan demikian membuat sntriol induk mampu untuk melahirkan atau menciptakan pada bagian dalam membran sel plasma yang membentuk tubuh asal.
Kemudian Hampir dari semua jenis organel sel , pada bagian tubuh basal dapat membentuk silia primer nonmotile.

Pada sel yang mempunyai flagela, dimana pada sperma dan flagela juga berkembang dari tubuh basal tunggal.

Sperma mempunyai tubuh basal sendiri saat sel tidak mempunyainya.

Kemudia Tubuh basa pada sperma mempunyai fungsi yang sangat penting dalam berlangsungnya proses pembenntukan sel sentrosom yang kemudian akan membentuk pros untuk proses pembagian zigot.

Apa yang dimaksud dengan sentrosom?

yakni merupakan sebuah sel yang mempunyai fungsi paling aktif pada saat berlangsungnya proses pembelahan sel, yang letaknya berada didekat sitoplasma.

Kromosom Adalah

Yakni merupakan suatu benang-benang halus yang penyusunnya ialah asam nukleat, misalnya seperti DNA dan juga RNA

Kromatid Adalah?

yakni merupakan bagian dari dua lengan yang dihasilkan dari adanya proses replikasi sebuah kromosom

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai fungsi sentrosom, semoga serangkaian dari sajian materi pembahasan kali bisa menginspirasi serta menambah ilmu pengatahuan sahabat sekalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :