Fungsi Sendi Mati

Posted on

Halo sobat quipper semua, banyak hal yang mungkin tidak kita ketahui dari sejumlah bagian yang ada di dalam tubu kita manusi pada umumnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa di dalam tubuh manusia terdapat berbagai bagian dengan fungsi dan perannya masing masing.

Selain itu ada juga berbagai persedian, terutama sendi mati, namun apakah sobat semua tahu apa fungsi sendir mati sendiri dan peranannya di dalam tubuh manusia?

Sebenarnya mash banyak lagi berbagai sendir seperti misalnya Fungsi Sendi Geser , namun disini mimin hanya akan fokus nguraian penjelasan terkait tentang fungsi sendi mati, oleh sebab itu simak sampai selesai semua keterangan yang sudah mimin tulis di bawah ini.

Pengertian Sendi Mati

Fungsi Sendi Mati
Fungsi Sendi Mati

Apa yang dimaksud dengan sendi mati atau disebut juga dengan sinartrosis ? yakni merupakan sebuah persendian yang bisa mengakibatkan hubungan antar tulang akan semakain menjadi kokoh dan juga kuat serta mempunyai fungsi agar bisa menjaga atau melindungi sejumlah alat yang terdapat di dalam tubuh yang sangat penting.

Struktur Sendi Mati

Pada beberapa komponen penyusun sendi kemudian digabungkan antara satu dengan yang lainnya secara bersamaan dan dengan adanya dukungan yang dilakukan oleh sejumlah pita –pita yang mempunyai bersifat sangat keras dari jaringan ikat, yang dikenal sebagai ligamen.

Kemudian pada Otot melekat atau menempel pada bagian tulang tebal, sedangakan pada pita yang berbentuk keras tersebut dari jaringan ikat yang dikenal juga dengan sebutan tendon.

Namun disamping itu pada sendi mati juga didukung dengan adanya bagian dari sejumlah kantung yang berbentuk sangat kecil yang dikenal dengan sebutan burse.

Baca Juga :   Fungsi Amiloplas

Fungsi Sendi Mati

Fungsi Sendi Mati
Fungsi Sendi Mati

Pada jenis sendi mati ini mempunyai sebutan lainnya yakni sendi sinartrosis.

Pada persendian ini sesuai dengan sebutannya , tidak dapat melakukan suatu gerakan sehingga disebut dengan sendi mati. 

Meskipun persendian ini tidak bisa melakukan pergerakan, namun ia sangat berfungsi untuk dapat menghubungkan antara satu tulang dengan tulang yang lainnya, hanya saja pada persendian tidak seperti layaknya persendian lainnya yakni sendi putar, sendi engsel, atau pun sendi gerak.

Namun disamping itu pada dasarnya , sejumlah tulang yang ada pada persendian ini dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau pun tulang rawan hialin.

Adapun contohnya yakni seperti sendi yang berada pada tulang tengkorak. Dimana pada sendi ini mempunyai struktur tertentu.

Dengan berbagai komponen pembentuk sendi yang disatukan dan didukung dengan sejumlah pita yang sangat keras dari jaringan ikat yang disebut dengan ligamen.

Kemudian ada sebuah otot yang menempel pada tulang tebal, sedangkan pita keras dari jaringan ikat yang biasa dikenal dengan sebutan tendon.

Selain itu pada sendi mati juga didukung dengan adanya bagian sejumlah kantung kecil yang dikenal dengan burse. Jika anda mempertanyakan fungsi dari sendi ini.

Kelainan Pada Sendi Mati

Di bawah ini terdapat beberapa kelainan, yang biasa kerap terjadi pada sendi mati, berikut ini penjelasannya :

  • Yang pertama ialah Arthritis, yakni merupakan sebuah peradangan yang menyebabkan terjadinya kekakuan serta rasa nyeri yang terjadi pada bagian sendi atau (rheumatoid arthritis/ asam urat) ataupun degenerasi (yakni osteoarthritis).
  • Yang kedua ialah Tendonitis, yakni suatu penyeakit peradangan dan juga iritasi serta adanya sebuah pembengkakan pada tendon yang menempel pada bagian sendi
  • Yang ketiga ialah Bursitis, yakni merupakan suatu penyakit radang kandung yang berlendir (yang didalam atau isinya kantungnya terdapat sutau cairan menjadi bantal serta landasan tulang)
  • Yang keempat ialah Infeksi sendi, yakni merupakan salah satu jenis kelainan yang biasa dialami tulang yang masih berhubungan dengan sendi mati.
Baca Juga :   Bioma Tundra

Macam Macam Sendi

Di bawah ini terdapat beberapa macam sendi yang didasarkan oleh gerakannya dan juga letaknya. Berikut ini ulasannya.

Berdasarkan Arah Gerakannya

Persendian dengan berdasarkan Arah gerakannya yang diantaranya yakni seperti di bawah ini:

  • Yang pertama ialah Sendi Engsel : yakni merupakan salah satu jenis persendian penghubung antartulang yang dapat melakukan suatu gerakan yang hanya satu arah yakni maju ataupun mundur. Adapun contoh dari sendi engsel ini ialah seperti misalnya pada persendian terdapat pada siku dan juga lutut.
  • Yang kedua ialah Sendi Peluru : yakni merupakan suatu persendian yang menghubungkan antar tulang yang membantu untuk melakukan suatu gerakan ke setiap arah atau dengan secara bebas. Adapun contoh dari persendin peluru ini ialah seperti misalnya pada persendian antara tulang paha dan juga tulang gelang panggul.
  • Yang ketiga ialah Sendi Putar : yakni merupakan suatu persendian yang menghubungkan antartulang yang bisa membantu dalam melakukan suatu gerakan, yang mana terhadap tulang yang satu mengelilingi tulang yang lainnya yang dijadikan sebagai poros. Adapun contoh dari persendian putar ini yakni seperti misalnya yang terdapat pada tulang tengkorak dan juga pada bagian tulang atlas dan lain sebagainya.
  • Yang keempat ialah Sendi Geser : yakni merupakan suatu persendian yang menghubungkan antartulang yang membantu dalam melakukan suatu gerakan tulang yang satu menggeser terhadap tulang yang lainnya. Adapun contoh pada sendi geser ini ialah persendian yang terdapat antartulang karpal.
  • Yang kelima ialah Sendi Pelana yakni merupakan salah satu jenis persendian yang menghubungkan antartulang yang dapat melakukan suatu pergerakan tulang dengan secara dua arah yang masing-masing saling tegak lurus. Adapun contoh dari sendi pelana ini ialah misalnya seperti persendian pada tulang tumit dan juga tulang kering.
Baca Juga :   Fungsi Sendi Peluru

Berdasarkan Anatomi Lokasi

Di bawah ini terdapat jenis sendi yang sesuai dengan berdasarkan anatomi lokasi ialah , sebagai berikut:

  • Yang pertama ialah sternoklavikularis
  • Yang kedua ialah artikulatoris vertebra
  • Yang ketiga Sakroiliaka panggul
  • Yang keempat ialah temporomandibular rahang
  • Yang kelima ialah Artikulasi Kaki
  • Yang keenam pinggul
  • Yang ketujuh lutut
  • Yang kedelapan artikulasi Tangan
  • Yang kesembilan pergelangan
  • Yang kesepuluh siku
  • Yang kesebelas ialah Bahu aksila (Glenohumeral dan juga sendi akromioklavikularis)

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan kali ini mengenai fungsi sendi mati,semoga sajian kali ini bisa sangat membantu dan tentuny bermanfaat untuk sahabat sekalian. Trimakasih.