Fungsi Sendi Luncur

Posted on

Fungsi Sendi Luncur – Hay sahabat semua.! Diperjumpaan kali ini akan Quipper.co.id smpaikan materi tentang Fungsi sendi luncur beserta Pengertian, Gambar, Jenis dan Penjelasannya. Namun diperjumpaan sebelumnya dimana quipper.co.id juga telah menerangkan materi tentang  Fungsi Ligamen Maka untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, mari langsung aja kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Sendi Luncur

Fungsi Sendi Luncur
Fungsi Sendi Luncur

Apa yang dimaksud dengan sendi luncur atau biasa disebut juga dengan sendi arthrodikal yakni merupakan salah satu jenis sendi yang letaknya berada di dalam tubuh manusia yakni pada bagian permukaan tulang namun yang terlibat secara langsung ialah hanya sendi yang datar yang mempunyai bentuk sedikit melengkung.

Fungsi Sendi Luncur

Fungsi Sendi Luncur
Fungsi Sendi Luncur

Di bawah ini terdapat sejumlah fungsi dari sendi luncur yang pada umumnya mempunyai perbedaan dengan sendi geser.

Agar sobat semua bisa lebih memahami beberapa fungsi yang dimiliki pada sendi luncur ini, maka simak ulasan selengkapnya berikut ini

Menggabungkan Permukaan Datar Tulang

Dimana pada sendi ini sangat berfungsi sebagai salah satu jenis sendi yang dapat menghubungkan antara bagain permukaan datar tulang.

Misalnya seperti bagain pergelangan tangan.Kemudian selain itu bentuk pada permukaan artikular yang terdapat di dalam sendi sangat membantu agar dapat menentukan cara agar sendi luncur tersebut dapat melakukan peranannya .

Selanjutnya mengenai fungsi dari sendi luncur ini ialah sebagai salah satu jenis sendi penghubung antar tulang supaya bisa melakukan suatu gerakan badan dengan melengkung ke depan dan juga kebelakang bahkan bisa melakukan gerakan memutar badan.

Baca Juga :   Sistem Reproduksi

Membungkuk dan Memutarkan Badan

Adapu salah satu contoh pada sendi luncur ini ialah misanya seperti hubungan yang terjadi antar tulang pada pergelangan kaki.

Baca Juga :   Fungsi Cnidaria

Macam-Macam Sendi dan Fungsinya Menurut Arah Geraknya

Di bawah ini terdapat beberapa Macam Sendi dan Fungsinya berdasarkan dengan arah gerakannya. Berikut ini penjelasannya :

Sendi Engsel

Apa yang dimaksud dengan sendi engsel ? yakni merupakan salah satu jenis persendian yang dapat melakukan suatu gerakan yang hanya satu arah saja.

Yang mana pada umumnya sendi engsel ini hanya dapat ditekuk atau diluruskan saja.

Adapun contoh dari sendi engsel ini ialah misalnya seperti pada tulang lutut dan juga siku.

Sendi Pelana

Apa yang dimaksud dengan sendi pelana? yakni merupakan salah satu jenis persendian yang bisa melakukan suatu berlangsungnya gerakan dengan dua arah .

Adapun contoh dari sendi pelana ini misalnya seperti sendi yang terdapat di dalam ruas telapak tangan.

Sendi Peluru

Apa yang dimaksdu dengan sendi peluru? yakni Merupakan salah satu jenis persendian yang dapat melakukan terjadinya suatu gerakan dengan ke segala arah.

Adapun Contoh dari sendi peluru ini ialah sendi yang terdapat didalam tulang paha dan juga bahu.

Sendi Putar

Apa yang diamaksud dengan sendi putar? yakni Merupakan suatu persendian yang dapat melakukan berlangsungnya sebuah gerakan ke salah satu tulang yang mengitari tulang pada lain.

Adapun Contoh dari sendi putar ini ialah misalnya seperti sendi yang terdapat di tulang atlas.

Sendi Geser

Apa yang dimaksud dengan sendi geser? yakni merupakan sebuah persendian yang dapat melakukan suatu gerakan tulang yang antgara yang satu bergeser di tulang lain. Kemudian untuk Contoh dari persendian ini ialah pada tulang karpal.

Sendi Arthrodial

Apa yang dimaksud dengan sendi arthrodial ? yakni merupakan salah satu jenis persendian dimana pada permukaan tulang sendi tersebut yang terlibat datar atau mempunyai bentuk yang sedikit melengkung.

Baca Juga :   Fungsi Troponin

Dimana pada persendian ini dapat menghubungkan terhadap permukaan datar tulang.

Adapun Contoh dari persendian ini ialah misalnya seperti pergelangan tangan.

Sendi Gulung

Apa yang dimaksdu dengan sendi gulung ? yakni Merupakan salah satu jenis persendian yang hanya dpat melakukan sedikit gerakan juga bisa memutari partoros.Adapun Contoh dari sendi gulung ini ialah misalnya seperti tulang pengumpul dengan hasta.

Sendi Kondiloid

Apa yang dimaksud dengan sandi kandiloid? yakni salah satu jenis persendian yang dapat melakukan suatu gerakan kearah samping dan juga mundur maju, akan tetapi sendi ini tidak dapat berputar pada poros.

Adapun salah satu Contoh pada persendian kondiloid ini ialah misalnya seperti pada telapak tangan.

Apa yang Dimaksud Dengan Sendi Luncur atau biasa disebut juga dengan Sendi Arthrodikal ?

yakni merupakan salah satu jenis sendi yang letaknya berada di dalam tubuh manusia yakni pada bagian permukaan tulang namun yang terlibat secara langsung ialah hanya sendi yang datar yang mempunyai bentuk sedikit melengkung.

Apa yang Dimaksdu Dengan Sendi Peluru?

yakni Merupakan salah satu jenis persendian yang dapat melakukan terjadinya suatu gerakan dengan ke segala arah.

Apa yang Dimaksud Dengan Sendi Geser?

yakni merupakan sebuah persendian yang dapat melakukan suatu gerakan tulang yang antgara yang satu bergeser di tulang lain. Kemudian untuk Contoh dari persendian ini ialah pada tulang karpal.

Apa yang Dimaksud Dengan Sendi Kandiloid?

yakni salah satu jenis persendian yang dapat melakukan suatu gerakan kearah samping dan juga mundur maju, akan tetapi sendi ini tidak dapat berputar pada poros.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan, semoga sajian kali ini bisa sangat bermanfaat terutama bagi sahabat sekalian.

Baca Artikel Lainnya: