Olahraga Surfing

Posted on

Olahraga Surfing – Hay sahabat semua! Pada Perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi makalah tentang olahraga surfing.

Namun pada perjumpaan sebelumnya kami juga telah menyampaikan materi tentang Materi Bola Voli. Nah untuk lebih detailnya, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Olahraga Surfing

Olahraga Surfing
Olahraga Surfing

Surfing merupakan olahraga yang dilakukan pada ombak tinggi dan sebagai olahraga ekstrem, berselancar atau surfing dapat meningkatkan adrenalin anda.

Olahraga surfing dilakukan menggunakan papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak.

Papan akan bergerak menggunakan kekuatan arus ombak di bawahnya dan arahnya digerakkan oleh seorang peselancar.

Surfing dapat menjadi alternatif yang menyenangkan untuk olahraga air, karena banyak dari kita membayangkan bahwa olahraga ini adalah olahraga paling populer yang dilakukan di permukaan laut.

Tetapi, pada kenyataannya olahraga ini juga memiliki dasar – dasar yang diperlukan tentang olahraga ini, sehingga dapat dipraktikkan di mana saja dan bahkan dalam olahraga selancar, di beberapa lokasi yang indah dan strategis di pantai, cocok untuk latihan selancar air

Sejarah Surfing

Surfing merupakan gaya hidup atau life style. Selain gaya hidup funker, yang bukan hanya musik, surfing memiliki media, mode, tren, komunitas, dan tempat pertemuan mereka sendiri.

Sejarah papan surfing berasal dari alat transportasi yang digunakan untuk memigrasi orang Polinesia awal ke New Calidonia, bagian barat pulau Papua, Fiji, Samoa, Tonga, dan pulau – pulau sekitar 1.000 hingga 2.000 tahun sebelum Masehi.

Dari berbagai literatur, ditemukan bahwa negara – negara ini mengarungi lautan dan mencapai pulau – pulau menggunakan papan yang dibentuk oleh jenis kano ganda.

Sementara dalam migrasi kedua, sekitar 300 – 900 tahun setelah Masehi bangsa Polinesia menggunakan kano yang lebih panjang untuk mengarungi lautan.

Ada cerita rakyat di pulau Hawaii dan Maui di mana orang Polinesia juga menggunakan papan selancar sebagai sarana pertempuran untuk mengusir penjajah.

Mereka datang dari arah pantai untuk mengelilingi musuh menggunakan papan selancar.

Literatur modern tentang sejarah selancar ditulis oleh James Cook, seorang navigator Inggris ketika ia mendarat di Tahiti pada 1777.

Dalam buku catatannya, ia menulis bahwa penduduk setempat menggunakan kano untuk bermain dengan ombak besar.

Demikian juga, pada pertengahan abad ke – 18, banyak petualang di Barat melaporkan bahwa dari Selandia Baru ke Amerika Selatan, Peru ke Afrika Barat, Senegal dan Ghana, penduduk setempat di pantai terbiasa bermain dengan ombak.

Perbedaannya adalah di Afrika Barat bahwa mereka menggunakan alat yang sekarang dikenal sebagai body board.

Surfing modern mulai dikenal di Amerika Serikat pada awal abad ke – 19, mulai dipertunjukkan di pantai – pantai California Selatan.

Kemudian ia menjadi “internasional” setelah Tom Blake (warga negara AS) memenangkan beberapa kejuaraan selancar di sepanjang pantai Pasifik.

Dia juga memperkenalkan beberapa teknik, selain menunjukkan beberapa tindakan berbahaya mengular di tebing ombak ke ribuan pemirsa di Hawaii.

Baca Juga :   Arti Tafadhol

Petualangan ombak selancar di Indonesia pertama kali dibawa oleh wisatawan dari Amerika dan Australia melalui Bali.

Pada tahun 40 – an, dilaporkan bahwa ada beberapa orang asing yang berlatih berselancar di pantai Kuta. Demikian juga, klub selancar pertama di Indonesia tinggal di Kuta sekitar tahun 1950 – an.

Sekarang, klub – klub baru terus bermunculan, baik lokal maupun campuran lokal dan asing dan bahkan di Bali, terutama Kuta, meskipun ombaknya bukan yang terbaik untuk berselancar di Indonesia, mereka masih menjadi pusat pengembangan surfing di negara ini.

Selain klub, bar atau perkumpulan selancar di Kuta, beberapa operator tour juga menawarkan paket surf tour untuk peselancar yang serius.

Dengan membayar ribuan dolar dan mencapai jumlah minimum peserta, mereka akan menggunakan wellenreiter (dalam bahasa Jerman, yang berarti ombak) di seluruh nusantara hingga dua minggu.

Jangan salah, mereka tidak membawa anda melalui jalan darat, tetapi dengan kapal atau boat sewaan.

Biasanya wisatawan dari Australia, Amerika, dan Jepang yang mendominasi pantai – pantai di pulau Bali, meskipun ada juga peselancar dari Selandia Baru, Jerman, Prancis, Brasil, Afrika Selatan dan tidak jarang, peselancar Indonesia berpartisipasi dalam menunggangi ombak.

Kegiatan ini dilakukan terutama dalam beberapa bulan ketika matahari berada di barat ekuator atau ketika musim dingin di benua Australia.

Pada saat ini, gelombang air rata – rata di Indonesia relatif besar sepanjang hari. Terutama di Kuta, biasanya ada kontes atau kejuaraan selancar, untuk pemula dengan banyak peserta lokal dan asing.

Baca Juga : Materi Bola Basket

Teknik Surfing

Untuk menguasai teknik surfing, anda harus terlebih dahulu menguasai teknik berenang, karena tidak mungkin memasuki pantai tanpa bisa berenang.

Selain membuang – buang waktu dan energi, ketidakmampuan untuk berenang juga akan membahayakan keselamatan anda di dalam air.

Jika anda sudah menjadi perenang, inilah saatnya mempelajari teknik berselancar.

Sebenarnya hanya ada dua teknik yang perlu anda kuasai dan kedua teknik ini tergolong sebagai teknik dasar.

Paddling

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, untuk bisa berselancar, kita harus berenang dulu ke tengah pantai.

Masalahnya adalah kita juga perlu membawa papan seluncur bersama kita. Cara melakukan teknik ini adalah berbaring tengkurap di papan selancar sambil mengayuh dengan kedua tangan.

Tujuannya adalah untuk membawa anda ke tengah – tengah pantai tanpa membuang banyak energi. Yang perlu diperhatikan di sini adalah posisi tubuh di atas papan selancar.

Tetap dalam posisi yang benar sampai hidung anda tepat di atas permukaan air, tidak terlalu jauh atau kurang jauh ke depan.

Selain itu, tekuk tubuh anda sedikit ke atas sehingga posisi tangan anda lebih bebas saat mengayuh.

Sementara itu, kaki anda harus dirapatkan agar tidak melambat. Tempatkan kedua kaki di atas papan selancar.

Terakhir, tutup jari – jari anda agar energi yang dikeluarkan tidak terlalu banyak untuk mendapatkan pengayuh maksimal.

Bagi kebanyakan pemula, teknik paddling bisa sangat melelahkan, karena ada banyak otot yang bekerja ketika melakukan teknik ini.

Tetapi saat waktu dan jam terbang di atas papan selancar, anda terbiasa dengan gerakan ini.

Pada akhirnya, anda hanya akan menyadari betapa pentingnya teknik ini untuk membawa anda ke tengah pantai.

Popping Up

Teknik ini dilakukan setelah anda telah mencapai jarak yang cukup di tengah pantai untuk mendapatkan ombak yang cukup besar.

Baca Juga :   Slogan Adalah

Berhenti mendayung dan gunakan teknik popping up untuk naik ke atas papan selancar.

Pada dasarnya, teknik popping up ini adalah gerakan push up yang sangat cepat untuk bangkit dari posisi tengkurap saat paddling.

Ketika anda merasakan gelombang besar, segera tempatkan telapak tangan anda di atas papan sejajar dengan dada anda.

Dorong tubuh anda ke atas menggunakan kedua tangan sampai terangkat sebagian.

Gunakanlah salah satu kaki agar dapat membantu memberikan tolakan dengan cara menginjak papan surfing yang digunakan.

Biarkan kaki yang lain mengikuti gerakan ke atas, sehingga anda berdiri setelah melakukan teknik ini.

Ingatlah bahwa popping up harus dilakukan dengan cepat, idealnya dalam waktu kurang dari 3 detik, karena anda tidak ingin ketinggalan momen untuk menangkap ombak besar yang sedang lewat.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan latihan teknik ini di darat sebelum melakukannya di atas papan selancar.

Dengan kondisi dan pijakan yang stabil, akan lebih mudah bagi anda untuk menguasai gerakan ini.

Bila nanti anda melakukan ini di papan selancar di pantai dengan ombak yang bergoyang – goyang, semuanya akan sedikit lebih mudah.

Untuk menguasai teknik ini, lakukan latihan beberapa kali sehari, sebanyak yang anda bisa.

Baca Juga : Perbedaan Futsal Dan Sepak Bola

Manfaat Surfing

Berikut merupakan manfaat untuk olahraga surfing :

Membantu Persoalan Kesehatan Mental Anda

Latihan yang membuat senang dan juga dapat meningkatkan adrenalin, seperti berselancar, membantu mengimbangi dari efek negatif dan stres.

Dan itu bisa membuat pikiran anda sehat. setidaknya stres anda akan hilang untuk sementara waktu.

Asupan Vitamin D

Vitamin D yang anda terima karena anda berada di luar di bawah sinar matahari sangat penting untuk tulang yang kuat, karena mengatur jumlah kalsium dan fosfor dalam darah.

Vitamin D juga dapat membantu anda agar bisa mengatur pertumbuhan sel – sel pada kulit. Agar bisa mendapatkan kesehatan seperti di atas, anda dapat melakukannya dengan olahraga selancar.

Mendapatkan Tidur Yang Lebih Baik Dan Berkualitas

Beberapa penelitian di luar negeri mengatakan bahwa manfaat berselancar akan meningkatkan manfaat positif untuk proses tidur anda di malam hari.

Kualitas tidur (8 jam sehari) sangat penting bagi manusia, karena memungkinkan otot anda untuk meningkatkan dan tidak ada waktu untuk membuat anda bahagia seperti perasaan indah bangun di pagi hari merasa segar dan bugar. Antusiasme yang lebih besar untuk bekerja dan beraktifitas.

Membakar Kalori

Berselancar akan memperkuat inti kaki dan tubuh melalui gerakan yang terus berubah karena tingginya gelombang di laut.

Berselancar selama 30 menit atau 60 menit dapat membakar hingga 130 – 260 kalori di tubuh anda.

Memperkuat Otot – Otot

Latihan ini juga dapat memperkuat otot punggung anda dan bahu anda menjadi lebih kuat dan anda dapat memperkuat kaki anda karena anda perlu berselancar untuk menjaga keseimbangan ketika kaki anda berada di papan selancar.

Meningkatkan Fleksibilitas

Berselancar juga bisa membantu dalam meningkatkan fleksibilitas anda dan tidak hanya membantu anda untuk menjadi peselancar yang lebih baik, tetapi juga dapat membantu mencegah cedera ringan di masa depan.

Membantu Menghilangkan Stres

Berselancar atau olahraga surfing, termasuk olahraga yang dapat meningkatkan adrenalin anda.

Jika anda mengalami banyak stres di tempat kerja atau di rumah, berselancar menawarkan cara untuk melepaskan stres dalam kenyataan.

Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Banteng

Anda bisa sejenak melupakan masalah anda sambil berselancar di ombak dan pikiran anda akan terfokus hanya pada bagaimana menaklukkan gelombang berikutnya dengan cepat dan berani.

Peraturan Olahraga Surfing

Bahkan, tidak ada aturan baku tentang bagaimana anda harus berselancar. Bagaimanapun, anda berada di tengah – tengah pantai dan memiliki kebebasan berekspresi di papan selancar.

Peraturan di sini merujuk lebih ke tips kecil dan ketentuan berguna yang harus anda patuhi saat anda berada di pantai dan melakukan kegiatan selancar, untuk keselamatan anda sendiri dan orang lain di pantai.

Berikut ini beberapa di antaranya ialah :

Tetap Di Zona Aman

Kita tidak akan pernah tahu keadaan pantai, tetapi selalu ada risiko kemunculan ombak besar secara tiba – tiba.

Sampai itu terjadi, anda harus tetap berselancar di zona aman yang biasanya ditentukan oleh penjaga pantai.

Jangan berselancar terlalu jauh di laut, di mana ombaknya akan jauh lebih besar dan anda akan lebih terisolir dari kerumunan.

Perhatikan Kondisi Sekeliling

Anda tidak dapat menemukan pantai dengan ombak tinggi yang kosong dari pengunjung, jadi anda harus membaginya dengan peselancar lain saat terjun ke dalam air.

Selalu waspada terhadap sesama peselancar yang dekat dengan anda, jangan biarkan bertabrakan saat mengendarai ombak.

Selain itu, beberapa tempat selancar juga memiliki karang besar yang mungkin perlu dipantau jika anda tidak ingin terluka.

Hindari Minuman Yang Menghilangkan Kesadaran

Minum di pantai tidak dilarang, tetapi alangkah baiknya jika aktivitas itu tidak dilakukan, terutama di tempat – tempat umum.

Selain merusak kesehatan anda sehingga secara dramatis mengurangi kesadaran anda dan anda mungkin tidak dapat berselancar saat mabuk.

Anda juga cenderung mengganggu ketertiban umum, maupun pengunjung pantai biasa atau sesama peselancar.

Watch And Learn

Pengalaman merupakan guru terbaik dan practice makes perfect. Anda mungkin tergoda untuk selalu berada di dalam air dan di papan selancar anda, tetapi merupakan ide yang bagus untuk duduk sejenak di pantai dan menyaksikan ombak datang dan pergi untuk mempelajari metode selancar terbaik yang dapat anda lakukan.

Tidak ada salahnya menonton peselancar lain di ombak. Anda akan terkejut dengan berapa banyak hal yang dapat anda pelajari.

Cukup Fit

Berselancar adalah olahraga ekstrim yang membutuhkan banyak energi, jadi pastikan tubuh anda dalam kondisi optimal ketika pergi ke pantai.

Ini termasuk memastikan bahwa anda memiliki nutrisi yang cukup sehingga tubuh anda cukup kuat untuk berselancar.

Jangan lupa makan maksimal 1 jam sebelum surfing. Jika perlu, ambil vitamin tambahan yang bisa membuat tubuh anda lebih siap untuk beraktifitas.

Pemanasan

Seperti halnya semua jenis olahraga, pemanasan sangat penting sebelum anda mulai berselancar.

Pemanasan otot – otot anda, terutama tangan dan kaki anda, karena anda akan menggunakan banyak dari otot – otot itu saat surfing.

Pemanasan yang cukup akan mencegah cedera ringan tetapi berpotensi berbahaya, seperti kram saat anda berada di atas ombak.

Apa itu paddling?

Sebuah teknik yang dilakukan dengan cara berbaring dan tengkurap di papan surfing sambil mengayuhnya dengan kedua tangan.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan materi tentang Olahraga Surfing, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.