Peta Persebaran Flora Dan Fauna

Posted on

Peta Persebaran Flora Dan Fauna – Ini terbagi dari 3 wilayah besar dan ilmuan yang membagi tiga wilayah persebaran flora dan fauna di indonesia ini yaitu Wallace dan juga Weber.

Berikut ini quipper.co.id akan menjelaskan mengenai Persebaran Flora dan juga Fauna, yuk kita simak dibawah ini.

Persebaran Flora Dan Fauna
Persebaran Flora Dan Fauna

Persebaran Flora Dan Fauna

Flora dan fauna yang ada di indonesia ini berdasarkan letak geografisnya dan terbagi menjadi 3 wilayah diantaranya yaitu :

Indonesia timur, tengah, dan barat, serta berakibat pada bioiversitas pada flora dan juga fauna yang ada indonesia.

Serta wilayah di indonesia ini juga mempunyai keanekaragaman jenis flora dan juga fauna yang amat besar.

Apabila secara bioiversitas flora dan juga fauna yang terdapat di negara indonesia ini menempati peringkat yang ketiga di dunia.

Dan keanekaragaman tersebut dapat dipengaruhi pada letak geografisnya dan juga iklim tropis yang ada di indonesia ini sampai cocok untuk habitat yang bermacam – macam satwa dan juga tumbuh – tumbuhan.  

Dengan kondisi lain, maka letak indonesia ini berada di wilayah Ring of fire, serta tanah yang mengandung unsur hara dan juga mineralnya yang tinggi.

Baca Juga :   Tipe Iklim Schmidt-Ferguson

Wilayah tersebut di dominasi dengan jenis tumbuhan yang berhabitus pohon dan dari suku dipterocarpaceae.

  • Flora Dataran Sahul

Wilayah ini dapat meliputi daerah Papua dan juga pulau – pulau yang ada di sekitarnya yaitu flora yang ada di pulau tersebut dapat pengaruh dari flora benua australia (Flora Australis).

Wilayah tersebut dapat di dominasi dengan jenis tumbuhan yang berhabitus pohon dari suku Araucariaceae dan juga Myrtaceae.

  • Flora Daerah Peralihan (Daerah Wallace)

Wilayah ini dapat meliputi Maluku, Sulawesi, dan juga Nusa Tenggara dan Flora di pulau ini dapat pengaruh dari flora benua Asia dan juga Australia.

Wilayah tersebut di dominasi oleh jenis tumbuhan berhabitus pohon dari suku Myrtaceae, Verbenaceae, dan Araucariaceae.

Persebaran Flora Berdasarkan Lingkungan Geografi

Persebaran flora berdasarkan lingkungan geografi ini terbagi menjadi beberapa macam yaitu :

Hutan Mangrove

Hutan mangrove ini ialah merupakan suatu hutan yang khas dan berada di daerah pantai tropik dan ciri – ciri dari tumbuhan tersebut ialah memiliki akar nafas yang megantung pada batangnya.

Serta benih dari tumbuhan tersebut dapat mengapung selama berbulan – bulan dan bisa tumbuh apabila terdampar di daratan.

Hutan tersebut dapat ditemukan di daerah pantai kalimantan tengah, pantai papua, pantai timur bagian pulau sumatra, dan sebagian besar dari daerah pantai yang ada di seluruh dunia.

Hutan Lumut (Tundra)

Hutan ini bisa dibilang hutan tundra yang terdapat di wilayah pegunungan yang tinggi dan selalu di selimuti oleh kabut.

Sehingga udara yang ada dihutan tersebut lembab dan juga minim suhu karena itulah lumut dapat berkembang biak di pohon – pohon.

Dan hutan tersebut dapat ditemukan di daerah pegunungan yang tinggi yaitu seperti Jawa, Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan juga Sumatra.

Hutan Rawa

Dibeberapa wilayah indonesia hutan tersebut terdapat hutan rawa air tawar dan tidak dapat menghasilkan kayu yang baik akan tetapi tanahnya dapat di manfaatkan oleh tanah pertanian.

Untuk hutan rawa gambut kayunya dapet menghasilkan salah satunya yaitu kayu ramin dan hutan ini banyak ditemukan di daerah kalimantan tengah dan juga kalimantan barat.

Hutan Hujan Tropis

Hutan tersebut ialah merupakan suatu hutan rimba yang memiliki hutan yang lebat dan hutan ini banyak ditemukan di daerah yang mengalami hujan sepanjang tahunnya atau disebut dengan hutan tropis.

Hutan ini disebut juga sebagai hutan heterogen karena tumbuhan di hutan tersebut memiliki bermacam – macam jenis pohon dan hutan ini banyak ditemukan di daerah Kalimantan, Papua, dan juga Pulau Sumatra.

Baca Juga :   Peta Persebaran Flora di Indonesia

Hutan Musim

Hutan musim ini dapat disebut dengan hutan hemogen karena tumbuhan di hutan tersebut hanya terdiri dari satu jenis.

Hutan ini juga mempunyai ciri – ciri yaitu ketika datang musim kemarau daun – daun dari pohon tersebut akan berguguran atau disebut dengan meranggas.

Contoh dari tumbuhan hutan musim yaitu Pinus, Cemara, dan juga jati serta hutan ini banyak ditemukan di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan juga Nusa Tenggara.

Stepa

Stepa ini ialah merupakan padang rumput yang cukup luas dan terjadinya stepa ini di karenakan curah hujan yang banyak diwilayah barat indonesia yaitu seperti Sumatra dan juga Jawa Barat.

Sehingga hujan dari asia tersebut menjadi kering sampai wilayah tersebut hanya cukup untuk rerumputan yang kering dan sejenisnya, serta stepa ini dapat ditemukan diwilayah nusa tenggara timur dan juga timor timur.

Sabana

Sabana ialah merupakan padang rumput yang luas serta diselingi oleh pohon – pohon dan juga semak – semak yang ada di sekitarnya.

Dan pada wilayah sabana ini biasanya mengalamai musim kemarau panjang dan bersuhu panas.

Serta sabana di indonesia ini sendiri bisa ditemukan di wilayah dataran tinggi gayo di Aceh, Nusa Tenggara, dan Madura biasanya sabana ini dimanfaatkan oleh peternakan.

Persebaran Fauna Di Indonesia

Nah dibawah ini ialah merupakan Persebaran Fauna yang ada di indonesia mari disimak baik – baik pembahasan berikut ini.

Dan Persebaran Fauna di indonesia ini terbagi menjadi 5 bagian diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Indonesia Bagian Barat

Untuk wilayah indonesia bagian barat mempunyai tipe Asiatis karena tumbuhan beserta satwa – satwanya hampir sama dengan yang ditemukan di benua Asia.

Pada cakupan wilayah barat ini meliputi pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Dan jenis – jenis dari Flora yang di temukan di wilayah barat ini mempunyai sifat Heterogen.

Contohnya yaitu seperti Merantim Mahoni, Damar, Jamur, Tanaman Lumut dan lain sebagainya.

Hal ini terjadi karena adanya pengaruh dari iklim di wilayah barat yang cenderung mempunyai intensitas hujan yang tinggi.

Adapun beberapa jenis hutan yang telah ditemukan di bagian barat dapat meliputi hutan musim, hutan sabana tropis, hutan hujan tropis, dan juga hutan bakau yang ada di pesisir pantai.

Nah salah satu contoh dari flora endemik yang ditemukan di wilayah barat ini ialah bunga bangkai Raflesia Arnoldi, atau bengkulu.

Sedangkan pada jenis fauna yang ditemukan di wilayah barat tersebut dapat meliputi Mamalia, Ikan, Burung, dan Reptil.

Masih banyak lagi contoh lainnya dari Persebaran Fauna Endemik diwilayah barat yaitu seperti Harimau Sumatera, Tapir, Badak Bercula Satu, Pesut Mahakam, dan Orangutan.

Baca Juga :   Perbedaan Geologi Dan Geografi

2. Indonesia Bagian Tengah

Hal ini berbeda dengan wilayah di bagian barat, flora dan juga fauna ini dibagian tengah indonesia dapat disebut dengan tipe peralihan.

Jangkauan dari wilayah tengah diindonesia ini dapat meliputi pulau Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi.

Pada wilayah indonesia bagian tengah ini mempunyai tingkat kelembapan pada udara dan juga curah hujah yang rendah sehingga jenis flora yang ada di wilayah tersebut di dominasi oleh rempah – rempah.

Yaitu seperti Cengkeh, Cendana, Pala, Anggrek, dan Eboni dan disamping itu terdapat Fauna endemik yang ada di wilayah tenggah yaitu seperti anoa, babi rusa, burung maleo, dan komodo.

3. Indonesia Bagian Timur

Diwilayah indonesia timur flora dan fauna ini mempunyai tipe Australis karena karakteristik pada flora dan juga faunanya hampir sama dengan benua Australia.

Pada wilayah indonesia timur dapat meliputi dari Maluku, Pulau Papua, dan sekitarnya serta jenis hutan yang ada di wilayah timur ini dapat di dominasikan oleh hutan hujan tropis dan juga hutan pegunungan.

Sehingga Flora yang ditemukan di antaranya yaitu pohon sagu dan juga nipah, ada juga tanaman eucalyptus, matoa, serta pohon rasamala.

Untuk jenis Fauna endemik yang ada di wilayah tersebut yaitu meliputi kasuari, nuri sayap hitam, kangguru pohon, dan burung cenderawasih.

4. Asiatis

Fauna dan flora asiatis ini mempunyai kesamaan dengan benua Asia contohnya seperti gajah, kera, harimau, beserta badak.

Gajah tersebut mempunyai habitat di daerah Jawa, Bali, dan Sumatera walaupun sekarang hanya sumatra saja yang masih menjadi habitat yang alaminya.

Dan spesies pada gajah yang lain juga ditemukan di daerah Thailand, dan India bahkan dapat dijadikan sebagai maskot negara tersebut.

Serta harimau pun merupakan hewan asli dari Asia yang tersebar dari daratan Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur, sampai Siberia.

Harimau Jawa dan juga Sumatera ini ialah merupakan jenis harimau yang dilindungi.

5. Australia

Mamalia berkantung ialah merupakan salah satu hewan khas dari tipe Australia dan pada indonesia pada bagian timur ini dapat mencakup wilayah di Papua dan juga Maluku.

Kesamaan fauna nampak dari beragam jenis burung dengan bulu yang indah serta pada hewan marsupial ataupun berkantung.

Contoh hewan dari tipe Australia ini ialah Kakatua, Cendrawasih, Kasuari, Rusa, Kanguru, dan kuskus.

Pada peta persebaran flora dan juga fauna yang ada di indonesia juga dapat melibatkan flora pada daerah Australia.

Demikianlah yang bisa quipper.co.id bahas kali ini mengenai Peta Persebaran Flora Dan Fauna,semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi sahabat semua.

Baca Juga :