Pasar Monopolistik – Belajar mengenai pasar, bahwa pasar itu ternyata di bagi dalam beberapa golongan.
Yang diantaranya yakni pasar yang tergolong monopolistik, apa dan bagaimana ciri – cirinya, sebaiknya kalian baca artikel di bawah ini.
Apa yang dimaksud dengan Pasar mono-polistik yakni merupakan salah satu bentuk pasar persaingan yang tidak sempurna.
Kalau yang sering kita dengan atau umumnya kita dengar adalah pasar tradisional bukan?
Tidak banyak d antara kita semua ini ternyata memang tidak mengetahui betul macam – macam pasar yang telah berkembang.
Nah untuk anda yang belum memahami betul tentang pasar mono-polistik, maka di artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap.
Salah satunya mengenai pengertian pasar monopolistik beserta ciri – ciri dari pasar mono-polistik yang wajib kalian pahami.
Selain itu Artikel ini juga akan memberikan contoh pasar monopolistik dan juga macam – macam jenis pasar mono-polistik dengan beserta kelebihan dan kekurangan pasar mono-polistik.
Daftar Isi :
Pengertian Pasar Monopolistik
Apa yang dimaksud dengan Pasar persaingan monopolistik ? yakni merupakan sebauh pasar dengan beragam para penjual yang memiliki sebuah kemampuan dalam menghasilkan sejumlah barang yang berbeda.
Atau juga dapat di katakan juga pasar tersebut hanya menjual bermacam bentuk dan jenis barang yang berbeda.
Pada pasar ini pun dapat ditemui di sejumlah sektor jasa ataupun sebuah sistem perdagangan eceran.
Contohnya saja seperti :
- Jasa salon
- Toko obat
- Apotek
- Toko kelontong
Atau pun dapat juga dikatakan mengenai pasar persaingan monopolistik ialah merupakan sebuah pasar yang dapat berlangsung.
Dapat secara berlangsung apabila di dalam suatu pasar itu memiliki lebih dari satu atau banyak produsen.
Namun terdapat diferensiasi produk (perbedaan merk, kemasan dan lainnya) terhadap sejumlah produk yang di hasilkan oleh tiap – tiap produsen.
Sehingga, model yang terdapat pada pasar persaingan monopolistik secara umum nya sama dengan tipe pasar persaingan sempurna.
Namun hanya saja pada pasar monopolistic lebih diperkenalkan nya lagi dengan adanya diferensi produk.
Sehingga pada dasar produk atau barang yang di tawarkan atau di jual itu jugalah sangat beragam dan heterogen.
Makna dari Istilah diferensiasi produk di sini bisa ditentukan dengan secara riil pada dua barang yang sama.
Atau tidak mempunyai perbedaan akan tetapi bisa dianggap mempunyai kesamaan oleh pihak konsumen.
Selain itu pasar ini pun telah mengakui akan adanya kekuasaan atau pun dapat pula disebut kan dengan monopoli tertentu.
Yang di akibatkan dengan adanya upaya penggunaan merk dan juga tanda atau simbol – simbol dagang yang berbeda.
Misalnya saja seperti produk dari sejumlah makanan yang djelaskan di bawah ini :
- Snack
- Buku
- Obat
- Dan lainnya.
Ciri – Ciri Pasar Monopolistik
Secara umum pada pasar persaingan monopolistic mempunyai ciri – ciri yang harus sekali kalian pahami, yang diantaranya ialah sebagai berikut :
- Di dalam pasarnya terdapat begitu banyak sekali penjual dan pembeli.
- Terhadap barang yang dijual mempunyai jenis yang sama akan tetapi corak yang berbeda, kemudian bentuk dan nama merknya pun berbeda.
- Ada sangat banyak penjual namun tidak ada yang bisa menguasai pasar, sebab banyak atau besarnya para penjual menjual yang sama.
- Para penjual sangat mudah menawarkan barangnya di pasar.
- Para penjual memiliki sedikit kekuasaan dalam mengatur dan mempengaruhi harga pasar.
- Terdapat suatu peluang dalam melakukan persaingan terhadap keanekaragaman jenis barang yang dijual.
Kelebihan Pasar Monopolistik
Namun setelah kalian telah memahami definisi dan ciri dari pasar mono-polistik ini.
Maka tahapan selanjutnya kalian harus memahami apa saja kelebihannya? Maka oleh sebab itu lah di bawah ini keterangan mengenai beberapa kelebihan dari pasar mono-polistik yang diantaranya ialah :
- Besarnya jumlah produsen atau banyaknya para penjual bisa mengakibatkan serta membuat konsumen lebih mudah dalam berbelanja dan memilih sejumlah barang yang akan mereka beli.
- Semua produsen dapat melakukan inovasi di dalam sebuah upaya untuk menghasilkan produknya, sebab pada pasar mono-polistik ini mempunyai kebebasan yang hakiki terhadap produsen untuk dapat keluar dan masuk di dalam pasar tersebut.
- Kemudian diferensiasi produk dapat mendorong konsumen agar bisa lebih selektif dalam memilih produk yang hendak dibelinya, dan bisa membuat konsumen loyal terhadap produk yang akan ditentukannya.
- Pada pasar ini relatif lebuih mudah ditemui oleh konsumen, sebab sebagian hampir dari besar kebutuhan dalam kehidupan sehari – hari telah tersedia di dalam pasar-monopolistik.
Kelemahan Pasar Monopolistik
Setelah membahas mengenai kelebihan, makan di bawah ini quipper.co.id akan menerangkan mengenai kekurangan yang ada pada pasar mono-polistik, yang diantaranya ialah sebagai berikut :
- Pada pasar mono-polistik mempunyai tingkat persaingan yang cukup tinggi, hal ini baik dari segi harga, kualitas ataupun pelayanan. Sehingga membuat produsen yang tidak mempunyai modal dan kemampuan dan keahlian yang cukup bisa akan cepat keluar dari pasar.
- Kemudian Dibutuhkan modal yang sangat besar agar dapat masuk ke dalam pasar mono-polistik, sebab pemain pasar di dalamnya mempunyao skala ekonomis yang cukup tinggi.
- Kemudian pada pasar ini mendorong produsen agar selalu berinovasi, sehingga akan terjadi sebuah peningkatan terhadap biaya produksi yang kemudian akan berimbas terhadap harga produk yang harus dibayar terhadap konsumen.
Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai Pasar Monopolistik.
Semoga ulasan ini dapat menjadi serangkaian pembahasan yang dapat membantu dan bermanfaat untuk sahabat sekalian.
Baca Juga :